Uncategorized

Tips Memilih Vendor Dekorasi

Helloooo, maaf jadi agak molor ya program tulis menulis ini. H-1 bulan sudah didepan mata dan banyaaaaak banget hal-hal yang harus dipersiapkan. Sekarang gue akan membahas hal yang penting untuk di tempat nikahan/venue nikahan, yaitu dekorasi.

photo courtesy of 

www.mantenhouse.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema dekorasi. Hal ini sangat dipengaruhi oleh tema pernikahan. Ada pernikahan dengan tema modern, traditional, rustic, shabby chic, outdoor garden party bahkan tema Star Wars! Sekarang sih tema pernikahan yang lagi in adalah outdoor dan traditional. Seems like almost everyone I know is going to have those themes. Dari hasil diskusi dengan beberapa vendor juga, banyak pasangan yang ingin melaksanakan pernikahan dengan tema traditional. Exactly like Arga and me, we want to have a traditional wedding full of Javanese values. Kita nyaman meneruskan tradisi orang tua kita dulu. Plus the traditional Javanese wedding is very close to out heart 🙂

photo courtesy of

lawang7.com

Langkah berikutnya adalah untuk membuat moodboard dekorasi. Moodboard adalah kumpulan gambar (gue membuat moodboard di Microsoft Powerpoint, jadi jatuhnya kumpulan slide yaa) yang berisi tema warna pernikahan dan contoh-contoh foto dekor yang diinginkan nanti. Pentingnya membuat moodboard adalah untuk mempermudah kita dan vendor nanti dalam hal diskusi dekorasi. Biar ga bertele-tele sih sebenarnya dan kedua belah pihak ada gambaran jelas tentang dekorasi pernikahan nanti. Dimana cari gambarnya? Bisa dicomot-comot di instagram, google atau pinterest. There are tons, so you don’t need to worry.

my pinterest board! you can check it out here 

Selanjutnya adalah kontak vendor. Kalau venue pernikahan kalian punya rekanan, bisa dimulai dari list itu. Bisa juga liat di instagram maupun di websitenya. Kalau masih bingung, coba cari tau kapan ada Wedding Fair di kota kalian. Disitu biasanya para vendor dekorasi juga menunjukkan kemampuan mereka dalam mendekor (meskipun cuman dekor stand ya). Plusnya kalian juga dapat mengobrol langsung dan dapet diskon klo di wedding fair *uhuk*. Yang paling penting, JANGAN LUPA BAWA MOODBOARD. Bisa bentuk digital di tab/hp atau bisa juga sudah di print warna. Nah disini mulai deh nanya-nanya dan nego sana-sini biar dapat kesepakatan yang menyenangkan semua pihak.

contoh moodboard untuk tema dan dekorasi, courtesy of 

18thcenturycorsets.wordpress.com

Klo sudah deal, jangan lupa tanyakan SPK atau list apa saja yang kalian dapatkan untuk dekorasi. Ini sih untuk mencegah hal-hal yang merugikan salah satu pihak ya. Apalagi sekarang dekorasi juga lumayan menguras kantung. Jangan sampai ada keluhan-keluhan di hari H. Happy hunting 🙂

courtesy of 

www.hotelkiya.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.