Finance, How To

Cara Mudah Mencari Pinjaman KTA

Pernah terpikir untuk memulai bisnis baru? Atau sedang butuh dana untuk keperluan yang mendesak, seperti genteng rumah bocor dan harus segera diperbaiki? Nah, salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan suntikan dana segar adalah dengan mencari pinjaman KTA.

Hmm, sebagai orang yang awam dengan dunia finansial, mungkin akan terdengar ribet. Capek mengurus bolak balik ke bank, eh taunya ditolak… Nah di blog post saya kali ini, saya akan menjabarkan cara mudah mencari pinjaman KTA. Ternyata setelah saya lakukan, tidak sesulit itu kok hihihi. Bagaimana caranya?

Cara Mudah Mencari Pinjaman KTA
Courtesy of Pixabay

Mencari Pinjaman KTA Online

Yap secara online! Sekarang apa lagi sih yang tidak bisa dilakukan secara online. To be honest, this helps me a lot. Saya kan seorang ibu rumah tangga yang waktu mobilitasnya tidaklah banyak. Ga mungkin juga bawa anak balita ke bank dan diskusi soal KTA panjang lebar. Udah gitu ternyata ga cocok… Hiks!

Pengennya sih mendapatkan info terlebih dahulu tentang pinjaman KTA dan kemudian eksekusi. Apalagi kalau sudah dilakukan secara online, diskusi dengan suami atau kerabat jadi lebih enak. Ga usah engg ingg engg ingg bingung tadi bankernya ngomong apa (jujur suka ada yang lupa kan hahaha).

Salah satu situs yang memberikan kemudahan untuk membandingan pinjaman kredit tanpa agunan dengan bunga murah adalah CekAja.com. Eits, tapi sebelumnya apa sih kredit tanpa agunan itu?

Cara Mudah Mencari Pinjaman KTA
Courtesy of Pixabay

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Menurut CekAja.com, kredit tanpa agunan atau KTA adalah pinjaman berupa kredit perorangan tanpa agunan dari bank atau lembaga keuangan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan. Nasabah bisa mendapatkan pinjaman dana tanpa harus memberikan jaminan atau agunan seperti sertifikat rumah atau lainnya. Karena itu, pinjaman KTA ini sering juga disebut pinjaman tanpa jaminan.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) sejatinya masuk dalam kategori kredit konsumtif. Jadi bisa untuk apa saja dari beli PC baru, pengobatan, renovasi rumah, biaya pendidikan sampai beli mesin cuci hihi.

Cara Mudah Mencari Pinjaman KTA
Courtesy of Pixabay

Syarat dan Dokumen Pendukung

Secara umum, syarat untuk mendapatkan pinjaman KTA menurut CekAja.com adalah

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • berusia 21-55 tahun, dan
  • memilki penghasilan tetap per bulan minimal Rp2,5 juta per bulan (bisa berbeda di luar Jabodetabek).

Adapun dokumen pendukung yang diperlukan jika pengajuan pinjaman KTA disetejui adalah :

  1. Fotokopi KTP, kartu keluarga dan surat nikah (apabila sudah berkeluarga)
  2. Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi/SPT PPh 21
  3. Cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir
  4. Asli surat keterangan kerja dan slip gaji (untuk karyawan dan professional)
  5. Tagihan kartu kredit terakhir (jika memiliki)
  6. Salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta)
  7. Salinan izin praktik profesional (dokter, pengacara, atau profesional lain)
  8. Salinan laporan keuangan (untuk perusahaan/wiraswasta)
  9. Materai

Membandingkan Pinjaman KTA di CekAja.com

Jika kalian sudah mantep dan sesuai syarat untuk mengajukan pinjaman KTA, waktunya membandingkan skema peminjaman dari beberapa lembaga keuangan atau bank. Karena tentu akan buang waktu yang banyak kalau kita keliling sendiri, maka cara yang bisa dilakukan adalah membandingkannya secara online di CekAja.com.

Selain hemat waktu, kita juga bisa mempelajari banyak produk dalam waktu yang singkat. Kita bisa membandingkan bunga juga dan memilih mana yang paling sesuai dengan kemampuan kita. Caranya cukup mudah, yaitu :

1. Pergi ke situs CekAja.com dan pilih opsi Kredit & Pinjaman

2. Selanjutnya klik Kredit Tanpa Agunan (KTA)

3. Silakan isi jumlah pinjaman dan juga jangka waktu pengembalian yang diinginkan. Saya mengambil skema Rp. 15.000.000,- dalam 6 bulan (yang kemudian saya ganti jadi 1 tahun). Anggap saja uang untuk renovasi kamar mandi hihi.

Cara Mudah Mencari Pinjaman KTA CekAja.com

4. Selanjutnya kita akan masuk ke halaman pertanyaan yang berisi pertanyaan tentang pekerjaan, lama bekerja, penghasilan bersih, tempat tinggal, status pernikahan, jumlah tanggungan, pendidikan terakhir, kondisi rumah tempat tinggal, kepemilikan kartu kredit, jumlah kartu kredit, dan usia. Harap isi sesuai dengan keadaan ya.

5. Klik selesai dan kemudian CekAja.com akan menyortir pilihan KTA yang tersedia. Terdapat 18 bank Indonesia yang daftar produk KTAnya tersedia untuk dibandingkan.

6. Jika ternyata salah satu kriteria kita tidak sesuai dengan pilihan KTA yang ada, maka akan muncul begini. Jangan khawatir, kalian juga bisa isi kontak dibawah untuk mendapatkan informasi jika ada pilihan pinjaman KTA yang sesuai.

Cara Mudah Mencari Pinjaman KTA CekAja.com

7. Jika ada pilihan KTA yang sesuai, maka akan keluar seperti ini. Cukup detail sih sampai ada pembayaran perbulan, suku bunga, waktu proses dan juga kemungkinan persetujuan.

Cara Mudah Mencari Pinjaman KTA CekAja.com

8. Setelah mendapatkan pilihan yang sesuai, silakan klik Ajukan Sekarang untuk langsung mengajukan pinjaman saat itu juga. Mudah banget kan ya? 😀


Bagaimana, cukup mudah kan? Karena online, kita juga bisa langsung mengajukan pinjaman KTA saat itu juga. Tidak perlu menunggu bank buka atau customer servicenya kembali dari break ishoma hehehe.

Di jaman sekarang, teknologi memang sudah memudakan semuanya. Bahkan sampai menghasilkan cara mudah mencari pinjaman KTA. Bagi yang ingin mencobanya sendiri, silakan kunjungi situs https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/. Selamat mencoba! PS : please borrow responsibly 😉

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.