How To, Javanese Culture, Make-up, Tips, Vendor, Wedding, Wedding Preparation

Tips untuk Memilih Vendor Rias

 Sekarang gue akan bahas tahap selanjutnya jika sudah menentukan calon pasangan hidup, tanggal pernikahan, venue/gedung pernikahan dan konsep. Hal ini merupakan hal yang penting bagi calon mempelai wanita, yaituuuu tata rias & baju pengantin. 

image

photo courtesy of 

www.myrariaspengantin.com

Mencari rias dan baju pengantin ini bagaikan mencari jodoh kedua bagi kami para wanita, hahaha. Kita harus mecari perias atau make up artis yang punya portfolio yang bagus namun tetap sesuai dengan keinginan kita (dan wajah kita). Rias ini ga berlaku untuk akad dan resepsi saja ya. Tapi semua hal yang berkaitan dengan make-up, pasti kita butuh perias atau make-up artist seperti dari lamaran, prewedding, pengajian, upacara adat, dll. Sekarang gue akan lebih membahas tips untuk memilih vendor rias. Berikutnya, gue akan bahas mengenai tips memilih vendor busana pengantin.

image

photo courtesy of www.thebridedept.com

Sekarang banyak banget perias dan makeup artist (MUA) yang ada mulai dari yang harganya jutaan untuk satu orang hingga jutaan untuk satu kampung (which means really cheap). Butuh inspirasi? Coba check di instagram atau facebook dengan keyword #mua, #perias, dll. Social media telah membantu kita untuk mencari perias & MUA tanpa keluar rumah. Ada perias dan MUA yang sudah punya nama dan hasil riasannya sangat amat bagus, sehingga harga yang ditawarkan untuk jasanya juga ga kalah fantastis (alias mahal!). Ada juga yang bagus namun harganya masih terjangkau. Ada yang mahal tapi kurang bagus. Bermacam-macam lah pokoknya. 

Beberapa poin penting dalam mencari perias adalah :

  1. Cari-cari perias pilihan. Bisa MUA yang sudah terkenal seperti pada list di SINI (thebridedept 15 Bridal Makeup Artist Yang Harus Kamu Follow di Instagram) atau perias dan MUA lokal dengan menggunakan hashtag instagram #MUA(namakotakamudisini) #perias(namakotakamudisini)
  2. Liat portfolio perias tersebut. Apakah perias sudah pernah menghandle jenis riasan seperti yang kita mau dan bagaimana hasilnya.
  3. Tanya klien sebelumnya. Tanyakan apa plus dan minus dari perias atau MUA tersebut. Jika klien sebelumnya puas dengan hasil riasannya, pasti reviewnya akan positif.
  4. Jangan segan-segan hubungi nomer kontak yang tertera di website atau social media perias/MUA tersebut. Jangan lupa tanyakan pricelist, pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan budget. 
  5. Jika pricelist yang mereka tawarkan jelas-jelas jauh diatas budget, jangan sedih. Pilih perias atau MUA lain yang kisaran harganya masih terjangkau. JANGAN KEMAKAN SOCIAL MEDIA. Ga perlu gengsi soal perias. Semua pengantin pasti akan mengeluarkan aura terbaiknya dimana pas hari H pasti akan terlihat cantik dan manglingi (klo kata orang Jawa)
  6. Untuk yang ketat di budget, coba tanya teman atau sodara dekat maupun jauh. Mungkin mereka bisa membantu melakukan tata rias di hari special kamu 🙂 This is why I always have a firm belief that networking will help you out somehow in the future. 
  7. Jika ingin menghemat, pilihlah perias atau MUA yang berdomisili di kotamu karena tidak akan keluar biaya untuk transportasi ekstra. 
  8. Jika sudah fix, segera DP dan booking tanggal. Yang minat terhadap jasa periasnya di hari dan jam pernikahan kamu bukan satu atau dua orang loh. 
  9. Minta test make-up atau bonus make-up prewedding jika sudah deal. Dari situ, kamu akan tau bagaimana hasil riasannya di muka kamu. Jangan lupa beri masukan jika hasil riasannya tidak sesuai ya.

Bagi yang sedang mencari perias atau MUA, I wish you all the best! Semoga menemukan vendor yang sesuai 🙂

image

RELATED POST

3 Comments

  1. Artikel yang menarik Say, ditunggu tips-tips bagus lainnya. Thank’s Faradilad Putri

  2. terimakasih informasinya sangat bermanfaat 🙂

  3. terimakasih artikelnya sangat menarik dan bermanfaat 🙂
    d tunggu ya tips yang lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.