Education, Environment, Places, Tips, Travel

Mengenal Tanah Papua di Wonderful Papua Virtual Gathering

Siapa yang sudah pernah ke Papua? Saya belum sih tapi suami sudah beberapa kali dan ternyata bikin mupeng! Makanya saya sempat menulis tentang Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua… Karena tulisan tadi, saya beruntung menjadi salah satu dari blogger terpilih untuk mengikuti Wonderful Papua Virtual Gathering yang diselenggarakan oleh Econusa dan Blogger Perempuan.

Mengenal Tanah Papua di Wonderful Papua Virtual Gathering

Yang ingin pergi ke Papua atau kangen mengunjungi pulau tersebut, silakan baca blog post ini ya. Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid 19, tapi semoga bisa mengobati sedikit rasa kangen untuk jalan-jalan dan mengeksplorasi tanah Papua.

Selain itu, bisa langsung susun itineary untuk traveling paska masa pandemi, karena ternyata ada beberapa destinasi wisata yang direkomendasikan loh. Take note, take note!

Wonderful Papua Virtual Gathering

Virtual Gathering ini memberikan kita informasi tentang kebudayaan dan kekayaan Papua, serta alasan mengapa Papua disebut sebagai Destinasi Hijau. Dengan menghadirkan beberapa narasumber yaitu Bang Bustar Maitar selaku CEO EcoNusa⁣ Foundation, Bapak Kristian Sauyai selaku Ketua Asosiasi Homestay di Raja Ampat⁣ serta Kakak Alfa Ahoren selaku perwakilan anak muda Papua, para peserta dan  juga penonton live streaming bisa membuka wawasannya tentang pulau indah di ujung timur Indonesia ini.

Mengenal Tanah Papua di Wonderful Papua Virtual Gathering

Acara dibuka oleh pembawa acara yang ceria yaitu Kak Jeni Karay, seorang social media influencer dari Papua. Di awal acara, kita menonton sebuah video singkat tentang suku di Papua yang bergantung dengan alam dan hutan. Video ini sangat menarik karena memperlihatkan keindahan hutan Papua yang seharusnya kita jaga dan lestarikan.

Video ini adalah salah satu dari banyak video yang ada di channel Youtube Econusa. Meskipun belum menginjakkan kaki di Papua, kita bisa langsung lihat berbagai video yang tersedia di channel Youtube tersebut, dan semuanya bagus-bagus looh! Malah ada tayangan ulang live streaming acara-acara sebelumnya juga yang menarik.

Youtube Econusa Foundation

Selain video, kami juga memainkan quiz tentang Papua. Saya sempat rangking satu sih, lalu drop shay hahaha. Sepertinya masih banyak hal yang saya harus pelajari tentang Papua. Tak kenal maka tak sayang kan ya? Jadi kesempatan untuk mengenal lebih jauh budaya dan keindahan alam di Indonesia, menjadi momen yang penting bagi saya.

Baca   Yuk Berkunjung ke 6 Destinasi Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Mengenal Tanah Papua di Wonderful Papua Virtual Gathering

Papua Sebagai Destinasi Hijau

Bang Bustar memulai pemaparannya dengan sedikit mendeskripsikan Papua. Pulau paling timur Indonesia ini ternyata memiliki budaya, flora dan fauna yang berbeda dengan wilayah lain. Bahkan untuk bahasa saja, ternyata terdapat 250 bahasa!

Bustar Maitar selaku CEO EcoNusa⁣ Foundation
Bustar Maitar selaku CEO EcoNusa⁣ Foundation

Mengapa Papua dicanangkan menjadi destinasi hijau? Dalam konteks ekowisata, destinasi hijau adalah destinasi wisata yang dikelola dengan cara yang bertanggung jawab. Dalam hal ini, destinasinya dikelola oleh masyarakat adat sendiri, lingkungannya dikelola dengan baik dan pengunjungnya juga ikut bertanggung jawab dalam melestarikan lingkungan.

Intinya adalah bagaimana kita ke suatu tempat dan, bersama-sama dengan masyarakat sekitar, tetap menjaga alam yang ada. 

Hutan Papua memiliki banyak spesies endemik yang perlu dilestarikan. Semakin kesini, hutan juga semakin lama semakin sedikit. Jangan sampai hutan di Papua hilang.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kak Alfa. Orang papua hidup berdampingan dengan alam, segala yang dilakukan orang papua bergantung dengan alam. Jangan sampai hal tersebutu hilang. Jika hilang, maka identitas kita juga akan hilang.

Alfa Ahoren selaku perwakilan anak muda Papua
Alfa Ahoren selaku perwakilan anak muda Papua

Semua bisa menikmati tapi tetap harus bertanggung jawab agar generasi berikutnya bisa menikmatinya juga. Plus bisa membawa manfaat langsung bagi masyarakat setempat. Hal ini juga dilakukan oleh Pak Christian yang juga memiliki homestay di Raja Ampat, salah satu destinasi wisata top di Papua.

Hingga sekarang, Raja Ampat dikembangkan ekowisatanya karena lautnya masih bagus & juga banyak spesies endemik yang hanya ada di wilayah tersebut. karena banyak yang tertarik kesini, maka terdapat juga homestay lokal yang menjadi homestay ramah lingkungan.

Bapak Kristian Sauyai selaku Ketua Asosiasi Homestay di Raja Ampat
Bapak Kristian Sauyai selaku Ketua Asosiasi Homestay di Raja Ampat

Tentu kita ingin alam tetap terjaga, karena saya juga belum kesana hehehe. Tidak mau dong keindahannya hilang, apalagi sampai anak cucu tidak bisa menikmatinya lagi dan hanya mendengarkan cerita masa lampau 🙁

Kiat Agar Keindahan Alam & Budaya Tetap Terjaga

Di acara tersebut, Pak Christian dan juga Kak Alfa membagikan beberapa tips agar kita bisa menjaga  keindahan alam & budaya Papua, sehingga bisa terus dinikmati. Beberapa tipsnya adalah :

  • Tetap menjaga kelestarian ekosistem dan keanekaragaman hayati agar selalu ada, agar nanti anak cucu bisa tetap melihat dan menikmatinya.
  • Harus menghargai lokasi dan juga keadaan sekitar saat traveling. Contohnya adalah jika ingin tour melihat burung-burung endemik Papua, kita juga harus berupaya agar satwa tidak merasa terusik.
  • Jangan bawa sampah masuk ke Raja Ampat maupun destinasi wisata lain di Papua. Kita harus belajar melestarikan lingkungan.
  • Dengan adanya Covid 19, ada beberapa hal-hal baru seperti protokol kesehatan yang harus dilakukan. Yuk kita laksanakan dengan baik & patuh untuk menjaga kondisi destinasi wisata.
Baca   Cara Membantu Sesama dalam Pandemi Covid-19

Selain mengembangkan ekowisata untuk memenuhi keinginan wisatawan, kita juga harus mampu melestarikannya dengan cara yang baik dan bertanggung jawab. Jika hal-hal tersebut dilakukan, we can enjoy the destination for years to come ❤

Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Di Papua

Ngomongin destinasi wisata, Bang Bustar dan Kak Alfa juga membagikan beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi kalau kita menginjakkan kaki di Tanah Papua. Soalnya ada quote sebelum ke surga, harus ke tanah papua! Hehehe.

Apa saja destinasi wisata tersebut? Bang Bustar bilang semuanya sih hehehe, tapi kalau harus disebutkan, ada…

  1. Danau Sentani
  2. Tempat melihat Burung Cendrawasih
  3. Pegunungan Arfak – untuk melihat The Bird of Ballerina (ini burungnya gemes banget btw!)
  4. Pegunungan Tambrauw
  5. Air Terjun Fakfak
  6. Raja Ampat

Alfa Ahoren selaku perwakilan anak muda Papua

Ternyata Arga sudah pernah ke beberapa tempat yang disebutkan diatas. Pantesaaaan dari foto-fotonya aja bikin mupeng! Ternyata ya memang sebagus itu~ Beberapa penjelasan dan foto-foto destinasi wisata diatas ada di blog post :

Baca   Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua...

Selain destinasi wisata alam, terdapat juga wisata budaya Papua seperti Festival Kesenian Papua Barat di Manokwari yang diadakan setiap tahun. Setiap kabupaten di Papua Barat datang kesana dan menampilkan tarian-tarian khas.

Biasanya pada bulan Juni hingga Agustus, terdapat berbagai wisata adat seperti Festival Danau Sentani di Papua, Festival Raja Ampat, Upacara Adat Sasi dan masih banyak lainnya. Bisa disearch dulu ya tanggalnya biar bisa pas mengatur waktunya 🙂

Mencicipi Kopi Organik dari Wamena

Mengenal Tanah Papua di Wonderful Papua Virtual Gathering

Meskipun belum pernah ke Papua, tapi alhamdulillah dikirimin Kopi Organik dari Wamena oleh Econusa dan juga Blogger Perempuan. 😀 Kopi tersebut berasal dari pegunungan Wamena dan merupakan kopi organik dimana tidak dipakai pupuk kimia tambahan untuk menumbuhkannya.

Saya pribadi bukan penyuka kopi, tapi Arga suka banget hehehe. Besoknya langsung dicoba dan katanya enak! Sama seperti kopi arabica dataran tinggi yang rasanya memang lebih asam, jadi tidak terlalu pahit.

Saya juga diberikan beberapa resep olahan kopi yang bisa dibuat langsung di rumah. Kalau ada yang mau coba silakan loh, jangan lupa di save ya! 😀

Resep Kopi Papua

Tentang Econusa

Di acara Wonderful Papua Virtual Gathering, ada yang bertanya, apa yang dilakukan oleh Econusa Foundation untuk membantu masyarakat Papua menjaga hutan? Bang Bustar menjelaskan bahwa Econusa adalah lembaga yang berkontribusi untuk lingkungan dan masyarakat. Tetap tanggung jawab utama ada di pemerintah.

Namun Econusa ingin menggerakkan awareness dari masyarakat untuk juga menjaga lingkungan dan alam di Indonesia, khususnya Papua dan wilayah Indonesia Timur. Salah satunya adalah dengan cara menulis dan menyebarkan informasi tentang hal tersebut.

Hal ini sejalan dengans salah satu misi Econusa, yaitu “Mengorganisir kaum muda khususnya di kawasan perkotaan untuk mendukung gerakan kedaulatan pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan”. Biar orang lain juga tahu dan mengeri bahwa Papua harus dijaga untuk Indonesia dan juga dunia.

Econusa Foundation atau ayasan Ekosistim Nusantara Berkelanjutan (EcoNusa Foundation) merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mengangkat pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan di Indonesia dengan memberi penguatan terhadap inisiatif-inisiatif lokal. Yayasan ini resmi berdiri sejak 21 Juli 2017 dan berbasis di Jakarta.

EcoNusa juga mempromosikan dialog antarpemangku kepentingan untuk makin mengembangkan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan sekaligus juga untuk mengangkat keadilan, konservasi, dan transparansi. Yayasan EcoNusa juga mempromosikan nilai-nilai kedaulatan pengelolaan dan konservasi sumber daya alam kepada para pembuat kebijakan baik di tingkat daerah maupun nasional.


Jika ada yang ingin menonton ulang Wonderful Papua Virtual Gathering, atau diskusi lainnya yang dilaksanakan oleh Econusa, bisa langsung ke channel Youtubenya yaa. Cukup banyak materi menarik yang bisa membuka wawasan kita tentang Papua.

Nah, siapa yang ingin menjelajah the Wonderful Papua lebih jauh? Semoga kelak kita bisa menginjakkan kaki di tanah Papua ya sebelum menginjakkan kaki di surga 😉

RELATED POST

19 Comments

  1. keren banget emang papua. maka tak heran bila banyak yang bilang kalau papua adalah surga yang jatuh ke bumi

  2. Aamiin… Semoga bisa menginjak Tanah Papua sebelum ke surga….^^

  3. Papua memang indah banget ya kak seperti kepingan surga yang jatuh ke bumi. Semoga tetap hijau hingga nanti. Aku kepengen juga bisa ke sana liburan.. waaaah semoga terwujud

  4. Masya Allah indahnya! Saya jadi semakin kepengen ke Papua. Pengen juag cobain kopi Papua. Soalnya saya penggemar kopi

  5. lina muryani says:

    suami saja juga dulu penempatan papua mb, dia pernah di sorong dan manokwari, sekarang aja masih ngarep pengen balik lagi ke sana untuj kerja atau jalan2

  6. Salah satu pulau yang pengen dikunjungi dan belum sempat menjejakkan kaki di Papua mbak. Semoga suatu saat nanti bisa melancong ke sana. Btw senang banget ya mbak bisa virtual gathering gini.

  7. Provinsi kita semua mempunyai keunikan tersendiri termasuk papua, bangga ya jadi warga negara Indonesia.

  8. Aku mau banget ke Papua dong. Alamnya yang masih asri dan menantang bikin jiwa petualangku terpanggil. Sekarang nabung dulu aja ya.

  9. Papua nih indah banget dan masih asli banget ya alamnyaaaa.. Semoga suatu saat nanti dikasih kesempatan berkunjung ke papua ah. Makasi sharingnyaaaa

  10. Ngomongin Papu selalu aja bikin mupeng ke sana. Ditambah cerita suami yang 2tahun di sana juga makin nambah penasaran. Semoga kesampaian bisa main ke Papua 😀

  11. Semoga dengan dikelolanya wisata papua oleh masyarakat adat, kelestariannya terus terjaga ya…

  12. Ah sama kak..
    Aku juga ikutan acara ini..
    Seru ya…
    Bisa tahu papua meski secara virtual

  13. Papua ini salah satu destinasi impian saya loh. Kenapa? Karena banyak buku yang menggambarkan alamnya yang indah menawan. Tapi aku merasa tidak cukup jika tidak merasakan ya sendiri. Semoga suatu saat bisa kesan ya

  14. Suka deh kalau event tentang Papua beneran melibatkan orang Papua, karena pastinya mereka lebih paham tentang daerah asalnya 🙂

  15. Masya Allah indah nya Indonesia, Mdh2 an bisa menyaksikan langsung keindahan Papua

  16. papua itu sangat eksotik ya mbak, bahas dari segi manapun selalu menarik. sebagai ornag indonesia, aku bangga ada papua di dalamnya.. semoga keberagaman ini terus kita jaga yaa

  17. Aku pernah denger cerita ttg tanah papua dari temenku yg keturunan papua, katanya disana beneran indah dan dia beneran rekomen kalau mau liburan kesana. Mudah2an one day bisa merasakan menginjakkan kaki di eksotis nya tanah Papua

  18. Papua emang cocok banget utk destinasi hijau, tapi kalau mau menarik turis emang butuh banyak pembenahan di infrastrukturnya kali ya, tapi tentu aja yang tetap bisa ramah pada lingkungan sekitar supaya tetep terjaga.

  19. denger cerita dari suamiku tentang betapa indahnya Papua selalu bikin pengen ke sana. semoga suatu sata nanti dikasih rejeki bisa ke sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.