Beauty, Review

Review Toner Wajah – Emina Witch Power Face Toner

Bagi seorang millennials mom, tentu selain lihai mengurus anak dan rumah tangga, kita juga ingin tampil cantik dan terawat. Salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan dalam kegiatan sehari-hari adalah ritual membersihkan muka dan merawatnya dengan berbagai skincare. Rutin merawat muka pada pagi hari setelah bangun tidur dan pada malam hari sebelum tidur menjadi keharusan.

Bagi yang mengikuti 10 step Korean skincare ritual, tentu sudah familier dengan salah satu produk yang digunakan dalam ritualnya yaitu facial toner atau toner wajah. Di berbagai online marketplace  dewasa ini, banyak sekali tersedia toner wajah dari berbagai merek ternama. Apa sih sebenarnya toner wajah itu? Apa fungsinya untuk wajah dan toner seperti apa yang sebaiknya digunakan?

Courtesy of Pixabay

Mengenal Facial Toner atau Toner Wajah

Toner wajah adalah produk yang digunakan setelah pembersih dan sebelum serum atau pelembap.   Menurut cleure.com, ada beberapa fungsi toner, yaitu:

  1. Membersihkan kulit
  2. Mengembalikan keseimbangan pH kulit setelah memakai pembersih
  3. Menyerap minyak yang berlebih
  4. Membersihkan pori-pori
  5. Menyejukkan kulit
  6. Menghilangkan bekas makeup dan kotoran di muka, sehingga membantu serum lebih meresap

Toner didesain cocok untuk semua jenis wajah. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih toner yang tepat, yaitu sebaiknya jangan memilih toner yang mengandung alkohol. Alkohol dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Selain itu, jika memiliki kulit sensitif, hindari toner yang mengandung fragrance karena bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Baca Review Raiku Anti Aging Series & Cleaning Series


Review Emina Witch Power Face Toner

Kemasan

Salah satu toner yang pernah saya gunakan hingga habis adalah Emina Witch Power Face Toner. Kemasan Emina Witch Power Face Toner ini berbentuk botol plastik dengan ukuran 50 ml. Cukup travel friendly karena ukurannya kurang dari 100 ml dan cukup kecil. Bahannya yang terbuat dari plastik namun tidak gampang tumpah, membuatnya mudah dibawa ke mana-mana.

Review Toner Wajah - Emina Witch Power Face Toner

Review Toner Wajah - Emina Witch Power Face Toner

Di bagian belakang terdapat keterangan produk dan juga cara pakai. Selain itu ada bahan yang terkandung dalam toner ini dan juga keterangan produksi. Pada bagian bawah botol, tertera nomor BPOM, batch number, dan juga expired date.

Review Toner Wajah - Emina Witch Power Face Toner

Untuk membuka kemasan, kita cukup membuka tutupnya dengan gerakan memutar. Tidak terdapat seal sehingga toner bisa langsung dipakai. Bolongan yang ada di bagian atas juga cukup besar sehingga harap berhati-hati dalam mengeluarkan isi toner.

Baca Herborist Tea Tree Anti Acne Facial Foam – First Impression

Review Toner Wajah - Emina Witch Power Face Toner

Komposisi

Isi dalam Witch Power Face Toner ini berbentuk cairan yang berwarna biru muda. Adapun bahan yang terkandung di dalamnya adalah:

aqua, propylene glycol, glycerin, triethanolamine, lactic acid, zinc gluconate, butylene glycol, PEG-40 hydrogenated castol oil, phenoxyethanol, glycolic acid, trideceth-9, Aloe barbadensis (Aloe vera) leaf extract, fragrance, ethylhexylglycerin, polysorbate 20, Hamamelis virginiana (witch hazel) leaf extract, potassium sorbate, sodium benzoate, CI 42090, CI 19140

Meskipun judulnya Witch Power, namun kandungan witch hazel-nya cukup berada di bawah daftar bahan, yang mengartikan bahwa kandungannya tidak terlalu banyak. Menurut skincarisma.com, toner ini sudah bebas paraben, alkohol, silikon, dan sulfat. Ada beberapa bahan yang mendukung anti aging yaitu Glycolic Acid dan Lactic Acid. Glycolic Acid juga berfungsi untuk mengurangi produksi minyak/sebum. Namun jika kalian punya kulit sensitif, harap berhati-hati karena dapat menyebabkan iritasi.

Review Toner Wajah - Emina Witch Power Face Toner

Produk ini cocok untuk kulit normal hingga berminyak, namun dari komposisinya terdapat bahan yang bagus untuk kulit kering. Terdapat glycerin, butylene glycol, dan juga propylene glycol yang berperan untuk melembabkan kulit. Toner ini juga mengandung fragrance sehingga mungkin akan menyebabkan iritasi kulit jika tidak cocok.

Baca Review Noera Slimming Scrub

Cara menggunakannya yang tepat menurut kemasannya adalah:

  1. Tuangkan secukupnya pada kapas atau tissue (lebih baik kapas sih)
  2. Tepuk lembut pada wajah dan leher yang telah dibersihkan
  3. Biarkan mengering selama 1 menit sebelum menggunakan serum atau pelembap untuk hasil maksimal

Ketika diaplikasikan ke kulit, Witch Power Face Toner ini terasa segar dan cukup dingin. Setelah memakai ini, wajah lebih mengencang.  Selama kurang lebih sebulan saya menggunakannya setelah step double cleansing, saya merasa muka saya jadi tidak terlalu berminyak dan tidak ada efek negatif juga di kulit saya yang berminyak. Tidak ada rasa sakit atau menyengat ketika diaplikasikan.

Produk ini juga cocok dengan rangkaian regime skincare saya yang lainnya, sehingga dapat dengan mudah masuk ke dalam skincare rutin sehari-hari. Repurchase? Untuk sekarang tidak karena sedang memakai toner lainnya. Namun produk ini cocok untuk kalian yang baru memulai skincare routine.

Review Toner Wajah - Emina Witch Power Face Toner

Harga: Rp 20.000 hingga Rp 25.000 di Shopee

Plus

+ Travel friendly
+ Desain menarik
+ Affordable
+ Membantu mengurangi produksi minyak/sebum di wajah
+ Mudah didapatkan online marketplace maupun di toko offline
+ Bebas paraben, alkohol, silikon, dan sulfat

Minus

– Kadang suka tumpah ketika dituangkan
– Mengandung bahan yang kurang cocok untuk kulit sensitif (fragrance, glycolic acid, dan lactic acid)

Sekian review Emina Witch Hazel Power ini, semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.