Education, Entertainment, Gaming, Kids' Activity, Review, Technology

5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

Last Updated on November 10, 2021

Hallo ibu-ibu bapak-bapak yang suka mati gaya mau ngapain di rumah saja bersama anak. Berhubung sudah masuk musim pancaroba, kadang hujan datang tiba-tiba. Nah, kadang kita bingung nih memilih aktivitas apa untuk anak. Kalau stuck, yuk simak beberapa game edukasi online gratis untuk anak TK terfavorit ala saya di postingan ini.

Oiya sebagian besar game ini dari situs plays.org ya. Jadi bisa dimainkan secara GRATIS di laptop maupun di tab atau HP. Dari pengalaman, cukup lancar dan super cepat! Gamenya juga cukup banyak, tapi kali ini saya kurasi yang menarik dan mengedukasi ya. Penasaran kan? Cuss lanjut dibaca~

Game Online? Memang Boleh?

Memang setiap rumah tangga menerapkan aturan yang berbeda. Tapi di rumah saya, Rio (usia 4.5 tahun) boleh kok main laptop dan tab. ASAL TAU WAKTUNYA, dan tentu ada batasannya. Contohnya bagi keluarga saya, Rio hanya boleh memainkan tab pada hari Sabtu dan Minggu dengan batasan waktu maksimal 3 jam.

5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

Ini ga selamanya 3 jam ya. Jadi dipisah masing-masing 1 jam diantara waktu makan. Sisanya ya silakan main mainan ya lain. Di laptop juga boleh, tapi tidak ada batas waktu karena biasanya tidak lama. Hallo, Ibu harus kerja hahaha.

Game online disini juga saya kontrol dan pilih sesuai dengan umur dan juga konsep game. Jangan lupa cek batasan umur ketika mendownload game. Minecraft dan Roblox belum dikasih karena itu untuk 7 tahun keatas. Alhamdulillah Rio mengerti 🙂

Baca   Belajar Mendidik Anak di Era Digital Saat Blogger Gathering SIS Bona Vista

Untuk konsep game sendiri, saya tidak pilih yang ada violence, game iseng alias “ngerjain” orang (banyak banget tuh) atau yang menurut saya tidak pantas. Kalau ada unsur edukasinya kaya coding, matematika, logika, dll ya bolehlah~ Anak kan juga bisa belajar dari situ.

Sebenarnya alasan lain saya memberikan Rio kesempatan main game adalah berkaca dari pengalaman sendiri. Waktu sekolah di US dulu, kami diberikan waktu untuk memainkan software game edukasi (seperti Reader Rabbit, typing games, dll) di dalam kelas. Komputernya juga satu dan gantian hahaha. Ga sampai rusuh sih ya, everyone respect each other’s turn and follow the rules.

5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

Ternyata saya jadi cepat mengingat pelajaran yang diberikan di game, karena belajar sambil bermain kali ya hahaha. Selain itu, keterampilan menggunakan komputer, mouse dan mengetik 10 jari juga bertambah. Ini bagus banget karena berguna sampai tua! So why not?

Sekarang, saya share beberapa game yang menarik ya untuk dimainkan oleh anak usia TK. Yaa, sekitar 4-5 tahun. Tidak menutup kemungkinan masih seru juga untuk anak usia SD, dan tidak menutup kemungkinan juga bisa dimainkan anak dibawah itu hehehe.

Baca   Let's Read! Ayo Membaca Menyenangkan dengan Anak

1. True Colors Color Theory Learning Game

Link : True Colors Color Theory Learning Game

5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

Pengen mengajari anak konsep warna tapi males kotor-kotoran? SAME SIS. Hahahha. Bagi yang yang paling capek adalah membereskan mainan setelah bermain. Nah, bagi yang ingin mengajarkan teori warna tanpa ribet, ada game True Colors Color Theory Learning Game.

Cukup interaktif dan bersih alias kita tidak perlu kotor hehehe. Tinggal klik klik dan kita bisa melihat hasil dari campuran warna. Tapi kalau mau lebih hands on dan melihat warna langsung berubah, bisa langsung praktek juga.

True Colors Color Theory Learning Game

True Colors Color Theory Learning Game

2. Learn Origami Game for Kids

Link : Learn Origami Game for Kids

5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

Di games ini, anak anak diajak Spongebob and friends untuk belajar seni melipat kertas atau origami. Kegiatan ini cocok untuk anak TK karena melatih kemampuan motorik halus, kesabaran dan kemampuan mengikuti perintah.

Memang hanya ada 5 origami, tapi cukup seru kok. Ini juga bisa dijadikan aktivitas bersama-sama sekeluarga. Malah, Rio jadi ketagihan bikin semua kertas jadi kapal HAHAHA.

Baca   Situs Printable Gratis Untuk Anak - Faradila's Favorites

Learn Origami Game for Kids

Learn Origami Game for Kids

3. Strolling With My Gnomies A Measuring Game

Link : Strolling With My Gnomies A Measuring Game

5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

Bagi yang baru belajar angka, game ini cukup menarik untuk dimainkan. Kita harus mengukur panjang atau lebar barang barang yang ditemukan si Gnome di halaman. Simple? Iya. Tapi ini bagus untuk melatih kemampuan anak dalam matematika.

Ada dua unit pengukuran, dalam centimeter dan juga dalam inches. Ini juga bisa mengenalkan anak ke beberapa unit ukur yang ada di dunia. Selain itu, bisa dipilih mau menggunakan desimal atau tidak. Super nice and educative games for kids.

Strolling With My Gnomies A Measuring Game

Strolling With My Gnomies A Measuring Game

4. Daniel Tiger’s Neighborhood Barnyard Match Memory Cards

Link : Daniel Tiger’s Neighborhood Barnyard Match Memory Cards

5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

Siapa yang anaknya suka main memori game seperti ini tapi kita bosen? Toss! Hahahaha. Alhamdulillah ya banyak sekali matching memory card games seperti yang ini. Tapi ini ada si Daniel Tiger dan menggemaskan juga. Cukup mudah memainkannya dan yang pasti, kemampuan berpikir dan mengingat anak akan diuji.

Daniel Tiger’s Neighborhood Barnyard Match Memory Cards

5. Jr Typing Rocket: Letter Typing Game for Children

Link : Jr Typing Rocket: Letter Typing Game for Children

5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

Game ini adalah game perkenalan keyboard and typing bagi anak-anak. Cukup simple karena tugas kita hanya memencet tombol huruf yang muncul pada roket. Lalu roketnya meledak hahaha. Ini cocok bagi yang baru mengajarkan anak tentang qwerty keyboard, sekalian mengenal huruf.

Memang agak membosankan bagi kita, tapi seru juga melihat roket yang meledak menjadi kembang api hihi. Banyak typing game lain yang tersedia, tapi menurut saya ini sudah cukup menarik bagi anak TK.

Jr Typing Rocket: Letter Typing Game for Children

BONUS

Memang sih judulnya 5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK. Jujur, sebenarnya masih banyaaak tapi game dibawah ini deserve an extra spot di blog post ini. Just because Rio loves it that much! Jadi ditambahkan beberapa lagi yaaa.

6. Ben 10 Omnicode: Kids Learn to Code Game

Link : Ben 10 Omnicode: Kids Learn to Code Game

5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

Yes, call me ambitious. Udah ngajarin anak cara coding sejak dini. Ya ga apa-apa kalau anaknya mau dan mampu, ya kan? Alhamdulillah Rio juga senang. Apalagi kalau dikemas dalam bentuk game Ben 10, salah satu kartun favoritnya. Tambah semangat kan hehehe.

Sebenarnya game ini cocok untuk anak usia SD karena memang coding membutuhkan logika dalam berpikir. So far, Rio cukup mampu mengikuti gamenya. Hanya saja untuk bagian Repeat masih suka bingung. Nanti apa kita bahas cara-cara saya mengajarkan basic coding ke anak? Di blog post lainnya ya hihi.

Ben 10 Omnicode: Kids Learn to Code Game

Ben 10 Omnicode: Kids Learn to Code Game

7. Little Alchemy 2

Link : Little Alchemy 2

5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK

This is one of my favorite game! Untungnya pas saya kenalkan ke Rio, dia juga suka. Konsepnya kita memiliki beberapa element yang dapat digabungkan untuk menjadi elemen lainnya. Selain mengajarkan simple science dan logic, ternyata bisa meningkatkan vocabulary dalam bahasa Inggris loh.

Rio sekarang tau kalau earth and fire makes lava hehehe. Selain itu, ada river, lake, stream, ocean, dll. Pokoknya pemahaman dia semakin bertambah meskipun via game di rumah aja.

The Alchemy 2

The Alchemy 2

Baca   Kegiatan Seru Dengan Anak Saat WFH - Rio's Fave

Sekian beberapa pilihan game edukasi online gratis yang cocok dimainkan untuk anak usia TK. Ada yang sudah coba game tersebut? What are your thoughts? Atau ada game menarik lainnya? Yuk tinggalkan rekomendasi kalian di bagian komen. Thanks for reading!

RELATED POST

22 Comments

  1. Wah iya main game online bisa jadi solusi untuk anak-anak bisa betah di rumah. Selain mengasyikkan juga bisa untuk belajar juga

  2. Seru banget ya kak, anakku juga suka banget main game. Biasanya sih lebih suka yang karakternya lucu atau ekspresif. Kalau di plays.org paling suka yang cat across the street!

  3. Kaka Fara, haturnuhun yaa..
    Aku langsung klik dan main di plays.org loo…
    Hehhe, kangen banget sama games lawas yang gak pakai mikir, etapi aku juga habis main tetris loo..
    Seneng deh.. Rasanya bahagia bisa main tanpa instal apps.

  4. wahh makasih ya kak rekomendasinya
    aku langsung meluncur ke situs plays ini lho
    ajak anakku yang masih TK main game bareng

  5. wuih seru juga ya aneka permainannya bisa nih kucontek buat anak-anak di rumah

  6. Fenni Bungsu says:

    Bener mbak, kalau belajar sambil bermain gitu sih gak bakal terbatas umur, jadi mengasikkan aja. Siip lah jadi pengen nyobain juga kan selain rekomenin buat ponakan haha

    1. Wah klo gini anak-anak bisa bermain sekaligus sambil belajar ya. Tinggal waktunya aja diatur . Pasti anak-anak seneng nih mainan game begini

  7. Gamenya edukatif yaa, mau juga ah coba kasih ke anak-anak. Mereka jarang main game tapi kalau dikasih main seneng banget

  8. Kalau gamenya sebagus dan semendidik gini saya sih juga bakal rela anak kecil saya main game😁 dia melakukan hal yang disukainya sekaligus belajar.

  9. game app developer sekarang juga kreatif sih yaa, create game digital sekaligus yg bisa kasih edukasi anak jadinya mainan pun ada unsur2 belajarnya juga. Merangsang kreatifitas anak juga nih dan kenalin fungsi gadget buat edu-tech sedari dini

  10. Seneng banget ada info begini, kebetulan saya punya balita juga yang pastinya tahun mendatang bakal jadi anak TK. Nah boleh deh di bookmark artikel ini biar kl kita mau main games, tinggal baca rekomendasi di sini. Thanks yaa

  11. anak anak punya permainan edukatif yang ngebuat mereka happy sekaligus bisa belajar. Orang tua sekarang punya pilihan dong untuk permainan anaknya

  12. Banyak game sederhana yang sangat membantu anak dalam belajar hal yang spesifik ya. Misalnya origamki. Kan sedikit ibu yang bisa.

  13. Kalau game-nya edukatif kita gak perlu khawatir membebaskan anak bermain game, ya. Asalkan diberi batasan waktu, jangan sampai anak-anak main game tanpa kenal waktu.

  14. Sepupu saya malah lebih suka main game “True Colors Color Theory Learning Game”, katanya sekalian belajar ngelukis, tapi menurutku aplikasi game edukasi untuk anak2 ini cocok banget, apalagi jaman sekarang serba digital, jadi harus mengikuti perkembangan teknologi.

  15. Kalau aku pribadi sih mengizinkan anak bermain game, karena di luar banyaknya anggapan negatif mengenai kebiasaan main game, tetap kok main game ada sisi positifnya. Asalkan bisa mengatur waktu dan tergantung pilihan atau jenis gamenya. Nah peran orang tua di sini nih buat memilihkan game untuk anaknya apa saja. Baguslah kalo orang tuanya menemani anak bermain, sekalian ngasih tahu + membangun bonding juga kan ya

  16. iya sih bener kenapa game2 harus ada unsur usil nya. Dan kita sebagai orang tua yang harus pilih-pilih ya.

  17. wah ternyata Plays.org punya banyak koleksi game edukasi untuk anak TK. Kayaknya di situs ini memang tidak ada game bernuansa dewasa, ya. Kalau yang konyol kaya lempar makanan sih ada. Tapi itu lucu dan menghibur.

  18. Aku udah coba beberapa. Emang seruu banget. Wah tambahan ide gamenya bakal kucobain juga ke anak2, moga mereka juga suka dan faedah kan. Makasii sharingnya mba Faradila.

  19. aku juga suka main di plays.org. Soalnya banyak sekali pilihannya. juga gratis nih. Bisa dimainkan di laptop, jadi layarnya lebih luas. Banyak juga mainan yang aman untuk anak-anak.

  20. Lasmicika says:

    Alhamdulillah dapat rekomendasi lagi game yang bagus dan bermuatan edukasi untuk anak usia dini.

    Kalau game ada manfaatnya gini kan bagus ya. Tinggal kita sebagai orang tua mengatur batas waktunya saja agar hak dan kebutuhan anak yang lain juga tercukupi seperti bermain dengan orang tuanya agar bonding tetap terjaga.

  21. Berkegiatan di rumah jadi makin seru ya.. Selain bermain juga ssebagai sarana mengasah otak anak. Memang peranan orang tua untuk menentukan permainan kepada anak bisa memberikan dampak besar. Harus pinter-pinter memilihkan permainan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.