Agriculture, Technology

Mesin yang Wajib Dimiliki untuk Mendukung Usaha Pertanian

Last Updated on March 14, 2024

Hello, hello! Kembali lagi dengan artikel seputar dunia pertanian di blog. Setelah sekian lama mulai bekerja lagi di bidang pertanian, saya mau share nih beberapa mesin yang wajib dimiliki untuk mendukung usaha pertanian. Apa saja mesin dan kegunaannya? Yuk kita simak di blog post yang satu ini!

Mesin yang Wajib Dimiliki untuk Mendukung Usaha Pertanian
Courtesy of Pixabay

Mesin untuk Mendukung Mekanisasi Pertanian

Seperti yang dijabarkan oleh Priyanto (1997) di karya tulis Penerapan Mekanisasi Pertanian, bahwa  mekanisasi pertanian mencakup aplikasi teknologi dan manajemen penggunaan berbagai jenis alat mesin pertanian. Alat-alat tersebut dapat membantu proses pengolahan tanah, saat tanam, penyediaan air, pemupukan, perawatan hingga panen dan pascapanen produk pertanian. 

Baca   Rakornas Agribisnis KADIN 2019 – Prioritaskan Pertanian dan Pangan Indonesia

Sejalan dengan yang dituliskan oleh Gunawan (2014) dalam buku Mekanisasi Pertanian, bahwa mekanisasi pertanian memiliki tujuan untuk memudahkan para pelaku dibidang pertanian untuk melakukan kegiatan pengelolaan di sektor pertanian. Penerapan mekanisasi pertanian ini menuntut adanya dukungan dari berbagai unsur, seperti tenaga professional, teknik/mekanik, operator, ketersediaan perbengkelan, bahan bakar, pelumas, suku cadang dan yang lainnya. 

Mesin yang Wajib Dimiliki untuk Mendukung Usaha Pertanian
Courtesy of Pixabay

Di era modern ini, ada beberapa mesin yang sudah pasti ada di masing-masing unit usaha mendukung pertanian. Rasanya kalau tidak ada mesin-mesin ini, maka pekerjaan akan terasa tidak efisien dan akan lebih memberatkan SDM yang ada. Lantas apa saja mesin yang wajib dimiliki untuk mendukung usaha pertanian?

1. Pompa Air

Pompa air merupakan jenis mesin yang biasanya digunakan dalam penyediaan dan penggunaan air untuk menunjang pertanian. Mulai dari irigasi sawah, lahan, hingga pengairan kolam untuk perternakan dan perikanan, mesin ini merupakan salah satu mesin yang paling sering dipakai oleh para pelaku usaha pertanian. 

Baca   Cara Mudah Memulai Menanam Sayur di Rumah

Terdapat banyak jenis pompa air yang berada di pasaran. Kita bisa memilih pompa air dengan menyesuaikan dengan kebutuhan, termasuk kapasitas maksimum, ukuran lubang hisap hingga lubang pengairan. Jadi penting untuk mengetahui kebutuhan terlebih dahulu agar tidak salah pilih spec pompa air yang tepat. 

Mesin Serbaguna Honda - Mesin yang Wajib Dimiliki untuk Mendukung Usaha Pertanian
Courtesy of Honda

2. Mesin Potong Rumput

Mesin potong rumput dapat berguna untuk menjaga rumput dan halaman sekitar tetap rapi dan indah. Selain mempengaruhi estetika, kondisi lingkungan usaha pertanian yang bersih juga akan menekan adanya hama dan penyakit penganggu tanaman maupun ternak.

Terdapat beberapa jenis mesin pemotong rumput yang tersedia, diantara lain mesin potong rumput gendong dan mesin potong rumput dorong. Masing-masing memiliki cara penggunaannya masing-masing sehingga penting untuk mengetahui cara menggunakan mesin potong rumput dengan benar dan aman. Keunggulan jenis gendong adalah mudah untuk dibawa dan dioperasikan di berbagai jenis medan, sedangkan untuk jenis dorong lebih pas digunakan jika ingin memotong suatu area yang luas dengan lebih cepat dan mudah.

Mesin Potong Rumput Honda - Mesin yang Wajib Dimiliki untuk Mendukung Usaha Pertanian
Courtesy of Honda

3. Traktor Tangan (Cultivator)

Traktor adalah mesin pengolah tanah yang sering digukanan di bidang pertanian khususnya dalam bidang pangan dan perkebunan. Dalam skala besar, tentu usaha pertanian memiliki traktor perkebunan (plantation tractor) yang dirancang khusus untuk lingkungan perkebunan yang memiliki kondisi khusus dan sulit diolah secara manual seperti tanah yang keras, lahan yang terlalu luas, dan cuaca yang sedikit ekstrem.

Baca   Pengalaman Tes CPNS Kementan 2021 - Akhirnya Lolos SKD!

Sementara untuk usaha pertanian lainnya, lebih sering menggunakan traktor tangan atau cultivator. Traktor tangan bisa digunakan untuk mengubah permukaan tanah yang keras atau lahan kering menjadi tanah yang lembut serta subur. Fungsi lainnya adalah untuk menghancurkan gulma yang mengganggu tanaman pertanian, mengaduk dan menghancurkan gumpalan tanah agar sesuai dengan persyaratan tanaman yang akan ditanam.

Mesin Pompa Air Honda - Mesin yang Wajib Dimiliki untuk Mendukung Usaha Pertanian
Courtesy of Honda

4. Genset

Generator merupakan sebuah mesin yang menghasilkan listrik dari hasil perubahan energi mekanik menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan merupakan arus bolak balik (AC). Penting bagi sebuah usaha pertanian untuk memiliki genset yang mendukung kegiatan bisnis yang bersifat mobile dan terpencil dari sumber listrik lainnya.

5. Mesin Serbaguna

Untuk berbagai kebutuhan pekerjaan mekanisasi pertanian di usaha pertanian, perkebunan maupun perternakan, penting untuk memiliki sebuah mesin serbaguna. Salah satunya adalah seri Spesifikasi Mesin Honda GX 200 yang memiliki beberapa jenis dan keunggulan. 

Mesin Serbaguna Honda - Mesin yang Wajib Dimiliki untuk Mendukung Usaha Pertanian
Courtesy of Honda

Seri Honda GX200 telah menjadi mesin yang melegenda, baik yang versi biasa maupun versi putaran lambat. Dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah, getaran rendah, dan emisi yang lebih rendah – tanpa mengorbankan daya output/tenaga atau kinerja, mesin ini dapat memudahkan berbagai pekerjaan di bidang pertanian. Mesin serbaguna ini dapat digunakan untuk : 

  • Mesin Semprot bertekanan tinggi,
  • Peralatan Kebun Profesional,
  • Kultivator / pembajak tanah,
  • Generator,
  • Konstruksi / peralatan industri,
  • Peralatan Pertanian,
  • Pompa air,
  • Mesin Perahu Ketingting,
  • Dan masih banyak lagi.
Mesin Serbaguna Honda - Mesin yang Wajib Dimiliki untuk Mendukung Usaha Pertanian
Courtesy of Honda

Adapun ukuran mesin serbaguna Honda GX200 ini adalah 313 x 386 x 335 mm (pxlxt) dengan berat bersih sekitar 16 kg. Start mesin menggunakan recoil dan tenaga serta RPM adalah 6.5 HP atau 3600 rpm. Untuk torsi maksimum mesin sendiri bisa mencapai 12.4 Nm/2500 rpm. 

Baca   Seni Tani, Strengthening Local Food Security Through Community Assisted Agriculture

Diameter x langkah piston adalah 68 x 54 mm dan memiliki kapasitan mesin 196 cc. Dilengkapi dengan tangki bahan bakar 3.1 liter dan juga kapasitas oli sebesar 0.6 liter. Cukup versatile untuk berbagai macam kebutuhan pekerjaan di bidang pertanian, bukan?

Sekian penjelasan singkat tentang beberapa jenis mesin yang wajib dimiliki untuk mendukung usaha pertanian. Semoga bisa membantu ya bagi yang sedang mengembangkan usahanya. Thanks for reading!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.