Agriculture, Education, Environment, Event, How To

Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Last Updated on September 6, 2022

Hello all! Awal September kemarin, saya berkesempatan untuk mengikuti acara Danone Community Engagement Day 2022. Yap, akhirnya bisa ikutan acara dari Danone setelah lolos menjadi peserta Danone Digital Academy 2021 yang lalu. Habisnya selalu ga jodoh huhuhu, tapi alhamdulillah semesta mendukung.

Memang ada apa di dalam acara Danone Community Engagement Day 2022? Dengan mengusung tema “Mengenal Penerapan Bisnis Berkelanjutan untuk Indonesia Lestari”, Danone menghadirkan Agriculture Manager Danone Indonesia, Budi Rahardjo dan juga Downstream Packaging Manager Danone Indonesia, Annie Wahyuni. Karena acara ini juga untuk meningkatkan kemampuan dalam pembuatan konten terkait isu keberlanjutan lingkungan & masyarakat, maka turut hadir pula Content Creator, Gerald Vincent.

Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Seperti apa acaranya? Dan ilmu bermanfaat apa yang didapatkan saat acara berlangsung? Silakan baca blog post ini ya.

Kenalan Dengan Program Berkelanjutan Danone Indonesia

Danone Community Engagement Day 2022 yang dikemas dalam bentuk KIAT (Kelas Intensif Membuat Konten) dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, kita berkenalan dengan berbagai program berkelanjutan dari Danone Indonesia. 

Danone Indonesia yang memiliki komitmen ganda dalam menjalankan bisnis yang sejalan dengan kemajuan lingkungan dan sosial, memiliki fokus yang sejalan dengan implementasi target Sustainable Development Goals (SDGs) dan target pemerintah dalam aspek keberlanjutan.
Arif Mujahidin – Corporate Communications Director Danone Indonesia

Seperti yang dijelaskan oleh Bapak Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia, Danone berupaya untuk mengedukasi masyarakat melalui pesan dan konten yang membahas mengenai keberlanjutan lingkungan dan sosial melalui para konten kreator. Tentu selain dibekali oleh ilmu dalam membuat konten, para bloggers dan vloggers yang hadir juga dibekali oleh basic knowledge mengenaik program Danone di bidang pertanian dan sustainability.

Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Mengenal Regenerative Agriculture

Di bagian pertama, kami mendengarkan presentasi dari Bapak Budi Rahardjo sebagai Agriculture Manager Danone Indonesia yang membahas program sustainability Danone Indonesia khususnya tentang Regenerative Agriculture. I’m pretty excited since agriculture is the field that I have been studying and working with.

Baca   Getting a Bachelor Degree Diplome while Striving for a Master's Degree

Di dalam presentasinya, Bapak BuJo mengatakan bahwa seiring dengan populasi dunia yang terus bertambah, perlu lebih banyak upaya dan inovasi akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi pertanian secara berkelanjutan. Bayangkan ada lebih dari 7 milyar orang yang butuh pangan, apakah dunia kita mampu memberikan makanan untuk orang sebanyak itu?

Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Tentu hal ini akan mendorong kita untuk memperbaiki rantai pasokan global, mengurangi kehilangan dan pemborosan pangan, dan memastikan bahwa semua yang menderita kelaparan dan kekurangan gizi memiliki akses terhadap makanan bergizi.

Melalui penerapan pertanian berkelanjutan tersebut kita dapat melakukan transformasi dan menjaga food system atau rantai makanan dengan baik sehingga angka kelaparan tersebut dan akses nutrisi bagi masyarakat luas dapat terpenuhi.
– Budi Rahardjo (Agriculture Manager Danone Indonesia) –

Bapak BuJo menjelaskan bahwa Regenerative Agriculture merupakan sebuah gerakan perubahan paradigma pertanian sekaligus perubahan paradigma praktek bertani yang dilakukan oleh petani. Kalau sebelumnya pertanian menjadi sumber masalah seperti bersaing dengan alam, memiskinkan tanah, monokultur yang menghadirkan banyak hama penyakit, pemakaian produk kimiawi yang berlebih serta petani sebagai grower, harus bisa bertransformasi menjadi bagian dari solusi.

Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Bagian dari solusi tersebut adalah kegiatan pertanian yang menyatur dengan sistem alam, yang merawat tanah sekaligus melindungi sumber air, memunculkan keanekaragaman hayati, mengurangi input sesuai dengan daya dukung lahan serta petani sebagai grower dan keeper of the ecosystem. Beberapa prinsip Generative Agriculture yang disebutkan antara lain adalah :

  1. Olah Tanah Minim/Minimum Tillage
  2. Konservasi Tanah/Soil Protection
  3. Melindungi Air
  4. Meningkatkan Biodiversitas
  5. Keterpaduan Pertanian dan Peternakan

Program Circular Packaging

Presentasi selanjutnya dilakukan oleh Ibu Annie Wahyuni sebagai Downstream Packaging Manager Danone Indonesia yang memperkenalkan tentang program Circular Packaging.

Dalam menjaga kesehatan masyarakat, dibutuhkan fokus dari segala aspek yakni tidak hanya akan bahan pangan masyarakat namun juga aspek kemasan yang ramah lingkungan dan aman bagi konsumen.
– Annie Wahyuni (Downstream Packaging Manager Danone Indonesia) –

Kemasan memiliki peran yang diperlukan untuk melindungi manfaat gizi dan kualitas produk dan memungkinkan mereka untuk disimpan, diangkut, dan digunakan dengan aman. Sejalan dengan hal ini Danone bekerja untuk mendukung pergeseran sistemik dari linear ke ekonomi sirkular untuk kemasannya. Danone juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan ekonomi sirkular melalui gerakan #BijakBerplastik yang dijalankan sejak 2018, ujar Ibu Annie. 

Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Jika tidak melakukan kegiatan ekonomi sirkuler dengan program #BijakBerplastik, akan terdapat hampir tiga kali lebih banyak plastik yang bocor ke laut pada tahun 2040 (dari 11 juta hingga 29 juta ton) dengan dampak lingkungan, ekonomi, dan sosial yang parah. Namun dengan adanya #BijakBerplastik, maka ada unsur Collection, Education serta Innovation yang terjadi.

Baca   Rayakan Green Ramadan & Share More Kindness Bersama The Body Shop Indonesia

Adanya tiga hal tersebut, Danone berhasil membuat sebuah ekosistem inklusif dengan sektor informal dan berhasil membuat RBU (Recycling Business Unit) di 6 lokasi di seluruh Indonesia dengan total 15.000 ton kemasan plastik terkumpul. Selain itu terdapat program inklusif dengan manfaat ekonomi serta kesehatan, pencegahan pekerja anak dari rantai pasokan bekerjsama dengan LSM JARAK, membangun lokasi Pengelolaan Sampah Terpadu Lamongan dan Bali berkapasitas 180 ton per hari, memfasilitasi konsumen untuk memilah sampah dan mendaur ulang melalui Digital Collection dan masih banyak lagi.

Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Berbagai Tips Hidup Sustainable

Dari kedua presentasi sebelumnya, ada beberapa tips hidup sustainable yang dibagikan oleh Pak BuJo dan juga Ibu Annie. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Grow Your Own Food – yap buatlah sebuah Family & Community Garden agar kita bisa menanam dan memetik makanan sendiri. Tentunya akan mengurangi carbon footprint dan membuat kita lebih eco-friendly.
  2. Ambil bagian dalam pengelolaan sampah di lingkungan sekitar
  3. Edukasi Generasi Muda tentang pentingnya menjaga lingkungan serta kiat-kiat untuk mencintai planet Earth agar kelestarian sumber daya alam tetap terjaga
  4. Lakukan pemanfaatan air hujan – seperti menggunakan Bungker Air, Panen Air Hujan, Sumur Resapan, dll.
  5. Thinking before buying! – Beli seperlunya, kalau tidak perlu ya tidak beli. Ini akan mendorong terjadinya minimal waste yang kemudian lambat laut menjadi zero waste.
  6. Makan sampai habis – jangan sampai buang-buang makanan. Dibuatnya susah-susah eh malah jadi sampah ckck.
  7. Burn Calories, Not Oil – makanlah dan habiskanlah makanan bergizi serta utamakan menggunakan transportasi umum untuk kegiatan sehari-hari.

Kalau kalian bagaimana? Apa ada tips lainnya? Bisa langsung ditulis di bagian komen ya.

Cara Membuat Konten ala Gerald Vincent

Di sesi kedua dalam #DanoneCommunityEngagementDay2022 atau #KIAT2022 ini adalah fokus ke #KIATMembuatKonten yang dijelaskan lebih lanjut oleh Gerald Vincent, Content Creator general knowledge hits di TikTok. Inilah yang paling ditunggu-tunggu di acara Danone Community Engagement Day 2022!

Konten yang baik dan digemari oleh masyarakat adalah konten yang memiliki nilai di kalangan audiens.
– Gerald Vincent (Content Creator) –

Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Adapun nilai tersebut bisa dibentuk dari seorang konten dengan beberapa aspek seperti bagaimana kita bisa menilai konten tersebut layak untuk dibagikan, bagaimana kita terlihat bersemangat dalam menyampaikannya hingga bagaimana kita menyukai materi atau topik yang kita bagikan.

Menurut Gerald, jika ingin membuat konten yang menarik, maka kita harus memiliki :

  • Idea – Apa konsep kamu? Apa yang bikin beda?
  • Goal – Apa tujuan membuat konten?
  • Value – Apa nilai dari konten tersebut?
  • Passion – Cinta ga kita terhadap subjek yang dibahas?
  • Confident – Harus berani, hidup terlalu singkat untuk jadi pemalu
  • Learn – Harus selalu belajar dan berkembang (ilmunya, bukan BBnya ya wkwk)
Baca   Resep Bahagia Lewat Ketawa ala Ardit Erwanda

Beberapa contoh konten yang positif adalah yang informational, yang tentang self-improvement, yang memiliki food for thoughts atau hal yang bikin kita peduli ke lingkungan sekitar dan juga untuk hiburan. Nah, cara membuat konten tersebut menarik adalah cari angle yang relate-able dan juga kita juga harus melihat konten yang berkualitas juga agar bisa menerapkan ke konten-konten kita.

Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Salah satu faktor membuat konten yang berkualitas adalah menguasai teknik storytelling. Cara agar bisa dimengerti oleh audiens adalah dengan mengenali karakter audiens kita, menggunakan pemilihan kata yang baik, gunakan ritme serta intonasi yang sesuai dan juga kita harus menguasai materi yang akan kita berikan.

Gimana caranya jadi viral atau FYP? Ini juga merupakan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan ke Gerald. Menjadi viral atau FYP selain memiliki konten yang menarik adalah memanfaatkan algoritma sosial media. Namun algoritma sering berubah, jadi kita harus sering melakukan trial and error serta up to date dengan perubahan yang terjadi.

Baca   Social Media Campaign 101 : Capacity Building #IbuibuKotaHujan

Plus, pastikan kita selalu konsisten dalam mengupload konten. Semakin konsisten dan rajin, tentu akun kita akan ditandai sebagai akun aktif. Siapa tau konten kita lebih di-push untuk mencapai lebih banyak follower maupun user lain. Cuss ada kesempatan viral dan FYP~

Stop consuming too much and start creating.
Share the things that you actually love, your value, your passion. 

 – Gerald Vincent –

Selain sesi edukasi secara virtual, program ini juga mengadakan lomba membuat konten di Instagram yang bertajuk #ADayInMyLife versi penerapan hidup berkelanjutan di kanal Instagram masing-masing Blogger dan Vloggers serta adanya kuis dengan hadiah-hadiah yang menarik yang bisa dimenangkan oleh para peserta. Alhamdulillah menang salah satu peserta teraktif hihi. Thank you Danone!

Sekian ilmu yang bisa saya bagikan saat mengikuti Danone Community Engagement Day 2022. Semoga bisa bermanfaat ya untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Thanks for reading!

 

RELATED POST

16 Comments

  1. seru banget ya meski online tapi manfaat nya luar biasa, apalagi pak Bujo makin bikin aku semangat meneruskan kebiasaan baik…komplit habis ulasan nya dil

    1. Iya banget mbak. Apalagi lihat yang metode konservasi air di rumah, jadi pengeeen. Tapi pasti dipakai main anakku juga hahaha. Thank you mbaak 😍

  2. Wah acaranya menarik
    Banyak ilmu yang bermanfaat
    Jadi tahu bagaimana sebaiknya menjalani hidup tanpa harus merusak lingkungan

    1. Iya betul mbak, apalagi nanti yang mengurus adalah generasi selanjutnya. Jadi tetap harus kita pelihara dan kita ajari anak-anak agar tetap melestarikan lingkungan

  3. Danone ini tu selalu ada aja idenya tiap tahun ya dil, aku senang sih karena walaupun online tapi tetap seru kayak tahun-tahun waktu masih bisa nyelenggarain event offlinne

    1. Keren banget sih acaranya padat ilmu, aku sukaa hehe. Nah event offline nih yang aku belum ikuti hihi. Semoga cocok jadwalnya suatu hari nanti :’)

  4. Burn calories, not oil, apalagai BBM skrg makin mahal ya kann

    1. Yessss, semoga pedestrian di Indonesia lebih diperbaiki yaa. Biar calories ke-burn semua hihi

  5. Acara yg seperti ini kudu lbh banyak publikasi soalnya sangat bermanfaat. Teguran jg buat aku supaya lbh bertanggung jawab thd sampah sendiri.

    1. Aku juga jadi refleksi diri soal cara membuang sampah. Yuk bisa yuk jadi lebih baik~

  6. Wah seru ya kak, tambah ilmu juga

    1. Iyaa alhamdulillah! 😀

  7. aku setuju edukasi untuk anak muda bahkan usia dini masalah sampah ini secara Indonesia penyumbang sampah terbanyak nomer tiga di dunia 🙁

    1. Yap, setuju! Penting banget ada edukasi ke usia dini, biar ada kebiasaannya untuk menggunakan less waste atau bahkan zero waste nanti dalam kehidupannya sehari-hari.

  8. Praktek pertanian regeneratifnya menarik ya. Sebelumnya ga kepikiran sejauh itu.

  9. Gerald Vincent keren-keren banget emang yah kontennya.. salut banget.. ilmunya keren banget diiil

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.