Family, Products, Review

Review Minyak Telon Lang : Hangat, Wangi & Nyaman

Minyak telon menjadi hal yang wajib ada di rumah semenjak punya bayi. Wanginya khas dan membuat nyaman. Plus menambah hasrat untuk ndusel-ndusel sama bayi hihi. Di blog post kali ini, saya ingin review minyak Telon Lang yang ternyata terdiri dari dua jenis. Ada Telon Lang dan juga Telon Lang Plus.

Review Minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus

Apa bedanya kedua jenis tersebut? Yang mana yang lebih cocok untuk dipakai? Apakah bisa untuk pijat bayi? Tentu sebagai ibu-ibu, pertanyaan ini muncul ketika ingin mencoba suatu produk. Untuk lebih jelasnya, bisa terus baca blog post ini ya.

Memasuki Musim Pancaroba

Akhir-akhir ini, cuaca di Bogor mendung dan hujan. Cuaca yang pas untuk tetap tidur-tiduran di kasur hehehe. Namun ini adalah petanda bahwa musim pancaroba atau masa peralihan antara dua musim sudah datang. Yang sebelumnya adalah musim kemarau, sekarang sudah beralih ke musim hujan.

Musim pancaroba ini sering ditandai oleh badai, hujan yang deras yang juga disertai petir dan angin kencang. Kalau ketemu cuaca ekstrim seperti ini, biasanya banyak yang jatuh sakit. Mulai dari flu, batuk, pilek hingga demam. Ditambah sekarang adalah masa pandemi Covid 19, dimana daya tahan tubuh kita dituntut untuk selalu fit.

hujan di mobil
Courtesy of Pixabay

Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai Ibu untuk menjaga daya tahan tubuh keluarga. Apalagi menurut klikdokter.com, ada beberapa penyakit anak yang muncul di musim pancaroba seperti

  • Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
  • Alergi dan Asma
  • Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk
  • Diare
Baca   Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Musim Pancaroba

Berteman Dengan Minyak Telon

Sejak punya bayi, saya suka diingatkan oleh Mama dan Mama mertua untuk membalurkan minyak telon ke anak setelah mandi. Memang hal ini sudah dilakukan dari generasi ke generasi karena manfaatnya juga cukup banyak.

Tentu minyak telon dapat menghangatkan tubuh bayi dan juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Wanginya yang harum juga dapat menenangkan bayi alias  membuat bayi lebih rileks. Tidak hanya bayi saja loh, orang dewasa pun lebih rileks kalau menghirup bau minyak telon (seperti saya hehe). Makanya, penting bagi kita untuk berteman dengan minyak telon.

Salah satu minyak telon yang saya gunakan di rumah adalah minyak Telon Lang. Kebetulan ada jenis baru yaitu minyak Telon Lang Plus yang merupakan minyak telon sekaligus anti nyamuk yang aman buat bayi. Kedua produk ini saya dapatkan dari starter kita Telon Lang #TerbaikUntukAnakku. Tentu bikin ibu bahagia, anak bahagia juga 😀

Review Minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus

Review Minyak Telon Lang

Menurut telonlang.com, kata “telon” berasal dari kata “telu” dalam bahasa Jawa yang artinya “tiga”, memiliki makna “campuran tiga jenis minyak alami”, yang terdiri dari : Minyak Kayu Putih, Minyak Adas Manis, dan Minyak Kelapa. Ketiga hal ini ada di dalam komposisi minyak Telon Lang.

Review Minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus

Minyak Anis dapat mencegah perut kembung karena melancarkan pengeluaran gas dari saluran pencernaan bayi. Sementara minyak kayu putih dapat menghangatkan badan dan mencegahnya masuk angin. Untuk minyak kelapa sendiri memang komposisinya paling banyak karena untuk melembapkan dan melembutkan kulit.

Komposisi Minyak Telon Lang
Courtesy of Telonlang.com

Telon Lang baik digunakan untuk menjaga kehangatan tubuh bayi, membantu meredakan perut kembung, masuk angin, dan mencegah gigitan nyamuk. Selain itu bisa juga digunakan sebagai minyak pijat untuk bayi.

Kemasan, Tekstur dan Aroma

Minyak telon ini dating dalam kemasan boks yang didalamnya terdapat botol plastik. Botolnya cukup kokoh dan aman karena ada segel untuk membuka tutup fliptop. Tersedia dalam kemasan 15ml, 30ml, 60ml, 100ml, dan juga 150ml.

Review Minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus

Teksturnya sendiri cair dan cukup cepat meresap ke dalam kulit. Aromanya cukup kuat dan memiliki aroma khas minyak telon. Minyak ini juga sudah terdaftar di BPOM dan memiliki sertifikat halal MUI.

Cara Pemakaian & Review

Balurkan secukupnya minyak Telon Lang pada bagian perut, dada, punggung, lipatan paha, serta telapak kaki bayi khususnya sehabis mandi dan bila udara dingin. Kalau saya biasanya setelah anak mandi pagi maupun sore. Apalagi kalau lagi mendung atau hujan seharian.

Baca   Cara Mengatasi Batuk Berdahak di Musim Pancaroba

Saya juga sering memakaikan minyak telon untuk pijat dalam rangka membuat anak lebih rileks. FTI pijat ini merupakan cara stimulasi anak sejak dini dan juga waktu bonding yang pas antara ibu-anak looh. So I wouldn’t want to miss this opportunity. Setelah dipijat, wangi anak juga jadi harum khas minyak telon hihi.

Review Minyak Telon Lang Plus

Ternyata Telon Lang juga mengeluarkan produk minyak Telon Lang Plus yang telah teruji dapat memberikan perlindungan dan menghindari bayi dari gigitan nyamuk hingga 10 jam. Tau sendiri kan di musim ini nyamuk suka berkeliaran. Dan ternyata nyamuk juga merupakan vektor beberapa penyakit seperti virus Zika, DBD, chikungunya, radang otak dari Japanese Encephalitis dan masih banyak lagi. Tentu kita ingin anak-anak kita terlindung dari gigitan nyamuk.

Review Minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus

Telon Lang Plus ini memiliki kandungan Natural Rhodinol yang dapat menyamarkan aroma tubuh, sehingga nyamuk tidak akan datang untuk menggigit. Cara kerjanya adalah dengan memblock sensor nyamuk terhadap aroma tubuh manusia. Terdapat beberapa bahan seperti :

  • Minyak kayu putih – Memberikan rasa hangat pada tubuh bayi setelah mandi atau pada saat udara dingin.
  • Natural Rhodinol – Melindungi dan menghindari bayi dari gigitan nyamuk hingga 10 JAM.
  • Minyak kelapa dan minyak zaitun – Melembapkan dan melembutkan kulit bayi sehingga cocok digunakan sebagai minyak pijat untuk bayi.
  • Minyak anis – Mencegah perut kembung pada bayi.
  • Minyak Chamomile – Menenangkan dan membuat bayi menjadi rileks.
Komposisi minyak Telon Lang Plus
Courtesy of Telonlang.com

Kemasan, Tekstur dan Aroma

Minyak telon ini dating dalam kemasan boks yang didalamnya terdapat botol plastik. Sama seperti minyak Telon Lang, botolnya kokoh dan memiliki segel untuk membuka tutup fliptop. Tersedia juga dalam kemasan 15ml, 30ml, 60ml, 100ml, dan 150ml.

Review Minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus

Teksturnya sendiri cair dan cukup cepat meresap ke dalam kulit. Aromanya sediki berbeda dengan minyak Telon Lang dan tidak terlalu kuat. Minyak ini juga sudah terdaftar di BPOM dan memiliki sertifikat halal MUI.

Cara Pemakaian & Review

Balurkan Telon Lang Plus secara merata pada bagian perut, dada, punggung, pinggang, lengan serta kaki bayi sehabis mandi atau pada saat dibutuhkan, seperti menghindari gigitan nyamuk, udara dingin atau perut kembung.

Sebelum Rio main keluar, saya juga biasanya menyuruhnya untuk membalurkan minyak ini di tangan, kaki, dan sekita leher juga guna menghindari gigitan nyamuk. Rio cukup nyaman membalurkan minyak ini sendiri karena cepat meresap dan tidak lengket.

review minyak telon lang plus anti nyamuk anak bayi

Sejauh ini sih memang berkurang frekuensi gigitan nyamuk. Kadang saya pakaikan sebelum tidur atau berpergian jauh. Better safe than sorry kan ya hehehe. Hati saya juga semakin tenang karena ada minyak telon anti nyamuk buat bayi dan anak. Hangatnya dapat,  nyamannya dapat, perlindungannya juga dapat.

Baca   Penanganan Bayi Saat Batuk, Pilek & Demam – Rio’s Experience

Sekian review minyak Telon Lang dan minyak Telon Lang Plus yang saya gunakan di rumah. Semoga bisa membantu para ibu dan bapak untuk memilih minyak telon di rumah ya 😊 Stay safe and healthy everyone!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.