Family, Thoughts, Tips

Cara Mengisi Waktu Selama Ramadhan untuk Ibu Rumah Tangga

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Banyak sekali amal baik dan ibadah yang akan menjadi pahala di bulan ini. Ada banyak cara mengisi waktu selama Ramadhan. Diharapkan waktu tersebut digunakan seefektif mungkin untuk memberikan manfaat yang besar bagi diri sendiri maupun orang lain.

Sebagai ibu rumah tangga, tentu mobilitas kadang berkurang. Namun masih banyak cara agar mendapatkan berkah dan menyebarkan manfaat selama Ramadhan. Apa saja yang bisa kita lakukan?

1. Beribadah Sebaik Mungkin

Tentu ini merupakan bagian inti dari bulan Ramadhan. Karena berada di rumah, kita bisa memanfaatkan waktu untuk memperbanyak ibadah. Kita bisa sholat wajib, sholat sunah, baca Al Quran dan mendalami ilmu agama di kenyamanan rumah.

Syukur-syukur di dekat rumah ada kajian mingguan yang bisa didatangi untuk bersilaturahmi sambil menambah ilmu. Pokoknya ibadah apapun insya Allah bisa dilakukan dengan khusyuk di rumah. Dengan catatan anak kalem atau sudah tidur ya hehehe.

Baca Review Singkat Aplikasi Muslim Pro Indonesia

Review Singkat Aplikasi Muslim Pro Indonesia

2. Memasak untuk Buka Puasa

Ibu rumah tangga memang identik dengan dapur. Oleh karena itu, kita bisa mendapatkan berkah dengan cara memasak atau memberi makan orang yang akan buka puasa. Di kompleks saya, ada program untuk membantu menyiapkan takjil di masjid. Jadi masing-masing rumah tangga memiliki kewajiban untuk memberikan takjil minimal sekali selama bulan Ramadhan ke masjid dalam kompleks.

Takjilnya juga dibebaskan sesuai kemampuan. Mau ditambah makanan berat juga boleh. Yang penting tidak  memberatkan dan dapat membantu pengurus masjid juga untuk mempersiapkan makanan bagi yang ingin berbuka puasa di masjid.

3. Membantu Galang Dana Online

Tidak keluar rumah bukan berarti kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk membantu orang lain. Ada banyak aplikasi dan platform untuk menggalang dana online. Kita bisa memanfaatkan itu untuk bersedekah atau berinfaq demi membantu sesama.

Baca Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat

Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat

Kalau belum mampu berdonasi banyak, cukup dengan beberapa klik saja dan kita bisa membagikan campaign galang dana itu ke banyak orang. Alhamdulillah cukup mudah ya sekarang berkat kemajuan teknologi. Jarak tidak menjadi penghalang lagi 🙂

4. Memperkenalkan Ramadhan ke Anak

Tugas ibu rumah tangga biasanya juga meliputi mendidik anak di rumah. Nah, kesempatan yang bagus nih untuk memperkenalkan Ramadhan ke anak sejak dini. Karena menurut saya, agama memang lebih baik diajarkan ketika anak masih kecil, sehingga lebih terbiasa.

Baca Tips Mengenalkan Puasa untuk Anak 2-3 Tahun

Cara Mengisi Waktu Selama Ramadhan untuk Ibu Rumah Tangga

Ada beberapa cara untuk memperkenalkan Ramadhan ke anak. Silakan melakukan hal-hal tersebut atau sambil membuat aktivitas learning at home yang seru. Memang agak capek sih, namun bayangkan manfaat dari ilmu itu untuk anak kita baik di dunia dan akhirat.


Itulah kurang lebih cara mengisi waktu selama Ramadhan untuk seorang ibu rumah tangga. Para ibu-ibu yang lain bagaimana? Adakah cara lain yang dapat dilakukan? Silakan share di komen dibawah ya 😀

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.