Family, Finance

Sudahkan Kita Melindungi Masa Depan Keluarga?

Pertanyaan diatas merupakan sebuah pertanyaan yang cukup membuat kita berpikir yaa, termasuk saya. Beberapa kali ikut finance class dan yang paling ditekankan selain investasi adalah proteksi. Bagaimana kita bisa melindungi masa depan keluarga dan juga anak kita, sembari tetap bisa mewujudkan impian-impian?

Kebutuhan Keluarga Muda & Millennial Parents

Saya termasuk ke dalam kategori ibu millennials, yang kebetulan juga merupakan sebuah bagian dari sebuah keluarga muda. Dengan usia pernikahan yang baru berjalan 4 tahun dan seorang anak balita, tentu masih banyak rencana yang ingin dilakukan di masa depan.

Sudahkan Kita Melindungi Masa Depan Keluarga

Saya dan Arga masih mau ini itu, ingin menyekolahkan Rio dan adiknya dengan baik, masih ingin naik haji, traveling kesana-sini, just living life to the fullest. Tentu semuanya juga dilakukan dengan berbagai usaha, seperti melakukan budgeting, nabung, family planning sampai berdoa semoganya tetap sehat selalu. Ya tentu manusia bisa berencana tapi pada akhirnya, Allah lah yang menentukan.

Baca   Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi Covid-19

Pengennya sih kita bisa bebaskan langkah untuk impian masa depan, dengan ketenangan jiwa. Saya rasa 63,5 juta millennials lainnya di Indonesia juga ingin hal yang sama bukan? Dengan meningkatnya populasi berpenghasilan menengah di seluruh negeri, masyarakat Indonesia khususnya kaum milenial menjadi lebih sadar akan kebutuhan untuk mengantisipasi dan melindungi diri dari risiko di masa depan.

Coba tanya deh ke ibu-ibu atau bapak-bapak muda, pengennya apa sih? Pasti pada menjawab pengen jalan-jalan (hahaha ini sih saya) atau menikmati hidup sampai tua bersama anak cucu. Betul betul?

FWD Asuransi Jiwa Berjangka

Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa Berjangka

Salah satu proteksi yang dapat kita berikan kepada keluarga adalah dalam bentuk asuransi jiwa. Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggal.

Tentu kita ingin panjang umur kan, but tomorrow is not ours. Kita tidak bisa tau apa yang terjadi kepada kita besok, lusa, minggu depan hingga tahun depan. Sebagian besar orang memiliki asuransi jiwa karena ingin mengantisipasi kejadian meninggalkan keluarga yang harus dinafkahi.

Sudahkan Kita Melindungi Masa Depan Keluarga
Courtesy of Pixabay

Ini penting sekali, terutama jika ada sole provider atau hanya ada satu orang yang memberikan penghasilan tetap untuk keluarga. Apa yang akan terjadi bila orang itu sudah tidak ada lagi?  Dengan adanya jaminan bahwa kebutuhan keluarga akan terpenuhi in a worst case scenario, kita menjadi lebih tenang dan lebih semangat dalam mengejar impian.

Baca   Bersama Melindungi Kesehatan Anak Pasca Masa Menyusui

Salah satu jenis asuransi jiwa adalah asuransi jiwa berjangka, dimana proteksi diberikan kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu saja. Bisa untuk 5, 10, atau 20 tahun. Menurut cermati.com, asuransi jiwa jenis ini direkomendasikan jika kita mengutamakan masa depan keluarga Anda terutama pendidikan anak. Cocok bagi Anda yang memiliki kebutuhan akan biaya asuransi yang besar namun memiliki kemampuan keuangan yang terbatas.

Asuransi Bebas Rencana Optimal & FWD Legacy Protection

PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, baru saja meluncurkan dua produk asuransi jiwa berjangka, yaitu  Asuransi Bebas Rencana Optimal dan FWD Legacy Protection.

FWD Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi Bebas Rencana Optimal adalah asuransi jiwa berjangka yang menawarkan pertanggungan asuransi karena meninggal dan ketidakmampuan total tetap. Asuransi ini memberikan pengembalian premi 120% dari total premi dasar kepada nasabah jika polis tersebut masih berlaku sampai akhir masa asuransi. Beberapa manfaat utama yang ditawarkan adalah :

  • 100% dari uang pertanggungan akan diberikan jika meninggal selama masa asuransi untuk memberikan dukungan keuangan langsung kepada keluarga.
  • Memberikan tambahan Manfaat Meninggal/ Cacat Total Tetap hingga 10x Uang Pertanggungan.
  • Memberikan manfaat meninggal akibat kecelakaan untuk Pemegang Polis dan Ahli Waris.
  • Manfaat meninggal karena kecelakaan untuk pemegang polis dan penerima manfaat sebesar 10% dari uang pertanggungan dengan maksimal Rp50.000.000.
  • Fleksibilitas dalam memilih masa asuransi, yaitu 10, 15, atau 20 tahun dengan masa pembayaran premi yang singkat, yaitu 5, 10, dan 15 tahun.
  • Premi yang diberikan tidak akan berubah selama masa pembayaran premi (premi tetap/flat).

Sementara dan FWD Legacy Protection merupakan jenis asuransi jiwa berjangka lainnya yang ditawarkan oleh FWD life. Sama sama memiliki fleksibilitas dalam memilih masa asuransi dan juga premi yang tetap atau flat. Klaimnya juga dapat dilakukan secara digital.

Perbedaannya terletak pada pengajuan mudah tanpa pemeriksaan kesehatan untuk jumlah uang pertanggungan hingga Rp10 miliar. Serta tidak ada financial underwriting untuk jumlah uang pertanggungan hingga Rp12 miliar.

Baca   Kiat Investasi untuk Keluarga Muda

Dua asuransi jiwa berjangka ini tentu dapat menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam memilih produk yang menawarkan proteksi untuk keluarga. Silakan pilih dengan cermat produk-produk yang tersedia untuk melindungi masa depan keluarga. Yuk yuk mulai didiskusikan dari sekarang 😊

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.