Entertainment, K-POP, Thoughts, Tips

Beli BTS ARMY Membership – Buy or Bye?

Hello hello! Bagi kalian para ARMY alias fans BTS (like me) pasti sudah tau kalau kemarin ada pengumuman pembukaan ARMY Membership term terbaru. Nah bagi yang baru mendalami dunia fandom BTS ini, worth it ga sih beli BTS ARMY Membership? Seperti apa ketentuan barunya tahun ini?

Beli BTS ARMY Membership - Buy or Bye

Silakan baca blog post terbaru ini ya. Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan seputar ARMY membership ๐Ÿ™‚

Apa itu ARMY Membership?

ARMY Membership adalah BTS Global Fanclub Membership yang langsung dikelola di bawah Big Hit. Disini, kita bisa mendapatkan banyak konten, kesempatan untuk membeli merchandise yang limited serta kesempatan untuk ikut acara yang melibatkan BTS.

Ada biaya untuk membershipnya setiap tahun. Tapi tidak membeli ARMY membership ini bukan berarti kalian bukan real ARMY loh ya. Saya juga tidak beli kok di tahun-tahun sebelumnya. Real ARMYs are the ones who always support BTS in whatever they do ๐Ÿ™‚

Baca   Alasan Menjadi Fans BTS (๋ฐฉํƒ„์†Œ๋…„๋‹จ / Bangtan Sonyeondan) - I'm an ARMY!

Kapan Bisa Dibeli?

Mulai tahun ini, ARMY membership bisa dibeli kapan saja sepanjang tahun. Satu kali pembelian ARMY membership berlaku untuk satu tahun atau 365 hari. Jadi kalau beli bulan Agustus 2020, maka membership akan expired pada Agustus 2021. Kalau belinya bulan Januari 2021 nanti, maka akan expired pada Januari 2022.

Beli BTS ARMY Membership - Buy or Bye?

Dimana kita bisa tau status membership kita? Bisa langsung ke aplikasi Weverse dan liat di bagian Member Only tab. Oiya jumlah hari ini tidak bisa diakumulasi yaa. Jadi kalau masih ada sisa hari membership yang berlaku tapi kita beli membership baru, maka tetap akan expired 1 tahun dari tanggal kita beli.

Harganya Berapa?

Tahun ini ada beberapa opsi dalam membeli ARMY Membership. Ada beberapa kombinasi (dengan hara yang tercantum di Weverse global dalam won), yaitu :

  • Membership : 25,000 won
  • Membership + Kitย  : 25,000 + 14,000 = 39,000 won (belum termasuk 1x shipping @ 14,425 won)
  • Membership Merch Pack : 175,000 won (belum termasuk 4x shipping @ 14,425 won)
  • Membership Merch Pack + Kit : 175,000 + 14,000 = 189,000 won (belum termasuk 4x shipping @ 14,425 won)

Harga BTS ARMY Membership - Buy or Bye

Harganya beda tipis untuk membership US dan Jepang. Tapi untungnya semuanya available untuk shipping juga ke Indonesia dengan tambahan shipping fee sekitar 14,000 โ€“ 15,000 won sekali kirim. Silakan dikonversi sendiri ke rupiah ya. Memang cukup pricey.

Terus apa saja benefitnya? Dan kita bakalan dapat apa aja ya? Worth it ga sih?

Baca   Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers

Benefit Mengikuti ARMY Membership?

Banyak ๐Ÿ˜€ Saya sih melihat benefitnya besar kalau kita ingin melihat konsernya BTS langsung. Karena untuk membeli tiket di beberapa bagian seating di venue, hanya berlaku untuk kita yang memiliki ARMY membership, dengan metode raffle atau undian. Jadi kalau ga punya membership, ya ga ada kesempatan untuk mendapatkan kursi di daerah tersebut.

Pada saat konser Bang Bang Con kemarin juga ada harga khusus member yang jauh lebih murah daripada harga biasa. Hmm, mulai merasakan manfaatnya juga. Mana nanti BTS konser lagi Oktober dan bisa disaksikan offline.

Selain itu, kita bisa melihat konten yang khusus untuk member only (yang kadang suka bocor sih fufufu) atau membeli merchandise yang khusus untuk ARMY membership (yang kadang juga suka ada yang bisa dijastipkan wkwk).

Adapun beberapa benefit lain yang disebutkan Big Hit adalah sebagai berikut :

Benefit BTS ARMY Membership

  1. Membership Card secara online โ€“ jika ingin yang offline bisa membeli Membership Kit
  2. Kesempatan membeli merchandise BTS yang hanya untuk anggota membership.
  3. Keuntungan membeli konten BTS di Weverse (seperti peluncuran lebih awal, harga member, dsb).
  4. Kesempatan untuk booking lebih awal tiket konser BTS dan berpartisipasi dalam raffle / undian
  5. Kesempatan untuk mendaftar ke acara music show yang menghadirkan BTS (biasanya di Korea atau Jepang)
  6. Melihat konton foto, video dan suara khusus member di Weverse
  7. Kesempatan untuk mendaftarkan diri untuk berpartisipasi di acara BTS baik online / offline
  8. Kesempatan untuk membeli Membership Kit โ€“ hanya satu kali selama durasi keanggotaan, dijual terpisah

Ini menarik karena mulai tahun ini, membership dibedakan dengan Membership Kit. Jadi tahun-tahun sebelumnya, membership ini HARUS membeli Membership Kit. Namun mulai tahun ini pada tanggal 14 Agustus 2020, kita dibebaskan untuk membeli membership saja tanpa kit atau membeli sekaligus dengan kit.

Beli BTS ARMY Membership - Buy or Bye?

Dengan catatan Membership Kit tahun ini ada harganya tersendiri ya. Kalau tahun kemarin kan sekaligus. Memang jadi lebih mahal sedikit karena tahun kemarin kalau tidak salah harganay 30,000 won untuk satu paket. Kalau tahun ini jadi 39,000 won untuk sepaket itu. Belum ongkos kirim.

Apa itu ARMY Membership Kit?

Kalau kita membeli ARMY Membership di tahun-tahun sebelumnya, kita akan diberikan sebuah Membership Kit atau ARMY ZIP yang berisi kartu membership secara fisik dan beberapa merchandise khusus BTS yang hanya dibuat untuk Membership Kit.

Beli BTS ARMY Membership Kit

Biasanya temanya beda-beda per tahun, jadi termasuk collectable item juga. Karena kalau sudah beda tahun, beda lagi temanya. Jadi bagi yang suka koleksi merchandise BTS, Membership Kit ini juga diburu.

Tahun kemarin adalah tahun dimana conceptnya tentang film. Sementara tahun ini adalah konsep Fairy Tale. Untuk lihat tahun ini ada apa, bisa langsung dilihat di Weverse Shop ya.

Beli BTS ARMY Membership Kit

Mulai tahun ini, memang Membership Kit jadi dipisah dari pembelian membership atau keanggotaan. Jadi bagi yang mau membership kit, bisa beli secara terpisah (karena ada ongkir). Atau kita mau beli membershipnya saja juga boleh.

Karena dikirim dari Korea dan biasanya buanyak sekali yang pesan, jadi memang agak lama sampai ke Indonesia. Bahkan sebelum COVID juga agak lama sampai hehehe. Apalagi sekarang pas pandemi dimana penerbangan Korea-Indonesia belum sebanyak dulu. Intinya, harus sabar.

Tapi enaknya, kalau di awal kita hanya ingin membership biasa, namun seiring berjalannya waktu eh si membership kit lucu juga, kita bisa membeli membership kit ini. Ya semacam dikasih kesempatan nabung dulu kali ya hahaha. Soalnya lumayan total tambahannya jadi 28,000 won termasuk shipping ke Indonesia hihi.

Tambahan : kalau membership lama kita masih ada sisa waktu, kita tidak bisa membeli membership kit yang baru. Harus punya membership baru tahun 2020 ini untuk membeli membership kit terbaru. Jadi mau cut off waktu membership lama atau dilanjutkan lagi, itโ€™s up to you. Ada beberapa yang Membership Kit 2019 juga belum dateng dan masih otw~

Cara Membeli BTS ARMY Membership

Untuk membeli BTS ARMY Membership ini, kita diharuskan memiliki akun Weverse dan Weverse Shop yang sama. Semua transaksi bisa dilakukan di Weverse. Untuk kurs won, kita bisa menggunakan Jenius yang ternyata bisa digunakan seperti credit card.

Pembayaran lainnya juga ada seperti Paypal jika membayarnya dalam USD. Tapi pengalaman teman-teman yang membeli tiket Bang Bang Con kemarin, lebih murah jika menggunakan won dan jasa Jenius. Nanti dicoba dibuat postnya tersendiri yaa.

Baca   Tips Membeli atau PO Album K-Pop

Memakai jasa checkout Weverse juga bisa dilakukan, karena ternyata banyak yang menawarkannya di twitter maupun di Instagram. TAPI HATI-HATI YA. Karena nanti jasa tersebut harus masuk ke akun kalian untuk membeli membership. Jadi pastikan kalian gunakan jasa yang terpercaya dan jangan lupa ganti password sebelum dan sesudah membeli! Security first!

Membership Biasa vs. Merch Pack?

Tahun ini juga, Big Hit mengeluarkan keanggotaan Membership Merch Pack. APA LAGI INI HAHAHA. Kalau dilihat dari harganya juga lumayaaaan.ย  Ternyata ini adalah tipe membership yang memberikan manfaat lebih berupa 4x pengiriman merchandise khusus BTS dalam 1 tahun.

Jadi mungkin setiap 3 bulan (masih asumsi karena dibilang 4x pengiriman dalam setahun), para ARMY yang membeli membership jenis ini akan mendapat gift box berisi merchandise BTS. Dikasih sneak peak nih yang box pertama dapat apa. ADA SELIMUT JUGA DOOONG. Jadi kalau beli ini, jangan lupa check out juga si Merch Box #1 yaaa biar sekalian dikirim.

Beli BTS ARMY Membership Merch Pack

Beli BTS ARMY Membership Merch Box

Memang harganya cukup mahal. Plus itu belum termasuk ongkir untuk 4x pengiriman barang. Jadi Totalnya kurang lebih = 175,000 + (4 x 14,250 shipping fee) = 232,000 won. Kalau dikonversi jadi totalnya 3 jutaan ya hahahaha. Silakan dipertimbangkan sendiri apakah ini worth it atau nggak ๐Ÿ™‚

Saya pribadi sih sepertinya akan skip merch pack ini karena terhalang budget (ada merch lain di dalam o buy list โ€“ ini belum masuk to buy list saya wkwk) dan juga saya tidak terlalu mengkoleksi merchandise BTS selain album. So I would like to focus on the album part too since they are releasing a new one at the end of the year.

Beli BTS ARMY Membership - Buy or Bye
TAKE MY MONEY!

Bisa Ga Tiba-tiba Switch ke Membership Merch Pack kah?

Takut FOMO ya hahaha. Itu juga pikiran saya. Siapa tau nanti di box berikutnya, ada barang yang pengen banget saya beli. Sayangnya, hal ini tidak diperbolehkan. Kalau pun kita mau switch, berarti kita beli membership baru dan jangka waktu membership lama hangus dan digantikan dengan yang baru. Jadi mulai lagi dari day 1 of 365 membership day.

Gift Khusus Bagi Yang Memperbaharui Membership

Nah bagi yang ARMY membershipnya mau expired, kalau kalian memperbaruhi membership dari 60 hari sebelum membership berakhir hingga 30 hari setelah membership berakhir, kita akan diberikan renewal gift! Renewalnya sih cukup gampang asal kita memiliki Weverse ID dan Weverse Shop ID yang sama.

Ketentuan ARMY Membership

Kalau lewat periode H-60 hingga H+30 itu, kita ga akan dapat giftnya yaa. Anw apa sih giftnya? Katanya sih digital image alias foto digital dengan tulisan tangan salah satu dari member (random member). Special gift ini akan tersedia jika membership sudah terkonfirmasi, yaitu jika :

  1. Sudah lewat dari 7 hari, atau
  2. Salah satu benefit membership telah dipakai (contohnya beli membership kit, liat konten eksklusif, dll.)

Hal-hal Penting Lainnya

Ada beberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika mau membeli ARMY membership, yaitu :

  • 1 membership hanya berlaku untuk 1 ID.
  • Membership Weverse dan Weverse Shop harus sama untuk menikmati membership content.
  • Hari yang tersisa di membership lama tidak bisa diakumulasikan ke membership baru, jika kita ingin beli yang baru.
  • Membership Mobile Card bisa diakses di tab Member Only pada Weverse, jadi bisa langsung dilihat apakah sukses membeli membership atau tidak.

Mobile card ARMY Membership

  • Nama yang dimasukkan untuk membership harus sama dengan nama yang ada pada identitas resmi (passport).
  • Membership tidak bisa dialihtangankan ke pihak lain.
  • Refund alias pengembalian dana bisa dilakukan apabila claim dilakukan tidak lebih dari 7 hari sejak pembelian. Tapi tidak berlaku jika kita sudah mengakses tab Members Only, membeli barang yang khusus member atau berpartisipasi dalam raffle/kegiatan.

ARMY Membership โ€“ Buy or Bye?

Kalau saya sih Buy. Karena saya masih berharap bisa nonton konsernya tahun depan HAHAHA. Dan karena bakal ada banyak konser atau merchandise yang bisa didapat khusus maupun dengan harga yang lebih murah.

Saya juga berpikir untuk membeli membership kitnya, tapi ya itu nabung dulu karena ada album baru dan buku Learn Korean with BTS yang ingin saya miliki juga hahaha. Soalnya dari pengalaman Membership Kit sebelumnya, ga ada translation huhuhu. Jadi mau melihat dulu apakah ini worth it untuk dibeli. Nanti ga bisa dibaca lagi, cuman dinikmatin aja fotonyaโ€ฆ.

Bitmoji Image

Kalau memang budgetnya terbatas, tidak apa-apa kok dipending dulu untuk nabung, karena ARMY membershipnya ini ada sepanjang tahun. Kalau memang tidak mau beli juga tidak apa-apa. Again, not having a membership doesnโ€™t make you a โ€œfake ARMYโ€.

Sayang BTS tidak membuka Big Hit Indonesia atau South East Asia untuk menekan biaya pengiriman. Semoga yaa biar ongkirnya ga sama kaya harga produknya HAHAHA. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Ngenes sih cuman demi BTS, kadang dibeli juga kalau kepengen banget huhuhu.

Jadi keputusan untuk beli BTS ARMY Membership ini sangat tergantung kalian ya. If you see this will benefit you, then go for it! Kalau tidak, tenang masih banyak cara untuk mendukung BTS. Borahae ๐Ÿ’œ

RELATED POST

14 Comments

  1. Halo ka… mau nanya nih… bedanya army membership dan army membership: merch pack apa ya ka?trus keuntungannya apa aja ka?

  2. wuih kamu ARMY jugakah? keren sih,,,fanbase BTS emang keceh, plus terkoordinir dan dapat banyak benefit. Aku ngefans sama BTS, apalagi sama lagu-lagunya yang up to date melody

  3. Yaaaah, sayangnya aku baru baca sekarang, anakku dah move on ke NCT kaaak!

    Padahal emaknya sedang jatuh cinta ama para BTS ganteng ini, hiks hiks.. apa emaknya aja yang beli semua suvenir dan merchandise ya?

  4. yaaah ini udah setahun lalu, anakku sukaaaa banget sampe tergila gila BTS dan jadi Army gitu

    nah sekarang udah berpindah ke lain hati yaitu NCT!

    Emaknya aja dah yang beli merchandise BTS hihihi

  5. Saya kayaknya harus tanya ke anak, nih. Dia yang lagi ngefans. Kalau saya bagian menyimak ๐Ÿ˜€

  6. aahhahhaha,,, para army merapat nih ya, parah sih BTS kalau lagi konser heboh banget ya, aku kalau nonton videonya aja bisa serame itu parah! dan menariknya, pernah dibahas lagu-lagu dan videonya emang menyiratkan pesan-pesan self healing dan love our self yaaa, luvv BTS

    1. Wah keren emang niy fans BTS banget ya aki jadi tau dunia para Army seru juga ya duh jadi pengen jadi membershipnya hehehe….

  7. Akh ini tawaran yang mengoda ya kak klo.membership. expirednya itu lho luamammaaaa dan harga juga aturable lah. Enjoy dear…

  8. Ini tuh kayak temenku deh, dia emang fans banget sama BTS jadi apapun itu berbau BTS pasti dia selalu punya. Sampai kemarin ikutan PO handphone yang BTS banget itu, konsernya gak pernah absen kecuali pas pandemi ini.

  9. Samleinad says:

    Salah satu hal bagus dari artis luar negeri yaitu manajemen yg bisa mengelola loyalitas penggemarnya ya. Seperti BTS ini contohnya, yg punya fans di banyak negara

  10. saking hitsnya BTS sampai bikin membership yang penjualannya lengkap dengan merchendisenya yah.

  11. wih mantap kak Fara Army banget yaaa, aku ngikutin BTS buat sekadar lagunya doang nih. Nah kalo adekku kayaknya rada ngikutin nih

  12. Desta says:

    Halo ka, mau tanya dong jadi kalo aku beli membership only yang ga dapet card nanti kalau bts ngadain konser di Indo aku kemungkinan bisa dapet tiket konser kan? Mau beli membership only aja , syg masih mau koleksi album ๐Ÿฅบ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.