Entertainment, Gaming, Technology

ASUS ROG 8 Series – Smartphone Gaming Premium

Last Updated on March 20, 2024

Gaming is life. Bagi sebagian orang, kalimat itu tentu sangat relate dengan hidupnya. Tapi bagi saya, gaming merupakan sarana recharge dari kegiatan sehari-hari dan juga sebagai ajang bonding bersama dengan dua anak laki-laki generasi Alpha yang ada di rumah. Dengan berjalannya waktu, ternyata game dan hardware pendukung gaming juga semakin canggih!  Salah satunya adalah dengan rilisnya ASUS ROG 8 Series di awal 2024 yang mendukung kegiatan gaming hingga content creating.

ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium Warna Putih

Pengen punya juga? YA TENTU. Jika series-series sebelumnya fokus ke fitur gaming, seri ROG Phone 8 ini telah berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi perangkat premium berteknologi masa depan yang menjadi game-changer. Jadi mau buat video dan foto berkualitas, ternyata bisa loh di ROG Phone series terbaru ini. Jadi jika sebelumnya kurang melirik ROG phone, sekarang bisa jadi pertimbangan nih untuk digunakan sehari-hari.

Budaya “Gaming” di Generasi Alpha

Saya seorang Ibu dari dua orang anak yang berada di generasi Alpha, alias generasi yang lahir di tahun 2010an hingga 2020an. Ada beberapa ciri khas generasi Alpha, diantaranya yaitu :

  • Hidup dalam dunia yang lebih terhubung dan global
  • Punya hubungan yang tak terbatas dengan teknologi
  • Pembelajaran berbasis teknologi mendominasi pendidikannya
  • Berhadap dengan peluang kerja yang inovatif
  • Menjadi generasi yang paling tergantung dengan teknologi, lebih dari kita para gen milenial ataupun gen Z

Benarkah Obat Sirup Anak Aman Sekarang?

Jelas terlihat bahwa generasi Alpha ini sangat melek teknologi, bahkan sudah tidak heran lagi kalau ada anak balita yang sudah lihat memilih video yang ingin ditontonnya di ponsel ataupun di gadget lainnya. Rio pun sempat bilang bahwa wifi merupakan salah satu kebutuhan primer selain pangan, sandang dan papan hahaha.

Terkait kegiatan gaming atau bermain game, ada penelitian yang mengatakan bahwa sebanyak 59% dari generasi Alpha merasakan kenyamanan ketika bermain game, terutama saat mereka sedang cemas atau stress. Fakta lain yang terungkap adalah sebanyak 52% dari generasi Alpha merasa bahwa bermain game menjadi salah satu cara untuk terhubung dengan teman dan keluarga.

Pantas, kegiatan mabar (main bareng) sangat disukai, terutama oleh anak saya. Bahkan ada playdate ke rumah masing-masing hanya untuk main game online bareng di gadget masing-masing. Tapi tidak sedikit orang tua yang cemas, takut anaknya kebanyakan main game. Jadi bagaimana ya agar kita bisa mengatur batasan gaming untuk anak?

Tips Mengatur Batasan Gaming untuk Anak

Memang main game bisa memberi manfaat kognitif, tapi setiap orang tua sebaiknya menciptakan batasan yang sehat atau healthy limits untuk anak dalam hal bermain game di ponsel atau gadget lainnya.

ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
Courtesy of Pixabay

Beberapa tips yang dapat dilakukan agar menciptakan lingkungan bermain yang aman dan terawasi adalah :

  1. Mengatur waktu yang jelas – atur jatah waktu untuk screen time atau gaming time. Ini harus tegas dan konsisten ya. Bisa juga dikomunikasikan bersama dengan anak (jika sudah cukup besar). Jika masih kecil, silakan ikuti saran dokter.
  2. Membantu menyusun prioritas – beri penjelasan ke anak tentang tanggung jawab, hak dan kewajiban masing-masing seperti mengutamakan tugas sekolah dan pekerjaan rumah sebelum bermain.
  3. Mengawasi kegiatan gaming anak – jadi orang tua juga harus proaktif. Kenali konten dan game yang dimaini oleh anak. Sering berdiskusi agar anak juga tau kita mengenal dan mengetahui kegiatan gamingnya. Bahkan kalau bisa, kita juga ikutan main gamenya juga (dan ikut ketagihan haha – pengalaman pribadi nih).

Agar kegiatan gaming berjalan dengan mulus, tanpa marah-marah karena HP ngelag atau memory full, tentu perlu device yang mumpuni. Di awal tahun 2024 ini, ASUS berhasil meluncurkan ASUS ROG 8 Series, rangkaian smartphone gaming premium yang dirancang khusus untuk lebih dari sekedar bermain game dan menghadirkan pengalaman premium terbaik bagi audiens yang lebih luas.

ASUS ROG 8 Series – Beyond Gaming

Yes, ASUS di it again! ASUS ROG 8 Series, Beyond Gaming, hadir dengan desain yang lebih ramping, lebih ringan, dan bezel yang lebih tipis dari series-series ROG Phone sebelumnya. Series terbaru ponsel ROG ini pun memang dirancang sebagai ponsel serba bisa. Warnanya pun kece-kece!

ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium Warna Hitam

Bagi yang belum familiar, Republic of Gamers (ROG) adalah sub-merek ASUS yang didedikasikan untuk menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak gaming terbaik di dunia. Dibentuk pada tahun 2006, ROG memiliki rangkaian lengkap produk inovatif yang terkenal akan performa dan kualitasnya, termasuk motherboard, kartu grafis, komponen sistem, laptop, desktop, monitor, ponsel pintar, perlengkapan audio, router, periferal, dan aksesori. Semua perlengkapan ROG juga telah digunakan untuk memecahkan ratusan rekor overclocking dan terus menjadi pilihan utama para gamer dan antusias di seluruh dunia.

Baca   5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

Di ASUS ROG 8 Series ini, tampilannya menjadi lebih ramping, lebih ringan, dan menghadirkan berbagai fitur yang dirancang agar mudah digunakan oleh semua pengguna, tidak hanya pengguna di bidang gaming saja. Desain baru kali ini 15% lebih tipis hingga dari generasi sebelumnya, tanpa mengorbankan performa, ponsel ini memberikan penekanan pada desain premium dan daya tahannya.

Performa Tidak Tertandingi

CPU ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
CPU ASUS ROG 8 Series

Inti dari smartphone ASUS ROG 8 ini adalah Snapdragon® 8 Gen 3 dan didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps serta penyimpanan UFS 4.0 yang cocok untuk menjalankan gaming dan banyak fitur lainnya tanpa kejadian HP kepanasan. ROG Phone 8 ini juga didukung oleh Rapid-Cooling Conductor revolusioner (bagian dari desain termal GameCool 8) yang mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.

Terdapat pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru hadir dengan ukuran 29% lebih kecil, namun menawarkan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. Say bye-bye ke kondisi HP yang panas setelah main game dan take atau edit video

AeroActive Cooler X ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
AeroActive Cooler X ASUS ROG 8 Series
Thermal System ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
Thermal System ASUS ROG 8 Series

Seri ASUS ROG 8 juga merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68, yang dibuat untuk tahan terhadap debu dan air sehingga pengguna dapat menikmati pengoperasian tanpa rasa khawatir di mana pun mereka berada. Sangat cocok untuk mendukung kegiatan content creator yang harus siap sedia membuat konten dimana saja.

Ultra-Bright Display yang Menawan

Salah satu di series ini, yaitu ROG Phone 8 Pro menampilkan panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) yang mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO. Dalam hal ini, sistem dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz tergantung pengunaan.

Baca   Tips Menjaga Kesehatan Mata bagi Working Mom

Kalau butuh yang lebih, kecepatan refresh juga dapat di set hingga 165 Hz untuk bermain game yang lancar, dan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk respons instan yang menakjubkan. Ga nge-lag lagi deh kalau main game. Lancar terus~

Camera 03_WW ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium

Tingkat kecerahan tertinggi juga sudah ditingkatkan menjadi 2500 nits, sehingga pengguna dapat bermain game atau menonton film bahkan di bawah sinar matahari. Nah, jadi cocok nih untuk pembuatan konten outdoor!

AI Kamera Tingkat Pro

Tidak afdol juga kalau tidak mengupas tuntas kemampuan kamera yang dimiliki oleh ROG 8 series ini. Terdapat kecanggihan tri-camera system yang ada pada series ini. Yang pertama, kamera utama yang didukung dengan sensor gambar Sony 50 MP akan menghasilkan gambar yang lebih jernih. Lensa sudut lebar 24 mm sangat cocok untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis, sementara mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal untuk fotografi potret dan fotografi makanan.

Lensa Macro ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
Lensa Macro ASUS ROG 8 Series
Gimbal Stabilizer ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
Gimbal Stabilizer ASUS ROG 8 Series

Selain itu, ada 6-Axix Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 yang memastikan video yang lebih mulus dan foto yang bebas guncangan saat bepergian dan ideal untuk low light photography.

Untuk pertama kalinya, seri ROG Phone 8 juga menghadirkan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X.

Hasil Foto ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
Hasil Foto Siang
Hasil Foto ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium (2)
Hasil Foto Siang

Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini juga memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography. Berikut hasil foto-foto langsung dari ponsel ROG 8.

Foto Malam ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
Hasil Foto Malam

Kamera kedua merupakan kamera ultrawide 13 MP yang memiliki lensa bebas atau lensa free-form dan algoritme canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga menghasilkan gambar yang memukau namun tetap natural.

Baca   Tips Menyiapkan Foto Prewedding + Downloadable Prewed Preparation Documents!

Kamera ketiga adalah kamera kamera swafoto/selfie camera ultrawide 32 MP di bagian depan memiliki Field of View (FoV; bidang pandang) yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk selfie grup. Lensa ini juga memiliki sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Foto ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
Foto Normal ASUS ROG 8 Series
Foto Wide ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
Foto Wide ASUS ROG 8 Series
Foto Zoom ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium
Foto Zoom ASUS ROG 8 Series

Khusus untuk mendukung video, terdapat teknologi OZO Audio yang memberi pengguna pilihan untuk menghilangkan suara angin agar dapat menghasilkan rekaman luar ruangan yang jernih, atau menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi.

Fitur AI Pada ASUS ROG 8 Series

Sudah terpukau? Tenang, masih banyak hal yang terdapat di ASUS ROG 8 Series yang akan lebih menambah takjub. Empat fitur AI yang ramah untuk bermain game di seri ROG Phone 8 meningkatkan pengalaman bermain game ke tingkat yang lebih tinggi. Berikut daftar fitur-fitur AI yang super canggih itu ya.

  • Gamer dapat dengan mudah mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode atau menangkap momen penting saat tengah seru bermain dengan X Capture.
  • Ada fitur AI Grabber yang menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition untuk menangkap teks
  • Terdapat X Sense 2.0 meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan serta mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition.
  • Semantic Search yang menggunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Pengaturan.
  • AI Wallpaper dapat membuat wallpaper yang tampak menakjubkan menggunakan teknologi Stable Diffusion,
  • Teknologi AI noise-cancellation yang dapat meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game.

Canggih banget kan ya ponsel terbaru dari ROG ini! Dijamin dapat meningkatkan kualitas serta mempermudah pengalaman gaming, membuat konten maupun berkomunikasi dengan ASUS ROG 8 series.

Baca   Situs Yang Dikunjungi Saat Me-Time

Mengenal Elemen Unik: AniMe Vision

Seri ROG Phone 8 terbaru ini juga memiliki elemen unik yang dapat disesuaikan loh. Ada logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro / Pro Edition), yang memungkinkan pemiliknya untuk mengekspresikan individualitas dan kreativitas mereka.

AniMe Vision ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium

AniMe Vision ASUS ROG 8 Series - Smartphone Gaming Premium (2)

AniMe Vision sendiri adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Layar sekunder eksklusif tersebut berupa Mini LED yang dapat disesuaikan pada ROG Phone 8 Pro dan ROG Phone 8 Pro Edition. Jadi super customizeable dan tidak mungkin ketuker dengan yang lain.

Selain itu, sesame pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain.

Spesifikasi Lengkap & Harga ASUS ROG 8 Series

Sudah mupeng? SAMA. Apalagi pas lihat keseruan di acara launching ASUS ROG Phone 8 Series pada tanggal 20 Maret 2024. Yang datang bisa langsung lihat series ROG terbaru dari dekat dan juga melihat fitur-fitur yang menakjubkan! Bahkan kameranya pun lebih keren daripada series lainnya.

Acara Launching ASUS ROG Phone 8 (1)
Courtesy of Travelerien.com
Acara Launching ASUS ROG Phone 8 (1)
Courtesy of Travelerien.com
Acara Launching ASUS ROG Phone 8 (1)
Courtesy of Travelerien.com
Acara Launching ASUS ROG Phone 8 (1)
Courtesy of Travelerien.com
Acara Launching ASUS ROG Phone 8 (1)
Courtesy of Travelerien.com

Adapun spesifikasi lengkap ASUS ROG 8 Series ini adalah :

Dimensions / Weight 163.8 x 76.8 x 8.9mm / 225g
Color ROG Phone 8 Pro Edition & Pro: Phantom Black

ROG Phone 8: Rebel Grey & Phantom Black

Rear Camera Main: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56”, f/1.9

Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens

Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μm(Actual output photo: 8 MP)

Front Camera 32 MP RGBW,pixel binning 1.4 μm(Actual output photo: 8 MP)
Screen 6.78” flexible AMOLED, FHD+, up to 165 Hz refresh rate, LTPO 1~1 20 Hz, peak brightness 2500 nits
Battery / Charging 5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi-certified charging
Memory 12 GB + 256 GB / 16 GB +512 GB / 24 GB +1 TB
Frequency 5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79

4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66

4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48

WCDMA: 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100MHz

GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz

Others Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (supports ARCore), AirTrigger, WiFi 7 ready, Bluetooth® 5.3, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5 mm headset, NFC

Untuk ASUS ROG Phone 8 series ini, adapun harga & ketersediaan ROG Phone 8 :

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp. 14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp. 19.999.000

Promo Pembelian ASUS ROG Phone 8

Di acara launching hari ini, selain launching secara lengkap fitur dan harga, ada juga berbagai PROMO menarik bagi kalian yang ingin langsung memiliki ROG Phone 8 series terbaru ini. Ada dua jenis Promo ROG Phone 8 :

  1. First Sale Promo
    Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.
    Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
    Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

    Acara Launching ASUS ROG Phone 8 (1)
    Courtesy of Travelerien.com

  2. Consumer Launch Sales Promo
    Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.
Acara Launching ASUS ROG Phone 8 (1)
Courtesy of Travelerien.com

Takut ketinggalan info? Silakan langsung mengikuti sosial media ASUS maupun ROG di :

  • ROG Facebook: https://www.facebook.com/asusrog
  • ROG X : https://www.x.com/asus_rog
  • ASUS Global Facebook: https://www.facebook.com/asus
  • ASUS Global X (Twitter): https://www.x.com/asus

Sekian blog post mengenai series ASUS ROG 8 smartphone yang cocok untuk semua kalangan, tidak hanya gamers saja, tapi bisa untuk membuat konten bahkan menjalankan bisnis. Siapa yang tertarik untuk memilikinya juga? Yuk bisa tinggalkan komen dibawah kenapa ASUS ROG 8 ini masuk ke dalam wishlist kalian. Thank you for reading!

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien.

RELATED POST

1 Comment

  1. Asus ROG ini emang enak buat main game, gak ngelag. Storage-nya gede bisa instal banyak game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.