Family, Health, How To, Parenting, Products

Cara Menjaga Mood Ibu & Bayi Baru Lahir

Last Updated on May 11, 2021

Akhirnya bisa nulis juga setelah lahiran hehehe. Alhamdulillah sudah mulai pulih pasca SC kedua tanggal 30 April kemarin 🥰 Nanti deh cerita lengkapnya ditulis di blog post khusus. Kalau ini, sekalian curhat ya soal menjaga mood ibu & bayi baru lahir yang ternyata, wah, bisa naik turun banget!

Ada yang merasakan hal yang sama kah? Apalagi bagi saya, ini adalah anak kedua, dimana sudah ada kakaknya yang selalu antusias ngajak main hahaha. Automatis harus kerja keras lagi dalam mengumpulkan tenaga dan kesabaran. Jadi bagaimana sih cara menjaga mood ibu & bayi baru lahir?

Naik Turun Mood Setelah Lahiran

Mood atau suasana hati naik turun setelah lahiran kerap terjadi pada ibu baru. Saya pun juga merasakan hal yang sama. Hmm, kadang susah dijelasin sih karena semua perasaan itu seperti campur aduk. Senang, capek, deg-degan berkumpul menjadi satu.

Baca   My Pregnancy Diary - Memasuki Trimester Ketiga (28 - 33 Minggu)

Alhamdulillah senang bisa melahirkan anak kedua dengan lancar dan sehat sempurna. But with a new kid, comes a new responsibility. Tentu ada resiko ibu kurang istirahat serta lapar dan haus akibat menyusui si bayi on demand. Begitulah lika-liku hidup bersama bayi newborn hehe.

Cara Menjaga Mood Ibu & Bayi Baru Lahir

Untuk kasus saya, hal ini terjadi sejak hari pertama. Jahitan SC masih sakit eh tapi bayi mau nyusu. Akhirnya harus tahan sakit dan mencoba membantu bayi latch on yang kadang berhasil, kadang gagal. Perjuangan jadi ibu memang masya Allah sekali ya :”)

Pernah beberapa hari sempet kesel, karena Dewo (iya nama panggilan anak kedua hihi) maunya nyusu aja. Diletakkan di kasur, nangis. Dan ini terjadi selama beberapa jam saat tengah malam. Duh, badan sudah lelaaaah sekali tapi kalau dibiarkan kan kasian. Sampai saya kurang tidur yang mengakibatkan tekanan darah rendah (pas di check 90/60 loh! 😣) dan perasaan jadi uring-uringan.

Temperamen Bayi Baru Lahir

Perasaan ibu yang uring-uringan ini juga katanya bisa dirasakan oleh bayi. Maka dari itu, Mama saya selalu wanti-wanti, kalau megang bayi harus santai. Ga boleh kesel, ga boleh marah. Karena bayi bisa merasakan kekesalan atau ketidaknyamanan Ibunya, dan malah jadi rewel. Hayooo ada yang pernah mengalami ini kah?

Memang sih secara umum bayi juga memiliki temperamen yang bermacam-macam. Bahkan temperamen itu sudah ada sejak bayi lahir, menurut artikel Mother & Baby. Hmm, setuju sih karena saya sendiri melihat dua anak yang dilahirkan dari ibu dan bapak yang sama (saya dan Arga) ternyata kepribadiannya cukup berbeda.

Cara Menjaga Mood Ibu & Bayi Baru Lahir
Dewo yang santai (kalau kenyang hihi)

Rio dan Dewo keduanya termasuk bayi yang santai. Tapi saat waktu menyusui, wah Dewo lebih ganas HAHAHA. Kalau salah latch on, Dewo bisa ngamuk-ngamuk dan nangis. Padahal kan sama-sama lagi belajar. :’) Kalau udah ngamuk-ngamuk gitu, wah suasana hati saya juga ikutan jelek. Kalau suasana hati saya jelek, Dewo makin rewel. Begitu aja terus~

Cara Menjaga Mood Ibu & Bayi Baru Lahir

Jadi ternyata menjaga mood ibu & bayi baru lahir ini penting. Karena keduanya bisa saling memengaruhi. Seperti yang saya tulis diatas, kalau ibunya tidak nyaman maka anaknya biasanya akan rewel. Tapi kalau ibunya kalem dan santai, biasanya anaknya juga akan mengikuti.

Ada beberapa cara menjaga mood ini untuk menjadi baik :

1. Istirahat yang cukup – ini sih valid, no debat. Saya sendiri kalau istirahatnya kurang, jadinya marah-marah melulu hahaha. Memang sih susah bagi ibu baru untuk istirahat. But remember to love your body. Jadi pastikan ada waktu buat istirahat yaa, meskipun kadang istirahat colongan (seperti ketiduran saat menyusui wkwk).

2. Jaga pola makan – terdapat beberapa jenis makanan yang bisa menjaga suasana hati seperti dengan mengonsumsi protein, omega-3 dan tentu jangan lupa untuk banyak minum air putih. Karena menurut ibupedia.com, dehidrasi juga dapat membuat suasana hati jadi lebih buruk.

Baca   Pentingnya Nutrisi di Masa 1000 Hari Pertama Kehidupan

3. Terus menyusui – menurut Ibupedia, ada sebuah penelitian di tahun 2012 yang menyatakan proses menyusui bisa menurunkan risiko mood swing pada ibu melahirkan. Efek ini akan bertahan hingga 4 bulan setelah melahirkan. So keep on breastfeeding, momma! Ibu dan bayi dua-duanya akan diuntungkan 😀

4. Minta bantuan support system – kalau udah kewalahan, coba minta bantuan support system. Setidaknya agar bisa menghela nafas sejenak dan membuat kondisi hati lebih tenang.

Cara Menjaga Mood Ibu & Bayi Baru Lahir

5. Olahraga ringan – contoh yang paling mudah adalah dengan mengajak bayi jalan-jalan pagi atau sore. Baik ibu dan bayi juga bisa refreshing dan menghirup udara segar.

6. Pijat – siapa sih yang ga rileks setelah pijat? Pasti suasana hati kembali menjadi kalem. Ini berlaku juga loh untuk bayi, apalagi kalau dipijat oleh Ibunya, bisa sekalian bonding. Selain pijat sendiri, sekarang juga sudah banyak homecare yang menawarkan pijat untuk ibu dan juga untuk bayi. Lengkap!

Baca   Review Little Bee Refreshing Baby Spa (Plus Cara Pijat Bayi!)

7. Manfaatkan aromatheraphy – aromatheraphy memang terkenal bisa membangkitkan mood.
Ada beberapa wewangian yang dapat digunakan, tapi pastikan konsultasi dulu ke dokter ya untuk melihat apakan wangi tersebut aman digunakan untuk bayi atau tidak.

Jaga Mood Ibu & Bayi Melalui Sentuhan dan Aroma

Ternyata, mood ibu dan bayi juga bisa dijaga melalui sentuhan dan aroma! Terutama pada bayi, dimana sentuhan lembut dari orang terkasih juga dapat manfaatnya. Hal ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh Profesor Francis McGlone, Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK.

“Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi, tetapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, mempengaruhi suasana hati, tingkat stress dan banyak manfaat yang lain.” – Prof. Francis McGlone

Pengalaman sentuhan yang pertama kali dialami oleh bayi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan lanjutan selama hidupnya. Secara jangka panjang, efek sentuhan dapat mempengaruhi sistem genetis pada otak bayi, sehingga ia dapat lebih mengendalikan stress di berbagai tahap pertumbuhan selanjutnya.

Cara Menjaga Mood Ibu & Bayi Baru Lahir

FUN FACT : Neurofibre yang ada di seluruh tubuh kita akan merespon lebih optimal melalui sentuhan lembut dan penuh kasih sayang. ❤ Neurofibre ini banyak terdapat di area belakang kepala, sekitar wajah, dan juga area perut. Jadi ingat yaa kalau sedang menyentuh bayi atau anak kita, sentuhlah dengan lembut dan penuh kasih sayang 🥰

Prof. Francis menyatakan bahwa memori terawal kita terbentuk lewat reaksi dari sentuhan lembut orang tua yang disertai dengan aroma yang menyenangkan. Nah ternyata aroma yang menyertai sentuhan dapat membuat bayi lebih mengenali lagi hubungan positif antara sentuhan serta aroma yang menyenangkan. Jadi wewangian tidak kalah penting!

Cussons Baby Powder Baru dengan Inovasi Moodscent™

Cussons Baby Powder Baru dengan Inovasi Moodscent™
Ketiga varian baru Cussons Baby Powder Baru dengan Inovasi Moodscent™

Sebagai salah satu pengguna bedak bayi Cussons, cukup senang juga sih ternyata ada inovasi baru untuk produk Cussons Baby Powder ini. Sekarang, ketiga varian Cussons Baby Powder sudah ada inovasi Moodscent™. Ada yang ngeh kah? Kemasannya juga sudah baru loh~

“Moodscent™ merupakan pengembangan teknologi dengan wewangian tertentu yang membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan, dan juga membantu meningkatkan ikatan yang lebih kuat antara bayi dan orang tua.” – Dr. Haryono

“PZ Cussons Indonesia bekerjasama dengan para ahli perfumer memperkenalkan sebuah inovasi yang telah dipatenkan, yaitu Moodscent™. Teknologi Moodscent™ telah terbukti melalui sebuah metode analisis yang melakukan pembuktian korelasi antara suasana hati dengan aroma atau wewangian tertentu.” ujar Dr. Haryono Hartono, PhD selaku Head of Research and Development, APAC PZ Cussons.

Baca   Tips Meningkatkan Mood dan Produktivitas Ibu Rumah Tangga ala Faradila

Semua wewangian yang dikembangkan oleh Cussons telah diciptakan sesuai standar International Fragrance Association (IFRA) di setiap fase perkembangan bayi mulai dari tahapan yang paling awal, pada saat mereka berkembang, hingga fase paling aktif mereka sebagai toddler dan anak.

Cussons Baby Powder Baru dengan Inovasi Moodscent™
Acara launching Cussons Baby Powder Baru dengan Inovasi Moodscent™

Tiga Varian Cussons Baby Powder Baru

Rangkaian Cussons Baby Powder dengan tiga wangi baru yaitu Sakura, Vanilla dan Mixed Berry ini baru saja dilaunching pada akhir tahun 2020 kemarin. Secara tampilan sih tidak beda jauh dengan kemasan lama. Tapi tentu sekarang ada aroma yang bisa membangkitkan mood ibu maupun bayi.

Cussons Baby Powder Baru dengan Inovasi Moodscent™
Kiri : kemasan lama, Kanan: kemasan baru Cussons Baby Powder Baru dengan Inovasi Moodscent™

Produk yang berkualitas tinggi, seperti Cussons Baby Powder, dapat merangsang neurofibre lebih optimal karena efek tekstur dari produk itu akan lebih “menghidupkan” efek sentuhan (sentuhan menjadi lebih lembut). Apalagi ada aroma yang memiliki efek yang menyenangkan.

Untuk detail aromanya, aroma MoodScent™ Sakura menghadirkan mood LOVE, yang membantu bayi merasakan sentuhan ibu yang penuh cinta. Aroma MoodScent™ Vanilla menghadirkan mood RELAX, yang membantu bayi lebih nyaman. Sementara aroma Mixed Berry menghadirkan MoodScent™ JOY, yang membantu bayi lebih ceria.

Ketiga produk ini sudah teruji secara dermatologi dan memiliki wangi yang tahan lama. Bedak Cussons Baru juga telah disterilisasi dan tidak mengandung pewarna. Semuanya telah diformulasi tepat dan teruji secara klinis.

Oiya cara memakai bedak bayi pun ga boleh sembarangan loh ya. “Pada bayi dan anak-anak, hindari penggunaan bedak di area genital serta wajah. Tuang dulu di tangan lalu diusapkan perlahan, jangan langsung ditabur ke tubuh bayi,” kata Dr. Haryono.

Cussons Baby Powder Baru dengan Inovasi Moodscent™

Ternyata cukup banyak dan lengkap cara menjaga mood ibu & bayi baru lahir. Mulai dari pola makan dan istirahat, hingga menerapkan sentuhan dan aroma yang dapat membuat mood seisi rumah jadi lebih baik. Apalagi tidak susah untuk menerapkannya meskipun hanya sebentar saja. Yang penting, mood ibu, bayi bahkan sampai bapak, kakak dan anggota keluarga lainnya juga menjadi lebih baik. Happy mom makes a happy baby and happy family.

Jadi seperti apa cara ampuh kalian untuk menjaga mood ibu & bayi? Please do share in the comments below. Siapa tau bisa membantu ibu-ibu dan bapak-bapak lainnya. 🙂

RELATED POST

14 Comments

  1. Eh bener banget sih mba, aroma wangi itu memang bisa bikin mood bagus. Aku kalo udh bad mood, paling suka deh nyiumin parfume, bedak wangi ato oil2 aromaterapi. Itu lgs bawaan jd enaak.

    Bedak Cussons wanginya memang nenangin dari dulu. Pas anak2ku msh bayi, aku selalu pakein bedak dan produk2 Cussons. Tp Krn skr mereka udh gedean, udh ga mau pake bedak. Cm pake hair lotion, sabun Ama lotion badannya aja.

  2. Selamat untuk kelahiran anak keduanya mbak. Kumasih mengingat proses belajar menyusui di hari pertama itu tuh masyallah drama banget hahahha… sekarang malah sudah mau nambah anak juga akunya.

    Nah ia mood ibu harus banget dijaga dan salah satunya dengan aroma itu sih. Ternyata bisa untuk bayi juga ya…

  3. MashaAllah~
    Keren banget kak Faradilla…Yang aku tau tuh, setelah melahirkan badan memang belum bisa fit 100% begitupun mood sang Ibu. Bener adanya kalau lebih sensi, lebih mudah lelah.
    Alhamdulillah,
    kini ada moodscent, inovasi terbaik dan terbaru dari Cussons. Andalan banget untuk jaga kesegaran komunikasi Ibu dan anak.

  4. Selamaaat buat kelahiran Baby Dewo.
    Semoga jadi anak yang sholeh dan kebanggaan keluarga.

    Mood ibu yang baru melahirkan memang harus dijaga ya karena ngaruh banget ke bayi.

    Btw saya sampai sekarang masih pake beda Cussons Baby lho, hihi…
    Karena teksturnya yang lembut dan aromanya yang wangi.

  5. Huwaaaa congrats kak untuk kelahiran baby nya. hhuhuu

    ternyata gitu ya kak, aku denger denger sih emang mood momy yang habis lahiran ituup and down dan ngaruh juga ke baby nya yaa… dan variasi moodsenct dari cussons baby ini dobrakan baru banget yaaa..
    dan BTW aku aja sampai sekarang masih suka pakai Cussons Baby kok, karena wanginya emang enak bangeeet, wangi bayiii hahaha sampe kadang kalo kasih hampers ke temen yang habis lahiran pasti cussons baby engga ketinggalan siih

  6. Halo mbak Faradila kita bertemu kembali di platform yg berbeda wkwk

    Akutuh suka kalo dengerin cerita-cerita moms yang baru lahiran gini, biar aku bisa prepare besok kalo calon istriku pas hamil dan melahirkan, aku sebagai suami tau harus apa (pacar aja blm punya wkwk, tapi aamiin-in aja dulu). Baru tau juga yaa ternyata si bayi tuh punya mood juga. BTW aku selalu suka aroma bedak Cussons Baby tuh, lembut dan bikin damai. Kayak bayi gitu :’)

  7. Nur Asiyah says:

    Huwaaa.. sehat selalu untuk ibu dan dedek bayi. Varian moodscents dari Cussons terbaru ini memang memberikan kenyamanan untuk ibu dan buah hati ya…

  8. Selamat untuk kelahiran putra keduanya mbak, semoga tumbuh sehat dan selalu dalam lindunganNya, aamiin. liat poto bayik lucuk begini jadi pengen punya bayi lagi hahaha padahal baru juga anak keduaku umurnya 18 bulan, udah mulai pecicilan ga bisa anteng digendong kayak baby newborn 😀 Baruuu juga ngelewatin drama-drama baby new born wkwkwk

  9. Sungguh, ilmu baru bagi lelaki baca postingan ini, nyatanya seorang suami kudu memahami mood bayi dan ibunya ya, terus bedak cussons yg aroma nya khas juga bisa membuat mood nya lebih bahagia ya. Ya tentu, akupun suka aromanya, dari aku orok sampe skrg, kalau cium aroma Cussons, ga pernah nolak hihi

  10. Asikkk dapet resep keren dari mba Fara, meski belum ada anak tapi siap-siap belajar juga nih
    cusson aku sedia di rumah selalu mba

  11. wah keponakan di rumah juga pakai cussons baby ini wanginya kata mereka seger banget dan ternyata varian wanginya ada baru ya, penasaran sama wangi vanilla itu enak banget pastinya

  12. Tentang pasca lahiran itu, kisah kita idem banget, mba!
    Sayang dulu itu aku kurang literasi, jadi suka kesal kalau bayi Yasmin (putriku) rewel dan bawel.

    Iya, percis sama. Emaknya kesal, bayi rewel, begitu aja terus!
    Mana di rumah cuma berdua.
    Belum ada support sistem saat itu.
    Duh, malah curhat akutu, hahaha.

    Setuju, wewangian memang pegang peranan untuk memperbaiki mood!

    … dan biasanya produk bayi itu jarang gagal memperbaiki mood, selalu berhasil!

  13. I feel you Mba.
    Sehat sehat selalu sekeluarga yaaaa..
    Thanks for sharing 🙂

  14. Selamat atas kelahiran bayinya ya kak…
    Si dedek mirip kakaknya, rio.. hehe namanya juga saudara ya…
    Artikelnya bermanfaat banget, ini pasti membantu ibu baru juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.