Event, How To, Technology

Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Apakah kalian yang sudah nge-vlog? Sekarang kegiatan membuat vlog lagi happening banget ya alias semua orang pengen melakukannya. Mulai dari anak-anak hingga kakek nenek juga ga mau kalah dalam membagikan pengalaman dan kegiatan sehari-hari di sebuah video blog. Kebetulan, saya berkesempatan menghadiri acara launching Healthy Zona dimana dibahas tuntas tips & trick menjadi vlogger yang handal. Bahkan ga sedikit loh orang yang menjadikan full time youtuber dan membuat nge-vlog sebagai mata pencaharian mereka. Hmm, apa sih yang perlu kita lakukan agar bisa menjadi seperti itu? Baca lebih lanjut blog post kali ini ya 🙂


PT. Megasurya Mas selaku produsen sabun dalam negeri, meluncurkan sebuah Digital Campaign untuk sabun mandi Harmony, Medicare dan Lervia. Acara sharing santai ini membawakan tema “Rahasia Konten Vlog Eksis dan Berpenghasilan“. Tema ini dipilih karena vlog merupakan salah satu aktifitas sosial media yang paling digemari oleh masyarakat luas, terutama anak muda. Hal ini sejalan dengan misi Healthy Zona yang membawa pesan bahwa anak muda yang sehat adalah anak muda yang kreatif.

Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Stella Cornelia Fendy Chow Kyra Nadya - Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Acara kali menghadirkan tiga Youtuber / Youtube Content Creator atau lebih popular disebut Vlogger. Ketiga Youtuber itu adalah Stella Cornelia, Fendy Chow dan Kyra Nadya. Masing-masing memiliki gaya khas dalam video-video mereka sehingga pada acara #SharingHappiness kali ini, mereka diundang untuk memberikan tips & tricks menjadi vlogger handal. Bagi yang tidak terlalu mengenal mereka, boleh kepo-kepo ke akun IG dan Youtube mereka ya hihi.

Baca Cara Mudah Membuat Cover Stories Highlight di Instagram

Kyra Nadya membagikan alasannya menjadi seorang content creator, yaitu :

  • Kita bisa membagikan dan mengekspresikan pemikiran, ide dan juga filosofi
  • Kita dapat menghibur dan membantu orang dengan konten yang menarik dan bermanfaat
  • Content creating is fun & challenging to do – BANGET!
  • Menggunakan digital platform (Youtube, blog, instagram, dll) menjadi cara yang mudah untuk menjangkau audience
  • Kita bisa mendapatkan pemasukan tambahan, bahkan pekerjaan content creator bisa jadi full time job loh!

Saya setuju dengan alasan Kyra diatas. Beberapa merupakan alasan mengapa saya menulis dan membagikan pengalaman saya di blog. Siapa tau ada yang butuh info atau memakai pengalaman saya menjadi referensi, you’ll never know who you will help along the way 🙂

Stella Cornelia Fendy Chow - Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Stella Cornelia mengatakan bahwa sekarang untuk menjadi sebuah content creator terutama di Youtube, itu tidak dibatasi alias there is no limit! Siapapun bisa menjadi vlogger, mulai dari anak SMA sampai ibu-ibu. Mom blogger juga sudah banyak yang mulai nge-vlog ya hehe. Namun kadang masih banyak keraguan. Apakah konten kita sudah bagus? Bakal ada yang nonton ga sih? Apa sih yang dibutuhkan untuk memulai nge-vlog? Yampun malu banget deh kalau harus didepan kamera, gimana dong? Kadang hal ini yang membuat maju mundur kan ya.

Baca Belajar Mendidik Anak di Era Digital Saat Blogger Gathering SIS Bona Vista

Fendy Chow bercerita bahwa dulu peralatan vlogging dia juga tidak seperti sekarang. Pokoknya low budget dan seadanya deh. Dia berujar bahwa cukup berbekal kamera HP dan tongsis, kita juga bisa membuat vlog dimanapun kapanpun. Semakin kita konsisten menyajikan konten, maka lama-lama kita juga bisa melengkapi peralatan nge-vlog. Sekarang dia sampai punya vlog untuk merekam konten-konten untuk vlognya. Keren! Nah, apa saja sih peralatan dasar seorang vlogger? Perlu drone ga? Ini dia jawabannya!

Perlengkapan Vlog - Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Selain membagikan peralatan dasar vlogging, Fendy juga membagikan tips & trick untuk memulai vlog. Yang saya paling ingat adalah jangan takut untuk membuat kesalahan. Just do it. Makin lama kita akan belajar untuk membuat vlog yang lebih baik lagi dengan konten yang juga lebih menarik.

Salah satu tips yang dia kemukakan adalah capture EVERYTHING in front of you. Selalu sedia membawa kamera yang cukup baterainya karena siapa tau ada hal yang terjadi yang tidak pernah kita duga. Hal ini yang membuat vlog kita berkesan dan menarik.

Starting Your Vlog - Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Kyra menyajikan beberapa tips untuk membuat konten kita bagus & menarik. Ternyata mengenali audience atau market kita itu penting ya. Apa yang kita buat sebaiknya disesuaikan dengan karakter penonton vlog atau pembaca blog kita. Kalau saya sih lebih ke lifestyle karena saya memang suka membagikan kehidupan sehari-hari yang isinya mayoritas parenting, health sama beauty. Ternyata persona ini dan branding juga penting loh. Apalagi jika kita ingin mendapatkan pundi pundi rupiah dari kegiatan content creating.

How To Create Good Content Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Khusus untuk vlog, Stella menambahkan beberapa tips & trick dalam membuat vlog dengan konten yang bagus. Kalau masih bingung mengenai personality atau gaya kita, dia memberikan tips untuk melihat vlogger lain sebagai referensi. Jadi jangan lupa main-main dan subs subs vlogger lainnya ya. Oiya, editing dan penampilan kita di video juga ga kalah penting loh! Ga mau kan nonton video yang kurang enak tampilannya? Yeah me too.

Secret to Great Vlog Content Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona


Gimana? Siap menjadi vlogger? Eits, tapi jangan lupa bahwa ada beberapa rintangan juga di dunia content creating ini. Kyra menjelaskan bahwa sebagai content creator, tentu kita harus bertanggung jawab atas semua hal yang kita ucapkan atau tulis. So please become a responsible content creator. Yang paling bikin kaget beberapa orang adalah, kita akan selalu diperhatikan oleh orang aka para netizen, terutama jika konten kita menjadi viral. Lebih banyak orang akan mengenal kita jadi kita harus siap dan camera ready from head-to-toe, siapa tau ada yang ngajak foto kan ya hahaha.

Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Terkait dengan kelembutan kulit, Kura memberikan tips yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Perhatikan jenis kulit
  2. Pilih sabun dengan kandungan yang tepat. Dia memilih Lervia yang mengandung ekstrak susu kambing yang berguna untuk melembutkan kulit ditambah dengan tambahan avocado/honey/rose yang membantu mengangkat sel mati dan menjadikan kulit nampak lebih muda.
  3. Jangan mandi terlalu lama guys! Cukup 10 menit saja hihi. Efisien air juga yaa.

Lervia - Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Stella menambahkan bahwa mood seorang content creator juga harus dijaga. Kalau nggak, ya keliatan  banget di kamera. Mukanya bete, manyun pokoknya ga enak deh diliat. “Buat saya pribadi, mandi itu menjadi aktifitas yang sangat menyenangkan, karena wangi sabun buah Harmony yang saya pakai benar-benar bikin segar dan bikin mood jadi ok,” tambahnya.

HArmony - Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Beda dengan kedua wanita tadi, Fendy lebih suka kegiatan outdoor dan olahraga, sehingga kulitnya yang berkeringat seringkali menjadi penyebab kulit menjadi tidak sehat. Bakteri yang berkembang dapat menimbulkan masalah pada kulit, namun dia mengakui setelah memakai sabun Medicare Anti Bakteria kulitnya menjadi lebih terlindungi. Kandungan ZeBact 100 membuat Medicare menjadi sabun anti bakteria yang memberikan proteksi terhadap kulit.

Medicare Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Ada yang sudah pernah mencoba sabun-sabun diatas? Beberapa teman saya senang dengan sabun Harmony karena wanginya itu looh, wangi banget! Jadi penasaran mencoba kan. Sabun Lervia cair juga unik karena ternyata ada dua bagian yang berbeda, ada yang berisi kandungan goat milk dan satu lagi mengandung shower gel. Kaya minuman yang dua rasa itu loh hihi. Gemas!

Baca Cantik dari Rumah 

Nah bagi kalian yang ingin ikut acara Healthy Zona berikutnya atau mau mengikuti lomba vlog dengan hadiah jutaan rupiah, silahkan follow Instagram @harmonyindonesia_ @medicareindonesia_ dan @lerviaindonesia_ ya. Jangan lupa juga untuk mengunjungi situs Healthy Zona! Yang mau nonton full video acara tanpa editing, silahkan liat video di akhir post ini ya. Thanks for reading guys! 🙂

Lervia - Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

Tips & Tricks Menjadi Vlogger di Acara Launching Healthy Zona

 

 

You may also like...

13 Comments

  1. Jadi sebetulnya menjadi blogger atau vlogger ada garis merah yang sama, ya. Seperti sering belajar dari blog atau vlog orang lain. Juga tentang tulisan / ucapan yang menjadi tanggung jawab kita. Makin semangat jaid vlogger kalau udah ikut acara ini, ya

  2. Makasih utk tips & trick nya ya…lengkapa banget bahasan nya btw aju suka bgt harmoni aroma anggur

  3. Aku gagal fokus dengan ekspresimu yang kayaknya hepiiiii banget, ahahaha. Anyway jaman sudah berubah, vlogger sekarang udah jadi semacam profesi yang cukup menjanjikan juga ya, asal kreatif terus

  4. kita harus bertanggung jawab atas semua hal yang kita ucapkan atau tulis. Reminder bangets ini..biar tetap ingat tujuan awal ngeblog dan ngevlog untuk berbagi kebaikan pada sesama 🙂

  5. Mood itu memang no 1 yang harus dijaga ya mbak. Kalau mood aja kacau, kacau juga biasanya videonya… Vlogger sekarang profesi yang bagus dan positif juga ya mbak. Bahkan bukan untuk anak muda aja ya. Kita juga bisa

  6. aku suka banget sabun lervia.. bener bikin balus di kulit dan wanginya lembuuuut

  7. Mupeng nih mbak sama hadiahnya. Langsung pengen cek info lengkapnya, berharap bisa ikutan dan bisa menangin lombanya. Aamiin

  8. Kayaknya gorillapod ini harus banget dipunya ya kalau mau jadi youtuber dan vlogger, mau belajar ah jadi youtuber tapi langsung bingung apa ya yang mau di share.

  9. Aku belum pernah nih ngevlog ala ala hee pertama kali tau ttg vlog waktu dua tahun lalu, ssat msh jd mahasiswa. Smoga someday bs buat vlog, skrg msh cari theme yg menarik😊

  10. Kalau aku ngevlog pengen apa yaaaa… ehm berbagi info kali ya hehe 😀
    Baca postingan ini jd semangat isi konten youtube mbak 😀
    TFS

  11. aku punya ponakan, hobby nya nonton youtube, dan paling hapal siapa aja nama2 youtuber yg viewersnya banyak.. konon dia juga mau jd youtuber, suka bikin video ala2, tiap ngomong diawalin dengan “hay gaes hari ini aku mau blablabla dan jangan lupa subscribe ya” wkwkwk tengil.. padahal ngerti juga enggak apa yg dia omongin, cara upload di youtube jg masih belum ngerti, baca aja masih di eja, masih TK, ampuuunnn… 😀

  12. Aku jadi kenal ketiga youtuber di atas dari acara ini. Ternyata vlognya santai aja. Malah Kyra Nayda itu ngevlog di depan gantungan baju wkwkwk.. asal enak aja bawainnya ya.

  13. saya sekarang sedang belajar ngevlog
    sudah ada 1-4 biji di youtube
    modalnya pede aja sih
    pokoknya nyoba aja
    berproses sambil belajar
    terimakasih ilmunya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.