How To, Technology, Tips

Langkah Anti Panik Mengembalikan Instagram yang di Hack

Hellooo semuanya! Saya mau cerita sesuatu yang super happening nih (well at least for me). Jadi hari Selasa, tanggal 9 Mei 2017 kemarin akun instagram gue di hack! WHAT?! Yes, I have been asking myself the same question. Kok bisaaa? Kan akunnya cuman akun kecil dibandingin selebgram yang followernya bisa sampai 10k+++? Terus nanti akun saya bakal diapain ama si hacker? Followingnya kan lumayaaan (bagi saya, padahal 2000an ajah hahaha).

Langkah Anti Panik Mengembalikan Instagram yang di Hack

Mayan kan ya followernya hahahaha *dikeplak* Ini tampilan Instagram sebelum dihack dan sebelum ganti profile picture

Awal mula ceritanya adalah saat mau nyusuin Rio. Ada email dari instagram masuk ke HP dengan judul “Your Instagram password has been changed”. LOOOOH KAN PASSWORDNYA GA SAYA GANTI?! Curiga nih. Nah pas klik bagian “If this is your Instagram account but you didn’t request a password change, you can reset your password here”, udah ga bisa doooong hikssss!

Langkah Anti Panik Mengembalikan Instagram yang di Hack

Email menyeramkan! 

Ternyata cepat banget si hacker ngeganti username, email dan password. Plus lagi dia ngehapus nomer hp saya jadi tidak bisa revoke access pake HP. Oh nooo… Dan ternyata si hacker ini mencoba beberapa kali untuk masuk ke beberapa akun saya. Ada akun yangkhusus buat liat OL shop sih hahahaha (ketauan) tapi kok yang tembus malah akun yang utama. Astaghfirullah~ Ini beberapa langkah anti panik (meskipun panik sedikit) yang bisa dilakukan ketika Instagram dihack.

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari tau username saya yang terbaru dan apa yang sudah dilakukan terhadap akun saya. Kan serem tuh yaa hacker sekarang suka pasang foto aneh-aneh. Caranya adalah dengan melihatnya via akun instagram lain yang berhubungan dengan akun saya yang di hack. Disini saya pakai akunnya Rio yaa @satriorpradana karena beberapa kali saya tag akun Rio dari akun saya. Ternyata pas dicheck, dia telah merubah username saya menjadi @raaccaedamadaga777. Apa deh namanya… Nama emailnya juga diganti dengan akhiran .ru yang notabene dari Rusia. Ya ampun!

Alhamdulilllah (tetep positif yes) akun saya tidak diganti bio, nambah foto aneh aneh, dihapus foto dan dihapus followernya maupun followingnya. Artinya si hacker hanya me-locked out saya dari akun dengan cara hanya mengganti user, email dan password. Foto profile saya juga masih yang gendong Rio hahaha.

Langkah Anti Panik Mengembalikan Instagram yang di Hack
Langkah Anti Panik Mengembalikan Instagram yang di Hack

Pleaseee nama dan emailnya bikin kesel!

Okay, next step? Ganti semua password email, FB, twitter, dll. Yaaa lelah memang tapi untuk mengantisipasi akun lain juga di hack. Selanjutnya saya mulai buka Google dan tanya grup blogger hahahaha. Saya mengoogle apa yang harus dilakukan plus nanya di grup grup blogger WA, telegram dan LINE apa yang harus dilakukan. Banyak yang mendoakan cepat balik (terima kasih gengs!), ada beberapa yang saran menyalakan Two Factor Authentication dan ada yang cerita pengalaman sendiri dan temannya yang pernah kehack.

Baca Cara Mudah Membuat Cover Stories Highlight di Instagram

Di beberapa blog di google yang menyatakan bahwa silahkan klik ke bagian help.instagram.com mengenai Hacked Account (https://help.instagram.com/368191326593075) karena Instagram tidak punya email untuk layanannya. Kita disuruh mengacu ke online help center saja. Eh ternyata semua saran disana seperti change your password, send yourself a password reset email dan revoke access TIDAK BERPERNGARUH. Ya abisnya user, email sama password udah diganti total kan hiksss.

Nah second solution adalah mereport Impersonation Account (https://help.instagram.com/446663175382270). Karena yaaa itu usernya ganti tapi foto dll masih punya saya, jadi ya impersonate dong ya hahahaha. Setelah klik What can I do if someone is impersonating me on Instagram? (https://help.instagram.com/contact/636276399721841) saya mengisi formulir yang diberikan oleh IG. Formulirnya ada di SINI (https://help.instagram.com/contact/636276399721841). Saya kemudian klik yang “Someone created an account pretending to be someone I represent (ex: my child)” karena klo klik yang lain akan dibawa muter muter online help Instagram lagi zzzzz.

Langkah Anti Panik Mengembalikan Instagram yang di Hack

Saya isi semua kolom yang menanyakan nama lengkap, email, user ID, user ID yang menggantikan ID saya plus jangan lupa ada foto ID (KTP atau passport) agar dapat diproses. Oiya beri sedikit info bagaimana akun tersebut mengimpersonate plus link ke IG yang ke hack. Sent deh. Tinggal berdoa.

Langkah Anti Panik Mengembalikan Instagram yang di Hack

Contoh form yang diisi di bagian help instagram.

Kenapa harus banyak berdoa? Karena setelah saya cari-cari di forum dan blog, buanyak yang ke hack terutama dengan email akhiran .ru ini. Ada yang lamaa banget di respon instagram, bisa seminggu lebih! Nah saya alhamdulillah langsung di email balik setelah beberapa jam. Saya berkorespondensi dan saya juga menyertakan screenshot akun saya yg lama, akun saya setelah di hack dan email si hacker. Saya juga menyebutkan kalau saya blogger dan akun itu dipake untuk bisnis juga, jadi mohon segera dibalikkan hihi.

Malamnya, saya diemail kembali untuk verifikasi ID. Caranya lucu, yaitu menuliskan kode yang diberikan oleh mereka, nama kita plus username dulu (saya tambahkan username sekarang yang sudah dirubah setelah hack) di selembar kertas. Kemudian kita selfie deh sama kertas tersebut hahaha kaya bukti online shop gitu. Ini caranya agar Instagram yakin kita yang punya account. Kalau banyak foto selfie di account Instagram sih aman, gampang diverifikasi. Untuk saya sendiri, email untuk ngereset password pada pagi hari berikutnya, hore! Cepat banget alhamdulillah ga sampe seminggu lebih. Cuman 24 jam lebih dikit hehehe.

Setelah dapat email itu, saya log out dari semua akun instagram di HP dan PC, kemudian ngereset password ulang. Ganti user dan ganti email. TERNYATA EMAIL HACKERNYA sl3rrplfp@mail.ru! So random! Oiya tidak lupa saya tambahkan lagi nomer HP dan mengaktifkan Two Factor Authentication biar super aman. ALHAMDULILLAH BALIK LAGI IGNYAAAA. Semoga ga kejadian lagi yaaa. Semoga yang lain juga ga mengalami hal seperti saya.

Langkah Anti Panik Mengembalikan Instagram yang di Hack

My instagram is back alhamdulillah! Meskipun followernya drop 10 hahaha, follow lagi dong *kedip-kedip*

Oiya selagi menunggu semua itu diproses instagram, saya membuat second account di @faradiladp (www.instagram.com/faradiladp) untuk memantau akun lama sekaligus follow teman-teman saya jika akun yang dihack ga bisa diselamatkan.

Baca Social Media Campaign 101 : Capacity Building #IbuibuKotaHujan

Nah, saya bagikan juga nih beberapa tips biar akun Instagram kalian jadi lebih aman.

  1. Pilih password yang kuat. Pake kombinasi huruf, angka, titik, koma, dll tapi yang penting inget loh yaaa.
  2. Ganti password secara berkala.
  3. Jangan kasih password ke orang lain (IYALAH). Jangan percaya jasa jasa naikin follower yang minta password yaa IMHO sih.
  4. Aktifkan two-factor authentication. INI PENTING BANGET! Bisa di aktifkan di bagian setting di aplikasi Instagram di HP. Saya langsung pasang habis akun yang kena hacked balik lagi hihihi.
  5. Pastikan akun email aman! Ternyataa anyone who can read your email can probably also access your Instagram account. Waduh. Adik kelas saya, Irvan, bilang mungkin email saya juga ada yang hack. Soalnya saya pake Yahoo dan kemarin kemarin kan kebobolan keamanannya. Zzzz. Better pake gmail katanya. Nah alasan ini mengapa saya langsung mengganti semua password wkwkwk.
  6. Selalu inget untuk log out ketika Instagram kita nebeng di HP, laptop, atau PC orang lain.
  7. Think before you authorize any third-party app. Bisa aja virus atau malware. Seram!

Sekian cerita saya, semoga bermanfaat! Keep you accounts safe ya (terutama jika sumber penghasilan berasal dari akun tsb hahahaha). Bagi yang mau follow-follow instagram juga boleh loh! Akun saya kembali lagi ke  @faradiladputri hihihi, nanti tinggal mention dan di follow back. Have a nice day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.