Places, Tips, Travel

Travel Padang: Ide Liburan & Tempat Wisata Favorit di Ibukota Sumbar

Travel Padang Ide Liburan & Tempat Wisata Favorit di Ibukota Sumbar
foto:hariansinggalang.co.id – Jam Gadang

Pengen deh jalan-jalan keliling Indonesia. Salah satu kota yang ingin saya kunjungi sih Padang, Sumatera Barat. Banyak temen disana hihi.  Selain itu, saya penggemar masakan Padang! Nah, Padang identik dengan rumah makannya yang menyediakan aneka panganan khas dan sudah mendunia.

Selain kulinernya yang khas, Padang juga memiliki keindahan alam yang mempesona. Berada di tengah pegunungan dan perbukitan, Padang punya jutaan hektar hutan lindung yang terawat dan tetap asri.

Tidak hanya hitan, Padang juga punya pantai-pantai dengan pasir putih nan halus dan ombak besar yang menakjubkan. Beberapa pulau kecil juga jadi salah satu tujuan wisata utama di Padang, serta beberapa pantai dengan ombak besar yang kerap dituju para peselancar dari berbagai negara. Saya kaget loh liat keindahan pantai di daerah Sumatera Barat ini. Ga kalah sama yang di Bali atau Lombok!

Waktu Terbaik Liburan ke Padang

Dengan penduduk mayoritas Muslim, kota Padang sangat penuh ketika momen Lebaran tiba. Karena itulah, hindari kunjungan ke Padang kala Hari Raya Idul Fitri tiba. Selain harga tiket lumayan mahal, pasti macet dan penuh dengan orang berwisata.

Baca Rekomendasi Maskapai Paling Tepat Waktu Untuk Liburanmu 

Untuk mendapatkan pemandangan alam terbaik, datanglah antara bulan Juli atau Agustus. Pada bulan-bulan ini, Padang sedang bercuaca nyaman. Hujan tidak deras mengguyur, dan udara pun tidak terlalu panas. Istimewanya lagi, di antara dua bulan ini Padang menggelar International Dragon Boat Festival yang pastinya seru banget.

Travel Padang Ide Liburan & Tempat Wisata Favorit di Ibukota Sumbar
foto:pesona.travel – batu Malin Kundang di Pantai Air Manis

Tips Liburan di Padang

Dengan posisi yang berada di tengah pegunungan, jarak antar satu tempat wisata ke tempat lainnya di Padang cukup berjauhan. Agak kaget juga sih pas teman bilang dari satu lokasi ke lokasi lain cukup jauh. Agar bisa menikmati semuanya dengan nyaman, rental mobil di Padang jadi salah satu solusi terbaik untuk menjelajahi tempat-tempat wisata andalan.

Mudah saja mencari rental mobil Padang, karena sekarang sudah tersedia di Traveloka. Cukup buka aplikasi dan menu rental mobil, pilih kendaraan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan sopir akan menjemputmu sesuai dengan waktu yang kamu tentukan.Tidak perlu repot repot lagi cari sana-sini. Semuanya sudah bisa direncanakan dari rumah.

Tips lainnya untuk liburan di Padang adalah jangan malu bertanya harga makanan di manapun kamu berada. Karena biasanya turis diberi harga lebih mahal dari penduduk lokal, dan kamu bisa tercekik ketika membayar jika tak bertanya di depan. Nanti tau-tau budget abis buat makan aja hiks (itu sih saya banget hahaha).

Travel Padang Ide Liburan & Tempat Wisata Favorit di Ibukota Sumbar
foto:prokabar.com – Pantai Padang

Tempat Wisata Favorit di Padang

Beberapa tempat wisata yang kerap menjadi favorit para wisatawan, dan yang pasti saya masukkan ke dalam bucket list, adalah :

1.     Jam Gadang

Berada di pusat kota Padang, Jam Gadang adalah landmark yang ikonik dan belum tergantikan. Berfoto di sekitar kawasan Jam Gadang adalah sebuah kewajiban jika berkunjung ke kota ini. Kalau belum berfoto disini, berarti belum “sah” pergi ke Padang hihi.

2.     Pantai Air Manis

Berada di pesisir barat, Pantai Air Manis memiliki pemandangan yang semanis namanya. Pasirnya lembut, dengan pemandangan senja yang memikat. Sunset di Pantai Air Manis, nggak kalah cantik dari Bali, lho.

3.     Pantai Padang

Selain Pantai Air Manis, Pantai Padang juga jujugan wisata favorit. Ketika musim liburan tiba, pantai dengan pemandangan indah ini selalu penuh dengan wisatawan dari berbagai kota. Pastikan kamu ke sini ketika low season agar bisa menikmati pemandangannya dengan lega. Catat yaa bulannya, ada di atas kok.

Baca Tips Menonton Tari Kecak di Pura Uluwatu, Bali

4.     Danau Maninjau

Travel Padang Ide Liburan & Tempat Wisata Favorit di Ibukota Sumbar
foto:kaskus.co.id

Udara sejuk dengan pemandangan hijau di sekitar Danau Maninjau pasti bikin betah berlama-lama di sini. Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota Padang, namun perjalanan menuju Danau Maninjau amat cantik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

5.     Ngarai Sianok

Travel Padang Ide Liburan & Tempat Wisata Favorit di Ibukota Sumbar (5)
foto:pesona.travel

Rasakan sensasi menempuh perjalanan di antara Ngarai Sianok yang amat memikat. Jalan yang berliku tidak akan membuatmu pusing karena pemandangan di sekitarnya amat menakjubkan. Di sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan air terjun, lembah dan ngarai yang membentang, memanjakan mata yang memandang.

6.     Air Terjun Tigo Tingkek

Travel Padang Ide Liburan & Tempat Wisata Favorit di Ibukota Sumbar
foto:wikipedia.org/desrian

Seperti namanya, air terjun yang berada di Desa Koto Lubuk Hitam, Cindakir ini mempunyai tiga tingkat. Dengan posisi di kaki Bukit Barisan, air terjun ini memiliki udara yang sejuk dan suasana nyaman yang menenangkan.

Baca Review Buku Student Traveller (Annisa Hasanah)


Gimanaaa? Sudah siap liburan ke Padang? Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap berhati-hati dimana saja kamu berada ya. Ketika berada di area tempat wisata, kita mesti menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Yuk kita jaga kelestarian alam Indonesia untuk masa depan dan generasi kita!

RELATED POST

18 Comments

  1. Padang sudah jadi salah satu destinasi wisata yang saya dan keluarga rencanakan juga. Setelah mendaki Gunung Rinjani, kami ingin melancong dulu ke Padang ini. Semoga kesampaian meski beberapa tahun lagi. Iya soalnya Fahmi anak saya baru 6 tahun dan naik Rinjani minimal anak harus berusia 10 tahun…

  2. Pernah ke Jam Gadang waktu itu, indah ya pemandangannya, tapi sayang sampah berserakan dimana-mana..hiks.
    Semoga kebersihan disemua tempat tujuan wisata bisa lebih bersih dan wisatawan juga makin sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Agar destinasi wisata Indonesia makin indah dna bebas sampah.

  3. Bunnnn aku orang padang. Tapi besar di Bandung jadi belum sempat juga nih jalan-jalan di seluruh wilayah kota padang. Tahunya cuma jam gadang doang karena deket ama rumah nenek di sana.

  4. mom fara, aku orang padang yang besar di medan. terakhir pulang ke padang sudah 10 tahun yang lalu.taun ini bakal kembali lagi. kepengen banget ke danau maninjau. fix aku rindu.

  5. Liat Ngarai Sianok itu kok seperti lokasindi film-film animasi ya Mom. Keren dan indah banget. Ah semoga bisa sampe Padang suatu saat nanti. Amin amin

  6. Idem pengen banget ke sana juga. Aku kenal Padang tu dr permainan di majalah Bobo zaman kecil, jd ada pura2 jalan2 ke Padang gtu lalu ke beberapa destinasi.
    Noted banget rental mobilnya, apalagi kalau bisa sama sopir biat bisa jalan2 keliling2, kalau pakai angkot takut nyasar hehe

  7. Ngomongin Padang jadi ingatudah dua Kali planning kesana failed mulu 😂 Semoga next year terwujud 😍 Aku penasaran sam jam gadang 😂

  8. Padang. Ingatan lalu meluncur ke Jam Gadang, Malin Kundang, Danau Maninjau, Ngarai Sianouk.. Sayangnya saya belum pernah kesana. Jadi penasaran dengan semuanya ituuuhh..

  9. Daku pernah singgah ke pantai air manis waktu jaman masih Sd kelas 2, jadi kangen mau ke sana lagi menikmati pemandangan nan rancak bana

  10. Aku pengin ke Padang ajak anak-anak karena mereka belum pernah. Waktu sama teman-teman ke sini enggak sempat ke Ngarai Sianok dan Air Terjun Tigo Tingkek.
    Dan setuju dengan tips di atas..cari rental mobil saja lewat Traveloka. Praktis dan ekonomis jadinya perjalan kita:)

  11. Aku dulu sering banget ke Padang Sumbar mba karena kerjaan bisnis. Alhamdulillah sdh juga ke Bukit tinggi nya lihat jam Gadang, ke Ngarai Sianok, Danau Maninjau. Ada satu lagi mba yaitu Rumah Gadang yg Wajib dikunjungi ehehe

  12. Wah kalau sudah ada ngarai sianok, harusnya dimasukin goa jepang nih. Padang tuh indah memang. Saya kesana terakhir th 2009. Ke kampungnya mertua di Bukit Tinggi. Udaranya dingiiiin.. dan banyak anjingnya. Mau balik lagi kesana. Belum kesampaian. Apalagi skrg harga tiket melonjak jauuuh.

  13. Iya, Mamaku kalau ngajak pulang kampung pasti saya tolak. Berasa mobil-mobil Jakarta pindah ke sana. Dan yepppp, guys,, tepat disana cantik-cantik dan wajib dikunjungi, apalagi kalau pencinta alam. Banyak banget alam yang bagus.

  14. MasyaAllah… keren-keren ya tempat wisatanya. Jadi pengen beneran bisa lihat dan jalan2 secara langsung ke tempat2 indah di Indonesia

  15. Boleh juga nih bikin destinasi ke Padang, banyak yang bisa di eksplor juga dan yang paling penting kuliner disana pasti enak-enak banget deh.

  16. Travel dari Traveloka ini jangkauannya luas juga. Bahkan kalau kita ke Padang pun bisa sewa travel Traveloka

  17. Aduh, Padang. Salah satu kota tujuan yang paling pengen aku kunjungi. Semoga nanyi kesampean berkunjung ke sini.

  18. salah satu destinasi tujuan ku di sumatera, kota padang nih, tapi belum berkesempatan kesana. Penasaran sih sama penampakan batu malin kundang, kalo diliat dari fotonya sih mirip banget ya mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.