Health, How To

Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat

Di era digital ini, sudah sangat mudah untuk galang dana online dalam rangka menunjukkan kepedulian dengan sesama. Kini hadir salah satu perusahaan start up yang memudahkan kita untuk berdonasi , yaitu Peduli Sehat.

Jadi apa yang membedakan Peduli Sehat dengan situs dan aplikasi untuk galang dana online lainnya? Apakah aman untuk mengumpulkan dana di website ini?

Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat

Apa itu Peduli Sehat?

Peduli Sehat (Pedulisehat.id) berdiri pada tahun 2019 dan merupakan layanan penggalangan dana untuk kesehatan secara online, realtime dan transparan. Perusahaan berbasis teknologi ini memiliki :

  • Visi : Melengkapi setiap keluarga dengan Keberanian dan Kekuatan dalam menghadapi berbagai penyakit.
  • Misi : Menjadi perusahaan berbasis teknologi dengan kesadaran tinggi perihal tanggung jawab sosial.

Sehingga, platform donasi ini dibuat khusus untuk membantu mengumpulkan dana untuk penderita penyakit serius/kritis tapi tidak memiliki cukup dana.

Peduli Sehat - Donasi & Galang Dana Online

Peduli Sehat menjadi pilihan platform untuk galang dana online agar pasien yang sakit dapat memiliki cukup dana untuk perawatan, membeli obat-obatan, alat medis serta penunjang kesehatan lainnya. Meskipun sudah ada program kesehatan nasional, namun masih ada beberapa komponen yang tidak dapat dibiayai. Nah, disini Peduli Sehat dapat membantu kita untuk membantu sesama.

Dimana Kita Bisa Akses Peduli Sehat?

Kita bisa langsung mengakses Peduli Sehat di situs www.pedulisehat.id. Pedulisehat.id juga sudah ada di playstore dan akan segera hadir di iOS. Situsnya cukup mobile friendly mengingat bahwa sebanyak 90% user sudah mengakses situs melalui smartphone.

Aplikasi Peduli Sehat

Ada Kampanye Apa Saja di Peduli Sehat?

Semua yang berhubungan dengan kesehatan. Kalau kalian scroll, kalian akan melihat berbagai jenis kampanye untuk penyakit kritis. Termasuk target pencapaian, jumlah dana yang sudah diperoleh berikut dengan apakah kampanye tersebut sudah terverifikasi atau tidak.

Kalau saya pribadi sih paling tersentuh liat kampanye anak bayi yang sakit hiks. Nggak tega banget ngeliat bayi sakit dan orang tuanya struggle untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari plus obatnya. Pas saya scroll untuk melihat kampanye, ada juga list donatur beserta doa yang diberikan. Terharu bacanya :’’’)

Baca Kiat Menjaga Anak Tetap Sehat di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Kampanye Kesehatan di Peduli Sehat

Kalaupun kita melihat dan ingin menyebarkan berita soal kampanye tertentu yang butuh perhatian orang banyak, tinggal klik tombol Share yang juga ada dibawah setiap halaman kampanye. Spread the awareness so more people can do good.

Amankah Berdonasi atau Galang Dana Online di Peduli Sehat?

Insya Allah aman 😀 Peduli Sehat tercatat di Yayasan Peduli Sehat Gotongroyong (No. 242/F.2/31.71.07.1007/-1.848/e/2019), Kemenkumham (No. AHU-0033383.AH.01.01 Tahun 2018) dan Kominfo (No. 01204/DJAI.PSE/10/2018). Selain itu, Peduli Sehat juga dimonitor oleh Kementrian Sosial dan Kominfo.

Satu hal yang saya suka dari Peduli Sehat adalah transparansi. Setiap penggalang dana harus melakukan verifikasi data seperti :

  1. KTP (Nama yang tertera pada username anda harus sama dengan yang tertera di KTP)
  2. Nomor KTP/ID Card
  3. Nomor Rekening (Nama yang tertera di buku rekening harus sama dengan nama di KTP)
  4. Kartu Keluarga atau sertifikat ataupun dokumen lain yang bersifat legal sebagai bukti relasi dengan penerima donasi
  5. Foto terbaru dan di pajang sebagai avatar
  6. Surat kuasa (untuk beberapa kasus)
  7. Rekam medis penyakit sebagai bukti

Peduli Sehat berhak melakukan proses verifikasi lebih lanjut berupa permintaan berkas pendukung tambahan, wawancara online, kunjungan, dan bentuk verifikasi lain sesuai dengan jenis dan kategori campaign. Oiya selain individu, NGO atau perusahaan juga bisa melakukan galang dana online di platform ini.

Baca 5 Tips untuk Memiliki Pikiran yang Sehat

Verifikasi Peduli Sehat
Verifikasi tidak lengkap (kiri) dan verifikasi lengkap (kanan)

Kalau penggalang dana gagal dalam proses verifikasi, maka donasi akan ditransfer ke kampanye lain. Bagus sih karena jelas kan bahwa yang menggalang dana benar-benar memerlukan dana tersebut. No tipu-tipu. Tentu kita sebagai donatur juga ingin dana yang kita berikan digunakan sebaik-baiknya.

Selain itu, ada fitur menarik yaitu “Kamu Kenal dengan Pasien?”. Para kerabat dapat ikut memverifikasi keadaan dan kondisi pasien. Menurut saya fitur ini juga dapat membantu kita lebih yakin untuk memberikan uluran tangan. Iya ga?

Fitur di Peduli Sehat
Fitur berguna di Peduli Sehat

Bagaimana Cara Berdonasi di Aplikasi Galang Dana Online Ini?

Donasi kesehatan di Peduli Sehat dapat dilakukan dengan sangat mudah. Nah yang saya suka disini adalah kita bisa berdonasi tanpa perlu memiliki akun di Peduli Sehat. Tapi kalau punya akunnya sih lebih enak karena kita dapat :

  • Melihat kampanye penggalangan dana yang telah anda dukung
  • Mengikuti kampanye anda dengan cara menekan tombol bintang yang ada di kanan atas

Cara untuk berdonasi cukup mudah. Saya sendiri sudah mencoba tanpa membuat akun terlebih dahulu atau Donasi Sebagai Tamu. Yes it is super simple! Caranya adalah :

  1. Klik tombol Donasi.
  2. Isi informasi jumlah donasi, metode pembayaran, dan doa atau komentaruntuk pasien
  3. Pada halaman berikutnya, isi informasi nama dan no ponsel dengan yang benar
  4. Ikuti prosedur pembayaran yang tertera pada halaman pembayaran untuk menyelesaikan donasi.
Cara Donasi Kesehatan Online Peduli Sehat
Cara Berdonasi di Peduli Sehat

Pembayaran donasi bisa dilakukan via online banking, e-wallet maupun di minimarket terdekat. Listnya kurang lebih adalah :

  1. Bank Sinarmas
  2. BCA Virtual Account
  3. BNI Virtual Account
  4. Danamon Online Banking
  5. Danamon Virtual Account
  6. Mandiri Virtual Account
  7. Maybank Virtual Account
  8. Permata Virtual Account
  9. OVO
  10. Gopay
  11. Alfamart

Cukup banyak ya. Apalagi kita bisa juga berdonasi dengan menggunakan OVO Point dan Cashback Gopay. 😀

Untuk para penggalang dana tetap diwajibkan memiliki akun, karena butuh semua info dan data untuk proses verifikasi. Selain itu, tentu butuh akun untuk mencairkan donasi kesehatan yang sudah diberikan.

Baca Cara Mengatasi Batuk Berdahak di Musim Pancaroba


Cukup mudah ya jaman sekarang untuk galang dana online? Bantuan layanan penggalang dana seperti Peduli Sehat dan juga kemudahan untuk melakukan transaksi benar-benar memudahkan niat untuk berbagi dan bersedekah. Kita dapat menjadi orang yang lebih peduli sesama dan juga dapat menyebarkan kebaikan 🙂 Semoga kebaikan kita dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT ya.

Jumlah Kampanye Galang Dana Online Peduli Sehat

Bagi yang ingin tau lebih lanjut mengenai Peduli Sehat, bisa langsung ke situs mereka atau ke social medianya di Instagram @pedulisehatindonesia. So have you done your good shares today?

RELATED POST

10 Comments

  1. yang paling ku suka di era digital, salah satunya ya kayak gini nih. bisa dimanfaatkan untuk hal-hal positif.
    mau beramal pun jadi lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. keren..

  2. Mudah banget yaaa..

    secaraa kalau sakit tuh, butuh banget biaya gede.

    dengan adanya program2 seperti ini, insha Allah bisa meringankan banget bagi yang membutuhkan.

    Pun juga membantu pihak2 yang ingin membantu, tanpa ribet karena bisa online 🙂

  3. Lewat aplikasi ini jadinya orang-orang udah nggak ada alasan lagi buat nggak peduli sama kesehatan

  4. Kalau bisa lewat alfa masyarakat di daerah seperti saya ini bisa dengan mudah ikut berpartisipasi juga nih ya. Lebih praktis

  5. Jadi lebih mudah ya Mba, setiap yg sakit biasanya emang butuh yang tidak sedikit. Kalo udah pake aplikasi gini, insyaa Allah lebih banyak yg terbantu

  6. visi misinya mulia banget, secara biaya pengobatan ga murah. bisa meringankan beban pasien sakit. yang kelebihan dana bisa beramal membantu, keren kak, smoga banyak yang tergerak hatinya untuk ikut ambil bagian 🙂

  7. Praktis banget ya mba. Makin kesini, kita makin dimanjakan dengan berbagai hal yg serba digital. Termasuk dalam hal berbagi. Noted, jadi makin care untuk membantu sesama.

  8. Ini bagus banget sih appsnya kalau aku bilang, jadi bisa membantu yang membutuhkan karena memang tidak memiliki cukup biaya untuk berobat. Apalagi kalau lihat campaign yang sedang berjalan, pilu hatiku.

  9. Mba, tulisannya lengkap sekali. Aku jadi banyak tahu tentang peduli sehat dan satu sisi terbantu karna bisa membantu orang lain tanpa ribet y

  10. di masa milenial ini smuanya sangat mudah ya, bahkan bisa berdonasi lewat aplikasi saja. Tentunya program ini sangat bermanfaat untuk yg membutuh kn ya mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.