Family, Kids' Activity, Products, Review

3 Alasan Memakai Cetaphil Baby untuk Bathtime Routine Anak

Last Updated on November 7, 2022

Waktu mandi menjadi salah satu momen bonding favorit saya dengan anak-anak. Semenjak mulai bekerja lagi, kegiatan mandi atau bathtime routine menjadi momen yang saya tunggu-tunggu. Apalagi Dewo paling suka diajak mandi atau main air hihi. Nah, di blog post kali ini, saya akan mengupas lebih dalam tentang apa itu bathtime routine dan juga beberapa alasan memakai Cetaphil Baby untuk bathtime routine anak.

Psst, ternyata bathtime routine atau rutinitas mandi ini bisa mendukung perkembangan otak anak juga loh. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk simak di bawah ini.

Apa Itu Bathtime Routine?

Bathtime routine atau rutinitas mandi adalah serangkaian kegiatan sebelum, saat dan sesudah mandi. Bagi saya, biasanya bathtime routine dimulai dengan :

  1. Memilih baju untuk dipakai setelah mandi
  2. Pre-bath massage atau pijat sebelum mandi – optional
  3. Masuk ke dalam kamar mandi
  4. Keramas – biasanya 2-3 kali seminggu, tidak setiap hari
  5. Sabunan
  6. Bilas
  7. Cuci Muka
  8. Sikat Gigi
  9. Mengeringkan Badan
  10. Post-bath massage – optional
  11. Memakai minyak telon, lotion, & diaper cream. Sunscreen juga jika ingin bermain diluar.
  12. Memakai baju dan diapers.
  13. Memakai face cream untuk muka, hair oil / kid’s hair wax untuk rambut dan juga baby cologne.

WOW banyak juga ya kalau dijabarkan hehe. Tapi seperti itulah kurang lebih bathtime routine atau urutan rutinitas mandi ala saya. Saya terapkan di Rio dan juga (sebagian) ke Dewo.

3 Alasan Memakai Cetaphil Baby untuk Bathtime Routine Anak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bathtime routine ini memiliki banyak manfaat bagi anak maupun orang-tua. Menurut Baby Sparks, bathtime routine juga dapat meningkatkan :

  • Waktu bonding, karena menciptakan waktu tanpa distraksi untuk memerhatikan anak sepenuhnya
  • Perkembangan motorik
  • Perkembangan sensorik
  • Perkembangan bahasa
  • Regulasi Diri – membuat anak merasa terkontrol karena ada rutinitas yang jelas dan berulang.
  • Kemandirian

Dengan banyaknya manfaat untuk ibu dan anak, tentu pengen juga dong membuat bathtime routine untuk anak di rumah. Silakan langkahnya bisa disesuikan dengan kebutuhan dan keperluan keluarga masing-masing. Namun usahakan dilakukan dengan urutan yang sama secara konsisten, sehingga anak juga dapat belajar dan tidak terlalu kaget. Kids love consistency.

Baca   6 Aktivitas Saat Makan Untuk Melatih Motorik Anak

Salah satu produk yang saya pakai untuk anak-anak saat bathtime routine adalah Cetaphil Baby. Kenapa pakai produk Cetaphil yang khusus untuk bayi ini? Silakan baca alasan memakai Cetaphil Baby versi saya ya.

3 Alasan Memakai Produk Cetaphil Baby

Cetaphil merupakan salah satu brand skincare yang sudah hadir selama lebih dari 75 tahun. Brand ini termasuk salah satu brand unggulan dan mendapatkan gelar The No. 1 Derma Brand in Southeast Asia & Hong Kong. Banyak produk yang sudah dikeluarkannya, termasuk rangkaian khusus untuk bayi dan anak.

1. Dapat Digunakan Sejak Bayi Lahir / Newborn

Produk Cetaphil Baby  dapat digunakan sejak bayi lahir atau sejak newborn. Mengapa hal ini penting? Kulit bayi yang baru lahir tentu membutuhkan lebih banyak proteksi dan nutrisi dibandingkan kulit orang dewasa. Skin barier pada bayi juga belum terbentuk dengan sempurna, sehingga diperlukan perawatan ekstra.

Jika Cetaphil Baby aman untuk bayi newborn dan juga bayi berkulit sensitif, maka tentu juga aman bagi anak-anak. Kalau ada produk yang cocok digunakan untuk Dewo maupun Rio, biasanya saya pakai dalam jangka lama nih hehehe. Anti pusing dan anti ribet!

3 Alasan Memakai Cetaphil Baby untuk Bathtime Routine Anak

2. Kandungan yang Melembabkan dan Melembutkan Kulit

Meskipun kulit bayi lembut, ternyata bayi cukup rentan loh mengalami berbagai masalah kulit, seperti kulit yang kering, bersisik dan sensitif. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, skin barrier pada bayi belum terbentuk dengan sempurna. Menurut beberapa jurnal, kulit bayi juga lebih cepat kehilangan kelembapan dan juga lebih tipis.

Oleh karena itu, memilih produk yang memiliki kandung yang melembabkan sekaligus melembutkan kulit bayi dan anak adalah sebuah keharusan. Yuk kita rawat kulit anak kita sebaik mungkin sejak dini.

Beberapa produk Cetaphil Baby mengandung calendula organik, sunflower seed oil, shea butter, glycerin dan almond oil yang dapat bantu calming/menenangkan kulit bayi bahkan kulit yang sangat kering. Komposisi yang ada dapat mengurangi kekeringan pada kulit bayi serta memberikan perlindungan pada kulit bayi dengan menghidrasinya sepanjang hari.

Baca   Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit

3. Formula Hipoalergenik & Teruji Secara Dermatologi

Menurut blog Cetaphil Indonesia, istilah hypoallergenic menandakan bahwa suatu produk telah diformulasikan untuk sebisa mungkin tidak menimbulkan reaksi alergi. Label ini sangat membantu orang dengan kulit sensitif, eksema maupun kulit yang mudah iritasi untuk memilih produk yang tepat.

Sementara semua produk Cetaphil juga sudah teruji secara dermatologi. Pengujian dermatologi adalah kegiatan memeriksa kemungkinan suatu produk dalam menyebabkan iritasi dan sensitisasi (reaksi alergi) di kulit. Kalau sudah lolos, insya Allah aman yaa.

Mengenal Rangkaian Produk Cetaphil Baby

3 Alasan Memakai Cetaphil Baby untuk Bathtime Routine Anak

Ada tiga produk Cetaphil Baby yang biasanya saya gunakan dalam bathtime routine anak-anak. Cetaphil memiliki rangkaian pembersih, sampo, dan losion yang dapat memberikan 5 perlindungan yang layak untuk kulit bayi: lembut, hipoalergenik, menenangkan, menjaga kelembapan, dan menjaga lapisan kulit.

Oiya sekarang sedang ada perubahan kemasan produk loh. Untuk produk Cetaphil Baby, ada kartun lucu di kemasannya. Penasaran kan seperti apa? Yuk baca review Cetaphil Baby singkat di bawah ini!

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo memiliki formula lembutnya teruji secara klinis cocok untuk kulit bayi yang sensitif sejak baru lahir. Karena ini produk 2 in 1, alias bisa digunakan sebagai sabun dan shampoo, produk ini termasuk yang sering dipakai dan paling favorit untuk dibawa staycation hehe.

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo datang dalam kemasan botol plastik berukuran 230 ml. Model botolnya dapat dibuka secara flip top di bagian bawah, sehingga kita tidak perlu membalikkan botol jika produknya tinggal sedikit. Practical move from Cetaphil, memudahkan kita semua hehe.

Adapun komposisinya adalah :

Aqua, Cocamidopropyl Betaine, Disodium Cocoamphodiacetate, Glycerin, Coco-Glucoside, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Citric Acid, Heliotropine, Panthenol, Parfum, Phenoxyethanol, Polyquaternium-10, Propylene Glycol, Quaternium-80, Sodium Benzoate, Sodium Chloride, Sodium Citrate, Sodium Cocoamphoacetate, Sodium Hydroxide. Fil.1257.V00

Jika kandungannya di analisa dengan skincarisma, terlihat bahwa sabun dan sampoo 2 in 1 dari Cetaphil ini bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol maupun bebas silicone. Cukup aman bagi anak-anak dan ternyata cocok untuk kulit kering.

3 Alasan Memakai Cetaphil Baby untuk Bathtime Routine Anak

Tekstur sabun & shampoo ini cair dan berwarna bening. Tidak ada aroma seperti sabun bayi lainnya karena memang fragrance-free, sehingga aman dipakai untuk anak-anak berkulit sensitif. Busanya tidak terlalu banyak, namun setelah dibilas tetap membuat kulit menjadi lembab. Tidak ada efek menarik kulit seperti beberapa sabun lainnya.

Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream

Diaper cream menjadi salah satu barang yang selalu ada di rumah. Dengan tambah aktifnya Dewo, kadang diapernya bergesekan dengan kulit dan menimbulkan bekas merah. Untuk mengurangi bekas terkena diapers tersebut, biasanya saya oles Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream pada saat sebelum memakai diapers.

Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream

Krim ini juga bekerja melembapkan dan melembutkan kulit untuk membantu menghindari munculnya ruam popok. Ternyata produk ini sudah diuji oleh Home Tester Indonesia kepada 279 anggotanya di bulan Agustus 2022. Sebanyak 9 dari 10 Home Tester setuju Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream membantu mengurangi ruam/iritasi/kemerahan.

Formulanya menciptakan lapisan pelindung pada kulit dan melindungi si kecil dari faktor penyebab ruam popok. Adapun komposisi Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream adalah :

Aqua, Zinc Oxide, Isopropyl Palmitate, Helianthus Annuus Seed Oil, Glycerin, Polyglyceryl-3 Polyricinoleate, Butylene Glycol, Polyglyceryl-3 Diisostearate, Prunus Amygdalus Dulcis Oil, Hexyldecanol, Hexyldecyl Laurate, Panthenol, Calendula Officinalis Flower Extract, Cera Alba, Citric Acid, Glycine Soja Oil, Heliotropine, Tocopherol, Zinc Stearate, Zinc Sulfate. Fil.1538.V00

Dapat dilihat bahwa produk ini mengandung calendula organik, sunflower seed oil, glycerin dan almond oil untuk bantu menenangkan kulit bayi bahkan kulit yang sangat kering. Selain itu, kandungan sudah bebas sulfat, paraben, silicone maupun alkohol.

Baca   Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Krim ini datang dalam tube plastik berukuran 70 gram dengan fliptop. Krimnya berwarna putih gading menuju krem dan cukup thick. Perlu waktu untuk meratakannya di atas kulit namun setelah itu langsung terasa lembab. Sama seperti produk lainnya, diaper cream ini tidak memiliki aroma alias fragrance free.

3 Alasan Memakai Cetaphil Baby untuk Bathtime Routine Anak

Oiya, karena cukup kental, gunakan sedikit-sedikit dulu ya. Khawatir kebanyakan dan jadi agak repot meratakannya hahaha *pengalaman*. Setelah pakai ini, saya mengamati Dewo jarang menggaruk-garuk bagian kulit yang terkena diapers. Berarti cukup oke dan berhasil membuat bayi lebih nyaman bergerak. Nice!

Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream

Jika sebelumnya adalah krim untuk bagian yang tertutup diapers, Cetaphil Baby juga memiliki krim untuk bagian kulit lainnya yang memerlukan perlindungan ekstra. Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream ini hadir juga dalam kemasan tube plastik berukuran 85 gram. Series Organic Calendula ini sudah memiliki kemasan baru Cetaphil yang memiliki gambar kartun di depannya. Gemas kan yaa.

Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream

Krim ini dapat membantu memberikan perlindungan pada kulit bayi dengan menghidrasinya sepanjang hari (berdasarkan uji klinis dengan pemakaian dua kali sehari). Selain itu, Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream juga membantu menutrisi kulit bayi hingga 8 jam. Cukup sampai sesi bathtime berikutnya.

Krim ini dapat dipakai dimana saja mulai muka, telinga, leher, tangan hingga kaki. Cukup praktis ya, one product for all. Adapun komposisinya adalah :

Aqua, Glycerin, Helianthus Annuus Seed Oil, Sodium Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Polyisobutene, Panthenol, Methylpropanediol, Butyrospermum Parkii Butter, Allantoin, Calendula Officinalis Flower Extract, Caprylyl Glycol, Caprylyl/Capryl Glucoside, Citric Acid, Glycine Soja Oil, Phenoxyethanol, Sorbitan Oleate, Tocopherol. Fil.1678.V00

Sama seperti diaper cream, protection cream ini sudah bebas sulfat, paraben, silicone maupun alkohol. Terdapat calendula organik, shea butter, glycerin untuk bantu menenangkan kulit yang sangat kering. Sehingga cocok untuk bayi sejak usia newborn hingga anak-anak.

3 Alasan Memakai Cetaphil Baby untuk Bathtime Routine Anak

Krimnya berwarna putih dan cukup mudah diratakan. Tidak ada fragrance, jadi bayi tidak akan terlalu terganggu jika dipakai di bagian muka atau yang dekat dengan hidung. Ssejauh ini, Dewo cukup nyaman memakainya. Katanya bisa untuk menghilangkan bekas luka serangga juga, nanti saya coba yaa. I’ll update you more on this one.


Sekian sharing saya tentang bathtime routine dan juga alasan memakai Cetaphil Baby di dalam bathtime routine itu ala saya. Ada plusnya juga ya beberapa review singkat produk Cetaphil hehehe. Ada yang pakai produk-produk ini juga? Which one is your favorite? Silakan tulis di kolom komentar yaa. Thanks for reading!

RELATED POST

21 Comments

  1. AKu baru tau soal produk Cetaphil Baby ini hihihi 🙂 Maklum, anak2ku sudah remaja semua 😀 Bagus banget ya moms menggunakan produk ini secara rutin. Ada buat mandinya, samponya, diaper cream dll. Namanya bayi pasti kulitnya super halus dan sensitif ya. Jadi pastikan kita memberikan yang terbaik untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuhnya.

  2. Iya ya ternyata bathtime routine itu nggak cuma aktivitas di dalam kamar mandi, tapi juga sebelum dan sesudahnya.
    Kulit bayi yang sensitif emang perlu produk perawatan kulit khusus yang diformulasikan untuk kulit bayi ya mbak, dan ini bisa didapatkan di produk cethapil baby

  3. ternyataa, setelah dijembreng, rutinitas mandi itu panjang juga yaa. tapi gak kerasa karena biasa sat set sat set, ahaha.
    anw, jadi penasaran sama cethapil advanced protection creamnya deh, kayanya bisa menutrisi banget dan mencegah kulit bayi kering yaa

  4. Waah aku baru tau kalau sekarang ada Cetaphil Baby. Ini dicari dan berguna banget nih buat mommies yang punya kulit sensitif dan eksem. Soalnya aman buat kulit baby

  5. Gegara baca ini, jadi pengin punya bayi lagi masaaaa😆 yah sementara bayi kucing aja gpp lahh qkqkqk.
    Btw, produk Cetaphil memang cihuuyyy bgt super duper lovable, aku dulu pakai yg buat dewasa

  6. Banyak memang yang harus dilakukan untuk memandikan anak ya terutama masih kecil bayi gitu. Bener banget sebaiknya disiapkan semuanya sejak awal termasuk pakaiannya

  7. Baca ceritanya aku auto nostalgia mbak waktu memandikan anakku pas masih baby hehe. Baru tau ternyata Cetaphil ada untuk baby ya. Rangkaian produk Cetaphil ini lebih baik dipakai satu set ya mbak..

  8. Wah kalau soal produk untuk bayi Cetaphil emang jagonya ya mak.. untuk bayi juga enak kalau sampo sekaligus sabun, anti ribet-ribet club hehee… bathtime routine bisa jaga keteraturan waktu anak ya..

  9. Wah Dewo happy bangets mandinya, Nak..sehat selalu ya
    Sejak lama tahu brand Cetaphil, yang ternyata termasuk salah satu brand unggulan dan mendapatkan gelar The No. 1 Derma Brand in Southeast Asia & Hong Kong dan banyak produk yang sudah dikeluarkannya, termasuk rangkaian khusus untuk bayi dan anak.

  10. Cethapil bisa menghaluskan kulit dan menghilangkan luka kulit bekas alergi ga ya? Anakku kena alergi jadi ada bintik2 hitam gitu di tangan dan kakinya

  11. Bathtime Routine Anak adalah saat saat yang menyenangkan
    Akan lebih menyenangkan jika anak merasa aman menggunakan produk produk untuk bathtime nya ya mbak

  12. Anakku juga pake mom dan cocok alhamdulillah. Memang produknya teruji klinis yaa.. yang paling aku suka adalah wanginya yang soft

  13. Pokoknya yang noemr satu harus banget ada tuh perawatan produk Cetaphil baby yaa..
    Jadi gak khawatir kalau anak berkulit sensitif bakalan kulitnya gimana gimana..
    Bathtime Routine pun bisa nyaman dilakukan, secara anak bayi seneng banget berlama-lama main air.

  14. Cetaphil memang joss gandoss….
    Saya kenal.cetaphil.ketika bekerja 2006 info dr istri teman kalau cetaphil bagus buat kulit sensitif baik bayi balita dan dewasa

  15. Cetaphil ini pertama kali aku tau untuk orang dewasa yang berkulit sensitif. Nah, sekarang ada Cetaphil baby yang bahkan bisa untuk newborn ya. Aku pun pakai di anakku mba, alhamdulillah cocok di kulitnya..happy deh.

  16. Dilaaaa lama banget ga mampir sini, sibuk jadi abdi negara yah. Kereeen!
    btw, Cetaphil baby ini aku baru tahu. Duh kemana aja soalnya aku cuma pakai yang Cetaphil facial wash itu loh.
    Nah ada krim ruam juga, cocok deh karena anakku masih pake pospak

  17. Wah, aku baru tahu nih kalo Cetaphil juga punya produk untuk bayi. Aku dulu pake yang buat aku dan anak gadisku aja. Pastinya sih kalo dari Cetaphil mah bagus kualitasnya. Pencuci wajahku aja bagus. Sampe sekarang masih pake. Beneran hipoalergenik untuk aku yang sensitif kulitnya. Apalagi produk untuk bayi ya, pastinya aman dan terjaga banget.

  18. Kalo punya bayi wajib sedia Cetaphil baby nih, soalnya emang kulit bayi itu sensitif kan. Makin nambah aja ya varian produk Cetaphil. Seingetku dulu pembersih muka aja.

  19. ugikmadyo says:

    KAlau cetapil aku ma suda percaya banget. Produknya suda pasti bagus. Ini ni yang penting pake formula hypoalegenik. Tak perlu lagi kawatir. Peoduknya lengkap ya. Bukan cuma cream pelembab aja. Plus bisa dipakai buat semua anak. dari bayi sampai todler. Ini ni bisa emat. Beli satu buat semua.

  20. Cetaphil tahu banget deh yang dicari para ibu yang ingin produk istimewa untuk anaknya. Saya juga termasuk yang lebih suka bau bayi daripada bau parfum produk bayi. Kalau punya bayi lagi, Cetaphil harus masuk daftar.

  21. Cetaphil emang lembut banget, dulu aku pake yang buat wajah aja cocok. Aku dulu paling suka kalo mandiin anak-anakku, bisa sambil mainan dulu soalnya, hihi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.