How To, Technology, Tips

Tips & Trick How To Grow Your Instagram by Ni Putu Chandra

Instagram telah disebut sebagai “The Popular Social Networks Worldwide”. Sosial media yang satu ini memang sangat penting untuk dimanfaatkan para blogger dan influencer, termasuk untuk mengetahui how to grow your Instagram.

Kenapa harus via Instagram? Karena Instagram merupakan platform gratis yang dapat meningkatkan exposure kita. Bayangkan saja, dalam sebulannya ada 1 milyar pengguna aktif yang menggunakan Instagram. Kita harus bisa memanfaatkan audience ini untuk mengunjungi postingan kita, berinteraksi di stories, membaca artikel, mengarahkan pembaca ke blog bahkan menggaet brand untuk bekerja sama dengan kita.

Tips & Trick How To Grow Your Instagram by Ni Putu Chandra
Courtesy of Pixabay

Instagram juga merupakan salah satu social media yang sangat update dengan trend atau berita terkini. Hal ini didukung dengan kemudahan untuk mengakses Instagram dimana saja. Mau di handphone, tab maupun PC. Terus abis itu gimana ya cara menggunakan Instagram so we can get more from it?

Saya beruntung bisa menjadi salah 1 dari peserta Ngopi Cantik Edisi 8 bersama Beautiesquad. Dalam edisi Ngopi Cantik ini, Beautiesquad membahas cara How To Grow Your Instagram dengan narasumber Ni Putu Chandra (@niputuchandra). Tutu adalah seorang blogger yang sekarang jumlah followers dan engagement Instagramnya sangat WOW. Penasaran kan berapa? Silahkan intip-intip instagramnya ya hihi.

Tips & Trick How To Grow Your Instagram by Ni Putu Chandra

Tutu juga membagikan beberapa tips dan trick serta basic knowledge bagaimana kita bisa meningkatkan atau grow our own Instagram. Silahkan dibaca terus yaa untuk tau tips and tricknya 🙂

Baca Materi : Cara Menulis Artikel Beauty di Sesi Ngopi Cantik #5 bersama Beautiesquad


Growth for Instagram

Ada beberapa definisi pertumbuhan atau growth yang dikaitkan dengan Instagram.

1. Followers meningkat

Tentu ini yang bisa secara kasat mata dilihat orang ketika mengunjungi profile Instagram kita.

2. Engagement rate dan metrics lainnya meningkat

Khusus untuk yang punya Business Profile di Instagram (FYI sebaiknya blogger/influencer juga sudah berganti jadi Business Profile ya), kalian bisa melihat fitur insight di akun maupun di masing-masing post. Ada beberapa metrics penting yang kalian bisa pelajari yaitu :

  • Profile visits ➡ dalam 7 hari terakhir, ada berapa akun yang mengunjungi akun kalian?
  • Website clicks ➡ berapa orang yang klik link yang ada di bio?
  • Reach ➡ berapa jumlah Instagram user yang melihat postingan kalian?
  • Impressions ➡ berapa kali postingan kalian dilihat oleh Instagram user? Satu user bisa melihat lebih dari satu kali, makanya angka impressions lebih besar dari angka reach.

Untuk engagement rate, Tutu mengklasifikasikannya menjadi :

  • 1%: low
  • 1%-3.5%: average
  • 3.5%-6%: high
  • > 6%: really high

Tentu ini akan berdampak ke ratecard dan juga ketertarikan brand terhadap kita. Oiya semakin banyak followersnya, biasanya engagement ratenya juga akan semakin kecil. Jadi punya 10k++ follower dengan lebih dari 5% engagement rate itu udah WOW loh.

Cara menghitung engagement rate bisa menggunakan rumus ini :

Engagement rate = (jumlah likes + jumlah comments)/ followers x 100%

Tapi sekarang sudah banyak online ER calculator seperti socialblade.com atau
https://phlanx.com/engagement-calculator. Kita ga perlu pusing-pusing ngitung manual hihi. Jadi engagament rate kalian sudah berapa?

Baca Cara Mudah Membuat Cover Stories Highlight di Instagram

Tips & Trick How To Grow Your Instagram by Ni Putu Chandra
Courtesy of Pixabay

Jika kalian berhasil meningkatkan follower, engagement dan tolak ukur lainnya, berarti kalian berhasil grow your Instagram! Pertanyaan berikutnya adalah…

How To Grow Your Instagram?

Tutu memberikan 6 tips penting yang perlu kita ingat untuk meningkatkan atau grow our Instagram.

1. Kuasai semua fitur dan metrics yang ada pada Instagram

Coba pelajari lebih dalam fitur yang ada di bagian Insight. Kalau perlu catat angka dan buat grafiknya. Sehingga kita bisa melihat trend kenaikan (atau bahkan penurunan). Evaluasi masing-masing metric. Kalau bukan kita yang kenal dengan Instagram kita sendiri, lantas siapa lagi?

2. Tentukan niche dan lakukan interaksi dengan akun yang memiliki niche yang sama

Niche adalah pengklasifikasian akun Instagram kalian berdasarkan jenis dan isi atau kotennya. Misalnya ada beauty, parenting, automotif, gossip, video, dan masih banyak lagi. Usahakan fokus untuk 1 niche (kalau bisa).

Jangan lupa juga untuk berinteraksi dengan akun dengan niche yang sama. Instagram suka user yang aktif loh. Oiya, kalau kalian punya banyak niche, usahakan bedakan akunnya yaa. Biar konten kita makin dilihat oleh orang yang memiliki ketertarikan di niche tersebut. Usahakan jangan dicampur-campur.

Tapi kenyataannya agak susah sih kalau masuk ke niche Lifestyle kaya saya (check @faradiladputri ya hihi). Soalnya membahas apa saja yang disukai dan dilakukan oleh Millennial Mom. Jadi saran tambahan dari saya, just do whatever works for you 🙂

3. Kenali audience

Ini penting banget untuk mengatur strategi postingan konten di Instagram. Kenali audience secara :

  • demografis ➡ audience kalian paling banyak laki-laki atau perempuan? Kemudian paling banyak di kelompok usia yang mana?
  • geografis ➡ audience kalian paling banyak tinggal di kota mana? Negara mana?
  • psikografis ➡ lifestyle, contohnya : audience kalian lebih banyak yang suka makeup koreakah? Makeup drugstore kah? Makeup highend kah?
  • behavioristis ➡ perilaku seperti audience kalian lebih banyak yang memang ingin tahu review produk atau sesama blogger/content creator?

4. Tentukan branding

Branding disini maksudnya segala aktivitas yang bisa menguatkan dan menonjolkan diri kita sebagai blogger/content creator. Seperti apa sih akun kalian atau diri kalian sendiri ingin dilihat oleh audience? Bisa jadi dengan ciri khas tertentu (background pink ala @21makeupaddictions atau tone tertentu)

5. Berinteraksi dengan audience

Interaksi di Instagram sendiri macam-macam. Bisa melalui instastories, live session, balesin komen dan DM. Pokoknya buatlah audience senang bisa berkomunikasi dua arah dengan kita.

Tips & Trick How To Grow Your Instagram by Ni Putu Chandra
Courtesy of Pixabay

6. Gunakan hashtag sesuai dengan niche kalian

Penggunaan hashtag sesuai dengan niche ini juga berfungsi untuk meletakkan akun kalian di niche yang tepat. Jadi hindari menggunakan hashtag yang bukan niche kalian. Contohnya: untuk niche beauty, gunakan #makeuptutorial #skincare jangan malah menggunakan #foodporn #fashion atau #parentinghacks

Baca Langkah Anti Panik Mengembalikan Instagram yang di Hack


Questions and Answers Session

Setelah pemaparan materi mengenai How To Grow Your Instagram, Tutu menjawab beberapa pertanyaan dari peserta yang menyimak materi dengan seksama. Ada beberapa hal yang menurut saya penting untuk diketahui. Yaa, semacam tips & tricknya ya.

Rangkuman informasi penting yang saya dapatkan di sesi tanya jawab adalah :

  • Strategi untuk meningkatkan follower dan engagement masing-masing akun itu berbeda-beda. Kenapa? Data yang dihasilkan berbeda-beda. Ada yang efektif dengan strategi posting foto flatlay 2 hari sekali, ada yang efektif dengan strategi posting video seminggu sekali dan lain sebagainya.
  • Cara menentukan strategi adalah dengan trial & error dan analisa data insights kalian sendiri
  • The first rule of social media is consistency. Konsisten bisa berbagai hal selain posting. Misalnya, brandingnya yang konsisten, dari awal brandingnya elegan dan simpel, dsb.
  • Tips for self branding : konten mana yang diminati oleh audience? Apa strenghts atau kekuatan kita? Buatlah ciri khas yang simple seperti watermark, font atau background khas
  • Instagram itu semakin sering diotak-atik, kalian bisa analisa patternnya seperti apa. Begitu tau patternnya, pasti tau strategi seperti apa yang harus diterapkan.
  • Berdasarkan trial & error, edit caption kurang dari 24 jam tidak ngaruh ke berapa banyak like/viewers. Yang ngaruh itu kalo captionnya memang tidak memberikan cerita/pelajaran kepada audience. Audience pasti males dong liat postingan yang captionnya kurang menarik.
  • Semakin banyak interaksi di postingan, semakin besar potensi sebuah post masuk ke explore. Tidak perlu membalas komen dalam rentang 1 jam untuk masuk ke explore.
  • Gunakan hashtag yang memang populer dan banyak orang gunakan. Selain itu juga hashtag yang sering kamu cek atau interaksi. Dari pengalaman Tutu, 10 dan 30 hashtag juga akan masuk ke explore.
  • Sudah ada konfirmasi dari pihak instagram bahwa tidak ada yang namanya shadowban.
  • Untuk penggunaan hashtag memang sebaiknya tiap postingan bervariasi sih. Sebanyak 1 atau 2 hashtag yang sama boleh.

Baca 10 Akun Instagram Favorit versi Faradila

Tips & Trick How To Grow Your Instagram by Ni Putu Chandra
Courtesy of Pixabay

Beli Follower atau Organik?

Instagram lebih suka akun-akun yang memang organik, kata Tutu. Organik disini maksudnya dengan real followers dan real engagement. Tutu berpendapat bahwa lebih baik followers tidak banyak dengan engagement tinggi dan berintegritas daripada followers banyak tapi fake.

Followers hanyalah angka dan bisa diotak-atik orang. Sedangkan integritas? Balik lagi ke diri kita masing-masing seperti apa 🙂 – Tutu

Sesusah apapun di instagram, please jangan beli followers atau engagement. Itu akan merusak branding kalian dan merusak data kalian.


Semoga penjelasan Tutu yang sudah saya tulis disini bisa membantu kalian untuk lebih paham lagi soal bagaimana meningkatkan growth di Instagram. Sebelum saya akhiri postingan yang cukup panjang ini, saya tutup dengan kata-kata dari Tutu yang menurut saya menarik, yaitu :

Anggap akun instagram kalian ini sebagai ‘start up company’ kalian. Layaknya sebuah company, pasti mereka ada research dulu, trial & error dulu, ada investasi sana sini biar dia bisa survive dan bisa dilihat menonjol.

Sekian dan semoga bermanfaat ya! Kalau ada yang punya tips lainnya, bisa tulis di bagian komen loh. Sharing is caring 🙂 Thank you for reading!

RELATED POST

36 Comments

  1. Aku juga mesti banyak belajar nih. Ningkatin engagment itu PR banget dan tentu jaman sekarang influencer sedang berlomba lomba ngedeketin diri dengan followernya dan akrab supaya insight juga bagus

  2. Fitur metrik Instagram ini yg belum saya tahu apalagi kuasai. Tahunya di Ig itu post, kasih hastag dan balas lope serta komentar. Hahaha…
    Ikut belajar ya. Ikut menyerap ilmunya juga nih

  3. artikel yang bagus, aku jadi tau berapa engagement rate IG aku hehee makasih mbak 🙂

  4. Dibandingkan dengan sosmed lain, Instagram emang paling memanjakan mata yah buuu..
    Daya tarik visualnya itu lho, bikin pengen scroll terus hahaha

  5. Wahhhh ilmu banget night Mom.. makasih udah sharing. Selama ini asal pake aja Instagramnya, belum mikirin tentang growthnya. Baca ini jadi kepikiran apalagi IG saya juga dipake untuk job influencer 😀

  6. Keren banget acaranya. Nambah silaturahmi dan wawasan. Noted banget deh tipsnya. Walopun ada yang agak susah buat dilakuin. Kudu bisa tapinya. Semangaaaat! 😀

  7. Aku follow niputuchandra sejak followernya ribuan sampe beratusan. Semua tipsnya emang penting ya kak fara, aku ngikutin juga. Apalagi soal branding diri sendii

  8. Mantap pembahasannya menarik dan nambah pengetahuan apalagi buat aku yg susah bgt grow ig😅

  9. Wah asyik nya. Dirimu jg hadir mba? Langsung mau praktekin juga nanti.

  10. Boleh tuh aku ikuti tips nya, agar instagramku mempunyai nilai tinggi dari segi konten dan juga followers. Dan membangun branding dengan nilai positif.

  11. Auda says:

    Masih banyak yang harus aku pelajari karena ig ini sangat penting.

  12. Kalau followers saya segitu2 ajah sih. Tapi yg bikin hepi ER yg meningkat. Duh rasanya apa yg saya posting mulai dinotive followers. Hihi gitu ajah udah hepi banget

  13. Kebetulan aku masih tahap belajar dalam dunia blog, setelah baca ini jadi pingin belajar lebih dalam dan lebih baik lagi. Semoga bisa jalanin semuanya bukan hanya materi tapi di laksanakan.

  14. yesss aku juga ikut ini nih. seru banget bisa tau penjelasan dan tips nya buat growth Instagram secara lengkapp. gasabar ngobcan selanjutnyaaa🙃

  15. Wahhh berguna banget ini terutama yng mengeni engagement rate dan metrics lainnya meningkat

  16. Aku juga ikutan ini, Dan menurutku yang paling membinggunggkan adalah branding karena kita memang harus mengenal diri banget

  17. Wah aku juga ikutan nih, Tapi aku meraasa paling berat dalah branding karena ya karena itu kita harus menonjolkan diri dan kreatif

  18. aku kok malah salfok sama layout mu mbaak enak banget dibaca <3 btw aku juga ikutan ini kemarin, tipsnya kak Tutu membantu banget yaaa

  19. Makasih kakak informasi nya, langsung aku klik nih buat liat ER instagramku

  20. Sekarang monotize instagram menjadi sebuah jobdesk untuk content creator ya kak. Dan ak merasa real followers itu butuh effort yaa

  21. berguna banget ni informasinya beb, sangat membantu buat yang baru terjun di sosial media kaya aku

  22. Seribet itu ya ternyata IG. Nggak cuma asal punya follower banyak. Ada ER yang harus bener2 diperjuangkan. Thanks buat infonya yaaa, Mbak. Keren nih.

  23. Tulisannya keren mbak, bacanya enak. ngalir aja tiba-tiba udah sampe ke akhir tulisan. Pas banget juga aku lagi cari info nih tentang naikin ER IG. Enak ya bisa dapet ilmu dari mbak Tutu langsung

  24. Penting banget ini ya ampun. Biar instagram jadi engage fix aku bakal bulak balik buka artikel kamu ini deh beb.

  25. nambah ilmu banget abis baca artikel ini, jadi tau gimana buat ig kita grow up. makasih sharingnya kak

  26. Aseeekkkkk… dapat ilmu baru lagi nih, penting banget kayak kita yang menjadikan instagram sebagai uang jajan (((uang jajan))) makasih ya Fara ini beberapa ada yang ku catat loh.

  27. Anggap aja iGsebagai Start up, wah kalimat motivasi dan bener banget. Semacam salah satu link bisnis kita ya mom.

  28. IG ini sekarang udah jadi kantorku dan followers adalah konsumennya. Tipsnya berguna banget nih buat aku yang sedang merintis usaha lewat IG. Thanks ya mbak.

  29. Wah ini keren banget sih tipsnya, tetap perlu riset dan trial error ya. Dan penting banget untuk tau fitur2 instagram untuk bisa lebih ngerti maunya instagram 🙂

  30. Huaa, thanks banget tipsnya Mbak.
    Mau mulai fokus ke IG juga ahh, biar bisa dapat faedahnya, heheh. Selama ini postnya suka-suka aja blm konsisten apalagi mikirin metricks2 😀

  31. Resty Yudha says:

    Walaupun gak bisa ikut eventnya tapi tetep bisa dapet manfaatnya dengan baca tulisan kakak… thankyou kak

  32. Meli Engku says:

    masih bingung sama niche sendiri, haha masih campur aduk soalnya

  33. nggak jauh beda ya sebenarnya kayaknya optimasi instagram sama blog. perlu analisa banyak hal juga. senang banget aku kemarin juga ikutan kulwap ini jadinya nambah ilmu soal instagram

  34. Baca berulangkali biar bisa di terapkan di Instagram saya,,, maklum engagement saya masih kurang dan followers juga belum sebanyak influencer.

  35. airlangga_irvan says:

    wah asik nih koemnnya real bukan iklan ky di topik nikahan 😀 hehehe

    gini yg disebut “engagement” tinggi yah…
    tapi bingung juga gimana cara biar pemirsa komen ke postingan kita (?) hahaha

  36. Senang neeh bacanya jd banyak ilmu, iya kadang ER nya Ig aku naik turun neeh kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.