Health, Tips

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat Saat Puasa

Hello helooo bagaimana puasanya? Lancarkah? Semoga selalu diberi kekuatan untuk berpuasa yaaa. Namun kadang ada satu hal yang cukup membuat tidak nyaman saat puasa, yaitu bau mulut. Hmmm, bagaimana cara menghilangkan bau mulut ini? Apalagi kalau kita sedang urgent butuh cepat agar baunya hilang.

Bitmoji Image

Andaikan bulan puasa seperti pada saat sekolah dulu ya. Kita hanya masuk sekolah sampai jam 12an. Terus pulang untuk istirahat dan menikmati sore hari di rumah. Tapiii tentu saat bekerja tidak bisa seenak itu. Bisa jadi kita dipanggil untuk rapat, presentasi bahkan meeting dengan klien atau mengikuti event!

Baca #FearlessBeauty, Semangat Baru dari Sariayu Martha Tilaar

Saya sendiri kalau puasa suka tidak pede kalau keluar hahaha. Dalam kondisi mulut yang kering, tau ada bau yang membuat orang lain tidak nyaman. Nah, kebetulan ada beberapa cara menghilangkan bau mulut secara cepat, terutama pada saat puasa. Apa saja caranya?

1. Menggunakan Obat Kumur

Yap ini adalah salah satu cara andalan saya untuk menghilangkan bau mulut. Kadang, saya suka membawa mini travel pack obat kumur di dalam tas. Hahaha, jaga jaga butuh kalau saat berpuasa. Setelah berkumur, dijamin nafas jadi terasa lebih segar 😀

Baca 5 Barang yang Selalu Ada di Tas (Setelah Menjadi Ibu)

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat Saat Puasa
Courtesy of Pixabay

2. Menggosok lidah

Selain menggosok gigi, menggosok lidah juga penting loh! Ternyata terdapat banyak bakteri yang bersembunyi di lidah dan bisa menjadi sarang penyebab bau mulut. Jadi sebelum menggunakan obat kumur, jangan lupa untuk menggunakan alat pembersih lidah dan menggosok lidah terlebih dahulu.

3. Berkumur dengan Air

Kalau tidak ada obat kumur, solusi berikutnya adalah berkumur dengan menggunakan air biasa. Bau mulut disebabkan oleh mulut yang kering dan juga bisa disebabkan karena mulut tidak menghasilkan cukup air liur. Asal jangan ditelan pas puasa saja ya hahahaha. Nanti batal loh.

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat Saat Puasa
Courtesy of Pixabay

Oiya terdapat juga beberapa bahan yang bisa digunakan untuk berkumur bersama air agar bau mulut berkurang. Kalian bisa berkumur dengan air bersama :

  • cuka apel
  • garam epsom
  • minyak kayu putih – yess! beberapa tetes aja tapi yaa
  • parutan jahe

Baca Cara Memutihkan Gigi dengan Makanan Sehari-hari


Sebenarnya ada beberapa solusi lain yaitu memakan permen gum, minum air, makan buah dan juga yogurt. Tapii berhubung kondisinya lagi puasa, maka tentu makan dan minum tidak termasuk ya hehehe. Semoga tips singkat dari saya ini bermanfaat 🙂 Kalau ada tips lain, silakan tulis di bagian komen yaa.

Sumber :
https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/cara-mengatasi-bau-mulut-tidak-sedap/
https://www.idntimes.com/health/fitness/vita/8-cara-menghilangkan-bau-mulut-paling-mudah/full

 

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.