Automotive, Technology, Tips, Travel

Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra

Ada yang sudah ada rencana liburan pada akhir tahun ini? Cung! Ternyata mempersiapkan liburan akhir tahun itu lumayan menguras pikiran ya. Apalagi sekarang sudah ada balita hehehe. Banyak sekali yang harus dipikirkan dan harus dipersiapkan sebelumnya.

Bayangkan, waktu Rio masih MPASI makan bubur dan nasi tim ala ala, saya sampai bawa saringan dan juga food maker mudik! Hahahaha kebayang kan ribetnya. Beda banget deh sama waktu single dulu. Tinggal packing beberapa baju dan peralatan elektronik, cus langsung berangkat deh.

Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra

Makanya saat saya diundang oleh TRAC Astra dan juga Kompas.com untuk datang ke acara dengan temaΒ Liburan Akhir Tahun Gak Pake Ribet pada tanggal 4 Desember kemarin di Eastern Opulance, saya langsung bersemangat! Selain sudah beberapa waktu tidak ikut ngumpul bareng blogger lain, saya juga ingin tau beberapa tips bermanfaat yang bisa saya gunakan untuk mempersiapkan liburan. Kalian mau tau juga ga? Silahkan disimak tulisan di bawah ini ya πŸ™‚


Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra

Dalam acara tersebut, hadir 4 narasumber yaituΒ Febrian (Travel Blogger), Sri Anindiati Nursastri – Sastri (Editor Kompas.com Travel), Pak Riyadi (TRAC Rental Deputy COO) dan Pak Luthfi (TRAC Bus Services Branch Manager). Semuanya mempunyai tips dan trick dalam mempersiapkan liburan ala anti ribet ribet club, namun secara garis besar, hal yang harus dipersiapkan sebelum berpergian adalah :

Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra

1. Transportasi / Tiket Menuju Tujuan

Menurut Mbak Sastri,Β tren destinasi yang diminati wisatawan lokal adalah destinasi yang instagramable! Kalau ada wisata foto, pasti ramai deh! Apalagi kalau keadaan alamnya bagus dan terawat. Makanya top 3 destination in Indonesia untuk wisatawan lokal masih Bali, Jogjakarta dan Malang.Β Ya tentu kalau mau berpergian ke tempat tersebut, kita harus mempersiapkan transportasi atau tiket menuju tempat tersebut.

BacaΒ Cara Mudah Mencari Paket Liburan ke Pulau Tidung

Ada baiknya kita memesan tiket jauh-jauh hari, terutama jika kita pergi sekeluarga atau dalam rombongan besar. Psst, banyak airlines yang memberikan harga diskon pada hari Selasa loh! Kalau kalian pergi sendirian alias solo traveling, Febrian menyarankan agar terus memantau Last Minute Discount alias belinya mepet hari pergi.

Jika kalian punya budget lebih dan punya anak, tidak ada salahnya menggunakan full service airline yang juga menyediakan makanan dan banyak fasilitas lain saat berpergian jauh. Bahkan kita bisa request tempat duduk serta baby cot jika berpergian dengan bayi. Namun apabila ingin berwisata dalam negeri, sepertinya low budget airline juga cukup nyaman. Jika punya budget lebih, bisa reservasi kursi atau upgrade ke Business atau First Class.

2. Akomodasi

Mau tinggal dimana saat liburan? Hotel? Resort? Villa? Nginep di rumah saudara? Glamping atau nyewa caravan? Apapun itu pikirkan dan rencanakan dengan baik ya. Mbak Sastri menghimbau untuk membooking akomodasi jauh-jauh hari, jika ingin liburan akhir tahun. Jangan sampai liburan jadi gagal gara-gara ga betah di hotel atau malah ga dapat hotel sama sekali, hiks.

Berbagai hotel chain internasional yang besar juga punya Kids Club yang menyediakan berbagai macam kegiatan. Jadi silahkan check terlebih dahulu ya. Jangan sampai salah booking tanggal juga!Β  Oiya bagi yang punya bayi yang sedang dalam masa awal MPASI, berdasarkan pengalaman saya, lebih enak menyewa apartemen atau hotel yang menyediakan kitchen di dalam kamar. Memasak atau memanaskan makanan jadi sangat mudah! Ga perlu bawa food processor deh, makin banyak tempat di bagasi untuk oleh-oleh! Hehehe. πŸ˜€

3. Barang yang akan Dibawa

Perhatikan jenis akomodasi, cuaca dan kondisi destinasi liburan. Kalau mau pergi ke tempat dingin, jangan lupa bawa jaket dan berlapis-lapis baju. Kalau ternyata lokasi tersebut sedang hujan, jangan lupa siapkan payung dan jas hujan. Kalau anak sedang MPASI, pastikan bawa alat makannya. Kalau mau glamping, jangan bawa heels. Dan masih banyak lagi hehehe. Just use your common sense on this one πŸ™‚

BacaΒ Tips Menyewa Perlengkapan Bayi dan Anak

Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra

Jangan lupa juga untuk bawa uang cash yang cukup dan alat pembayaran lainnya. Harga cenderung naik nih saat liburan akhir tahun, jadi pastikan punya budget yang cukup ya.

4. Transportasi Selama di Tujuan

Nah ini yang kita sering lupa. Kita hanya memikirkan transportasi dari kota asal ke destinasi wisata. Pas sudah sampai, bingung deh mau jalan-jalan pakai apa, hiks. Apalagi kalau punya bayi. Kebayang ga sih kalau pakai transportasi online, semua barang harus diturunin termasuk diaper bag, stroller, makanan dan masih banyak lagi. Padahal kadang cuman pengen numpang liat-liat dan foto sebentar di satu destinasi. *sigh* Lelah.

Mbak Sastri mengungkapkan bahwa semenjak punya bayi, menyewa mobil adalah solusi paling pas. Semua perlengkapan bisa ditaruh di mobil dan kita siap menjelajah destinasi liburan! Lebih baik kalau ada supirnya. Kita tidak capek plus supirnya lebih tau medan dan lokasi tujuan, kita pun lebih tenang.

BacaΒ Tips Menjaga Psikis Anak Sejak DiniΒ 


Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra

Rental Mobil tanpa Ribet dengan TRAC Astra

Febrian dan Mbak Sastri ternyata memilih untuk menyewa mobil di TRAC Astra. Yap, ternyata ada rental mobil terpercaya yang menyediakan sewa mobil di 42 kota di Indonesia! Cara bookingnya juga mudah, kita tinggal masuk ke webnya dan bisa langsung sewa deh. Tidak pakai ribet google dan tanya sana sini untuk mendapatkan rental mobil. Simple banget kan ya?

Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra
Courtesy TRAC Astra

Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra

Pak Riyadi, selaku COO TRAC Astra, mengatakan bahwa TRAC Astra Rent-a-Car ini menyediakan mobil dengan supir maupun self-drive atau lepas kunci (self drive atau menyetir sendiri). Semua mobilnya berkondisi prima, tidak lebih dari tiga tahun umurnya dan tentu kebersihannya sangat terjaga. Soalnya males juga kan nyewa mobil yang ada baret sana sini atau paling parah yang bau rokok! Big no no for me. Beberapa keunggulan lainnya adalah :

  1. Banyak pilihan mobilnya, sepertiΒ Toyota Avanza, Toyota Innova, Toyota Alphard, Toyota Camry, Toyota Hi Ace.
  2. Biaya sudah termasuk bensin, asuransi, biaya toll, biaya parkir dan biaya supir. Sudah fix harganya dan ga usah keluar duit lagi.
  3. Ada airport transfer, yaitu kita langsung dijemput di airport tanpa harus menunggu taxi atau transportasi online. Saves so much time!Β Apabila kita berpergian ke Singapore, Jepang (Tokyo, Kyoto, Osaka) dan juga China (Beijing, Guangzhau, Shanghai, Hongkong), kita juga bisa nyewa mobil di TRAC Astra loh!
  4. Jaminan mobil pengganti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (kecelakaan atau mogok)
  5. Layanan emergency selama 24/7
  6. Uang sewa akan dikembalikan sepenuhnya jika pembatalan dilakukan H-2 (dua hari sebelum) tanggal sewa
  7. Suka ada promo dan paket wisata yang menarik!

Ngomongin promo (karena #emaksukadiskonan), ternyata akhir tahun ini TRAC Astra memiliki promo menarik untuk kalian yang sedang liburan akhir tahun.Β Kita bisa dapat bonus tambahan hari untuk sewa mobil lepas kunci (selfdrive) selama pemakaian tanggal 1 Desember 2018 sampai 13 Januari 2019, khusus mobil Avanza dan Innova. Sewa mobil 2 hari, dapat bonus sewa mobil 1 hari. Jadi total 3 hari sewa, hanya bayar untuk 2 hari saja. Lumayan kan?

Kalau mau lebih lama liburannya juga ada promo sewa 4 hari bonus 2 hari dan sewa 6 hari bonus 3 hari loh! Bisa menekan budget juga ya! Ini berlaku di semua cabang TRAC di Indonesia loh. Syaratnya gampang, yaitu kita harus booking dulu sampai hingga tanggal 15 Desember 2018 dan pembayaran harus dilakukan di muka. Untuk harganya bisa diliat di web INI ya.


Sewa Bis di TRAC Astra

Bagaimana kalau berangkat sama keluarga besar dan juga dengan teman kantor? Bisa juga kok pakai TRAC Astra Bus Service alias kita bisa rental bis! Menurut Pak Luthfi selaku TRAC Bus Services Branch Manager,Β hal ini cocok digunakan jika ingin pergi liburan dengan banyak orang, seperti reuni keluarga atau reuni sekolah. Banyak pilihan bis yang bisa disewa mulai dari bisa kecil untuk 12 orang hingga bis besar yang cukup hingga 54 orang. Bahkan ada luxury bis yang lengkap dengan wifi dan meeting room. Keren kan!

Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra
Courtesy : TRAC Astra

Keamanan dan kenyamanan perjalanan menggunakan bis dari TRAC Astra juga terjamin.Β Armada dan crew bis TRAC Astra sudah diberikan pelatihan, termasuk untuk pelayanan dan juga untuk menjaga serta merawat bis agar tetap prima kondisinya. Bahkan crewnya sudah terlatih untuk mengambil foto hehehe. Ga usah bingung wefie-an deh pas jalan-jalan, bisa foto banyakan deh πŸ˜€ Pssst, katanya sih bakal ada promo diskon 50% untuk pemesanan rental pada bulan January & February 2019 nanti! Catat ya tanggalnya! #diskonalert


Bagaimana, sudah siap liburan akhir tahun tanpa ribet? Have a safe and wonderful trip!

Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra

Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra

Liburan Akhir Tahun Anti Ribet Bersama TRAC Astra

 

RELATED POST

19 Comments

  1. Ini koq saya jadi baca ulang yang pas bagian diskon 50%nya ya..hahaaa, aduh ketahuan deh emak-emak banget nyari yang harga diskon.
    Alhamdulillah jadi lebih mudah sewa mobil, tanpa ribet dan was2 lagi, mau liburan atau mudik jadi lebih terencana dan sesuai budget.

  2. Liburan jauh bawa anak kecil emang rempong ya hehe saya pun berasaa. Enak ya ada Trac Astra ini mau rental mobil tinggal ke aplikasinya,jadi gak bingung cari-cari tempat rental mobil

  3. Buat kami yang gak punya kendaraan mau liburan rental mobil salah satu cara supaya liburan makin menyenangkan. Apalagi bawa anak perbekalannya pasti banyak

  4. Track Astra rent car ada buat tujuan ke Malang juga ya mom? Pas nih buat keluarga aq. Kalo liburan pasti mudik ke Malang & butuh moda transportasi

  5. Benar banget mbak mending sewa deh disana kalau kemana2 mw liburan . Lebih kecil juga risikonya. Apalagi ini dari Astra ya. Mobil yang kita sewa pasti kualitasnya sudah sangat baik jadi aman dan liburan tenang

  6. Wah aku pengen banget liburan k Malang krna blm prnh kesana sama sekali,suka mupeng yg bolak balik dines k Malang,btw harga sewa mobil jd lbh murah itungannya y mb dr pd sewa drental biasa dsni krna ada bonus2 itu lho

  7. Maksutnya suka mupeng sama suami aku yg bolbal dines k MalangπŸ˜†

  8. Sewa mobil lebih enak yah, apalagi ada drivernya, jadinya liburan makin asyik dan tenang bareng Trac

  9. Jadi pengen liburan tapi masih bingung mau liburan kemana. Wah seru nih ada promo diskon 50% dari TRAC ASTRA.

  10. Apalagi kalau liburannya masih bawa bayi atau balita, tranasportasi yang nyaman memang harus. Bagusnya sekarang bisa sewa mobil di TRAC

  11. Sama banget nih mbak sama aku! Anak masih MPASI itu bawaannya pengen liburan simple aja gitu ya, gak ribet. Enak sekarang ada Trac, bisa liburan tanpa ribet.

  12. Semangat deh liburan bersama keluarganya. Kadang suka mikir kalo mau liburan keluar kota bersama keluarga besar tp mobil ngga cukup. Sekarang sdh ada TRAC dari Astra sebagai solusi rent car liburan kita

  13. Duuuhh baunya udah bau liburan dan males ngapa2in yaaaa hehe.
    Aku mau kepoin harganya ah, pengennya sih bawa driver, soalnya biar bisa santai liburannya πŸ˜€
    TFS infonya

  14. seneng nih kalau liburan ga ribet lagi ya mba, duh aku kalau mau mudik anak masih cilik bingungby mpasinya mba makanya ntar lah nungguin Rayi gedean dikit

  15. Ini tuh menolong banget ya, aku sering nih keluar kota buat sewa mobil. Karena ada langganan tapi belakangan si langganan suka full book, sekarang aku tak perlu memohon sama dia lagi. Mending aku pakai TRAC aja, tinggal duduk manis disupirin deh.

  16. Last minute discount..ini kadang aku pakai dan meski berisiko tapi lumayan lho hihihi
    Tapi memang bener TRAC ini bikin mupeng, memang mesti pakai ini biar liburannya enggak pakai ribet

  17. Wah ada sewa bus juga ya. Asik banget semua kendaraan yang disewakan tersedia di sini ya mba πŸ™‚

  18. Kalau travelling bareng anak memang lebij praktis sewa mobil biar gak ribet ya mbak.

  19. Bawa bayi saat liburan memang agak ribet, kalau naik bis umum takutnya sering nangis akibat masuk angin . bisa membuat penumpang lain kewalahan.

    Kalau sewa mobil lebih nyaman aja, tidak encok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.