Event, Finance, Technology

Kompetisi PRAJA 2019 Bantu Dorong Pertumbuhan Koperasi Digital

Siapa yang tidak kenal dengan istilah koperasi? Terdapat banyak koperasi, sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama, di Indonesia. Namun di era digital ini, ternyata koperasi pun sudah beralih ke koperasi digital. Untuk mendorong pertumbuhan koperasi digital, maka diselenggarakan kompetisi PRAJA 2019.

Apa itu Koperasi Digital?

Isu revolusi industri 4.0 menuntut setiap badan usaha untuk mampu mengikuti perkembangan. Revolusi terjadi dengan fokus pada Internet of Things (IoT) dan Artificial Intellegence (AI). Oleh karena itu, diperlukan gebrakan untuk mendorong kalangan milenial memberikan terobosan baru di dunia koperasi dan bisnis model yang memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha ke depannya.

Baca Kemeriahan Festival Literasi Sekolah 2019 Kemendikbud

Kompetisi PRAJA 2019 Bantu Dorong Pertumbuhan Koperasi Digital
Courtesy of Pixabay

Salah satu terobosan baru adalah dengan adanya koperasi digital. Menurut goukm.id, koperasi digital selain bergerak di bidang ekonomi, koperasi jenis ini juga bergerak di bidang teknologi. Koperasi digital juga akan memfokuskan kegiatannya pada tiga bidang yaitu Device, Network dan Application (DNA).

“Koperasi tidak lagi hanya bercirikan berbentuk badan hukum koperasi, namun harus dikembangkan dalam spirit kolaborasi yang menjadi pondasi perubahan model bisnis yang sedang terjadi saat ini: Ekonomi Kolaborasi. Memanfaatkan teknologi digital adalah model bisnis kekinian yang banyak dilakukan oleh kalangan milenial,” jelas Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI, Prof. Dr. Rully Indrawan.

Membuat Koperasi Bertahan di Era Industri 4.0

Chief Information Officer MIS & CEO Multi Inti Digital Bisnis (MDB) Subhan Novianda mengatakan, arahan Presiden Joko Widodo yang mendorong kegiatan perekonomian berbasis teknologi (digital economic) harus dijawab dengan mengubah paradigma bisnis jika koperasi masih ingin bertahan dan eksis di era digital.

“Koperasi di era industri 4.0 harus memiliki website atau aplikasi yang memudahkan anggota dan pengurusnya saling berhubungan. Pelayanan kepada anggotanya dilakukan secara online. Pembelian barang, peminjaman, cek SHU, dan sebagainya saatnya dipermudah dengan layanan online,” sebut Subroto, anggota Dewan Juri PRAJA 2019.

Kompetisi PRAJA 2019 Bantu Dorong Pertumbuhan Koperasi Digital
Courtesy of Pixabay

Dengan adanya fitur layanan online, diharapkan semua kegiatan operasional koperasi dapat dilakukan secara digital dan praktis. Anggota dapat melihat simpanan, pinjaman, hingga Sisa Hasil Usaha (SHU) hanya dengan melihat smartphone saja. Tentu akan lebih memudahkan dan efisien ya.

Baca Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat

Kompetisi PRAJA 2019

Banyaksekali kisah sukses koperasi dan kewirausahaan yang bermunculan dari berbagai daerah di Indonesia. Pada tahun 2018, Multi Inti Sarana Group (MIS Group), sebuah kelompok usaha yang juga memiliki komitmen mendorong tumbuhnya koperasi digital di Indonesia, menginisiasi kompetisi PRAJA 2018.

Kompetisi PRAJA 2019 Bantu Dorong Pertumbuhan Koperasi Digital

Di tahun 2019 ini, PRAJA hadir kembali untuk menjadi jendela informasi dan inspirasi gerakan perkoperasian di Indonesia. “PRAJA 2019 menyuguhkan sisi bisnis positif koperasi yang selama ini luput dari pengamatan masyarakat. Bagi generasi milenial, koperasi bisa menjadi alternatif terhadap penumbuhan iklim bisnis yang baru karena basisnya sudah lebih dulu tumbuh di tengah mereka, yaitu kekuatan komunitas,” ujar las Irsyad Muchtar, Pakar Koperasi yang juga anggota Dewan Juri PRAJA 2019.

Pada ajang kompetisi PRAJA 2019 terdapat lima kategori yang dikompetisikan, yaitu

  1. Karya Tulis Jurnalistik
  2. Karya Foto Jurnalistik
  3. Karya Video Kreatif
  4. Karya Tulis Blog, dan
  5. Ide Bisnis Koperasi

Kompetisi PRAJA 2019 Bantu Dorong Pertumbuhan Koperasi Digital

Karya yang diikutsertakan harus sudah dipublikasikan di media massa dan/atau media sosial peserta selama periode 1 November 2018 hingga 20 Oktober 2019. Hmm menarik nih karena ada total hadiah yang mencapai Rp. 204 juta!

Pendaftaran dan pengiriman karya dimulai sejak 28 Agustus sampai dengan 22 Oktober 2019 melalui microsite praja2019.multiintisarana.com. Jadi kalau sudah pernah menulis soal koperasi digital, cuss jangan lewatkan kesempatan ini yaa. Adapun para dewan juri PRAJA 2019 adalah :

  • Dr. Rully Indrawan – Sekretaris Kementerian Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah RI
  • Asnil Bambani – Ketua AJI Jakarta & Redaktur Tabloid Kontan
  • Hariyanto Boejl – Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia
  • Irsyad Muchtar – Pakar Koperasi & Pemred Majalah Peluang
  • Ita Luthfia – Head of Corporate & Marketing Communication MIS Group
  • M Kh. Rachman – Pakar Koperasi dan Kewirausahaan & CMO Sygma Innovation
  • Saptono Soemardjo – Senior Photo Editor ANTARA
  • Sheila Timothy – Produser Film, Pendiri Lifelike Pictures
  • Subroto – Redaktur Pelaksana Republika

Baca Undian Milyaran Rupiah dari Sobatku

Pemenang kompetisi PRAJA 2019 akan diumumkan melalui akun media sosial PRAJA 2019, yaitu Instagram @praja.misgroup, Twitter @prajamisgroup, dan Facebook PRAJA MIS GROUP, serta website multiintisarana.com. Pemenang kemudian akan diundang ke Malam Penganugerahan PRAJA 2019 akan diadakan pada tanggal 28 November 2019.

Jadi bagi kalian yang mempunyai karya tulis di blog, media atau bahkan karya foto dan video tentang koperasi digital, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti kompetisi PRAJA 2019 ya. Best of luck! 🙂

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.