Family, Thoughts

Tradisi Lebaran di Keluarga

Kalau berbicara mengenai tradisi lebaran di keluarga, sebenarnya keluarga saya tidak ada tradisi yang heboh atau berbeda sih hehehe. Kurang lebih sama dengan yang dilakukan oleh keluarga Indonesia pada umumnya.

Menurut detik.com, terdapat 11 tradisi khas Lebaran yang ada di Indonesia. Apa saja itu dan apakah keluarga saya mengikutinya juga?

 

1. Mudik – Waktu kecil sih beberapa kali mudik. Saya ingat pernah menggunakan kereta, mobil dan yang paling sering dilakukan ketika Bapak sakit adalah dengan pesawat. Namun ketika Bapak sudah mulai terlalu capek untuk perjalanan jauh (sebelum operasi), maka keluarga saya sudah jarang mudik pas lebaran. Mudiknya di kesempatan lain hehehe.

Baca Mudik Saat Hamil : Cerita Mudik Tahun 2016

Tradisi Lebaran di Keluarga
Courtesy of Pixabay

2. Bedug lebaran / Takbir keliling – saya tidak tinggal di kompleks jadi tidak ada kegiatan ini hehehe. Cukup mendengarkan dari dalam rumah saja 😀

3. Silaturahmi & Halal bi Halal – setelah sholat, biasanya sekeluarga mulai saling bermaaf-maafan. Tidak ada tradisi foto bareng juga sih hehehe. Karena keluarga saya tidak terlalu senang foto-foto. Sebelum makan siang, biasanya kita mengunjungi tantenya Bapak dan juga ke rumah Uti (nenek saya) di Jakarta. Baru disitu bertemu dengan yang lain dan saling bersilaturahmi.

Baca Berbuka Puasa Dengan Keluarga atau Teman?

4. Bikin ketupat –  Keluarga saya tidak membuat ketupat sih, tinggal beli hehehe. Tapi selalu tersedia ketupat, opor ayam dan juga sambal goreng di rumah. Yummm 🙂

5. Kue Lebaran – TENTU INI HARUS ADA hahaha. Apalagi kastangles, ini favorit sekeluarga hihi. Pas lah mana Rio juga penghabis kastangles di rumah hihi.

Tradisi Lebaran di Keluarga

6. THR – Dulu waktu masih kecil memang dapat THR dari Mama. Pas sudah kuliah lalu tidak dapat lagi hahahaha. Tapi tetap dapat dari om dan tante sih. Sekarang setelah nikah, ya harus siap memberikan juga ke sepupu dan keponakan. Jadi pecahan uang dan juga amplopnya wajib disediakan 😀

7. Baju lebaran – Ini lebih ke optional sih. Keluarga saya bukan yang tipe harus kembaran setiap lebaran. Jadi kadang kita pakai baju yang ada aja hehehe. Tapi semenjak ada Rio, saya dan Arga mencoba memakai baju yang senada. Biar bagus aja kalau difoto hehehe 😀

Baca Inspirasi Baju Lebaran dari Online Shop Hits

Tradisi Lebaran di Keluarga

8. Ziarah makan – Biasanya ini dilakukan sebelum puasa sih kalau sempet. Karena makan Akung di Jakarta dan makam Mbah Putri ada di Madiun.

9. Wisata – Waktu kecil biasanya wisata di mall HAHAHA. Soalnya kalau tidak mudik ya kita ke Jakarta. Lalu jalan ke Plasa Senayan atau PIM hihihi. Sekarang sih cukup di rumah saja, karena pasti tempat wisata ramai. Nanti perginya H+2 atau H+3, berhubung sudah ada Rio juga.

10. Main petasan – saya dari kecil jarang sekali main petasan, Jadi tidak melihat keseruan bermain petasan pas lebaran hihi. Yaa, pernah sih paling hanya petasan yang kecil dan lucu saja. Tidak pernah yang besar dan meletup-letup hahaha. Gimana sih ini mendeskripsikannya 😅 pokoknya ya begitulah hihi.

Tradisi Lebaran di Keluarga
Courtesy of Pixabay

11. Parcel – This goes both way. Keluarga saya terkadang menerima parcel lebaran dan juga memberikan parcel sembako untuk ART, satpam, maupun pihak-pihak lain yang membantu sehari-hari. Because it’s such a blessing to be able to give to others.


Kalau kalian, apa saja tradisi lebaran di keluarga yang sering dilakukan? Jika ada yang unik, silakan share ya 😀 Have a happy holidays!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.