Entertainment, K-POP, Music

Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers

Sekali-kali bahas K-pop lah yaa, soalnya setelah sekian tahun akhirnya mulai fangirling lagi hahaha. Nah, karena sosial media dan toko online sangat gencar dewasa ini, untuk memperoleh merchandise K-pop sekarang sudah mudah. Karena penasaran, akhirnya ikutan mengamati dan akhir tau juga barang-barang yang sering dicari K-popers.

Bagi yang mau membuka toko online K-pop, mengetahui barang-barang yang sering dicari itu penting loh. Salah satu tips berbisnis adalah mengetahui pangsa pasar. Apa saja yang disukai oleh target market? Bagaimana kita bisa mengambil market share? Berat yaa hahaha tapi kalau mau jualan santai sambil koleksi juga bisa kok. Kalian juga bisa liat tips jualan online ini biar ada gambaran bagaimana cara jualan online yang baik dan benar, sehingga bisa sukses hehehe.

Berburu Merchandise Group Band Favorit

Kenapa sih kok pada getol nyari merchandise group band favorit? Jawabannya adalah kebahagiaan. Cliche sih tapi bener! Saya saja kalau liat ada yang posting foto koleksinya, malah ikutan senang. Kok bisa lengkap dan rapih, padahal yang punya saya tidak HAHAHA. Ga deng, lebih ke suka aja ngeliat cara orang tersebut mendukung group band favoritnya.

Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers
Courtesy of : pinterest.com

I was quite surprised when my sister (YES MY SISTER) also bought a K-pop album. Alasannya ya itu, dia ingin mendukung group band yang dia suka. Karena selain mendukung artis dan agencynya secara finansial, ada beberapa hal yang dijual beserta album yang tidak mungkin kita temukan terjual terpisah di toko resmi.

Malah beberapa barang dibawah ini, kalau termasuk yang langka atau rare, harganya akan semakin mahal loh! Hmm, ga jarang ada yang rela barter, keluar uang banyak bahkan sampai langsung berpergian untuk mendapatkan barang-barang ini. Ada yang menganggap itu investasi juga sih (even though I do not wkwk – we can agree to disagree on this one).

Baca Kiat Investasi untuk Keluarga Muda

Nah ada beberapa barang yang akan selalu dicari oleh para penggemar group band K-pop, baik boy band maupun girlband. Apa saja?

1. Album

Kalau ini memang menjadi incaran utama para fans group band K-pop. Mulai dari full album sampai mini album, bahkan special occasion atau solo album, pasti langsung menjadi inceran. Ada banyak cara mendapatkan album. Bisa langsung dari official web, jastip, hasil fansign atau pre-used album.

Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers
Courtesy of : allkpop.com

Kenapa album menjadi incaran? Selain ada CD album, seperti yang saya sebutkan diatas, terdapat pula bonus yang ada di dalamnya, seperti photocard, sticker, postcard, poster dan bahkan buku kecil atau gantungan kunci. Gemas kan ya?

2. Photocard (PC)

Ini yang sempat bikin saya bingung. Banyaaak sekali yang mengoleksi photocard alias kartu yang ada foto idolanya (duh~). Bahkan ada yang rela barter atau beli lebih dari 1 album untuk mendapatkan photocard atau PC yang ia mau.

Ternyata oh ternyata, kalau PC tersebut termasuk langka, bukan tidak mungkin harganya akan naik berkali-kali lipat. Sebagai contoh, saya pernah membaca ada yang membeli sebuah photocard seharga Rp. 120.000,- (iya kartu kecil yang ada fotonya semahal itu – tapi kualitasnya bagus sih) eh bisa dijual dengan harga Rp. 400.000,-!

Baca Pengalaman Nonton Pinkfong Baby Shark Live di Jakarta

Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers
Courtesy of : pinterest.com

Bahkan tidak jarang ada orang luar negeri (yes this thing is international!) yang menawarkan dengan harga yang lebih tinggi. Sepertinya menjadi bisnis yang menggiurkan juga yaa hunting photocard ini hehehe.

3. DVD / Special Package

Selain album musik, group band juga merilis DVD atau special package. Yang paling sering saya lihat sih DVD konser resmi yang dijual. Jika suatu band manggung di suatu tempat yang legendaris, biasanya akan langsung dibuat DVD. Selain DVD konser, ada juga DVD making video dan juga documentary.

Untuk special package, baru ngeh pas BTS sih hahaha, apa ketinggalan banget yaaa. Pokoknya special package ini bisa terdiri dari Summer Package, Winter Package, Season’s Greetings dan masih banyak lagi. Tentu masing-masing package punya photocard dan pernak pernik/collectible lain. Apalagi kalau limited edition, bisa rebutan!

Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers
Courtesy of : freebieskpopstore.com

4. Poster & Postcard

Kedua barang ini juga sering dijual sepaket dengan album atau DVD/special package. Poster kadang menjadi incaran karena bisa ditempel di kamar hehehe, jadi inget fangirling boyband di akhir tahun 1990an ya hahaha. Postcard juga merupakan barang yang menjadi bonus saat membeli album. Meskipun antusiasmenya tidak sebesar photocard, but it is still nice to collect it.

Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers
Courtesy of : pinterest.com

5. Lightstick

Lightstick juga termasuk salah satu merchandise yang wajib dipunya oleh para penggemar kpop. Apa itu lightstick? Hmm, semacam senter dengan desain dan fungsi yang unik. Jadi masing-masing band punya lightstick sendiri dan juga warna sendiri. Fungsi yang paling utama adalah asesoris untuk menonton konser dan mendukung artis saat music show. Fungsi sampingan ya sebagai pajangan dan mainan hahaha.

Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers
Courtesy of : kpopmap.com

Saya sendiri punya ARMY Bomb loh HAHAHA, langsung di jastipin dari BTS Pop Up Store Korea wkwkwk. Yang paling unik disini adalah dia bisa berganti warna tergantung dengan posisi duduk kita saat menonton konsernya. Keren kaaan. Oiya, ini juga bisa diatur warnanya dengan aplikasi mobile dan bluetooth. Jadi jelas bisa dipakai mainan wkwk. One of the most expesive toys I have bought myself.

Baca Belajar Langkah Awal Financial Planning Bersama FUNancial


Ini hanya lima dari sekian banyak barang yang sering dicari & dibeli K-popers. Nah, bagian kalian yang ingin memulai koleksi, ingin beli barang yang mana? Atau ternyata sudah banyak koleksinya hihi. Please share down below 🙂

 

RELATED POST

2 Comments

  1. DVD masih dicari? padahal laptop juga jarang banget ya sekarang ada DVD room nya.
    by the way, konsep marketing para manajer kpopers ini keren banget memang. Bahkan bisa menggunakan konsep filosofi kuat biar para penggemar bisa engage dan kagumnya kuat banget.

  2. Seru ya sepertinya untuk fans mencari perintilan menyangkut idolanya hehehe.

    Baru tadi sepupu saya minta saya carikan merchandise BTS x Starbucks yang rilis di Korea. Haduuu harus berebut sama fans-fans garis keras mereka, entah bisa dapat atau nggak. Hehehe. Happy fangirling, mba 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.