Event, Family, Health, Products

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Musim Pancaroba

Cuaca sudah mulai memasuki musim pancaroba, alias musim peralihan cuaca. Kadang yang menjadi korban adalah daya tahan tubuh, termasuk daya tahan tubuh anak huhuhu. Pasti sudah langganan di bulan-bulan ini, banyak yang mengalami penurunan kekebalan tubuh. Ujung-ujungnya banyak yang sakit~

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Musim Pancaroba
Setelah panas terik, langsung mendung dan turun hujan

Habisnya, cuaca bisa tiba-tiba panas terus tiba-tiba hujan. Kerasa banget seperti ini di Bogor, pada siang hari udara menjadi super lembab dan gerah, lalu malamnya menjadi dingin karena telah turun hujan. Yang orang tua aja (alias saya sendiri hahaha) bisa merasa ga enak badan, apalagi anak-anak.

Beruntung pada saat pameran IMBEX di awal bulan Desember 2019, saya berkesempatan untuk hadir di talkshow bersama Air Mancur Group yang mengangkat tema Sedia Multivitamin Sebelum Hujan. Di talkshow kali ini, ada 2 narasumber yang hadir yaitu dr. Ajeng Indriastari, Sp.A, dokter spesialis anak OMNI Hospital, dan juga Yunita Triyana selaku momfluencer.

Talkshow Sedia Multivitamin Sebelum Hujan

Yunita Triyana dr Ajeng Indriastari Talkshow Sedia Multivitamin Sebelum Hujan

Jaga Daya Tahan Tubuh Anak!

Daya tahan tubuh anak memang penting untuk dijaga. Kalau daya tahan tubuh lemah, anak akan menjadi sakit. Wah kalau anak sakit, yang ikut menderita juga orang tuanya loh. Karena nanti anak akan GTM, rewel, susah tidur, belum lagi ditambah BB yang merosot jauh huhuhu. Udah setengah mati BB dinaikkan, eh malah jatuh karena sakit.

Nooooooo!

Saya sendiri juga merupakan orang tua yang menganut paham lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik saya jaga daya tahan tubuh anak dengan baik, agar dia tetap ceria dan tidak sakit. Yaa, pengalaman Rio pernah sakit dan alhasil yang ga tidur semaleman ya saya dan suami hahaha.

Menurut dr. Ajeng, ada banyak hal yang mempengaruhi daya tahan anak dan bisa dibagi menjadi faktor eksternal dan juga faktor internal. Cuaca menjadi salah satu faktor eksternal. Selain cuaca, ada juga kondisi udara, kesehatan orang tua, termasuk kesehatan lingkungan sekitar. Mom Yunita juga cerita kalau bagi yang anaknya sudah sekolah atau ikut daycare pasti tau kalau satu anak sakit, bakal cepet banget nularnya ke yang lain.

Yunita Triyana dr Ajeng Indriastari Talkshow Sedia Multivitamin Sebelum Hujan

Apalagi kalau kita hobi bawa anak ke tempat keramaian seperti mall. Wah banyak jenis orang dengan berbagai tingkat kesehatan yang tumplek plek disitu, ada ajaaa yang batuk-pilek-bersin. Ditambah lagi, budaya memakai masker kalau sakit belum banyak diterapkan di Indonesia.

Semua ancaman eksternal itu sebenarnya bisa kita minimalisir kalau kita memperkuat faktor internal. Faktor internal yang disebutkan oleh dr. Ajeng antara lain adalah asupan nutrisi yang baik, istirahat yang cukup, pemberian ASI eksklusif (bagi yang masih bayi) dan gaya hidup sehat.

Peran Multivitamin untuk Anak

Di dalam makanan untuk anak, harusnya memiliki nutrisi yang baik. Ada karbohidrat, protein, mineral, dll. untuk menunjang kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan anak. Ini sih yang selalu saya usahakan ada, yaitu makanan 4* meskipun Rio sudah tidak MPASI lagi. Saya lihat kalau Rio makannya bagus, dia akan selalu aktif dan tidak gampang sakit.

Baca Sudah Cukupkah Asupan Nutrisi Anak Anda?

Kebutuhan Gizi Batita - Sudah Cukupkah Asupan Nutrisi Anak Anda?

Nah, masalahnya adalah kalau anaknya adalah seorang picky eater… What should we do? Menurut dr. Ajeng kemarin, kalau asupan makan anak kurang bagus, maka  perlu diperkuat dengan multivitamin. Jaga-jaga kan yaa, takutnya ada salah satu nutrisi yang kurang dikonsumsi oleh anak. Apalagi di cuaca seperti ini, takutnya kekurangan nutrisi akan mempengaruhi daya tahan tubuh anak kelak.

Bolehkah Memberikan Madu untuk Anak?

Mama saya selalu bilang untuk mengonsumsi madu setiap hari. Biar tubuh makin berstamina dan juga daya tahan terjaga. Apalagi madu merupakan bahan alami dan aman untuk dikonsumsi anak berumur diatas 1 tahun. Yap, bisa loh memberikan madu untuk anak 1 tahun. Kalau sebelum itu, jangan dulu ya hehehe.

Menurut motherandbaby.co.id, terdapat banyak manfaat madu untuk anak. Salah satunya adalah madu memiliki kandungan zat besi dan vitamin kompleks yang berkontribusi kuat dalam perlindungan sistem daya tahan tubuh anak-anak. Pemberian madu secara rutin tentunya membuat anak lebih tidak rentan sakit dan dapat membuatnya lebih berenergi.

Baca Kiat-kiat Makan Sehat untuk Generasi Milenial

Yunita Triyana dr Ajeng Indriastari Talkshow Sedia Multivitamin Sebelum Hujan

Kemarin dr. Ajeng dan Mom Yunita juga memberikan tips untuk mengetahui apakah madu yang dikonsumsi itu asli atau tidak. Ambil piring putih dan tuangkan madu diatasnya. Teteskan air putih dan putar-putar. Apabila itu madu asli, nanti akan keluar motif seperti sarang lebah hehehe. Ada yang sudah mencoba metode ini?

Madurasa Fitkidz – Multivitamin untuk Anak 1-12 Tahun

Madurasa Fitkidz

Salah satu multivitamin anak untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah Madurasa Fitkidz dari PT. Air Mancur. Tidak hanya produk jamu saja, tapi PT. Air Mancur juga mengeluarkan produk kesehatan untuk anak-anak.

Madurasa Fitkidz merupakan produk multivitamin yang memiliki tujuh manfaat dari bahan alami, seperti :

  • Sari Phyllanthi : Membantu memelihara kesehatan dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh anak
  • Vitamin B Kompleks : Sebagai koenzim dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi Energi
  • Sari Temulawak : Berkhasiat membatu memperbaiki nafsu makan anak
  • Sari Kurma : Membantu menjaga kesehatan anak dari penyakit
  • Madu : Mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anak
  • Lysine : Membantu dalam masa pertumbuhan anak
  • Vitamin C : Membantu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh anak

Oiya, produk ini juga sangat mudah untuk dibawa kemana saja karena kemasan yang praktis. Lihat saja kemasannya mudah digenggam dan tidak mudah pecah. Jadi tidak ada alasan untuk mengonsumsi madu, meskipun sedang berpergian. Apalagi kita kan sedang menjaga daya tahan tubuh anak selama berpergian.

Baca Tips Membawa Balita Naik Kereta Api

Madurasa Fitkidz Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Musim Pancaroba

Aturan Minum Madu untuk Anak

Madurasa Fitkidz dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak ini juga aman dikonsumsi oleh anak usia 1 hingga 12 tahun dengan takaran

  • anak anak 1-6 tahun : 1 x 1 sendok makan (15 ml)
  • anak anak 6-12 tahun : 2 x 1 sendok makan (15 ml)

Madurasa Fitkidz

Perlu diperhatikan bahwa pemberian produk dengan bahan dasar madu untuk anak tidak boleh sembarangan yaa. Menurut alodokter.com, pemberian madu untuk bayi yang belum genap berusia satu tahun sangat berbahaya dan berisiko mengakibatkan penyakit botulisme pada bayi. Hal ini dikarenakan pencernaan bayi atau anak berusia di bawah satu tahun belum sempurna dan belum mampu melawan bakteri Clostridium botulinum yang terkandung di dalam madu.

Kalau anak tidak doyan minum madu langsung, bisa saja Madurasa Fitkidz ini dicampur di air hangat atau di atas makanan. Hmm, kebayang kan yaa pancake terus diatasnya dikasih madu multivitamin ini. Enak!

Pastikan juga sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan madu ataupun multivitamin kepada anak, terutama jika anak memiliki kondisi medis tertentu, misalnya alergi. Berhubung Rio tidak ada alergi terhadap madu dan dokternya memperbolehkan Rio mengonsumsi multivitamin, jadi cusss langsung cobain Madurasa Fitkidz ini hehehe.

Madurasa Fitkidz

Peserta Talkshow Sedia Multivitamin Sebelum Hujan
Seluruh peserta talkshow dengan PT. Air Mancur dan Madurasa, banyak yang borong Madurasa Fitkidz

Bagi yang mau barengan mencoba Madurasa Fitkidz juga, produk ini bisa ditemukan di online marketplace maupun toko dan apotek terdekat. Harganya berkisar di Rp. 20.000,-, malah kalau kemarin beli di IMBEX, ada promo khusus!

Anyway ada yang sudah mencobanya juga? Demi menjaga daya tahan tubuh anak kan ya 😀 Semoga anak kita dan juga seluruh keluarga sehat selalu di musim pancaroba ini. Thanks for reading!

Madurasa Fitkidz Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Musim Pancaroba

RELATED POST

40 Comments

  1. aku belum pernah coba madurasa yg multivitamin dil,, biasa minum yang madu aja 🙂 nanti cari ah di minimarket, ada kan ya?

  2. lagi musim ujan kayanya harus banget nih stock madu di rumah yaaa, apalagi para keponakan aku juga sekarang lagi sering nginep dirumah nih, kayanya harus beli ini ah hehhe

  3. Bener banget lagi musim hujan..terus cuacanya gak jelas gini..jadinya harus banget jaga kesehatan terutama anak qt ya..

  4. musim pancaroba gini memang rentan bikin anak mudah terkena sakit ya, anak saya juga ini mulai pada batuk 🙁 mau coba ah beliin multivitamin madurasa ini untuk mereka

  5. Aduh jangankn anak2 y beb. Kita yg dewasa aja msih suka tak sanggup mwnghadapi oeadaan cuaca skrg. Gampang masuk anginlahhhh extreme sekali cuacanya. Jd penting bgt buat protecting tubuh kitatuh yaa

  6. Dulu kecil mah aku makannya madurasa sachet, skrg uda ada yg khusus anak2 ya. Madu emang bagus sih buat jaga stamina dan daya tahan tubuh ya 💪

  7. Waah Madurasa Fitkidz ini produk baru yaa? Aku baru tau nih hehe Ini sih wajib aku rekomendasiin ke kakakku buat anaknya yang masih batita

    1. Waaah anak kakaknya sama usianya dg anak saya. Baca tulisan kak farah ini bikin saya mikir apa baiknya beli ini ajah yaaa biar si kecil makin sehat. Multivitamin yg jg bikin nambah nafsu makan

  8. sekarang madurasa sudah ada yang untuk anak-anak ya lumayan nih bisa buat ponakan ku soalnya cuaca disini lagi gaje suka bikin sakit

  9. Aku baru tau ternyata anak di bawah 1 tahun ga boleh konsumsi madu ya. Tp emang madu itu banyak bgt manfaatnya buat kesehatan. Praktis bgt sekarang ada multivitamin yg kandungannya madu untuk anak.

  10. Aku baru tau kalau varian Madurasa ada yang ini. Emang sekarang udah mulai musim hujan harus ketat jaga kesehatannya, apalagi anak-anak yang rentan sakit. Kalau multivitamin bentuknya gini sih anak-anak pasti suka ya mba.

  11. Madu ini banyak banget manfaatnya ya. Kemarin aku cari ke apotek tapi di sini belum ada. Pengen beli nih soalnya cuaca lagi gak bagus, kasihan anak.

  12. Iya banget, di musim pancaroba, dan sekarang udah masuk musim hujan, tubuh anak-anak kudu diboost daya tahannya dengan multivitamin. Kalo enggak, bakalan sering sakit deh.

  13. Selama pancaroba ini aku juga minumin anakku madurasa fitkidz ini mbak alhamdulillah cocok gk ada drama pilek. Anak2 juga suka sama rasanya yang manis madu campuran rasa jeruk gtu. Kandungannya juga lumayan lengkap ya

  14. Yang aku suka dari Madurasa itu kemasannya loh yang memudahkan untuk dibawa kemana-mana. Enggak mudah pecah lagi. Rasanya juga enak ya, anakku pun suka lho tiap pagi minum Madurasa.

  15. Madu emang banyak banget khasiatnya y mba, apalagi kalo setiap hari dikonsumsi kerasa bgt manfaatnya buat tubuh.

  16. Wah ada madu buat anak juga ya skrg? Aku juga soalnya di biasain minum madu buat menjaga kesehatan sm org tua ku

  17. Wow, pas butuh info multivitamin buat anak, pas baca artikel ini. Membantu banget. TFS ya.

    Iya, aku setuju dgn pendapat dokter bahwa ada dua faktor yg memengaruhi kesehatan anak. Mungkin cuaca ekstrem sekarang ini juga yang bikin anakku mudah sakit.

  18. Iya daya tahan anak emang harus diperhatikan, salah satunya dengan memberikan nutrisi / muiltivitamin seperti ini. Biar anak selalu sehat.

  19. Musim pancaroba ni bukan hanya momok buat anak2. Tetapi saya pun juga sama, mba.
    Tenggorokan rentan kering dan mudah flu kalau pancaroba.

    Anak2 di rumah seneng minum madu ni Mba. Wah, Madurasa yang ini bakalan disukai anakku. ahahha.

  20. Emang sedih banget deh kalo liat anak kecil sakit. Selalu lebih baik mencegah sakit anak, apalagi sekarang sudah ada cara praktis seperti minum madu Fitkidz ini. Kalau brand Madurasa sih saya sudah percaya, dulu saya kecil juga sudah sering beli yang kemasan sachet.

  21. Aku bangetttttt ini. Bali sedang peralihan musim kemarau ke hujan. Anak-anak udah mulai tumbang satu-satu. Sekarang memang lagi disiplinkan konsumsi madunya. Kadang suka lupa emaknya. Hehehe

  22. Wah infonya bermanfaat banget kak, memang madu tuh buat usia berapapun mulai anak2 sampai dewasa tua juga bagus apalagi untuk daya tahan tubuh bagus sekali.

  23. Kalau orang tua jaman dulu, ngasih madu pada bayi yang benar-benar baru lahir. Dengan cara Dot dicelupin ke madu, entah tujuannya untuk apa tapi menurut saya mungkin agar bayi tidak rewel selagi air susu ibu belum keluar. Setelah baca artikel ini ternyata madu hanya diperbolehkan pada anak yang usianya mulai dari 1 tahun keatas. Emang bener harusnya gitu sih…

  24. Ya memang sih dimusim pancaroba kadang begitu mudahnya anak terkena penyakit apalagi kadang ada yang menular, hal ini harus diantisipasi dengan mengkonsumsi madu salah satunya.

  25. Nanik Nara says:

    Jadi madurasa fitkidz ini bukan madu biasa ya, melainkan sudah ditambah bahan lain dan juga vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh

  26. Saya belum coba praktikkan tes madu apakah asli atau tidak, terima kasih tipsnya.
    Lebih suka beli madu yang sudah terkenal di pasaran, jadi pengen coba fitkidzs soalnya Palung butuh multivitamin. Musim hujan ini suasananya mendung.

  27. Saya belum coba praktikkan tes madu apakah asli atau tidak, terima kasih tipsnya.
    Lebih suka beli madu yang sudah terkenal di pasaran, jadi pengen coba fitkidzs soalnya Palung butuh multivitamin. Musim hujan ini suasananya mendung.

  28. Pas banget musim hujan begini, cuaca tak menentu. Kadang panas, nanti siang tiba-tiba hujan angin. Daya tahan tubuh terutama anak-anak harus dijaga deh. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan. Untung ada Madu FitKidz…

  29. Iya nih, di musim pancaroba gini rentan banget sakit. Orang dewasa aja mudah sakit meriang lah, demam lah, apalagi anak kecil. Makanya perlu banget perhatian yang ekstra untuk menjaga kesehatan si kecil.

  30. wah sama dong, anak saya juga rutin minum madu. apalagi pas mulai pilek2 atau batuk. biar daya tahan tubuhnya bagus. beruntung, mereka suka

  31. Fadli Hafizulhaq says:

    Ternyata memang gak baik memberikan anak usia di bawah 1 tahun madu ya mbak? Dari dulu madu memang terkenal sebagai suplemen makanan yang baik, saya sendiri juga suka meminumnya

  32. Iya nich..lagi musim panca roba.. jadi perlu jaga kesehatan melalui asupan nutrisi..ditambah suplemen pendukung seperti madurasa ini

  33. Mulai musim pancaroba emang harus ekstra hati-hati ke diri sendiri, lebih-lebih ke anak-anak.
    Mengatur pola makan dan menjaga kesehatan tubuh penting banget kak. Aku juga selalu sedia madu di rumah, karena memang terbukti membantu menjaga daya tahan tubuh.
    Btw, salam kenal kak

  34. Aku belum pernah dengar madurasa yang varian ini mom. Coba nanti tengok di supermarket yaah..

  35. Wah untung merek madu legendaris bikin produk buat anak-anak juga. Kadang-kadang diluaran sana agak was-was juga dengan keaslian madunya. Kalo sama Madurasa Fitkidz ‘kan lebih terpercaya. Semoga aja sih anak-anak dijauhkan dari efek pancaroba.

  36. Saya kira, madu bisa untuk semua umur. Ternyata saat usia anak belum genap setahun, gak bisa kasih madu begitu saja ya. Tapi kalau madu fitkids ternyata bisa ya ?

  37. Saya sepakat dengan memperkuat kekebalan tubuh anak untuk mengantisipasi semua perubahan cuaca yang terjadi atau saat terpaksa harus berinteraksi dengan berbagai macam orang di luar sana. Kalau kondisi anak kita fit, in sya Allah ia tangguh takmudah sakit.

  38. madu memang jadi andalan banget buat jaga daya tahan tubuh, apalagi buat anak-anak di musim yg lagi transisi kayak gini ya kak. Fitkidz ini bagus memang, keponakan aku pada minum ini rutin

  39. eamng di musim yang masih ga jelas kek skrg ini buat anak perlu multivitamin biar nggak gampang tumbang ya kak,,, madu salah satu yg bisa di manfaatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.