Finance, How To, Tips

Kemana Larinya THR Tahun Ini?

Jadi kemana larinya THR tahun ini? Ini adalah pertanyaan klasik yang selalu muncul menjelang Hari Raya Idul Fitri hehehehe. Tentu kita senang kalau kita (atau suami) mendapatkan tambahan penghasilan dalam bentuk THR. Pas banget kan ada banyak pengeluaran di penghujung bulan Ramadhan ini. Tapi sebaiknya, THR itu dipakai untuk apa sih?

Baca 5 Things I Want to Do in 2019!

Bitmoji Image

Tidak ada hal yang salah atau benar dalam hal menghabiskan THR. Kecuali untuk barang haram ya, itu jelas ga salah HAHAHA. Masing-masing keluarga bisa menggunakan THR sesuai dengan kebutuhan. Tapi alangkah baiknya untuk menggunakan THR tersebut secara bijak. Lantas THR keluarga saya digunakan untuk apa saja?

But first, apa sih THR itu?

THR atau Tunjangan Hari Raya

Menurut Gajimu.com, THR adalah Tunjangan Hari Raya Keagamaan. THR ini adalah hak pendapatan pekerja yang wajib dibayarkan oleh Pengusaha/employer kepada pekerja menjelang Hari Raya Keagamaan. Hari Raya yang dimaksud adalah hari raya tergantung dengan agama masing-masing. Jadi, THR tidak hanya diberikan kepada pekerja yang beragama Islam saja, melainkan diberikan kepada pekerja semua agama.

Kemana Larinya THR Tahun Ini
Courtesy of Pixabay

Ada peraturan soal THR loh yaitu di Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Buruh/Pekerja di Perusahaan. THR juga diberikan dalam bentuk uang dengan ketentuan menggunakan mata uang rupiah Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan pasal 5 ayat 1 Permenaker No.6/2016, pembayaran THR itu diberikan satu kali dalam setahun dan disesuaikan dengan Hari Raya Keagamaan masing-masing pekerja. Akan tetapi, umumnya, seorang pekerja bisa mendapatkan THR tidak di hari raya keagamaan yang dirayakan agamanya, melainkan di hari raya keagamaan agama lain.

Baca Buka Puasa di Rumah vs di Luar Rumah

Dalam hal ini, tentu suami saya sebagai karyawan swasta mendapatkan THR, yeay! Selain itu, saya memiliki seorang asisten rumah tangga yang datang pulang pergi 6 kali dalam seminggu. Bibi membantu mengerjakan pekerjaan rumah dan juga memasak. Karena Bibi sudah hampir 2 tahun bekerja, tentu saya memberikannya THR. Tapi bagaimana cara menghitung THR?

Cara Menghitung THR

Menurut gajiku.com, besarnya THR sebagaimana diatur dalam pasal 3 ayat 1 Permenaker No.6/2016 ditetapkan sebagai berikut:

  • Pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih sebesar 1 (satu) bulan upah.
  • Pekerja/buruh yang mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan diberikan secra proporsional dengan masa kerja yakni dengan perhitungan masa kerja/12 x 1 (satu) bulan upah.
Kemana Larinya THR Tahun Ini
Courtesy of Pixabay

Mencoba Menggunakan THR Tahun Ini dengan Bijak

Karena THR datangnya setahun sekali (diluar bonus perusahaan ya) dan juga diperlukan untuk banyak kebutuhan, alangkah baiknya digunakan secara bijak. Kalau saya pribadi, menggunakan dana THR untuk :

1. Membayar THR Karyawan

Karena karyawan dirumah juga selayaknya mendapatkan THR. Saya biasanya kasih uang cash plus parcel sembako yang dananya berasal dari dana THR.

Kemana Larinya THR Tahun Ini
Courtesy of Pixabay

2. Membeli Tiket Mudik

Nah, kalau ini sebenarnya menggunakan bonus lainnya hehehe. Namun bisa juga menggunakan THR untuk membeli tiket mudik (atau tiket balik ketika tiket mudik sudah ada di tangan). Seperti yang kita ketahui, harga tiket memang melonjak tinggi sekitar hari raya. Persiapkanlah ongkos sebaik dan sedini mungkin.

Baca Travel Padang: Ide Liburan & Tempat Wisata Favorit di Ibukota Sumbar

3. Amplop “Salam Tempel”

Bagi yang punya saudara atau keponakan yang kecil kecil, jangan lupa sisihkan THR untuk memberikan sedikit salam tempel ke mereka. Plus jangan lupa untuk membeli amplop lebaran yang lucu lucu hihihi. Be extra 😀

4. Pakaian Baru

Kalau ini sih tergantung masing-masing keluarga ya hahaha. Arga senang kalau punya baju yang matching sekeluarga. Jadi kadang harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli yang warnanya seragam. Setidaknya Arga dan Rio yang seragam, saya mengikuti hihihi.

5. Oleh-oleh

Ada tradisi tukar oleh-oleh yang dilakukan oleh keluarga Arga. Nah, budget untuk itu diambil dari THR.

Kemana Larinya THR Tahun Ini
Courtesy of Pixabay

Selebihnya sih untuk di tabung atau untuk liburan kecil-kecilan pasca Lebaran hehehe. Tapi kalaupun ada lebih, saya dan Arga usahakan untuk nabung buat Rio 😀 Nah kalau kalian, uang THR dipakai untuk apa?

Sumber : 

https://gajimu.com/pekerjaan-yanglayak/kompensasi/thr
https://gajimu.com/pekerjaan-yanglayak/kompensasi/thr/hitung-thr

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.