How To, Technology, Tips

4 Ide & Cara Menghias Blog Dengan Canva

Last Updated on November 28, 2022

Hello semuanya! Ga terasa ya sudah hampir 7 tahun saya berani go public dan serius menulis di blog faradiladputri.com ini. Sejak mulai aktif ngeblog pas SMP (iya udah lama ya hahaha), saya sangat memperhatikan penampilan blog. Jadi dalam rangka merayakan Hari Blogger Nasional, saya coba tulis beberapa ide dan cara menghias blog ala saya.

Membuat Tampilan Blog yang Sesuai Keinginan

Menurut saya, membuat tampilan blog yang sesuai dengan keinginan, image dan juga persona itu sangat penting! Saya termasuk yang agak rewel soal pilihan warna, font, layout sampai header dan widgets yang ada di sidebar. Semuanya harus sesuai dan enak dilihat.

4 Ide & Cara Menghias Blog Dengan Canva

Kenapa? Karena menurut saya, your blog shows the world who you are. Jadi semua icon, skema warna sampai ke template saya usahakan mencerminkan seorang Faradila Danasworo Putri. Makanya terlihat elegan dan cute kan sekarang? HAHAHA. Selain itu, dengan tampilan yang menarik, bisa membuat pengunjung betah lama-lama di blog. Bounce rate semakin rendah dan duration waktu berkunjung menjadi lebih lama.

Nah, jadi kepikiran kan tentang blog masing-masing. Apakah kalian sudah membuat tampilan rumah virtual ini enak? Sesuai dengan keinginan? 

Menghias Blog Post dengan Canva

Di luar template, saya juga ikut menghias sendiri printilan blog. Cukup ambisius ya soal desain ini hahaha. Dulu saya masih menggunakan aplikasi di laptop dan cukup harus memutar otak untuk mencari desain tampilan. Namun sejak ada Canva, sekarang membuat desain dan tampilan untuk blog jadi jauh lebih mudah. 

Baca   Faradila's Flashback : Awal Mula Menulis Blog

Membuat infographic, banner, bahkan gif juga pernah saya lakukan untuk menghias blog dan berbagai blogpost, termasuk blog post yang diikut sertakan dalam blog competition. Berkat Canva juga, saya juga beberapa kali memenangi blog competition hihi. Tulisan di blog jadi lebih menarik dan juga interaktif dengan hadirnya berbagai jenis multimedia.

4 Ide & Cara Menghias Blog Dengan Canva

Selain itu, tujuan utama saya membuat blog adalah untuk membagikan informasi bagi pembaca. Dengan tampilan blog yang clean dan menarik, pembaca lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan betah berlama-lama membaca blog post. Bukan sekali dua kali saya mendapatkan DM atau komen dari pembaca yang mengatakan bahwa mereka sangat terbantu dengan informasi yang saya tulis di blog. Jadi makin semangat terus menulis kan~

Ide Menghias Blog Dengan Canva ala Faradila

Apa saja yang bisa dihias di blog dengan menggunakan Canva? Berikut ada beberapa hal yang bisa kalian desain dengan mudah (dan juga cepat) sesuai dengan pegalaman saya.

1. Membuat Icon Blog

Membuat icon blog atau favicon yang akan muncul di browser, hasil pencaharian dan di share beberapa sosial media. Sebagai definisi, favicon adalah ikon unik pada sebuah website yang berfungsi sebagai identitas dari website tersebut.

icon faradiladputri

Icon blog ini membantu para pengunjung baru maupun lama untuk mengindentifikasikan blog kita dengan blog yang lainnya. Semacam logo identitas lah. Nah, membuat favicon atau icon blog ini sangat mudah loh di Canva. 

Kita bisa membuat favicon dengan mendesain sebuah logo simple di format square dalam JPG, GIF, maupun PNG. Di Canva tersedia banyak elemen yang bisa memperindah tampilan favicon tersebut. Oiya, ukurannya juga cukup kecil ya, usahakan tidak lebih dari 100 kb.

2. Membuat Header Blog

Selain favicon, satu hal yang bisa dibuat dengan lebih mudah adalah header blog. Header blog adalah tampilan paling atas di dalam blog. Sesuatu yang pertama kali dilihat oleh pengujung saat berkunjung ke blog. Jadi bisa dibilang hal ini sangat penting ya untuk menunjukkan siapa diri kita dan niche blog.

4 Ide & Cara Menghias Blog Dengan Canva

Saya memakai gambar kartun diri (hahahaha maaf ya agak narsis) disertai dengan judul dan tagline blog. Hal ini juga untuk memudahkan pembaca men-distinguish blog saya dengan blog yang lain. Cukup banyak teman blogger lainnya yang sudah membuat header blog yang mencerminkan isi dari blognya tersebut. 

Baca   Tema Blog Terfavorit Versi Faradila

Kalau masih bingung tentang desain, tenang. Canva banyak template blog header yang bisa langsung dipakai atau di personalisasi lagi sesuai keinginan. Cukup mudah bukan?

4 Ide & Cara Menghias Blog Dengan Canva

3. Membuat Clickable Elements dengan Canva

Selain header blog, kita juga bisa menggunakan Canva untuk membuat clickable elements. Clickable elements adalah foto, gif, teks, dsb yang bisa diklik dan mengarahkan kita ke halaman lain. Untuk beberapa clickable elements yang penting, bisa ditaruh di sidebar blog. 

Sekali lagi, Canva memudahkan kita untuk membuat clickable elements sesuai keinginan dengan sangat mudah. Jika kita sudah mendesainnya di Canva, tinggal di download dan diupload di blog. Jangan lupa juga untuk embed HTML atau link ke dalam media tersebut agar bisa menjadi clickable elements. Cara menghias blog paling mudah dan cepat ya begini~

Baca   Menjadi Blogger Full Time atau Part Time?

4. Membuat Linktree di Dalam Blog Sendiri

Ini merupakan salah satu ide yang saya dapatkan setelah melihat beberapa sosial media influencer maupun bisnis menggunakan fitur linktree. Kalau trafficnya bisa diarahkan ke sebuah blog post di dalam blog sendiri, kan lumayaaan. Jadilah saya membuat linktree di dalam blog sendiri hehe.

4 Ide & Cara Menghias Blog Dengan Canva

Bagi yang sudah klik link in bio saya di beberapa sosial media pasti sudah melihat tampilannya. Bisa dilihat di halaman Linktree Faradila ini ya. Cara membuatnya juga dengan Canva loh. Untuk hal ini, ada blog post sendiri yang pernah saya share. Bisa langsung ke blog post di bawah ini ya.

Baca   Cara Membuat Linktree di Blog Sendiri

Memaksimalkan Fitur Canva dengan Canva Pro

Pernah kah kalian ingin mendownload hasil kreasi di Canva namun eh ternyata ada template atau elements yang premium? Yah batal dong mendownloadnya. Atau kita harus merombak lagi desainnya, padahal sudah sreg dengan yang kita kreasikan tersebut. Untuk mencegah hal-hal tersebut, lebih baik kita maksimalkan fitur Canva dengan menggunakan Canva Pro.

4 Ide & Cara Menghias Blog Dengan Canva

Memang apa saja yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Canva Pro? Apakah worth it? Saya sempat menggunakan Canva Pro untuk beberapa waktu, and let me tell you IT IS WORTH IT. Enaaak banget bisa memilih banyak elements dan menggunakan banyak fitur yang ditawarkan tanpa mikir hehehe. Kita bisa mendapatkan : 

  • Lebih dari 100 juta stok foto, video, audio, dan grafis premium
  • 610.000-an template gratis dengan tambahan desain baru setiap hari
  • Simpan dan terapkan identitas visual merek Anda dengan mudah menggunakan hingga 100 Kit Merek
  • Hapus latar belakang gambar dengan cepat menggunakan Penghapus Latar Belakang
  • Ubah ukuran desain sesuka hati dengan Ubah Ukuran Cepat
  • Fitur, folder, dan konten premium tanpa batas
  • Jadwalkan konten media sosial ke delapan platform
  • Penyimpanan cloud 1 TB

Yang paling saya rasakan manfaatnya adalah fitur Ubah Ukuran Cepat yang bisa mengubah ukuran desain tanpa menghilangkan elemen yang sudah ada atau mulai lagi dari 0. Selain itu ada jadwalkan konten media yang sangat berguna bagi kita blogger atau social media content creator biar tidak skip deadline. 

Baca   Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Fitur Baru Yang Di Rilis Di Canva Create 2022

Beberapa waktu yang lalu telah diselenggarakan Canva Create 2022. Di acara tersebut disebutkan beberapa fitur Canva yang akan hadir. Beberapa diantaranya adalah sekarang kita bisa mendesain one page web sendiri loh di aplikasi Canva. Jadi makin mudah ya karena ada berbagai macam cara menghias blog sekarang.

4 Ide & Cara Menghias Blog Dengan Canva

Selain itu, kita dapat membuat virtual whiteboard untuk sesi brainstorming, edit video sampai menghapus background pada video, membuat presentasi yang semakin kece hingga mendesain documen. Cocok nih untuk lebih membuat jasa blog kita lebih professional, semuanya bisa didesain sendiri mulai dari invoice hingga media kit, tidak terbatas di foto dan video saja. 

Beberapa fitur tersebut hanya tersedia bagi yang menggunakan Canva Pro. Jadi salah satu cara untuk memaksimalkan hal-hal keren yang ditawarkan Canva adalah untuk upgrade ke Pro Plan.

Coba Canva Pro Gratis!

Bagi yang penasaran lebih dalam tentang Canva Pro, bisa langsung ke link ini ya. Disana ada banyak penjelasan tentang Canva Pro dan juga informasi harganya. IMHO memang lebih murah untuk membeli langsung yang tahunan jika kita banyak menggunakan Canva untuk kegiatan sehari-hari.

Kalau masih ragu-ragu, ternyata kita dapat mencoba Canva Pro gratis selama 30 hari loh! Langsung saja ke situs partner.canva.com/DilCanvaGratis dan sign up ya. Kalian akan langsung mendapatkan fitur gratis menggunakan Canva Pro selama 30 hari. Lumayan kan untuk mulai mendesain (atau malah merombak) dan menghias blog menjadi lebih baik.

Sekian tulisan saya tentang cara menghias blog yang mudah dan cepat dengan menggunakan Canva. Semoga idenya dapat bermanfaat ya untuk diterapkan di blog. Thanks for reading!

RELATED POST

27 Comments

  1. 7 tahun itu jangkamasa yg lumayan lama.. ??

  2. Aku juga sua pekerjaan created by Canva. Oh my, i cant do anything without Canva deh. Tapi yg blm pernah aku coba bikin linktree nih, nanti aku coba ahhh. Thanks for the insight Dilaaa ☺️??

  3. Canva emang bisa diandalkan untuk membuat tampilan blog menjadi lebih indah ya mbak. saya pun juga sering pakai canva, tapi belum bisa optimal buat menghias tampilan blog.

  4. Canva memang bikin tampilan blog dan media sosial kita tampak leboh istimewa. Berbagai fitur canva dapat kita coba dan aplikasikan ke dalam blog. Aku kepengen nyobain canva pro dan berlangganan tapi entahlah ada kesulitan saat memasukkan 16 digit angka di kartu debit dan proses selanjutnya. Sementara ini masih menggunakan canva gratisan aja deh hehehe.

  5. Lintang says:

    Aku juga sepertinya udah kecanduan canva nih. Rasanya mati gaya banget kalau ngga pake canva pro hahahah
    Tapi ya emang ngebantu banget buat bikin ifografis ngeblog.

  6. Aku sempat mau beli canva pro, tapi sayang kalau website nggak ada yang bayar pakai gopay ya. Adanya yang aplikasi baru bisa bayar pakai gopay, dan lebih murah juga ternyata aplikasi. Pengen sih beli gitu website, tapi debet rekening itu masih bingung, karena kadang uangnya suka nggak ada kalau bayar bulanan heheh.. Memang lebih baik tahunan ya, jadi bisa siapin dana di awal. Tks infonya ya

    1. Aku kemarin bikin team utk sharing pakai link affiliasi ini, tapi sampai skrg blm beres karena ga decline pembayaran pakai bca gold maupun blu. Jd bingung mesti gimana krn ga punya CC sementara dan ga ada opsi pembayaran lainnya.

      Btw aku bookmark artikelnya mbaak..soal mendesain ini itunya uda terbantu canva. Tapi soal memasang di blognya aku masih banyak bingungnya hehehe. Makasih sharingnya yaaa…

  7. Linktree teryata bisa dari Canva ya desainnya. Aku baru tahu nih. Emang ya Canva tuh andalan banget buat aku juga sebagai blogger. Desainnya juga bagus bagus

  8. canva ini memang keren banget ya. bahkan sekarang fiturnya makin banyak sampai bisa bikin presentasi juga. tinggal kreatifnya kita deh gimana mengolahnya

  9. Canva memang bisa jadi anndalan banget untuk menghias blog. aku suka idenya bikin link tree itu deh 😀
    kayanya kalau udah ngerasain canva yang pro, jadi gak mau balik lagi gak sih? ahaha, soalnya buanyak banget yang bisa dieksplor yaa kalau pakai yang pro 😀

  10. Aku kemarin bikin team utk sharing pakai link affiliasi ini, tapi sampai skrg blm beres karena ga decline pembayaran pakai bca gold maupun blu. Jd bingung mesti gimana krn ga punya CC sementara dan ga ada opsi pembayaran lainnya.

    Btw aku bookmark artikelnya mbaak..soal mendesain ini itunya uda terbantu canva. Tapi soal memasang di blognya aku masih banyak bingungnya hehehe. Makasih sharingnya yaaa…boleh ya kapan2 japri.

  11. Pantesan favicon Mbak Faradila cakep. Jadi pingin bikin juga. Kalau di blogspot ada settingannya ga ya? Belum pernah cek soalnya.

    Canva ngebantu banyak banget buat bikin desain untuk keperluan apa aja ya. Sekarang udah ga bisa lepas dari canva, bahkan bikin laporan kerja pun enak banget pakai Canva.

  12. Penggunaan canva sangat membantu ya bun tapi kadang akuu tuh suka males disaat hp lagi penuh beberapa aplikasi harus di uninstall dulu.

    Canva aku pakai buat judul youtube, blog kadang status sosmed

  13. Belum sempat aja nih ngulik Canva, ternyata Canva Pro bisa dicobain trial 30 hari ya. Mayan nih buat belajar bikin design simple untuk keperluan blog apalagi kalau ada lomba, bantu banget nambah point deh kalau design-nya menarik.

  14. aku pun kerja pakai CANVA lho hahahah bikin logo, presentasi, konten medsos pun menggunakan CANVA karena sangat membantu

  15. Header blog ku udah lama banget, dulu kebetulan dibuatkan temen yang pintar gambar animasi. Eh keterusan sampai udah 8 tahun dan belum aku ganti. Kalo Canva aku masih yang gratisan, pengen nyoba Canva Pro yang gratis sebulan deh

  16. Aku udah lama gak hias blog pakai Canva. Biasanya butuh waktu lama dan ini belum longgar. Mungkin tahun depan kali ya biar ada suasana baru gitu. Jadi nambah semangat deh

  17. Sudah lama ya Dilla ngeblog, aku termasuk newbie baru setahun. Aku juga lagi coba Canva gratis lumayan keren kok tampilan blognya. Memang blog lebih cantik kalau dihias ya

  18. Aku udah pakai Canva pro juga tapi belum maksimal makainya krn banyak fitur2 belum aku eksplor 😀
    Emang salah satu andalan untuk menghias blog tuh Canva ini. Canva membuat semua orang bisa jadi designer profesional yaa 😀

  19. Canva terbaik iniiii,aku suka bgt juga mba. Kebayang kalo ga kenal canva,urusan kerjaan nulis pasti jadi kurang maximal hehehe. Mpe suamiku yg baru kenal canva,skrg jadi sibuk otak-atik terus hihihi. Kerenn mbaa 🙂

  20. Canva emang andalan buat blogger
    Bisa membantu kita membuat beragam desain yang bisa mempercantik blog kit

  21. Hai, Mbak. Sudah lama banget ya kita nggak jumpa. He’um, jadi cantiiik sekarang blognya. Apalagi dihias-hias pakai Canva, jadi makin ciamik, nih. Fitur-fitur di Canva memang selalu update dan pakainya juga menyenangkan banget, kayak otomatis jadi kreatif gitu ya kitanya.

  22. makasih idenya buat linktree di blog sendiri
    aku udah mampir dan klik klik, jadi mudah yaa menemukan info tentang blog ini dalam satu halaman khusus

  23. Satu aplikasi untuk semua, yai itulah Canva. Seru banget ya belajar desain pakai canva sampai buat tampilan blog pun menjadi lebih bagus lagi cuma dengan canva.

  24. Menarik sekali ya Mencoba fitur yang banyak sekali di canva itu untuk mendukung performance blog kita pastinya dengan canva pro lebih banyak pilihan

  25. Faradillaaaaa! You’re rooock!
    postingan tentang Canva ini memang masih dikit bahas how to dll tentang canva! Ah aku akan jadi penggemar tulisan tulisanmu nih!

  26. Faradillaaaaa! You’re rooock!
    postingan tentang Canva ini memang masih dikit ya di blog-blog Indonesia, bahas how to dll tentang canva! Ah aku akan jadi penggemar tulisan tulisanmu nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.