Entertainment, Fashion, How To, Tips

5 Ide Konten untuk Niche Fashion – Plus Cara Mencari Inspirasi Konten Fashion

Last Updated on October 17, 2022

Di era pasca pandemi ini, cukup banyak orang yang beralih menjadi content creator baik sebagai pekerjaan part-time/freelancer maupun untuk pekerjaan full-time. Hal ini cukup berbeda saat saya mulai menjadi blogger di akhir tahun 2015 dan content creator di tahun berikutnya. Now everyone can and could be a content creator! Pas banget di blog post ini, saya akan membagikan ide konten untuk niche fashion. Tertarik? Baca lebih lanjut yaa.

5 Ide Konten untuk Niche Fashion - Plus Cara Mencari Inspirasi Konten Fashion

Sekarang sudah banyak platform social media yang memudahkan kita untuk membagikan konten atau hasil karya kita sekaligus mencari hal paling menarik untuk mengisi waktu luang. Hayoo siapa yang suka melihat Instagram dan TikTok? Cukup banyak konten berkualitas yang dibagikan oleh content creator di platform-platform tersebut.

Melihat Konten dalam Niche Fashion

Salah satu niche atau kategori yang saya suka amati ada di niche fashion. Semenjak pandemi, saya jarang keluar untuk beli baju, sehingga suka ketinggalan trend tertentu huhuhu. Jadi dengan adanya berbagai akun yang membagikan konten dengan kategori fesyen, hal ini memudahkan saya untuk tetap update dengan berbagai macam gaya atau style hits terbaru.

Baca   Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Bagi kalian yang ingin masuk ke dalam niche ini, you are not wrong. Ternyata banyak loh engagement dan feedback dari followers bagi teman-teman yang menekuni niche fashion ini. Saya pun melihat teman saya yang concern di fashion bisa mendapatkan ribuan followers dengan cepat di Instagram maupun TikTok! 

5 Ide Konten untuk Niche Fashion - Plus Cara Mencari Inspirasi Konten Fashion

Beberapa Ide Konten untuk Niche Fashion

Nah bagi yang sedang memulai atau sedang mencari ide konten, terutama ide konten untuk niche fashion, berikut saya berikan beberapa ide ya yang bisa membuat konten kalian menjadi salah satu hal paling menarik untuk dilihat oleh orang banyak. Siapa tau bisa viral juga kan ya (in a good way), aamiin!

1. Review Pakaian

Kita bisa membuat konten yang khusus untuk mereview satu jenis item pakaian yang sedang hits. Jika ada brand yang baru mengeluarkan baju, celana, sepatu, hijab atau fashion item apa saja, atau bahkan sebuah item fashion yang timeless, bisa kita manfaatkan loh sebagai bahan konten

Baca   Cara Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Tepat

Apa yang bisa direview dari sebuah item fashion? Cukup banyak kok. Kita bisa melihat sisi design, material, cutting, durability hingga kenyamanan dalam memakainya sehari-hari. Kita juga bisa mengulas dari sisi cocok atau tidaknya sebuah fashion item digunakan untuk yang ukuran petite maupun ukuran oversize. 

2. Shopping Haul

5 Ide Konten untuk Niche Fashion - Plus Cara Mencari Inspirasi Konten Fashion

Ini salah satu jenis konten favorit saya, karena meskipun saya tidak belanja, tapi saya merasa senang melihat orang lain berbelanja hahaha. Kita bisa membuat shopping haul dengan berbagai tema, seperti di toko tertentu, dengan budget tertentu atau untuk tema tertentu. 

Yang paling penting ada di konten shopping haul adalah lokasi pembelian dan harga masing-masing item harus tertulis dengan jelas. Lebih baik lagi kalau ada diskon, karena ini adalah hal paling menarik dan ibuk-ibuk biasanya lebih suka langsung checkout kalau ada diskon hahaha.

3. Mix & Match Outfit

Konten mix and match outfit juga cocok. Konten seperti ini dapat membuka wawasan dan juga mengekplore style fashion kita. Takut dibilang ga cocok, no worries, you can tell them it’s experimental! The sky is the limit kalau kita membicarakan tentang mix & match outfit. 

Beberapa ide konten untuk mix & match outfit adalah dengan mix & match menggunakan satu item tertentu, atau dengan menggunakan baju dari satu toko tertentu. It’s up to you!

5 Ide Konten untuk Niche Fashion - Plus Cara Mencari Inspirasi Konten Fashion

4. Lookbook Berdasarkan Tema Tertentu

Saya ingat banget melihat TikToknya Tamara Dai dan Elika Boen yang membuat lookbook dengan tema film atau princess. WOW LANGSUNG AUTO FOLLOW! Jadi mereka membuat konten beberapa outfit yang disesuaikan dengan karakter dalam film.

@tamaradai

Reply to @aramazing_7 MOANA HERE WE GO!! #fyp #fashiontransition #outfitinspiration #moana #disney #fashion

♬ You’re Welcome – Dwayne Johnson

Salah satu contoh yang di pin oleh Elika Boen adalah beberapa outfit “If Princess were Girl Bosses”. Mirip banget sama karakter-karakter princess (if they really were alive). Menurut saya, lookbook dengan tema tertentu ini bisa menjadi hal paling menarik dan meningkatkan followers dengan cepat. Psst, Tamara Dai sampai ke Paris Fashion Week loh!

Tapi tentu kita harus kreatif, cepat melihat trend (atau apa yang trending) plus outfit kita harus cukup beragam. Semangat!

5. One Item, Three Styles

Pengen jadi content creator fashion tapi outfit masih minimalis (atau lebih memilih minimalist fashion)? Tenang ada ide konten yang bisa kalian gunakan. Disini saya menyebutnya one item, three styles. Tapi kalau kalian kreatif, kalian bisa membuat one item, five style hingga ten styles kalau bisa hehehe. 

Jadi cukup menyediakan satu fashion item dan kalian buat beberapa gaya dengan memakai fashion item tersebut. Cukup simple kan?

Dimana Bisa Cari Inspirasi Konten Fashion?

Kok cumin lima sih? We want more! Eits, sekarang waktunya kalian untuk menjadi kreatif juga. Carilah konten dan hal paling menarik tentang fashion yang bisa kalian buat menjadi konten. Jangan mau disuapin aja, yuk kita latih diri sendiri menjadi kreatif jika ingin menjadi content creator yang handal!

5 Ide Konten untuk Niche Fashion - Plus Cara Mencari Inspirasi Konten Fashion

Nah saya kasih bocoran dikit nih, dimana biasanya saya mencari inspirasi konten dan juga inspirasi fashion? Pertama yang saya lihat tentu Pinterest dan situs Who What Wear untuk beberapa look dan juga tips soal fashion. Setelah itu saya melihat akun Instagram atau TikTok beberapa fashion house dan brands. Selain itu, jangan lupa lihat juga beberapa akun fashion influencer yang stylenya sesuai dengan kita. 

Perlu koneksi internet yang oke dong? Yap, untuk mendapatkan inspirasi online, tentu perlu koneksi internet yang oke salah satunya dengan menggunakan IndiHome dari Telkom Group. Di rumah maupun di kantor, semuanya menggunakan IndiHome karena termasuk yang jaringannya luas dan mudah untuk melakukan instalasi baru.

Baca   Mulai Ngeblog di Rumah? Wajib Punya Barang Ini!

IndiHome ini selain merupakan koneksi internet yang cocok untuk content creator dan pekerja, ternyata merupakan pilihan internet untuk pelajar maupun mahasiswa loh. Jadi serumah bisa menggunakan internet sesuai dengan tujuannya.

Psst, IndiHome ternyata menawarkan paket promo internet untuk pelajar dan guru loh. Jelas ini sangat membantu proses belajar mengajar yang banyak dilakukan secara online. Karena anak saya sebentar lagi masuk SD, jadi opsi internet untuk pelajar ini menarik untuk dilirik.

5 Ide Konten untuk Niche Fashion - Plus Cara Mencari Inspirasi Konten Fashion

Apalagi paket internet untuk pelajar ini hadir dalam kecepatan 20 Mbps dan 30 Mbps. Plus bebas akses aplikasi Pijar Belajar juga! Selain internet untuk pelajar dan guru, terdapat banyak paket add-on sampai berlangganan Netflix yang ditawarkan. Cukup lengkap kan ya~

Dengan adanya koneksi internet yang oke plus ide konten untuk niche fashion, tentu membuat konten akan lebih mudah. Inspirasi membuat konten fashion juga akan terus muncul. Belum FYP? Pertambahan follower masih lambat? Jangan putus asa dulu. Be consistent and interact with your audience. Semangat terus menjadi content creator yang berkualitas!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.