Entertainment, How To, Tips

Resep Bahagia Lewat Ketawa ala Ardit Erwanda

What’s your happiness? Apa itu jalan-jalan? Atau baca buku? Apa nonton film pendek kaya Tilik? 😂😂 Kemarin saya menghadiri IG LIVEnya Home Credit Indonesia, dimana dikupas tuntas Resep Bahagia Lewat ketawa ala Ardit Erwanda, seorang stand-up comedian Indonesia.

Resep Bahagia Lewat Ketawa ala Ardit Erwanda

Lumayan oke loh tipsnya dalam mencari kebahagiaan ini. Termasuk beberapa tips jika kalian minat mendalami menjadi seorang comedian ataupun mau mengeluarkan konten konten lucu. Apa saja? Silakan disimak ya di bawah ini.

Saat Pandemi Susah Ketawa?

Saat pandemi ini, rasanya keadaan semakin tegang. Ada yang cemas akan kesehatannya, ada yang cemas kalau ketemu orang banyak, pokoknya cemas soal ini itu deh. Malah beberapa riset menunjukkan bahwa tingkat anxiety juga meningkat.

Ya gimana nggak, kita sudah setengah tahun di rumah saja. Mau refreshing jalan-jalan agak susah karena harus swab test dan pakai paket lengkap isolasi mandiri selama 14 hari. Bacanya aja udah bikin stress duluan kan ya.

Baca   Bisakah Silaturahmi Setiap Hari di Masa Pandemi?

super stressed

Mau refreshing ke cafe deket rumah sama teman-teman juga was-was. Sekarang lagi marak banget pemberitaan bahwa Covid 19 ini menular melalui secondary infection. Duh pokoknya kalau liat berita bikin tegang deh, apalagi kalau punya anak atau lansia di rumah.

Padahal sejatinya kita butuh ketawa haha-hihi biar lebih relax dan bahagia loh. Karena saya juga percaya bahwa ketawa itu sehat. Buktinya saya ketawa-ketawa pas pumping vs biasa aja, eh selisihnya 100 ml loh. Nah bagaimana kita bisa menghadirkan kebahagiaan di saat pandemi ini?

Pengalaman Ardit Erwanda

Hari Rabu tanggal 26 Agustus kemarin, ada topik menarik di series IG LIVE #AyoMajuBersama Home Credit Indonesia. Topiknya tentang Resep Bahagia Lewat Tawa dan menghadirkan Ardit Erwanda sebagai narasumber.

IG LIVE Home Credit Indonesia

Ardit adalah seorang stand up comedian dan juga comedy consultant. Dia juga sekarang harus beradaptasi dengan kondisi pasca pandemi, dimana diapun punya bayi jadi harus lebih hati-hati. Kegiatan offline juga sudah tidak ada, sehingga dia kini berkarya lewat beberapa platform social media.

Dia pun mendorong kita untuk menyebarkan kebahagiaan dan tawa, karena ternyata menjadi seorang comedian itu ga ada batasnya loh. Orang yang introvert kaya dirinya pun, ternyata bisa menjadi seorang stand up comedian.

Baca   Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Selama Pandemi Covid-19

Bikin Konten Komedi? Perhatikan Hal Ini!

Ada yang tertarik juga kah untuk mengembakan konten komedi? Pas banget Ardit memberikan beberapa petuah di acara IG LIVE kemarin.

Resep Bahagia Lewat Ketawa ala Ardit Erwanda

1. Cari Materi

Komedi itu bisa kita dapatkan dari masalah yang relateable dengan kita semua. Kalau ada yang lagi hits, maka langsung bisa kita olah sebagai konten. Harus gercep!

Satu hal yang saya ingat adalah kata-kata “materi berasal dari tragedi”. Jadi komedi ni kadang butuh korban, entah orang lain atau yang paling gampang adalah diri sendiri. Contoh yang diberikan adalah kalau nabrak, itu juga bisa jadi bahan buat stand up loh hihi.

Punya masalah juga bisa diolah jadi konten. Karena menurut Ardit, masalah cukup dipikir dan ga usah dipikirin wkwkwk.

2. Bikin Konten yang Kita Suka

Ini yang paling penting. Buatlah konten yang kita suka. Buat konten yang bisa membuat kita tertawa juga. Pokoknya harus yang bisa menghibur kita sendiri.

Ini dampaknya cukup banyak loh. Kalau kita membuat konten yang kita sukai, kita lebih enjoy dan itu terlihat & sampai ke audience. Kalau buatnya kepaksa, kan juga keliatan “maksa” kan ya hehehe, ga natural.

And happiness is also contagious. Kalau orang enjoy melihat kita membuat konten, maka akan lebih banyak yang ikutan senang melihat konten kita.

Resep Bahagia Lewat Ketawa
Kaya lihat senyuman ini, jadi ikut senyum kan ya HAHAHA (iya aja)

3. Pandai Melihat Sikon

Tapiii kita sebagai pembuat konten juga harus pandai melihat sikon. Kita harus peka juga dengan kondisi sekeliling biar menghindari adanya yang tersinggung dengan konten yang kita buat. Karena untuk masalah social media ini, ada beberapa hal yang sensitif untuk dibahas alias ga cocok di bawa ke forum umum.

Kalau stuck mencari konten, kita juga harus think out of the box. Coba hal lain yang bikin kita lebih semangat dan mungkin lebih baik lagi dalam menghasilkan konten.

4. Jangan Takut Garing!

Garing itu relatif. Ga semua orang akan melihat sebuah stand up comedian itu sama. Ada yang bilang wah si A lucu banget, eh ternyata ada juga yang bilang si A garing banget. Everyone has their own audience, jadi jangan takut garing ya. Tapiii ya kalau ngejokes juga jangan garing-garing amat hahaha.

Baca   Materi : Cara Menulis Artikel Beauty di Sesi Ngopi Cantik #5 bersama Beautiesquad

Di akhir IG LIVE, kita juga dimanjakan dengan kuis yang berhadiah. Temanya tentang film Indonesia sih, tapi kok susah susah gampang ya hahaha. Sayang saya ga menang dan pertanyaan saya ga sempet disebutin huhu.

IG LIVE Home Credit Indonesia

But it’s okay, setidaknya banyak ilmu dan insight baru yang saya dapat di acara IG LIVE Home Credit Indonesia. Bagi yang penasaran, bisa langsung check sosial medianya @homecreditid untuk tau tema IG LIVE #AyoMajuBersama yang akan ada minggu depan.

Sekian tulisan singkat soal resep bahagia lewat tawa ala Ardit Erwanda. Kalau resep bahagia kalian bagaimana? Yuk share di kolom komentar di bawah ini 🙂 Thanks for reading!

 

RELATED POST

16 Comments

  1. Rossi Septiana says:

    Menarik ya mba acaranya, bikin konten konten segala ternyata ga gampang nih. 🤭🤭🤭

  2. Orang2 kayak para Stand up comedian ini, cara mereka melempar jokes2 lucu itu gimana sih. EMG lgs terlintas, ato sbnrnya dipikir dulu? Apa bakatnya memang sudah lucu :D.? Banyak temen2ku yg juga lucu dari awal ketemu, mereka kayaknya gampaaaang banget ngucapin kata2 yg udah bikin orang sekitarnya pada ngakak :D.

    Kadang pengen sih bisa kayak mereka, Krn biasanya orang2 yg begini supel, walopun ada juga yg ternyata introvert pas ketemu, tp lgs ON lucunya ketika di panggung :D.

    Resepku utk bahagia, sbnrnya ga rumit juga. Bisa jalan bareng keluarga, udh happy banget. Tp Krn pandemi, kami cari cara lain . Nonton film lucu bareng keluarga, dalam kamar, yg suasananya kita susun dulu biar kayak di kelas Velvet bioskop :D. Bisa ketawa bareng, liat filmnya, udah bahagia :D. Banyak sih sbnrnya cara2 yg dilakuin. Termasuk baca novel yg baru dibeli, itu aja seneng :D.

  3. Ardit ini termasuk idola aku di stand up comedy 😍. Selain lucu, orangnya juga baik banget yaaa mau sharing tips materi supaya jadi komika sukses dan lawakan petjah. Sayang banget aku ketinggalan live ig nyaa huhuuu

  4. aku banget Mbak…saat pandemi nyari konten yang lutju, yang bikin hepi..dan mengurangi scroll up medsos yang timelinenya kadang bikin ilfil. Jadi mau praktekkin resep dari Ardit Erwanda biar bahagia lewat ketawa. Auto kepo sosial medianya @homecreditid dengan IG LIVE #AyoMajuBersama yang akan ada minggu depan.

  5. Disaat sekarang ini tuh kita butuh banget yang namanya hiburan, apalagi yang bisa bikin ketawa ginikan. Kebayang deh ini kalau jadi Ardit gimana rasanya dia harus menghibur tapi hatinya lagi gak mood gitu.

  6. Ah bener banget. Di masa pandemi kayak gini, kudu bisa banyak-banyak tertawa. Biar hati selalu bahagia. Gawat kalo sedih dan mumet terus. Bisa stres. Badan jadi gampang sakit nantinya. Dan berisiko kena virus. Hayuk ah kita banyak-banyak tertawa. Sebelom hidup menertawakan kita. *lhah :))))

  7. Perlu banget konten yang lucu supaya ada penyemangat di masa pandemi gini memang ya. Tapi aku ga tahan sama konten garing atau cringe gitu wkwkwk

  8. Wah ini acara yg menghibur sekaligus bermanfaat ya mbak

  9. Kukira komedian itu rata rata ekstrovert lho. Eh ternyata ada yang introvert juga.

    Nah, jangan takut garing. Mungkin karena komedi itu jiga relatif ya, seperti urusan cantik atau ganteng. Pengaruh internal dan eksternal dari penonton juga ngaruh ke urusan ketawa lucu apa nggaknya. Kita nggak bisa menyenangkan semua orang memang.

  10. Yap garing itu relatif. Seperti uus yg banyak dibilanh garing karena jokes dia mikir. Kalau ardhit ini terkenal karena ganteng, eh. Tapi jokes dia juga oke. Padahal dia aslinya pendiam kan

  11. Dulu aku cita cita pengen jadi pelawak mba. Hahaha. Soalnya suka kalau orang ketawa kalo aku ngelucu. Tapi ya kandas deh cita citanyaa

  12. mas Ardit idaman pokoknya kalao soal bikin ketawa,

  13. Hiburan receh tapi membuat seimbang berita-berita yang tersebar didunia maya ehehehe, aku juga senang mencari komedi gini kalau sudah mumet dengan berita2 yg dishare di grup WA hahaha

  14. Aku juka suka nih nonton stand up comedi , dan memang terhibur banget .

    Sepengetahuan aku, mereka harus bisa ngejokes berdasarkan pengalaman dan keresahan disekitar. Bahkan yg kadang bikin aku kagum, mereka selalu bisa melihat segala halnya dengan kaca mata komedi. Meskipun buat sebagian orang hal itu sulit ditertawakan..

    Butuh skill khusus emang buat jadi komedian

  15. Wah jadi tahu nih gimana cara mengolah materi… Terutama materi humor yang bisa membuat renyah suasana… Hehe
    Yang penting hepi yaa. Dan bener kalo punya masalah itu cukup dipikir aja gak usah dipikirin

  16. Bagus ini live dari home credit karena aq selain informasi yang didapat kita juga bisa ikutan kuis hahaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.