Freebies, How To, Make-up, Outfit, Photography, Tips, Vendor, Venue, Wedding, Wedding Preparation

About Prewedding Pictures + Downloadable Prewed Preparation Documents!

Kali ini saya akan bahas hal berikutnya yang saya lakukan setelah lamaran, yaitu ambil foto prewedding! Sebenarnya banyak pro dan kontra sih soal foto prewedding. Ada yang setuju karena ingin banyak dokumentasi kedua calon mempelai pas hari H. Plus kapan lagi dandan cantik dan foto berdua bareng pasangan, setelah nikah malah jadi males! Ada juga yang tidak melakukan foto prewed karena bukan muhrim dan ga mau peluk-pelukan di foto dimana kondisi saat itu belum jadi suami istri. Ada juga yang menganggap itu ga penting dan hanya menambah pengeluaran. Pokoknya banyak sudut pandang yang berbeda soal perlu atau tidaknya foto prewed.

HAHAHAHA! picture courtesy of PictureQuotes.com

Untuk saya sendiri, saya ingin melakukan sesi foto prewed karena saya dan Arga tidak terlalu suka foto selfie berdua sebelumnya hahahaha. Jadi koleksi foto berdua ya agak minim meskipun udah 5 tahun pacaran. Selain itu, lumayan kan buat kenang-kenangan, apalagi saya punya konsep prewed yang sesuai dengan profesi dan background saya dan Arga 😀 Plus, salah satu adek kelas saya, Kyo, adalah seorang fotografer handal dengan peralatan canggih (check her prewed business ig at @storyfirst_pictures)! Jadi udah ada lah koneksi dengan fotografer yang saya sangat percaya, dan bisa membuat saya terlihat cantik di (hampir) setiap foto! It’s true (makasih banyak Kyoooooo)! Beberapa pertimbangan juga datang dari orang tua terutama Mama. Saya sudah diwanti-wanti untuk tidak peluk-peluk dan cium-cium di prewed (hahaha yes Mom! malu kali diliatin!). Selain itu pakaian tidak boleh yang terbuka. Noted!

Beberapa langkah dalam persiapan untuk melakukan foto prewed adalah :

1. Pikirkan konsep matang-matang. Kalian bisa cari inspirasi di instagram atau di pinterest. Kalau di instagram, jangan lupa discreenshot ya. Saya juga memiliki satu board khusus di pinterest dimana isinya prewed inspiration

Prewed inspiration di pinterest – http://id.pinterest.com/faradiladputri/wedding-cute-prewed-ideas/

2. Carilah fotografer yang kalian suka, dalam arti kalian suka gaya memotret mereka dan suka dengan budget yang ditawarkan (hahaha ini penting). Biasanya fee untuk pemotretan indoor, outdoor dan luar daerah/negeri berbeda-beda. Ini dapat kalian diskusikan kembali agar bisa mendapatkan jalan tengah antara konsep dengan kemampuan. PS : jangan malu-malu nanya diskon atau booking pas pameran (biasanya ada promo). Hal ini berguna banget dalam menekan pengeluaran!

3. Apabila sudah menemukan fotografer yang tepat, jangan lupa tanyakan hal-hal yang mendetail perihal sesi foto. Seperti berapa jam akan dilakukan sesi foto, berapa lokasi, jumlah crew, apakah ada makeup & hair do/retouch, apakah disewakan baju, fasilitas apa yang disediakan, dll. Pokoknya jangan takut nanya ya!

4. Jika sudah deal dengan fotografer, buatlah semacam preparation document untuk memudahkan berjalannya proses prewed. Saya membuatnya tabel yang berisi lokasi prewed dan baju serta assesoris apa yang akan dipakai di lokasi tersebut. Selain itu, di prep-doc ditambahkan pose-pose atau gaya prewed yang ingin dilakukan agar fotografer mempunyai gambaran. Saya pernah melihat contohnya di web seseorang tapi sayang saya lupa siapa 🙁 Foto-foto disini juga saya dapatkan dari pinterest. Jadi untuk sumbernya silahkan liat pinterest board saya ya. Ada yang sudah saya buat untuk sesi prewed saya sendiri dan ada juga yang berbentuk tabel kosong sehingga kalian bisi isi sendiri (hore!). Dokumen-dokumen bisa didownload di link di bawah ini 🙂

Faradila’s Prewedding Preparation Document
Customizeable Prewedding Preparation Document

Hasil prewednya mana? Nanti akan saya post beserta reviewnya beberapa hari lagi! PS : I LOVE THE PHOTOS! Banyak banget yang dicetak dan sekarang bingung mau ditaruh dimana karena rumah belum jadi hahahaha. Oiya, bagi yang tidak ingin melakukan prewedding pictures, jangan khawatir. Masih banyak yang bisa dilakukan kok! 

1. Kumpulkan foto-foto masa kecil kedua calon mempelai. Nanti bisa digunakan sebagai display dan slide show pada saat hari H. Plusnya, sekeluarga besar bisa mengenang dan membuat mereka terkesan!

Salah satu tempat photo display saat nikahan saya dan Arga yang didekor oleh Paramitha Wedding House

2. Kalian bisa membuat kartun atau karikatur seperti saya dan Arga juga lakukan. Sebenarnya karikatur ini untuk logo kami pada suvenir dan photobooth sih, tapi ini menjadi alternatif yang bagus bagi yang ga mau fotonya ke-expose.

Super lucu ya! 🙂 Kartun ini digambar oleh teman kuliah saya Desi di @desiadesign SUPER RECOMENDED! pricelist wedding package bisa diliat disini atau pricelist kartun biasa bisa diliat disini

3. Kalian tetap melakukan foto prewed tapi tidak dalam satu frame. Dengan kekuatan aplikasi photogrid atau aplikasi pengedit foto lainnya, hasilnya tetap lucu dan romantis! Sudah banyak kok yang seperti ini dan hasilnya menggemaskan 😀

photo courtesy of www.pinterest.com

Happy prewed preparation semuanya!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.