Cooking, Food, How To, Recipe

Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos HARMOND

Hallo semuanya! Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, bulan Ramadhan ini keinginan untuk memasak saya lebih tinggi. Entah kenapa bawaannya pengennya masak ini itu. Ada beberapa hal yang saya ingin masak sendiri seperti kue dan cookies tapi sayang saya belum punya oven sendiri huhuhu. Setelah baca-baca beberapa resep di internet, ternyata bisa loh membuat kue dengan rice cooker Cosmos HARMOND!

Baca Yuk Recook Resep Soto Ayam Para Instagram Chef Ini!

Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos

Yap kalian tidak salah baca. Bisa loh membuat kue yang enak dengan rice cooker. Tidak perlu menggunakan oven! Di blog post ini, saya akan membuat salah satu kue yang sangat mudah dibuat dengan hanya bermodal rice cooker saja. Yes, no mixer is needed too! Cocok kan buat kalian yang mau masak secara praktis (dan ga banyak cucian hahhahaha – penting ini).

Membuat Oreo Cake dengan Rice Cooker

Saya memilih membuat Oreo Rice Cooker Cake (atau Oreo Cake)  karena mudah untuk mendapatkan alat dan bahannya. Membuatnya juga tidak memerlukan mixer loh! Selain itu, waktu matangnya juga relatif cepat.

Menurut saya, ini cocok sih untuk hidangan lebaran atau buka puasa anti ribet. Karena saya pun hanya memerlukan waktu kurang dari 1 jam untuk mempersiapkan bahan dan memasak. Rio pun juga turut membantu hihihi. Win-win solution.

Baca Menu Buka Puasa Mudah dengan SKIPPY

Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos

*Note : Saya membuatnya untuk porsi 3-4 orang, tidak terlalu banyak. Jadi bagi yang ingin membuatnya untuk jumlah orang yang lebih banyak, silakan menyesuaikan jumlah bahannya ya.

Resep Oreo Cake

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat Oreo Cake ini adalah :

Alat :

  • Rice Cooker Cosmos CRJ-6305 – kenapa pakai yang ini? Baca terus untuk tau alasannya ya
  • Mixing bowl
  • Pengaduk
  • Panci
  • Mangkuk kecil
  • Plastik

Bahan :

  • 1 bungkus oreo varian biasa
  • 6 sdm tepung terigu
  • 1 sdt baking soda
  • 150 ml susu full cream – saya pakai KIN Fresh Milk
  • 1 butir telur
  • 1 sdt susu kental manis
  • Mentega

Cara membuat kue :

  1. Buka kemasan oreo dan pisahkan bagian cream putih dengan bagian biskuit hitam. Letakkan bagian cream putih di mangkuk kecil untuk digunakan sebagai topping. Masukkan bagian biskuit hitam di plastik.
  2. Hancurkan biskuit hitam di dalam plastik dengan memukul. Saya gunakan tenaga Rio untuk ini hahaha. Kalau mau lebih cepat bisa diblender sebentar. Pastikan mayoritas biskuit yang hancur halus. Tidak apa-apa kalau ada bongkahan besar, tapi pastikan jangan terlalu besar yaCara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos
  3. Campur biskuit hitam yang dihaluskan dengan tepung terigu, baking soda, telur, susu kental manis dan juga susu full cream di dalam mixing bowl. Aduk rata.
  4. Oleskan mentega di bagian dalam rice cookerCara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos
  5. Masukkan adonan ke dalam rice cooker. Jangan lupa menekan tombol cook ya hehehe.
  6. Ketika tombol kembali ke warm, buka rice cooker dan check apakah kue sudah matang. Caranya adalah dengan menusukkan lidi atau pisau ke dalam adonan kue. Jika tidak ada adonan yang menempel, berarti sudah matang.
  7. Cabut colokan rice cooker dan dinginkan kue agar mudah untuk diambil dari dalam rice cooker. Tambahkan topping kue berupa cream putih oreo yang sudah meleleh. Enjoy 🙂

Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos

Cara Membuat Topping Kue :

  1. Panaskan air di dalam panci dan masukkan mangkuk kecil berisi cream putih oreo
  2. Panaskan hingga cream putih meleleh. Jangan lupa aduk beberapa saat agar tidak menempel.

Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos

Bagaimana, cukup mudah kan? Alhamdulillah this cake is a big hit with Arga dan Rio. Mereka berdua suka hehehe. Rasanya ya seperti oreo, tapi dalam bentuk cake yang lembut. Ternyata memang tidak memerlukan oven ya untuk membuat cake yang enak hihihi. Thank you Rice Cooker Cosmos! Masaknya juga gampang dan tidak perlu was was hihihi.

Kenapa Menggunakan Rice Cooker Cosmos HARMOND?

Saya menggunakan Rice Cooker Cosmos HARMOND tipe CRJ-6305 dengan kapasitas 2 liter dan dengan daya masukan 400 watt. Seperti yang kalian liat, desainnya cukup elegan yaa dengan warna merah dan putih. It makes me feel patriotic hehehe.

Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos

Alasan saya menggunakan rice cooker dari Cosmos ini adalah karena mempunyai keunggulan HARMOND Technology. HARMOND adalah Teknologi Anti Gores pada innerpan (panci) rice cooker Cosmos. Panci diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperature mendekati 0°C sehingga innerpan (panci) menjadi Anti Gores, tidak mengelupas, lebih sehat & tahan lama.

Teknologi HARMOND yang anti gores dan tidak mengelupas ini bagus karena meskipun disikat dengan sikat baja, bagian panci rice cookernya tidak akan mengelupas. Agak serem sih ya kalau pakai yang mengelupas. Bayangkan saja partikel dalam panci nanti masuk ke makanan huhuhu. Jangan sampai deh materi karsinogenik dikonsumsi oleh kita.

Apalagi saya menggunakan rice cooker untuk memasak nasi dan juga membuat kue seperti yang saya lakukan sekarang. Yang memakannya siapa? Keluarga saya sendiri kan. Tentu saya mau yang aman dan berkualitas baik untuk keluarga 🙂

Kelengkapan dan Fitur Rice Cooker Anti Gores Cosmos CRJ-6305

Rice cooker ini datang di dalam box yang cukup aman. Bagian dalamnya ditahan dengan styrofoam dan rice cooker dibungkus dengan plastik.

Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos

Dalam 1 paket Rice Cooker Anti Gores Cosmos CRJ-6305 terdapat perlengkapan :

1 unit panci penanak nasi
1 unit pengukus serbaguna (steamer)
1 unit sendok nasi
1 unit gelas pengukur
1 unit buku petunjuk & kartu garansi
1 unit stop kontak (AC Cord)

Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos

Dalam beberapa tipe, sendok nasi dan AC cord ada di luar kemasan plastik, Namun untuk tipe ini, semuanya ada di dalam di atas steamer.

Nah, selain memasak nasi dan kue, ternyata rice cooker ini juga dilengkapi steamer. Nanti akan saya coba yaa steamernya untuk memasak. Sepertinya baked macaroni enak ya hihihi. Kemarin sih berhasil memasak siomay ala ala hehehe. Namun belum berani launching resepnya disini hihi. Doakan bisa segera menyempurnakan resep siomay ala ala ya 😀

Baca Resep Opor Ayam Mudah 

Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos


Bagi yang ingin memiliki rice cooker anti gores ini, bisa langsung cari produk Cosmos yaa. Produk-produknya bisa dibeli di toko elektronik, supermarket, secara offline dan juga secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee. Jangan lupa cari Official Store Cosmos 😀

Kalau kalian juga yang ingin tau lebih banyak tentang produk Cosmos yang lain, terutama tentang rice cooker HARMOND dan juga resep dan tips yang bermanfaat, bisa langsung ke :

Website Cosmos : www.cosmos.id
Instagram : @cosmosonline
Facebook : My Cosmos

Happy cooking everyone!

RELATED POST

16 Comments

  1. Sebagai fans berat oreo.. kue ini patut dicoba hihihi

  2. wahh simple dan mudah bikinnya, apalagi cuma pakai rice cooker, wheheh.. makasih sharingnya mbak

  3. wah aku baru tahu rice cooker bisa buat masak kue, mau donk cobain juga resepnya hehehee lumayan buat cemil2 di sore hari ya dil 🙂

  4. Wah bisa dicoba nih di rumah, bikin kue anti ribet2 club. Mudah banget ya, ternyata rice cooker multifungsi juga ya. 🙂

  5. wahh bisa yah bikin kue pake rice cooker, baru tau aku haha. pngn ikutan bikin jg nih jadinya. btw rice cookernya cosmos aman dong yah buat panggang2 kue gini, keren deh

  6. Kalau porsinya memang cuman untuk 4-5 orang, ya wajar sih jika nggak pakai mixer. Tapi kalau mau porsi yang lebih besar, kurasa tetap saja butuh mixer, supaya semua bahan tepung, oreo, dan telurnya tercampur merata.

    Aku mau dong ngincipin kue coklat oreonya 🙂

  7. Wah ku baru tau kalau bikin kue bisa pakai rice cooker. Praktis juga ya mba, memudahkan aku yang ga jago masak hehe. Btw aku juga pakai rice cooker cosmos dirumah. Suka bgt karena awet dipakai bertahun-tahun.

  8. Banyak banget manfaatnya selain untuk masak nasi…
    Aku nunggu resep siomay nya, kak…
    Pasti endeuus yaa…

  9. Praktis banget nih buatin kue untuk anak2 pake Cosmos ya. Mana ga perlu pake mixer pulak, jadi tinggal dicampur pake spatula aja kaaann… Idenya boleh dicontek kan yaaa… anakku juga suka oreo nih soalnya.

  10. aku belum pernah nih bikin cake pakai rice cooker, tapi di rumah memang pakai rice cooker cosmos selalu, sejak jaman kuliah sampe sekarang tetap setiap sama produk mereka, rice cookernya gak lengket.

  11. Wah pas banget kemarin habis beli oreo promo di minimarket (beli dua gratis 1), bisa buat bikin kue niih. Anyway ini rice cookernya kelihatan kokoh ya body-nya.

  12. Warnanya pun meraaah ya mba.. enak bangeet bisa dipakai masak segala maceem

  13. Aku mau coba ah Buat cake Oreo di Rice Cooker Cosmos. Kok simple dan praktis banget ya, bisa multifungsi nih rice cooker

  14. Aku baru semalam pakai rice cooker Cosmos buat numis makanan hahahah serbagunalah ya pokoknya

  15. Aku Jadi kepengen juga nih nyobain bikin kue pakai rice cooker, ini buat aku jadi penasaran banget Mbak

  16. aku baru tau nih bisa masak kue pake rice cooker! multifungsi bnget berarti rice cooker cosmos ini yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.