Business & Entrepreneurship, Technology

Yuk Jualan Online! Cara Memulai Bisnis dengan Modal 500 Ribu Rupiah

Last Updated on November 21, 2022

Di era digital ini, sudah tidak heran kalau orang punya hustle dan side-hustle berupa online shop. Yap sudah banyak sekali ajakan “Yuk Jualan Online” karena memang semudah itu sekarang! Hayoo siapa yang juga sudah memulai bisnis online dan mendapatkan pendapatan extra? Cung!

Awal Mula Berjualan Online

Cerita sedikit dulu yaaa *tetep. Saya memulai jualan online pertama kali sekitar tahun 2011. Waktu itu, saya ingin mendapatkan pendapatan sendiri tapi apa daya belum bisa bekerja karena masih di tahun terakhir menempuh pendidikan S1. Entah ada apa, jadinya agak nekat dan memulai usaha dropship baju-baju dan asesoris cewe.

Kok tahun 2011 bisa online? Bisa dongs hahaha. Tapi jaman dulu onlinenya adalah menggunakan BBM alias Blackberry Messenger. Bagi yang sudah belanja di Danessa Project saat itu, terima kasih yaaa. ❤️Alhamdulillah lumayan juga hasil yang didapatkan. Usaha ini lalu diteruskan setelah lulus S1 hingga tahun 2014. Kegiatan dropship ini sempat terhenti karena waktu itu disuruh fokus S2 dulu.

pengalaman memulai bisnis online
Senangnya bisa mengirim paket seperti ini setiap minggu 🙂

Fast forward 2021, sudah punya 2 anak dan tiba-tiba mendapatkan ilham untuk melanjutkan lagi bisnis online. Mulailah dengan semua hal yang serba baru. Dulu sempat jualan juga di marketplace tapi wow sudah banyak yang berubah ya. Jadi harus belajar lagi dan ternyata seru! Jadi makin semangat memajukan bisnis via online karena memang semudah itu! Kita di rumah saja tapi bisa menghasilkan pendapatan ekstra.

Baca   Tips Memulai Usaha di Rumah bagi Ibu Rumah Tangga

Cara Memulai Bisnis Online

Bagi yang sudah punya bisnis, maupun yang sedang hiatus mau buka online shop lagi atau yang belum punya, yuk jualan online sekarang. Sekarang waktu yang pas untuk scale up bisnis dan menjangkau lebih banyak pelanggan dengan memasukkan toko dan produk-produk kita di dunia maya.

Bahkan jika kita tidak punya toko offline atau tempat untuk menaruh barang-barang yang akan dijual, kita masih bisa melakukan dropship yang banyak ditawarkan oleh toko grosir/toko besar lainnya. Eits, tapi kalau kita terbatas modalnya, apa yang bisa dilakukan ya?

Berbagai Peluang Bisnis Modal 500 Ribu Rupiah

ada blogpost ini, saya bagikan beberapa peluang bisnis dengan modal 500 ribu rupiah saja! Ada? Ada dong. Bisa dibaca juga nih pada artikel berikut ini: Memulai Bisnis. Ternyata tidak perlu modal yang besar untuk memulai bisnis sendiri di marketplace online. Penasaran? Saya berikan juga beberapa ide untuk jualan di bawah ini ya.

1. Barang / Merchandise K-Pop

Dengan naiknya K-Pop dan K-Drama, menjual barang atau merchandise K-Pop bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi boyband atau girlband besar semacam BTS, Seventeen, Blackpink dan lainnya. Pasti laris manissss!

Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers - aneka lightsick kpop
Courtesy of : kpopmap.com

Kita bisa membuat merchandise print out, unofficial photocard, poster, sticker dan masih banyak lagi. Jika ingin menjual barang official juga bisa. Kita bisa mencari jasa warehouse di Korea dan memesan merchandise official via Korean Warehouse tersebut.

Baca   Cara Membeli Barang & Membership di Weverse Shop dengan DANA

2. Baju Anak

Salah satu produk yang cukup laris untuk dijual secara online adalah baju anak. Banyak variasi baju anak yang dapat dijual, mulai dari ukuran newborn hingga ukuran pra remaja. Selain itu banyak jenisnya juga, seperti baju rumah, baju tidur, baju pesta, baju renang dan masih banyak lagi.

Dengan harga satuan yang relatif murah dan perputaran barang yang cukup cepat, baju anak dapat menjadi salah satu alternatif barang yang dijual di dalam bisnis online. Dan pasti ibu-ibu selalu kalap ya kalau melihat baju anak yang lucu hahaha. We obviously need to have them in our child’s wardrobe!

ide bisnis jualan baju anak
Courtesy of Pixabay

3. Jastip Toko / Event

Selepas mulai melandainya kasus Covid dan mulai dilonggarkannya PPKM di Indonesia, sudah mulai banyak event dan toko yang menawarkan produk-produk andalannya. Apalagi kalau ada event sale, woah lebih menyenangkan lagi! Kita bisa menjadi jastip toko atau jastip event tertentu dan menjualnya di dalam toko online kita.

4. Skincare

Skincare menjadi salah satu produk yang dapat dijual dan laris manis. Dengan banyaknya skincare lokal yang ada dan menawarkan berbagai skema reseller, menjual skincare menjadi salah satu ide memulai bisnis dengan mudah.

bisnis skincare dan kosmetik online
Courtesy of Pixabay

Dengan modal 500 ribu rupiah saja, kita bisa mendapatkan berbagai macam skincare lokal. Bahkan beberapa brand juga memiliki banyak program dan reward untuk reseller jika mencapai penjualan nominal tertentu. Menarik bukan? Belum lagi dengan pasar yang begitu luas, skincare menjadi salah satu produk yang banyak terjual di berbagai marketplace online.

Baca   Review Raena Beauty - Aplikasi untuk Memulai Bisnis Kecantikan

Yuk Jualan Online Sekarang!

ajakan untuk yuk jualan online

Masih banyak produk yang lainnya dapat dipasarkan dan dijual secara online. Dengan banyaknya kemudahan untuk berjualan online, yuk jualan online sekarang. Beberapa keuntungan menjual barang dagangan secara virtual di marketplace adalah :

  • Tidak membutuhkan modal besar dan banyak tenaga
  • Operasi rendah biaya / low cost operation
  • Bisa langsung kontak langsung dengan pelanggan
  • Mendapatkan pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri

Namun tentu perlu pengetahuan dan latihan untuk berjualan online. Mulai dari cara penyusunan judul, penyusunan deskripsi, bermain dengan ads, berbagai teknik marketing hingga kemampuan mengambil foto serta video yang mumpuni.

Yuk Jualan Online! dibantu dengan Lazada

artikel bisnis di blog Lazada Yuk Jualan Online! Cara Memulai Bisnis dengan Modal 500 Ribu Rupiah

Salah satu web yang mendukung kita untuk jualan online adalah blog jualan online dari Lazada. Di dalam blog tersebut terdapat banyak artikel marketing, tips, trick maupun informasi terbaru mengenai Lazada. Ternyata cukup banyak artikel dan tips yang berguna bagi yang baru memulai bisnis online maupun yang sudah lama memiliki toko online.

Mudahnya Jualan di Lazada

tahap berjualan di Lazada - Yuk Jualan Online! Cara Memulai Bisnis dengan Modal 500 Ribu Rupiah

kenapa harus Jualan di Lazada?

Bagaimana, sudah mulai tertarik? Yuk jualan online sekarang. Sekarang juga cukup mudah membuka toko online di Lazada. Caranya adalah :

  1. Langsung menuju alamat https://sellercenter.lazada.co.id/ atau mengetik Lazada Seller Center di dalam kolom pencarian. Jika langsung mengkases dari situs Lazada, silakan pilih Menjadi Seller yang ada di halaman utama.
  2. Pilih Daftar sebagai Penjual Lazada.
  3. Daftar langsung dengan menggunakan nomor HP, Facebook atau Google.
  4. Isi form dan siapkan KTP, NPWP dan NIB jika dibutuhkan.
  5. Lakukan verifikasi
  6. Klik Daftar dan selesai.
  7. Toko online sudah siap. Silakan upload produk dan menghias toko sesuai keinginan.

 Cara Memulai Bisnis dengan Modal 500 Ribu Rupiah saja di Lazada

 

Nah, siapa yang sudah siap jualan di Lazada? Yuk jualan online sekarang, dapatkan cuannya! Semangat semuanya~

RELATED POST

18 Comments

  1. Ya Allah jadi inget jaman pake BeBe dong alias Blackberry Messenger, hehehe. saya juga di tahun yang sama pernah tuh usaha online aksesoris cewek, tapi gak maju karena belum kenal digital marketing instagram apalagi marketplace. nah sekarang kesempatan bagus nih untuk mulai lagi bareng lazada ya

  2. Aaaak yaampun jd inget dulu pesen2 lewat BBM, paling inget pas garskin custom dulu yg lg ramai2nya wkwkkw. Time flies ya, udh nggak manual lg skrg kalau jualan krn udh ada platform dg fitur yang bisa dimanfaatin kaya Lazada, jualan jd lebih luas dan berpotensi bertemu lebih banyak calon pembeli.

    Setujuwww sama jualan online merch kpop dan skincare, soalnya peminatnya banyak dr usia yg beragam pula. Ditambah efek dr review2 “racun2” ala influencer maupun belajar skincare steps gt, bs dimulai dg modal 500k sajah ya.

  3. Jualan baju anak tiada matinya deh ya. Tak hanya baju, tapi juga segalanya terkait anak. Secara logika saja, siapa yang mau coba-coba untuk kepentingan anak. Ya kan?

  4. Euw.. Aku pernah nih jualan online zaman sekolah dulu. Tapi cukup seret sih memasarkannya, apalagi belum ada ecommerce kek sekarang, masih sistem MLM (Mulut Ke Mulut), wkwk..

    Tapi kalo sekarang, banyak sekali pilihannya cara jualan online nya. Salah satunya Jualan di Lazada yah, Mbak. Jualan apa pun kalo didukung sama ecommerce ternama gini sih bakal semangat dan cepat kaya kita, haha..

  5. Keren banget mba. Modalnya bahkan bisa dimulai dari ratusan ribu rupiah saja ya. Masih istikomah mba sampai sekarang? Lazada ini enggak cuma merchant online ya, tapi juga ikut mengedukasi mitranya agar menghasilkan lebih banyak cuan dari penjualan.

  6. Sekarang apa-apa bisa dijual, jadi ga ada alasan buat ga jualan online ya Mbak. Makin mudah dengan teknologi, kayak Lazada ini memudahkan seller. Ga perlu punya barang sendiri pun bisa, salut dengan komitmen dan dukungan Lazada buat kemajuan seller dan pelaku usaha Indonesia.

  7. Modal 500 ribu bisa punya bisnis online. Jualannya di Lazada. Sebenarnya mudah membuka usaha online asalkan mau

  8. lazada itu marketnya besar banget yaa mba, jadi kalau jualan di sana mah bisa banget. apalagi kalau jualan aksesoris kpop, aduh itu bener2 banyak pembelinyaa haha

  9. Saya tuh kalau baca artikel gini suka pengen balik jualan online lagi, deh. Sesenang itu kalau ada pesanan hahaha! E-commerce seperti Lazada memang sangat membantu para seller online. Dengan modal minim pun tetap membuka peluang berjualan online

  10. Di jaman sekarang punya usaha sendiri gak perlu butuh modal yang banyak, krn kemudahan internet mempermudah semuanya, apalagi hadirnya Lazada

  11. modal 500ribu pun sudah bisa jualan online, yang penting rajin posting jualannya, promosi ke semua media sosial pasti bisa dooong, apalagi sekarang udah banyak media sosial yang bisa digunakan, dulu kan terbatas ya hehehh.
    yang baju anak dan skincare nih tiada matinya 😉

  12. Jadi inget dulu pernah pengen punya usaha sambilan jualan online gitu, tapi belum terlaksana juga sampe sekarang, wkwk.. Hmm harus numbuhin semangat lagi nih biar muncul lagi keinginan jualan onlinenya

  13. Aku sering buka jastip dari toko atau event, Mbak, termasuk waktu pandemi kemarin. Unforgettable moment dah open jastip ketika pandemi karena banyak syarat dan ketentuan yang harus diikuti demi bisa bisa open jastip dari lokasi :))

    Sekarang mau nyoba jualan di marketplace juga. Kalo jastip gitu kan aku suka belanja lebih, buat dijual reguler.

  14. Wah jualan online emang cuan banget, apalagi kalau bisa kuasain pasarnya itu enak banget buat nentuin harga barangnya. Aku udah coba mulai dan lumayan buat nambah penghasilan tambahan dari rumah 😀

  15. Iya mba, sekarang jualan online bisa apa saja dan dimana saja. Menarik banget! Lazada juga banyak penggemarnya sekarang. Jualan online tuh emang cuan bangettt

  16. memang asalkan ada niat, modal sekecil apapun bisa jadi segunung. apalagi sekarang banyak platform yang mau mempermudah para penggiat ekonomi seperti Lazada. semangat selalu mba, ulasannya keren!

  17. wah iya ya, dengan modal 500 ribu saja bisa jualan oline. Apalagi kalau jualan online-nya di Lazada..mudah dan untung tuh!

  18. Baca artikel ini jadi pengen belajar jualan lagi kayak dulu. Biar ada yang dikerjakan lain selain ngeblog. Lumayan juga kan bisa bikin konten untuk diri sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.