Family, Food, Health, How To, Products, Tips

Cara Penuhi Kebutuhan Serat Anak Sehari-hari

Saya akhirnya mengerti bahwa menjadi seorang Ibu, kehidupan kita akan penuh dengan hal-hal kecil yang membahagiakan sekaligus mendebarkan. Bahkan hal yang kita awalnya anggap remeh pun menjadi sangat penting, terutama jika kita adalah seorang ibu baru. Salah satu hal yang jadi sorotan utama bagi orang tua yang punya anak kecil adalah masalah perncernaan anak alias aktivitas BAB atau buang air besar HAHAHA. Benar ga?

Saya mengikuti beberapa WAG dan forum parenting online. Tidak sedikit yang update kondisi BAB anaknya untuk menanyakan apakah hal itu normal apa tidak.

“Moms, anakku full ASI tapi seminggu belum BAB nih, ada yang sama ga? Gpp kan?”
“Anakku BABnya *blablablabla*. Normal ga sih?”
“Bagi tips buat lancarin BAB anak dong, udah mau 3 hari nih ga BAB huhuhu.”

Ayoo siapa yang pernah begini juga? Cung! *Ngacung juga* Saya pun pernah melewati fase galau soal BAB ini. Awal Rio ASI eksklusif, pernah sampai hampir 20 hari tidak BAB hahahahaha. Tapi karena masih full ASI dan anaknya ga rewel, kata Dokter Spesialis Anak (DSA) juga tidak apa-apa. Yang penting rajin dipijat ILU di perutnya dan gerakkan kakinya seperti mengayuh sepeda. Sambil berdoa. Semoga besok BAB keluar hahaha.

BacaΒ Kiat Menjaga Anak Tetap Sehat di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Bitmoji Image

Kenapa bayi ASI ekslusif masih dibilang normal ketika tidak BAB setiap hari? Bahkan tidak BAB seminggu aja, DSA (dan bayinya) juga masih santai. Ternyata, hampir semua komposisi ASI yang ada akan diserap oleh bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Makanya hampir tidak ada “sisa” untuk dibuang.

Beda lagi ceritanya pas sudah mengonsumsi makan pendamping ASI (MPASI). Awalnya Rio mulai teratur BABnya namun di saat saya kurang memberinya sumber serat, mulai deh BAB muncul hanya dua hingga tiga kali sehari. Deg-degan juga sih karena takut Rio konstipasi huhuhu. Kasiaaan. Sekarang pun BABnya bisa dibilang belum teratur banget sih. Bisa satu hingga dua hari sekali.

Jadi, berapa sih kebutuhan serat bayi dan anak?

Menteri Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada peraturan menteri No. 75 Tahun 2013. Disitu disebutkan bahwa kebutuhan serat anak dan bayi adalah sebagai berikut :

Serat ini sangat penting karena dapat mengikat air dan menambah volume feses sehingga menimbulkan keinginan untuk defekasi (BAB), jadi feses mudah dieliminir dari tubuh. Apa dampaknya kalau kekurangan serat? Pasti kita akan susah BAB sehingga menyebabkan konstipasi. Bahkan di penelitian Kharismawati (2011) pada siswa SD menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat asupan serat yang kurang dari kebutuhan, mempunyai risiko 4 kali lebih besar untuk mengalami obesitas.

Pada kenyataannya, berdasarkan penelitian dari Ambarita, et. al (2014) yang meneliti asupan serat makanan pada anak usia SD, ternyata jumlah serat yang dikonsumsi oleh anak-anak masih dibawah kebutuhan. Pada siswa kelas 5 dan 6 SD, rata-rata asupan serat adalah sebesar 12.4 g/hari. Padahal disebutkan bahwa mereka butuh sekitar 28-30 g/hari. Masih jauuuh dibawah ya.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serat pada bayi dan anak. Hampir semua sudah saya lakukan ke Rio, agar kebutuhan nutrisi dan juga kebutuhan seratnya terpenuhi. Lagian saya masih ingat pertama kalinya BAB Rio keras. Sampai nangis loh dia karena tidak pernah merasakan sensasi itu sebelumnya huhuhu. Jangan sampai keulang lagi deh!

Beberapa cara yang saya lakukan adalah :

1. Kenalkan anak dengan makanan tinggi serat

Tak kenal maka tak sayang kan ya? Hehehehe. Biasanya sebelum saya memberikan makanan, saya perkenalkan dulu masing-masing makanan ke Rio. Saya perlihatkan bentuknya, jelaskan namanya serta rasanya. Setidaknya anak bisa tau dulu makanan apa yang akan dia makan.

BacaΒ Kelas Gizi Food For Kids Indonesia –Β  Gizi Pas Anak Cerdas

Perkenalan anak kepada makanan, terutama makanan dengan sumber serat seperti buah-buahan, sayuran, produk gandum, kacang-kacangan, serta susu, diharapkan dapat membuat dia lebih antusias dan mengerti makanan tersebut. Katanya sih mindful eating hehehe. But it works on making Rio wanting to taste and eat his food.

Selalu berhasil? Tidak juga, tapi ya setidaknya sudah mencoba hihi. Dan menambah kosa kata dan pengetahuan anak kan yaa.

2. Perbanyak asupan sayuran dan buah

Nah baru nih eksekusi prakteknya hehehe. Sayuran dan buah merupakan golongan makanan yang tinggi serat dan alhamdulillah mudah sekali didapat di Indonesia. Memang ada jenis lain seperti oatmeal, spaghetti, nasi merah dan juga roti. Namun menurut saya, sayur dan buah paling mudah diperoleh dan disiapkan.

Awalnya saya perkenalkan Rio ke sayuran yang tergolong “enak” (menurut saya haha) seperti tomat dan wortel. Lama-lama saya berikan bayam, timun dan brokoli. Alhamdulillah dia doyan! Malah kadang suka habis duluan, apalagi wortel kukus hahaha.

Bagi yang agak susah makan sayurnya, coba dimakan bareng bareng sama ibu bapaknya, atau dibuat bentuknya lucu, atau bahkan coba disembunyikan di dalam makanan (nugget isi brokoli, dll). Jangan sampai kehabisan akal ya ibuk bapak πŸ˜€

Gimana kalau anaknya nolak sayur? Coba ditambahkan asupan buah. Jarang ada anak yang menolak diberikan buah-buahan yang manis dan segar. Mulai dari buah naga (ini paling ampuh agar anak cepat BAB hehehe), pisang, pepaya, jeruk, apel, dan masih banyak lagiii. Tapi selalu catat frekuensi BAB setelah memakan sayur dan buah. Kadang buah yang mempercepat BAB si A malah membuat si B konstipasi. Make sure you know your kids.

BacaΒ Anak Ibu Millennial Butuh Gizi Maksimal – Food For Kids Indonesia

Nah masalahnya kalau kurang suka dua-duanya dan asupannya masih kurang? Hmmm… Coba terus! Hehehe jangan menyerah ibuk ibuk. Kalau sudah hampir menyerah, mungkin bisa melakukan tahap ketiga yaitu :

3. Berikan Yogurt

Nah ini solusi yang ampuh bagi Rio. Win-win solution juga sih karena dia juga suka hihi. Salah satu yogurt yang Rio minum adalah Yo! Yogurt for kids. Yo! dari Heavenly Blush adalah yogurt anak pertama di Indonesia. Minuman ready to drink ini dibuat dari yogurt yang ditambahkan serat buah dan sayur.

Bahkan varian rasanya juga termasuk banyak dan “ajaib” menurut saya hehehe. Bayangkan saja ada rasa Banana Berries Broccoli, Mango Carrot, Pumpkin Raspberry, & Lychee Spinach. Lengkap kan ya ada serat sayur buah hehehe. Kemarin sih saya mencobakan rasa Lychee Spinach ke Rio.

Review Yo! Yogurt for Kids

Yo! Yogurt for Kids tersedia dalam kemasan 200 ml dengan sedotan pendek yang bisa ditarik. Rio tidak saya biarkan habis sekali minum sih hehe. Paling 2 hingga 3 sesi terpisah. Kalau sudah dibuka ya saya simpan lagi di lemari es, tapi tidak pernah lebih dari 24 jam. Selalu habis cepat hahaha.

Ternyata yogurt ini dibuat tanpa bahan pengawet, perasa buatan, dan pewarna buatan. Jadi aman-aman saja diminum setiap hari. Sudah ada sertifikat halalnya dari MUI juga loh! Oiya saya lupa memfoto tapi tertera tanggal kadaluarsa secara jelas di bagian atas kemasan.

Jika dilihat dari komposisinya, terdapat bayam bubuk, leci bubuk serta konsentrat wortel. Apabila kita lihat tabel Informasi Nilai Gizi, varian Lychee Spinach ini menyediakan energi total sebanyak 160 kkal. Kandungan gulanya juga cukup tinggi yaitu sebesar 17 gram.

Namun perlu dilihat disini adalah jumlah serat pangannya adalah sebesar 10 gram atau 42% dari kebutuhan AKG berdasarkan kebutuhan 2000 kkal. Lebih dari setengah untuk kebutuhan serat anak berumur 2 tahun, nice! Tinggal ditambah sayur dan buah aja sedikit hehe.

Rasanya? Menurut saya sih tidak terlalu manis. Rasa plainnya memang mendominasi dengan sedikit rasa leci. IYA SAYA NYOBAIN JUGA DONG. Hahahah penasaran abis unik gitu variannya. Rio bagaimana? Sukaaaa. Dia suka minuman semacam yogurt dan kawan-kawan. Alhamdulillah ya!

Yogurt ini tersedia di supermarket maupun minimarket. Di marketplace oline pun juga ada, kadang dengan diskon yang fantastis. Jadi mudah sekali untuk ditemukan dan dibeli. Cusss!


Sekian sharing saya soal cara memenuhi kebutuhan serat pada anak dan bayi. Semoga bermanfaat πŸ™‚ Jadi, jangan khawatir takut kekurangan asupan serat lagi ya. Thanks for reading!

RELATED POST

43 Comments

  1. Ya benar kami saja di pedesaan sudah bisa dapat ini yoghurt yang bisa ki beli di minimarket kecamatan. Anak anak memang susah makan sayur buah pun pilih pilih gak heran kalau anak suka sembelit. Dengan minum yoghurt semoga kebutuhan serat anak bisa tercukupi ya…

  2. Wah mudah nih dapetin Yo! Yogurt for Kids. Siap-siap borong ah. Hehe. Suka sedih kalo anak pupnya kurang lancar gegara kurang serat.,sementara suruh makan sayur aja susah.

  3. Wah mudah nih dapetin Yo Yogurt for Kids, siap-siap borong ah. Hehe. Suka sedih kalo anak pupnya kurang lancar gegara kurang serat.,sementara suruh makan sayur aja susah. Makasih reviewnya yang detail ini.

  4. Duh si dedek sumringah banget minum heavenly blush Yo.
    Anak saya juga suka mba.
    emang rada sulit membuat anak mau makan sayur ya.
    anak2 saya juga gitu, tapi tetep saya cariin caranya, salah satunya kasih heavenly blush Yo gini πŸ™‚

  5. Yo! ini yogurt kesukaan anak saya πŸ˜€ anak-anak memang membutuhkan serat ya agar pencernaanya lancar dan sehat.

  6. Maksud hati mau kasih anak makanan yang mengandung sayur dan buah setiap hari. Tapi ada kalanya anak-anak pada bosan. Untung ada yogurt, yang bisa mengcover kebutuhan serat untuk kesehatan pencernaan mereka.

  7. Kemasan yogurtnya menarik, kayaknya yg suka bukan anak kecil aja deh, apa lg ada varian rasanya

  8. Kian memahami bahwa konsumsi serta dari buah dan sayur itu penting bgt buat anak, jangankan anak, Kita pun org dewasa masih membutuhkannya ya mba. Yoghurt bs jadi salah satu alternatif memenuhi serat bagi anak yaah.

  9. Wah pas bgt nih anakku yg bayi sudah masuk mpasi.. perlu info soal makanan dan serat yg baik untuk dia.. jadi gak bingung lagi nanti mau buat menu mpasi apa..

  10. dedek udah boleh makan yoghurt yah?? emang enak sih, onty juga suka tapi yang plain

  11. Tulisannya informatif banget kak, lumayan nih buat ngasih tau tante supaya anaknya coba hehe

  12. yogurtnya gemesshh banget, anak anak pasti suka tuh, belum lagi manfaatnya banyak jadi ga rugi deh

  13. Anakku malah sekarang lagi nggamau makan nasi, tapi maunya gadoin sayur lauk πŸ˜“

  14. baru tahu bahwa banyak makan beratjustru bkin tubuh jadi tinngi

  15. Aku banget nih mbak yang setiap anak pup selalu diliatin pupnya kayak gimana, warna apa, bentuknya dan lain-lain. Hehe. Yo! Yoghurt ini enak banget sih. Emaknya aja suka, ntar aku kasih anakku ah.

  16. Chilma Rahayu Isnanda says:

    Waaa kemasan yoghurt nya ucul bangett.. jadi pengen cobain juga deh jadinyaa

  17. Anakku pun ga suka sayur. untung ada yogurt yo yang bisa bantu kebutuhan serat harian untuk anak. rasanya juga enak, anak suka

  18. Aku punya adek umur 4 tahun dan dia pemakan segala jenis makanan. Tapi dia gak suka sayur bisa ni kayanya direkomeded buat si adekku hihihi

  19. Aku sendiri jg suka minum yogurt beb. Bikin bab lancar

  20. Ini beneran aman buat balita ya? Waaa bisa beliin buat anak yogurt kalo pas susah pup. Anakku juga sering gak bisa pup. Makasih infonya Mbak Say.

    Bedewe paragraph pertama bener banget itu. Anak lancar pup aja si emak dah senen banget ya. Hahhah…

  21. Serat itu sangat penting buat tubuh, nggak hanya orang dewasa saja yang perlu, anak-anak pun juga untuk kesehatan pencernaannya

  22. Resty Yudha says:

    Ini gk bisa buat dewasa ya kak? Soalnya adeku jg masalah nih makan sayur & buah.. klo bisa lumayan nih siapa tau adeku mau hihihi

  23. Nice info kak! Sebagai calon mama aku sangat terbantu dengan artikel ini untuk menyiapkan yang terbaik untuk buah hati

  24. Kalau asupan seratnya berupa Yo yogurt, anakku pasti ga nolak, yogurtnya enak. Favorit anak-anakku

  25. Adek saya juga susah banget ni di ajak makan yang berseratπŸ˜–πŸ˜–…. Hmmm yogurt ini kira kira bakal dia suka gak yah

  26. Wah mbak, informasinya bermanfaat banget sih.. soalnya teman saya ada yang baru jadi mommy dan anaknya susah banget makan buah & sayur, ahlasil jadi rewel karena BAB nya keras. Terimakasih ya mbak informasinya, saya mau rekomen teman saya buat cobain heavenlyblushnya πŸ˜€

  27. semenjak belajar eating clean, aku lebih percaya sayuran organik tanpa olahan pabrik yang pasti bergizi hehe soalnya kl udah makanan kemasan tuh sepertinya tidak myakinkan hehe apalagi kalo harus dikasih ke buah hati:”)

  28. nnahhh, adek bagi sama tante dong. Ini bagus banget ya untuk anak-anak. Rasanya juga disukai oleh anak

  29. Pantesan aja kakakku sering banget beliin anknya ini. Ternyata baik ya untuk Anak.

  30. ini win win solution banget mba, aku udah kefikiran stock yogurt buat cukupi kebutuhan serat anak πŸ™‚ baca-baca review yogurt ini kayaknya mesti deh aku coba

  31. Pertama beli Yo!Yoghurt ini suka dengan sedotannya hahaha
    Terus karena anakku suka ya lanjut beli lagi dan lagi . Karena manfaatnya yang bagus sekali terutama untuk mambantu memenuhi kebutuhan serat anak.

  32. Asupan nutrisi penting ya mom fara biar anak aktif dan tanggap. Seperti heavenly blush yoghurt ini, aku selalu nyetok dirumah karena anakku termasuk susah makan sayur

  33. Duh si baby lucukkk banget sih mba Dila, langsung kangen anak di rumah πŸ™‚

    Btw yogurt jadi pilihan praktis nih sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan serat anak:)

  34. Duh jujur mba kalo nomongin serat buat kasihke anakku aku udu nyerah bgt. Heehehe.. semuanyaudh dicoba tp ga mempan. Skrg cm berharap nanti besarnya anak2 akan doyan makan sayur dan buah..

    Tp kalo utk kasih yogurt sih aku blm terlalu coba ya. Mereka doya.n tp ga sering minum. Siapa tau dengan minum heavenly blush yogurt ini kebutuhan serat anak2ku terpenuhi yaa.. makasih ya mba infonya..

  35. Serat sangat baik untuk orang dewasa, apalagi buat anak-anak agar lancar saat bab

  36. Boleh juga nih saya coba havenly blush yo buat Adek. Secara dia kurang serat banget. Maunya nyemil. Kalau seratnya dalam bentuk kotak susu gitu oasti dia suka. Ma kasih infonya ya, Mba Dila (sitambah n jadi nama yg fenomenal xixixi)

  37. Anakku juga suka sekali dengan Heavenly Blush Yo! ini, sekarang sudah pinter dia setiap belanja mingguan suka ngambil sendiri di rak yogurt. Padahal awalnya nyobain yang untuk dewasa tapi pas aku kasih ini dia suka.

  38. duuuh senang banget kelihatannya Si Kecil suka ya dengan yogurtnya.
    anak-anak emang butuh serat yg cukup, untung sekarang udah ada Yo! ini, jadi ada alternatif pilihan buat anak yang picky eater, gak suka makan sayur maupun buah πŸ˜€

  39. Sayur sama buah memang harua siperkenalkan dari kecil ya mba. Karena klo udah gak doyan dan anti buah dan sayur, agak susah juga β€œmaksa” nya. Untung ada yoghurt sehat yang kandungannya bagus banget untuk anak-anak ya…

  40. Waaah, Rio keliatannya suka banget tuh mbak sama Yogurt nya. Sayur emang sngat penting banget, mkanya sedih kl masih ada anak yg ogah makan sayur

  41. Baru tahu nih aku ada yogurt Yo ini hehehe
    Kenzo suka yogurt, aku cobain akh nanti

  42. Yoghurt nya enak sekali kelihatannya sampai adek yg difoto menikmati sekali. Minuman lezat bergizi.

  43. anaknya juga belum brojol. hhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.