Agriculture, Places, Travel

Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua…

Gara-gara suami sering dinas ke Papua, saya malah jadi pengen ke Papua! Huhuhu. Arga sering sekali dinas ke daerah Papua, karena merupakan koordinator bagian Indonesia Timur di beberapa program yang berbasis pertanian (kalau ada yang tertarik kerjasama, boleh hubungi loh hehe). Pokoknya kalau Arga lagi dinas, biasanya sih ke bagian Indonesia Timur nan eksotis itu huhuhu. Pengen ikut…

want

Rencana Awal Itu…

Setelah nikah, kita maunya traveling bareng. Sebelum nikah memang beberapa kali Arga sudah ditugaskan untuk mengunjungi Papua. It was a very memorable moment for him. Belum lagi fakta bahwa ternyata cukup jauh ya untuk kesana hahaha, lamanya seperti naik pesawat ke Jepang! Karena memang kebanyakan penerbangan take off pada tengah malam dari Pulau Jawa dan sampai di lokasi pada pagi hari, dengan beberapa opsi transit.

Papua memang menjadi salah satu bucketlist tempat untuk dikunjungi berdua, tentunya dengan tujuan utama Raja Ampat. Eh tapi takdir berkata lain. Sebulan setelah saya menikah, saya hamil! Nah, harus dipending dong ya kunjungan ke Papua.

Sementara setelah menikah itu, Arga semakin sering bolak balik ke Papua. Ketika Arga pulang, banyak sekali cerita dan foto-foto yang ditunjukkan. Saya yang kala itu hamil, hanya bisa mupeng! HAHAHA.

Sampai sekarang juga, alhamdulillah Arga masih diberi kesempatan untuk bolak balik ke Papua, destinasi wisata hijau di Indonesia. Jadi tentu banyak cerita yang saya dapatkan. DAN MAKIN PANJANG BUCKETLIST SAYA. Huh.

Baca Review Buku Student Traveller (Annisa Hasanah)

Cerita & Tempat Mengesankan di Papua

Ada beberapa tempat yang mengesankan di Papua menurut ceritanya. Ada juga cerita yang unforgetable (sampai kebawa mimpi HAHAHA) yang pernah terjadi. Memang kebanyakan lokasinya berada di Papua Barat, karena wilayah cakupan kerjaan Arga berada di Propinsi tersebut.

Meskipun tidak menjelajah seluruh papua, namun beberapa tempat ekowisata yang menarik sempat disinggahinya. Again, I super envy my husband for his traveling experience hahaha. Nah beberapa cerita menarik dan juga tempat yang mengesankan ada di :

1. Pegunungan Arfak

Ini sih yang paling saya ingat hahaha karena Arga beberapa kali ke lokasi ini saat saya hamil. Yang paling deg-degan adalah waktu itu signal telekomunikasi cukup sulit. Jadi kebayang dong betapa deg-degannya saya di rumah kalau belum dapat kabar selama perjalanan dia ke wilayah Pegunungan Arfak.

Waktu itu di tahun 2016 – awal 2017, belum ada jalan diaspal seperti yang telah dilakukan di tahun 2019. Jadi kondisinya off road dan harus memakai mobil 4×4. Seru sih kalau cuaca lagi bagus dan perjalanan lancar. Hutan tropis khas Papua terlihat hijau dan asri. Tentu harus mengadakan sesi foto di sini hahaha, kapan lagi ya kan? Sambil bekerja, sambil menikmati Papua, destinasi wisata hijau. Pemandangannya bagus banget seperti foto foto di situs Econusa 😀

Pegunungan Arfak - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Pegunungan Arfak - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Namun kadang ketika cuaca tidak menentu, karena merupakan daerah pegunungan, tentu medan untuk dari dan menuju Pegunungan Arfak cukup menantang. Jalan cukup licin karena belum diaspal. Tiba-tiba ada aliran air di tengah jalan, bahkan menyebrangi sungai pun pernah dilakukan. Sembari tidak ada signal huhuhu.

Pegunungan Arfak - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Pegunungan Arfak - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Pegunungan Arfak - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Jadi lumayan deg-degan kalau Arga pergi ke lokasi ini. Alhamdulillah beruntung dapat supir dan kendaraan yang cukup handal. Malah pernah sebelum pergi, Arga mengingau saat tidur. Isinya ya tawar menawar harga mobil untuk naik ke lokasi HAHAHA. Ga sabar juga waktu itu dia buat pergi kesana.

Sesampainya di atas, Arga melakukan koordinasi dan juga bekerja sama dengan orang Papua asli untuk menanam sayur. Pernah juga menginap di sana beberapa hari dan tinggal di Rumah Kaki Seribu, rumah adat asli dari penduduk Suku Arfak. Seruuuu!

Baca Cara Mudah Memulai Menanam Sayur di Rumah

Pegunungan Arfak - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Pegunungan Arfak - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Pegunungan Arfak - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Pegunungan Arfak - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

 

2. Pulau Biak

Lokasi lainnya yang pernah dikunjungi Arga adalah Pulau Biak. Biak adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih dekat sebelah utara pesisir Provinsi Papua, Indonesia. Pulau ini merupakan pulau terbesar di antara rantai kepulauan kecil, serta mempunyai banyak atol dan terumbu karang.

Nah di Pulau Biak, Arga sempat mengunjungi salah satu telaga yang indah sekali. No picture or video can do it justice, I think. Namanya Telaga Samares alias Telaga Biru. Kalau di cari di internet, ternyata cukup banyak foto dan video tentang tempat ini.

Telaga Samares Telaga Biru - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Pas saya liat fotonya, WOW BAGUS BANGET. Airnya jernih dan biru. Bersiiiiih sekali. Disekelilingnya, kondisi hutan Papua masih terjaga dan terlihat sangat asri. Arga berenang dong? Oh tentu hahaha. Telaga tersebut masih dijaga dan dirawat dengan baik 🙂 Senang melihat destinasi ekowisata Papua masih dipelihara agar dapat dinikmati bersama. Kayanya kalau Arga kesini lagi, wajib ikut!

Telaga Samares Telaga Biru - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

3. Fakfak

Selama perjalanan dinas Arga di Papua, selalu ada hal-hal menarik yang dijumpai disana. Selain berinteraksi dengan orang Papua asli dan juga pendatang, kadang ketika mengunjungi lokasi tertentu, Arga menemukan beberapa hidden gems.

Baca Cara Mudah Berkomunikasi dengan Keluarga 

Salah satu contohnya adalah ketika Arga mengunjungi wilayah Fakfak. Ternyata di sana terdapat air terjun yang bagus, yaitu Air Terjun Ubadari. Air terjun ini merupakan sebuah hidden gems yang ada di Kampung Ubadari, Kabupaten Fakfak.

Air Terjun Ubadari - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Air Terjun Ubadari - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Sama seperti lokasi lainnya, keindahan alam dan juga kondisi lingkungan cukup terjaga. Ga heran banyak orang menyebut Papua merupakan destinasi wisata hijau. It is indeed gorgeous.

Air Terjun Ubadari - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

4. Raja Ampat

Kalau ini sih sudah menjadi di bucketlist saya sejak lama. Dan saya ga boleh marah sama Arga, karena dia pergi kesana sebelum nikah hahahaha. Jadi ga ada kewajiban buat ajak saya kesana juga dulu hihi.

Raja Ampat - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Tentu semua orang mengenal Raja Ampat. Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian “Kepala Burung” Pulau Papua.  Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

Saya cuman dapat oleh-oleh foto (lagi) dan kaos hahaha. Tentu wajib untuk foto diatas gugusan pulau nan terkenal ini. Selain itu, wajib juga untuk snorkeling atau diving (bagi yang bisa) di lokasi ini. Airnya sangat jernih dan kita bisa melihat banyak biota laut yang mengagumkan.

Raja Ampat - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Raja Ampat - Gara-gara Suami Sering Dinas ke Papua

Ini saya nulis ini sambil berpikir dalam hati “duh, kapan ya bisa ke Papua” dan “Arga beruntung banget bisa dinas ke Papua sambil jalan-jalan” HAHAHA. He actually has my dream job.

Banyak sekali tempat yang ingin dikunjungi dan ingin dieksplorasi. Dengan melihat keindahan alam Papua, sambil berdoa bahwa keindahan itu tidak lekas berubah, membuat saya jadi semangat nabung loh untuk traveling! Doakan semoga bisa segera menginjakkan kaki di tanah Papua yaa dan bisa melihat langsung keindahan alam disana.

Yaaa ini semua pokoknya gara-gara suami sering dinas ke Papua! Jadinya tau deh berbagai tempat ekowisata yang ada di pulau nan hijau dan indah itu. 😆 Kalau kalian bagaimana? Adakah yang pengen ekplorasi dan mengunjungi Papua? Di daerah  mana saja?

RELATED POST

9 Comments

  1. kangamir.com says:

    Wah wah wah keren banget sumpah. Ada danau kecil di tengah hutan dan warna airnya biru. Keren banget pasti asyik banget buat berenang

  2. Mbaaa, cantik-cantik sekali fotonyaaaa :O

    Saya jadi semakin ingin ke Papua, setelah sebelumnya baca post di blog salah satu teman yang juga membahas soal Papua. Dari dulu saya penasaran sama Raja Ampat, karena sangat terkenal dan ingin sekali melihat langsung serta menikmatinya hehe. Semoga mba bisa segera ke Papua bersama pasangan ya 😀

  3. BTW mamaku besar di Papua, tapi saya pribadi ngga pernah kesana. Pas liat foto-fotonya Mba, jadi pengen banget deh kesana. Huhu. Apalagi disana juga ada keluarga. Semoga Mbanya bisa bareng suaminya main ke Papua yaa. Kalau tercapai, jangan lupa share foto-fotonya Mbaa. Hehe.

  4. Gunung es tertinggi di NKRI pastinya. Apalagi kalau bukan puncak Cartenz. Semua pendaki pasti pengen ke sana. Meski itu tidak mungkin bagi kami. Setelah mengantarkan anak ke Puncak Kerinci saya bilang ke anak, daripada ke Cartenz mending kita naik haji saja. Ya, kecuali ke Cartenz nya gratis

  5. Wiwin | Pratiwanggini.net says:

    Biak adalah satu pulau / kota di Papua yang wajib saya kunjungi bersama suami dan anak-anak nanti. Kenapa? Karena ibu mertua dan kakak ipar dimakamkan disana. Jadi, minimal 1X dalam hidup kami harus sampai di Biak. Sekarang nunggu si adik gedean dulu sembari ngumpul-ngumpulin uang buat kesana 🙂 , eh iya sama nunggu situasi dan kondisi kembali normal seperti sedia kala.

  6. Ya ampun kok aku mupeng banget ya lihat perjalanan dinas suaminya mbak. Di Papua itu bagus-bagus banget ya, aku sampai senang lihat alamnya yang hijau dan kolamnya jernih dan indah banget.

  7. Wah bagus banget y daerah2 di Papua alamnya masih asri bngt deh secara saya taunya cuma raja ampat aja ternyata bnyak daerah lainnya yang indah sekali

  8. Semoga segera menyusul suaminya bisa menginjakkan kaki di Papua ya Mbak Dila. Ku pun sama, dipamerin suami yang pernah dinas ke sana. Semoga kita bisa menyaksikan sendiri keindahan Papua nanti

  9. Meilia Wuryantati says:

    Duh destinasi wisata di Papua menarik banget yah kak. Aku juga pengen bisa ke Papua, apalagi Raja Ampat. Selama ini baru puas melihat gambar dan dengar ceritanya aja nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.