How To, Thoughts

Cara Membantu Sesama dalam Pandemi Covid-19

Covid-19 changed our whole life upside down. Kerasa banget banyak yang berubah, mulai dari kegiatan di rumah saja, model bisnis yang berubah sampai banyak yang dirumahkan atau kehilangan pekerjaan. 🙁 Cukup prihatin dengan kondisi yang ini, ada beberapa cara membantu sesama dalam pandemi Covid-19 ini.

If you have a home and can do your work at home,  consider yourself lucky.

Hal ini yang terus saya beritahu Arga dan juga Rio. Alhamdulillah masih mendapat kesempatan untuk kerja di rumah saja atau work from home. Masih bisa produktif dan menghasilkan dari rumah, tidak perlu ke kantor setiap hari. From me who spent the last 3.5 years working from home, I know how much of a privilege I get. Tidak semua orang bisa seperti ini.

Oleh karena itu, saya sebagai seorang blogger, content creator dan juga ibu rumah tangga, ikut tergerak untuk membantu sesama dalam kondisi pandemi Covid-19 ini. Memang apa saja yang bisa dilakukan oleh kita yang ada di rumah saja? Ternyata cukup banyak loh.

1. Mentaati Aturan dari Pemerintah

Ini yang paling mudah dan murah sih. Tidak keluar rumah (jika tidak perlu dan jika tidak bekerja di 8 sektor tersebut), tidak melakukan kumpul-kumpul, selalu memakai masker ketika harus berpergian dan tidak mudik. Hal ini jelas membantu sesama karena mengurangi tingkat penyebaran virus.

Cara Membantu Sesama dalam Pandemi Covid-19
Courtesy of Pixabay

Memang perlu penyesuaian sih karena sebentar lagi Ramadan dan hal yang paling kita sukai adalah kumpul kumpul dan mudik! Apalagi Arga, agak sedih sih melihat dia kecewa ga bisa pulang kampung (dia selalu mudik soalnya), tapi demi kebaikan bersama. Bismillah semoga kesabaran ini diganti dengan hal yang lebih indah.

Baca   Kegiatan Selama Pandemi Covid-19

2. #SupportLocalBusiness & Dukung Jualan Teman

Sekarang saya lihat sudah mulai banyak yang berjualan, terutama jualan makanan. Pada banting stir dari berbagai bisnis untuk menjual hal yang pasti akan laku. Makanan. Yes, food and agriculture is slowly rising (while oil and gas sadly plunges).

Cara Membantu Sesama dalam Pandemi Covid-19
Courtesy of Pixabay

Kalau melihat salah satu teman atau kenalan menjual barang, kita bisa membeli barang dagangannya tersebut (jika butuh). Atau kalau memang tidak, kita bisa ikutan mempromosikan di beberapa channel sosial media. Ada beberapa blogger/influencer yang melakukan free promote juga. Karena siapa tau yaa ada yang ingin membelinya juga.

You never know how many dots you helped connect with just one small post.

3. Donasi

Kita bisa menginisiasi donasi atau bisa ikut menyumbang untuk beberapa causes tertentu. Alhamdulillah banyak yang turut membuka donasi untuk berbagai kalangan seperti ketersediaan APD, makan siang tenaga kesehatan, sembako untuk kaum dhuafa, dan masih banyak lagi.

Apalagi sekarang platform donasi sudah banyak dengan beberapa metode pembayaran, sehingga memudahkan kita untuk menyumbang sesuai dengan kemampuan. Selain ikut menyumbang, kita juga bisa menyebarkan info soal donasi ke sosial media yang kita punya loh. Sharing is caring.

Baca   Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat
Cara Membantu Sesama dalam Pandemi Covid-19
Courtesy of Pixabay

4. Pay It Forward & Random Give Back

Beberapa minggu yang lalu, sempat bersliweran beberapa orang melakukan random give back ke orang-orang yang ada disekitar maupun ke tukang ojek online.

Contoh mudahnya sih seperti saat kita mengorder makanan di layanan delivery menggunakan ojek online, kita tambahkan lagi 1 porsi untuk driver. Di beberapa selebgram, saya lihat mereka mengorder sembako dan kemudian menyuruh seorang ojek online untuk mengambilnya. Ternyata sembako itu buat ojek tersebut.

Beberapa teman juga melakukan pembagian nasi bungkus dan paket sembako ke orang yang ada di lingkungannya. Pokoknya banyak banget aksi give back dan membantu sesama.

Oiya, kenapa namanya pay it forward? Karena kita ingin melanjutkan aksi kebaikan yang kita lihat atau rasakan ke orang lain. We respond to a person’s kindness to oneself by being kind to someone else. Kalau banyak yang begini, insya Allah banyak yang dapat mendapatkan manfaat dari kebaikan yang kita sebar 🙂

Baca   Cara Mengisi Waktu Selama Ramadhan untuk Ibu Rumah Tangga

Itu adalah beberapa cara membantu sesama dalam pandemi Covid-19 ini. The road is long, because we don’t know when all this is going to end. Tapi kalau kita saling bergotong royong demi kebaikan bersama, insya Allah akan meringankan beban yang ada. Keep on giving and helping, all ❤️

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.