Cooking, Food, How To

Cara Menggunakan Panci Presto untuk Memasak

Salah satu barang yang saya inginkan dan sempat terpikir untuk punya adalah panci presto. Namun, awalnya saya ragu karena saya agak bingung mengenai cara menggunakan panci presto. Maklum dari kecil saya tidak terbiasa main di dapur hehehe.

cooking

Nah, untuk menguatkan niat (sembari mengumpulkan duit) agar bisa terbeli sebuah panci presto, akan saya tulis cara menggunakannya dan beberapa informasi serba-serbi panci presto di postingan ini yaa. Yaaa, siapa tau kan ya nanti bisa punya (atau dapet kado pliss hahaha). Daripada buka-buka google, mendingan buka blog sendiri kan? Hihihi

Baca Yuk Recook Resep Soto Ayam Para Instagram Chef Ini!

Apa itu Panci Presto?

Panci presto atau ressure cooker adalah sebuah panci dengan yang berteknologi khusus ini sangat praktis digunakan untuk mempercepat proses memasak – khususnya ketika memasak daging. Panci presto dibuat agar kondisi tutup sehingga benar-benar rapat saat ditutup, sehingga tidak ada uap air yang keluar.

Ketika uap air banyak yang terperangkap, hal ini membuat tekanan udara di dalam menjadi cukup tinggi. Tekanan yang tinggi ini berpengaruh terhadap kenaikan suhu makanan. Sehingga makanan lebih cepat dan empuk.

Cara Menggunakan Panci Presto untuk Memasak
Courtesy of Pixabay

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Panci Presto

Kelebihan :

+ makanan matang lebih cepat
+ daging lebih cepat empuk
+ menghemat bahan bakar
+ menghemat waktu memasak
+ sedikit kandungan gizi yang terbuang

Kekurangan :

– bumbu belum terlalu meresap ke daging
– kalau terlalu lama, daging menjadi terlalu hancur
– harus rajin membersihkan tutup panci agar berfungsi dengan baik

Baca Yuk Recook Resep Soto Ayam Para Instagram Chef Ini!

Cara Menggunakan Panci Presto

Terdapat dua model panci presto yaitu dengan jiggle top (regulator tekanan ada di atas pipa lubang ventilasi pada tutup panci) dan model sistem tertutup dengan katup pegas. Nah, sebelum menggunakan panci presto tersebut , pastikan sudah membaca langkah petunjuk penggunaan yang sudah diberikan. Kadang antara satu panci dengan yang lain ada sedikit perbedaan.

Namun secara garis besar, cara menggunakan panci presto adalah :

  1. Periksa komponen panci presto yang ada. Pastikan tidak ada yang rusak
  2. Pastikan panci presto sudah diisi air dan cukup untuk memasak. Maksimal diisi 2/3 panci, tidak boleh lebih.
  3. Nyalakan api dan sesuaikan dengan tekanan yang diinginkan. Jika tekanan telah tercapai, kecilkan api.
  4. Setelah makanan selesai dimasak, lepaskan tekanan dari panci dengan hati-hati. Jangan membuka tutup sampai semua tekanan sudah selesai dilepaskan. Jangan paksa buka tutup panci juga ya.

Untuk melepaskan tekanan ada dua cara, yaitu pelepasan alami dan pelepasan cepat. Pelepasan alami bisa memakan waktu cukup lama karena dibiarkan menjadi dingin. Untuk cara pelepasan cepat, katup pengaman dibuka terlebih dahulu dan tunggu sampai uap habis. Setelah itu baru buka tutup panci.

Cara Menggunakan Panci Presto untuk Memasak
Courtesy of Pixabay

Dewasa ini, cara pelepasan cepat sudah umum ada di panci presto dengan model katup keluaran terbaru. Jika semua step sudah dilakukan dengan baik, maka tidak perlu khawatir untuk memasak dengan panci presto ya. Dengan catatan tidak lupa membaca petunjuk pemakaian hihi.

Baca Menu Buka Puasa Mudah dengan SKIPPY


Sekian tulisan singkat mengenai panci presto. Semoga kesampaian yaa mendapatkan sebuah pressure cooker idaman (aamiin!). Semoga juga bermanfaat bagi yang ingin mengetahui secara singkat mengenai cara menggunakan panci presto ini. Thanks for reading!

Sumber :

https://www.masakapahariini.com/inspirasi-dapur/kelebihan-dan-kekurangan-panci-presto/
https://sains.me/begini-cara-kerja-panci-presto/
https://www.dapurmodern.org/2014/01/cara-menggunakan-panci-presto-aman.html

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.