Food, Travel

5 Tempat Makan Murah Meriah di Bogor

Bagi yang tinggal di sekitar Jakarta, pasti sudah tidak asing dengan Kota Bogor. Yap, kota tujuan destinasi para warga metropolitan ini sudah pasti ramai dan padat merayap setiap akhir pekan. Selain jalan-jalan, sebagian besar turis yang datang ke Kota Bogor ingin berwisata kuliner mencicipi makanan-makanan di kota ini.

Jika ingin mencari makanan khas Bogor, seperti asinan, talas dan toge goreng, sudah banyak artikelnya di situs-situs online. Kali ini saya akan membagikan beberapa referensi tempat makan selama kurang lebih 20 tahun plus plus tinggal di kota ini. You will see what my favorite foods are from my (stomach) perspective!

 

Oiya, sebagian besar makanan ini merupakan jajanan favorit saat saya SMP dan SMA, jadi bisa dipastikan ramah di kantong hihihi. Tapi jika ingin membeli oleh-oleh khas Bogor, lapis talas atau banana cheesecake mungkin bisa jadi pilihan. Silahkan dibaca beberapa rekomendasi saya dibawah ini ya!

Baca Icip Masakan Oma di Waroenk Talubi Kuliner Bogor


1. Ayam Bakar Panas Taman Kencana

Salah satu makanan favorit pas SMA adalah Ayam Bakar Panas plus nasi di Taman Kencana. Yap percaya apa nggak, ini adalah warung tenda yang selalu ramai pengunjung. Sebenarnya ini hanya ayam bakar kecap tapiiii sambalnya enak banget dan memiliki ayam yang lunak! Cocok dimakan dengan nasi hangat, yum! Lokasinya sekarang berpindah ke Jl. Ciremai Ujung, jadi tidak pas di Taman Kencana. Terakhir kali kesana, harga 1 porsi plus minum hanya sekitar Rp. 20.000,- saja. Cukup terjangkau kan?

2. Sop Buah Pak Ewok (Saung Pak Ewok)

Ada kalanya Bogor memiliki cuaca yang super panas. Berarti itu adalah waktunya untuk menyicipi Sop Buah Pak Ewok. Restoran ini cukup popular ketika saya masih sekolah, bahkan sampai sekarang, saya juga suka datang untuk menikmati sop buahnya yang khas. Ada berbagai macam buah termasuk sawo loh. Bahkan ada versi sop buah yogurt dan sop buah durian juga!

Selain sop buah, restoran ini menyediakan berbagai makanan lainnya seperti siomay, bakso chuanki, batagor, sate dan masih banyak lagi. Hargany sangat terjangkau. Saya lampirkan menunya ya di bawah ini. Oiya, terdapat 2 cabang Saung Pak Ewok di Bogor. Saya sendiri belum pernah mengunjungi cabang terbarunya, tapi katanya ada ruang meeting dan playground juga. Nice!

5 Tempat Makan Murah Meriah di Bogor
Courtesy of Saung Pak Ewok

3. Nasi Timbel M11

Didekat lokasi Saung Pak Ewok Malabar, terdapat juga salah satu tempat makan yang gemar dikunjungi orang-orang yaitu Nasi Timbel M11. Kenapa M11? Karena letaknya di Jl. Malabar 1 (Sekarang Jl. Andi Hakim Nasoetion) No. 11. Dengan kurang dari Rp. 30.000,- saja, kalian dapat menikmati nasi timbel dengan ayam atau empal, tempe, dan tahu goreng, plus oncom dan ikan asin kering. Yummm!

Baca Mengenal “Isi Piringku” di Festival Gizi Anak bersama Danone

Sebenarnya tempatnya tidak menyerupai restoran karena tempat duduknya terletak di luar (outdoor). Namun cukup nyaman dan homey. Oiya, setau saya, tempat ini menjual nasi timbel dengan jumlah tertentu setiap harinya. Sehingga kalau habis, ya terpaksa balik lagi besok untuk menikmati. But it is worth it! 😀 Jangan lupa nikmati juga tahu gejrot yang suka mangkal di depan tempat makan ini ya.

5 Tempat Makan Murah Meriah di Bogor
Courtesy of Pergi Kuliner

4. RM Saung Merak 15

Ini adalah salah satu tempat makan yang sering saya kunjungi setelah pulang sekolah bersama teman-teman. Yap, sekolah saya yaitu SMAN 6 Bogor, sangat dekat dengan tempat makan ini yang terletak di Jl. Merak No. 15. Terlihat kan sedikit pola dalam memberi makan restoran di Bogor? Hehehe.

RM Saung Merak ini menyediakan nasi timbel (yes, again!) dan juga es podeng yang super enak. Beberapa kali ngidam es podeng ini juga pas hamil. Pokoknya wajib mencoba deh! Harganya juga cukup terjangkau bagi siswa SMA pada tahun 2005-2008. Harganya sekarang bagaimana? Silahkan liat pricelist dibawah ini yang saya dapat dari Zomato ya 🙂

5 Tempat Makan Murah Meriah di Bogor
Courtesy of Zomato
5 Tempat Makan Murah Meriah di Bogor
Courtesy of Zomato

5. Mie Ayam & Mie Ongklok Pak Bejo (Seberang Gerbang Regina Pacis)

Kalau ini adalah tempat makan favorit saya sejak SMP. Sebelum latihan basket, pasti saya menyempatkan diri untuk kesini dan makan mie ayam pangsit legendarisnya. Enak banget deh pokoknya hahaha. Bahkan setelah tes kesehatan untuk mendaftar di KUA, saya dan Arga juga sempat mampir sini untuk makan.

Tempatnya sih tidak terlalu mewah, hanya sebuah warung  mie ayam biasa. Tapi jangan salah, banyak banget yang datang kesini untuk makan. Mie ongkloknya juga khas banget! Tapi favorit saya tetap mie ayam pangsit sama teh botol. Feeling so nostalgic! Pas banget deh dimakan di saat hujan-hujan romantis ala Bogor yang khas. Harganya? Cukup dengan Rp. 15.000,- saja kita bisa menikmati mie beserta minuman. Murmer!

Baca Review Michiyo Ramen; Ramen Halal yang Enak


Nah, siapa yang sudah pernah coba salah satu (atau mungkin semua) makanan dan cemilan ini? Atau malah ngiler ngebayanginnya? Silahkan tinggalkan kesannya di komen ya! Selamat berwisata kuliner ria! 😀

RELATED POST

19 Comments

  1. Jahaadddd, saya jadi ngilerrrr.
    Terutama sop buah di siang hari terik bolong *halah hahaha

    Ama mie ayam 😀

    Cus deh kalau ke Bogor bakalan dicobain, entah kapan ke Bogornya itu, doain segera, aamiin hihihi

  2. Jadi kepingin mampir kalau pas lagi ke Bogor, harga-harganya murce bener ya, pingin nyobain mie ongkloknya pak Bejo, penasaran, hihiii.

  3. Jadi laper lagi setelah baca postingan ini. Padahal baru selesai makan. Btw, yang aku tahu cuma Bika Bogor Talubi aja yang khas dari Bogor. Setelah baca ini jadi tahu kuliner di Bogor yang enak banget. Nice sharing, kakak.

  4. Wah rekomended semua nih masuk ke list kuliner aku hehe.. Aku suka makan di warung doyong, selain ayamnya enak juga ada jengkolnya hihii

  5. Agatha Revindra Widori says:

    Sop Buahnya kok paling bisa bikin ngecesss..
    Jadi pengen nih ke Bogor utk kulineran juga, ga jauh dari jakarta kok

  6. Aku kalau ke Bogor wajib banget mampir makan di saung Merak nih mbak. Makanan dan minumannya banyak banget pilihannya. Harganya juga terhitung terjangkau plus enak. Favorit banget deh

  7. Aku ngiler nih Mbak Dila…tanggung jawab yaaa. Kalau ke Bogor kutandai deh, musti singgah ke tempat-tempat ini

  8. eh ini harganya beneran ramah kantong banget deh… bisa nih aku masukin wishlist ku kalo pas ke Bogor.

  9. Gawat nih, kelimanya aku belum pernah nyobain. Kalau ke Bogor malah suka makan di Bumi Aki itu karena senang dengan masakannya atau biasanya ke De’Luit. Pengen ah nyobain kulineran Bogor sehari, ajak akulah main buat kulineran.

  10. Thanks you mba rekomendasinya. Aku suka ada seminar di sekitar Bogor dan kurang informasi tempat wiskul disana jd nya ya ke tempat-tempat itu saja ahaha. Mau coba yg lain khawatir harga dan rasa. Aku save lah rtikel mu mba

  11. Jadi pengen liburan ini ke bogor liat kulinerannya bikin kabita hehehe lumayan masih terjangkau

  12. Wahh iyaa ramah dikantong bingitt hihi makasi infonya mbaa. Dulu jaman kuliah aku sering kulineran lho ke bogor, krn depok-bogor lumayan deket apalagi sambil keretaan rame2, seruu ^^

  13. Sop buah pak Ewok.. di Bandung juga ada, deket kantor mama. Suka banget sama sop buah ini..
    Harus di save nih, soalnya ada rencana mau liburan ke Bogor. Hihi.

  14. Wah aku pengen nyoba semua tempat itu euy. Kayaknya enak dan harganya terjangkau. Semoga nanti bisa ke bogor

  15. Wohooo… Wenak wenak ya… harganya lumayan murce juga. Next semoga bisa kesampaian ke Bogor nih buat wisata dan kuliner

  16. Sebagai pecinta mie, jadi pengen nyobak mie ongklok deh. Beda rasanya sama mie ayam biasa apa nih ?

  17. Duuuh Bogor itu surga makanan enak dan murah juga yaaa 💜 . Aku cuma tau dan pernah makan di Macaroni Panggang itu looh hahaa . Tempat dan suasana di Bogor juga enaak

  18. Ya ampuuunnnn coba aku baca ini dari kemaren2. Kapan itu aku ke bogor nganter krucil lomba, dan kami bingung mah makan siang dimana cobaakk. Muter2 in bogor sambil gugling. Hehehe

  19. Wah perlu dicoba semua nih kulineran bogor. Tapi terjangkau gak ya angkutan umum ke sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.