Thoughts, Travel

My Bucketlist : Tempat Wisata di Semarang

Semarang adalah kota yang unik. Tempat wisata di Semarang selalu menjadi tujuan utama para wisatawan karena ciri khasnya. Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah ini merupakan rumah bagi masyarakat dari beragam etnis dan agama, dimana semuanya hidup rukun berdampingan.

Dengan mendatangi satu kota ini, kita bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata dengan feel yang berbeda satu dengan yang lainnya. Mau ke gedung bergaya kolonial, ada. Mau ke tempat wisata religi, ada. Mau menikmati alam bebas, ada. Mau makan enak, banyaaak 😀

Bitmoji Image

Cukup budget friendly ya karena kita hanya perlu menghabiskan waktu dan biaya di 1 kota. Cocok juga bagi yang ingin hunting photo, atau bawa anak karena jarak dan waktu yang diperlukan tidak terlalu lama. Iyaa sekarang bawa anak harus menjadi pertimbangan ya wkwkwk.


Bucketlist Jalan-jalan di Semarang

Keluarga besar saya dari Ibu juga asli berasal dari Semarang. Jadi saya cukup familiar dengan berbagai makanan enak seperti lumpia, wingko babat, BANDENG PRESTO (yummm) dan masih banyak lagi. Hmm, kalau diingat-ingat, terakhir kali saya ke Semarang ternyata sudah cukup lama….

Ada beberapa tempat wisata di Kota Semarang dan sekitarnya yang ingin saya kunjungi, karena memang belum pernah kesana. Apalagi karena sekarang sudah punya anak, I want to show him the rich culure that Indonesia and particularly Semarang have.

Jadi setelah browsing-browsing, saya akhirnya mempunyai bucketlist dari beberapa tempat wisata yang saya ingin kunjungi di daerah Semarang. FYI bagi yang belum familiar, bucketlist adalah list dari hal-hal yang ingin kita lakukan. Yaa semacam goals list atau what-to-do-before-we-die list.

Anyway, bagi yang penasaran tempat mana saja yang ingin saya kunjungi, silahkan baca terus yaaa.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Salah satu tujuan destinasi wisata di Jawa Tengah yang sangat ingin saya kunjungi ya Masjid Agung Jawa Tengah. Selain numpang sholat, saya juga berencana foto foto dan mengagumi arsitekturnya yang unik.

Masjid Agung Semarang My Bucketlist Tempat Wisata di Semarang
Courtesy of Pixabay

Ada perpaduan unsur Jawa, Islam, dan Romawi dalam masjid ini. Apalagi dengan adanya payung-payung raksasa di area serambi yang terinspirasi dari Masjid Nabawi. Jadi serasa umroh kan yaa (aamiin semoga disegerakan).

My Bucketlist Tempat Wisata di Semarang

Tidak ada harga tiket masuk juga untuk masuk dan mengagumi seluruh isi masjid ini. Selain budget friendly, kita juga bisa mengajarkan anak untuk lebih mengenal tempat ibadah dan mencintai pergi ke masjid kan ya 🙂 Win-win solution!

Baca Cara Mencetak Anak Cerdas yang Hebat

2. Kota Lama Semarang

Ga usah jauh-jauh pergi ke Belanda untuk merasakan dan melihat jenis bangunan khas Negeri Kincir Angin itu. Ternyata juga bisa dilakukan di Kota Lama Semarang loh! Yaa, meskipun cuman Rio sih yang belum pernah ke Belanda (Ibu Bapak udah duluan tapi kamu semoga bisa segera ya Rio, aamiin!).

Kota Lama Semarang My Bucketlist Tempat Wisata di Semarang

Kota Lama ini juga sering disebut sebagai miniatur negara Belanda atau “Little Natherland”. Ada banyak gedung ikonik seperti Gereja Blenduk, Gedung Marba, dan Stasiun Tawang. Tapi jangan salah, ada juga wahana baru seperti 3D Trick Art Museum yang ada di Kota Lama.

My Bucketlist Tempat Wisata di Semarang

Buat keliling area Kota Lama juga gratis kok, jadi pas lah bagi kalian yang on budget tapi ingin menikmati area wisata yang historis dan menyenangkan 🙂

3. Candi Gedong Songo

Candi ini terletak di lereng Gunung Ungara, lebih tepatnya di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Di dalam satu kompleks candi ini, terdapat sembilan buah candi sehingga namanya Candi Gedong Songo. Antar candi ada jaraknya sih tapi kita bisa menyewa kuda juga untuk mengantarkan kita menyelusuri semua candi.

Candi Gedong Songo My Bucketlist Tempat Wisata di Semarang
Courtesy of Pixabay

Karena Rio sudah agak besar, maka pergi ke tempat wisata Candi Gedong Songo merupakan hal yang tepat. Selain Rio bisa lari-larian (iya energinya lagi super banyak hahaha), dia juga bisa belajar lebih banyak tentang alam dan wisata budaya ini. Selain itu, saya juga belum pernah kesini hahaha. Sekalian lah yaa.

Oiya, katanya ada kawasan foto foto instagramable yang hits sekarang di komplek Candi Gedong Songo ini yang bernama Ayanaz Gedong Songo. Ada sekitar 35 spot foto instagramable, termasuk balon balon dan igloo plastik ang unik. Hmm, jadi penasaran kan yaa.

Ayanaz Gedong Songo My Bucketlist Tempat Wisata di Semarang

FYI tiket masuk Candi Gedong Songo ini adalah sebesar Rp. 10.000,- (domestik) dan Rp. 75.000,- (mancanegara). Untuk masuk ke Ayanaz, kita perlu membayar Rp. 20.000,- (dewasa) dan Rp. 10.000,- (anak-anak) untuk bisa berfoto ria di semua spotnya. Untuk spot igloo dan balon, perlu nambah lagi bayar Rp. 5.000,- menurut DetikTravel.

Baca Liburan Akhir Tahun Anti Ribet 

4. Kampung Pelangi

Area Kampung Pelangi ini baru dibuka tahun 2017 di Semarang. Sebenarnya sudah ada beberapa kota yang mempunyai konsep kampung warna warni ini, tapi karena saya belum pernah mengunjungi wisata yang serupa, maka ini juga termasuk ke bucketlist hehehe.

Kampung Pelangi My Bucketlist Tempat Wisata di Semarang
Courtesy of Pixabay

Biaya masuknya tentu gratis (hallooo sobat on budget kuu!) dan hanya perlu membayar parkir saja. Setelah itu kita bisa keliling dan berfoto-foto ria. Asyik!

5. Vihara Buddhagaya Watugong

Di dalam kompleks Vihara Buddhagaya Watugong terdapat salah satu icon kota Semarang, yaitu Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang. Pagoda ini masuk ke museum MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Pagoda Semarang My Bucketlist Tempat Wisata di Semarang
Courtesy of Pixabay

Selain hunting foto, kita juga dapat mengikuti ritual Tjiam Shi atau ritual umat Budha untuk mengetahui nasib manusia. Caranya adalah dengan menggoyangkan bambu-bambu yang diberi tanda hingga salah satunya terjatuh. Oiya karena ini merupakan tempat ibadah, jangan lupa untuk berpakaian sopan dan menjaga perilaku ya. Noted!


Cukup lima dulu ya hehehe. Meskipun ada banyak lagi tempat wisata di Semarang, seperti Lawang Sewu, Sam Poo Kong, kawasan agrowisata Ungaran, namun inilah beberapa yang saya ingin kunjungi terlebih dahulu. Lawang Sewu hampiiir masuk list, tapi agak deg-degan juga kesana ya kalau membaca semua ceritanya hahahaha. Apalagi bawa bayi.

Transportasi Menuju Tempat Wisata di Semarang

Dari kota lain, Kota Semarang sangat mudah di jangkau karena memiliki bandara, stasiun kereta api, pelabuhan dan juga terminal bis. Jika kalian suka kenyamanan dan kemewahan, selain menggunakan pesawat dan juga kereta eksekutif, kalian yang dari Jakata juga bisa menggunakan bus executive Agra Mas rute Jakarta Semarang. Cukup nyaman sih karena ada yang double decker juga. Ini juga masuk bucketlist kok hehehe.

Baca Review Buku Student Traveller (Annisa Hasanah)

Sekarang sudah sangat mudah untuk berkeliling dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya di Semarang. Selain tersedia banyak pilihan angkot dan juga becak, kota Semarang juga memiliki BRT Trans Semarang. Trans Semarang ini bisa kita gunakan untuk keliling Kota Semarang dengan nyaman dan mudah.

Courtesy of Wikipedia – FarhanSyafiqF

Transportasi online juga sekarang sudah banyak ada di Semarang. Jadi kalau tidak memakai kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan bermotor, we’re all good to go!


That’s my bucketlist! Kalau kalian, ingin melihat atau melakukan apa di Semarang. Silahkan share di kolom komentar dibawah ini yaaa. Siapa tau bisa jadi ide baru bagi kita semua. Thanks for reading!

RELATED POST

38 Comments

  1. Inka Amalia says:

    Kemarin aku kesini kak, tapi aku nggak sempet meyusuri semua daerah di Semarang. Karena cuma punya waktu 3 hari aja waktu itu ditambah bawa anak juga lumayan repot banget travelling gaya backpakceran hehe

  2. lumpia, wingko babat, dan bandeng presto pandanaran yang selalu ku ingat dari Semarang selain lawang sewu hehehe

  3. Saya cuman pernah di Masjid Agung aja mba.
    Emang bagus ya, unik masjidnya.

    Dulu mau ke Kampung Pelangi tapi ga jadi, eh ternyata bagus juga ya.

    semoga bisa balik ke Semarang 🙂

  4. wah aku belum pernah ke Semarang mbak, kayaknya seru ya sambil kulineran, emang paling enak tu liburan kalau udah ada ittenary kayak gini ya

  5. Dari semua lokasi wisata itu baru Gereja Blenduk sama Watugong yang sudah saya kunjungi. Semoga ada waktu dan kesempatan lain sehingga bisa kunjungi wisata lainnya di Semarang

    Amin.

  6. InsyaAllah akhir bulan ini ada acara di Semarang, semoga bisa mampir di beberapa destinasi tersebut. Pernah sekali ke Semarang, baru sempat ke Lawang Sewu aja

    1. Aku penasaran pengen ke Masjid Agung nya. Keren, ya? Pasti asyik bisa sholat disana ^^

  7. Swastivita says:

    Semoga tahun ini bisa tervapai keinginan mengelilingi pulau jawa. Aku bookmark dl ah .. ?

    1. Aku malah pengennya tahun ini hehe. Soalnya doa yang sama aku rapalkan tahun kemarin. Moga2 kesampaian ya mbak 😀

  8. Dah lama bngt gk semarang terakhir itu pas Lulus kuliah,,, kpingin explore Dah bnyk perubahan ya mba,, next mesti kesana kangen kulineran di simpng 5

  9. Makasih infonya mb. cakep-cakep ya wisatanya. moga nanti bisa ke semarang. Udah lama bener gak main ke pulau jawa

  10. Aku dulu kuliah di semarang dan 4 tahunan tinggal di sana. Udah mengunjungi semua lokasi yang mba share juga. Seru sih tinggal di sana apapun serba murah, siapapun yg belum pernah ke semarang wajib banget mengunjungi semarang 😀

  11. Huhuhu, kujadi kangen Semarang lagi deh. Terakhir ke sana tahun 2011. Hehehe… udah lama banget. Dan waktu ke sana, cuma sempet kulineran aja. Gak ke tempat2 wisata itu.

  12. Aq pernah ke semarang tapi numpang lewat aja karena tujuan mau ke solo. Di semarang cuma mampir makan soto bangkok aja yang katanya terkenal di semarang hihihi

  13. Baca Tjiam shi kok jadi inget pengalaman waktu di Batam dulu. Pernah diajarin sama orang Tionghoa buat ngelakuin tjiam shi. Isinya sebetulnya kayak nasihat masa depan kita sih. Btw, Semarang tu bisa dibilang kota nomor satu yang paling pengen aku kunjungi aslinya.

  14. Haduuuw, akutu sering bahkan teramat sering baca artikel mengenai tempat wisata di Semarang. Tapi tapi belum berkesempatan berkunjung ke sana, huhu… Moga suatu saat nanti :’)

  15. Pas ke Semarang hanya lewat saja di kota Tua dari stasiun. Belum pernah mampir ke semua destinasi di atas sih. Nanti lah kalo ke Semarang lagi mau eksplore lebih banyak lokasi yang jepretable buat koleksi foto. Kalo ke Semarang suka tahu gimbalnya.

  16. Aku penasaran sama Kampung pelangi nya mba. Sudah kaya seperti di Meksiko ahaha. Sama mau kuliner-an kalo ke Semarang tuh..

  17. Aku yang kepengen banget di kota tua aka kawasan lamanya itu mbak. Katanya banyak tempat menarik eambg buat dikunjungi, belum lagi kulinerannya,. Moga2 ada rezeki bisa ke sana tahun ini sekeluarga aamiin

  18. Wah jadi pengen jalan jalan ke semarang nih… penasaran banget pengen ke kota tua nya. Semoga tahun ini kesampean.

  19. Riwenda says:

    Bagus bagus emang tempat wisata di Semarang ya mbak, saya lumayan sering dr Jogja kesemarang kalau hari libur

  20. Sudah mendamba ingin travelling k Semarang, semoga secepatnya. Karena list lokasi ini bikin aku berdecak kagum kak. Apalagi wisata masjid nya dan juga bangunan artistik lainnya. Wow banget

  21. aku belom pernah ke semarang. wah thankyou banget loh kak udah berbagi tempat tempat yg wajib dikunjungi kalo disanaa. ku noteddd hehe

  22. Asiiikk… ntar kalau pas ke Masjid Agung Jawa Tengah main ke rumahku yaaa… dekeeeett banget lho. Ga sampe 5 menit naik motor 😉 Semarang nih meskipun panas cuacanya tapi kotanya sangat eksotik lhoo..

  23. Banyak banget ya tempat wisata di Semarang yg bagus dan ada nilai edukasinya, bahkan banyak yg instagrammable. Recommended nih untuk jadi wishlist saat liburan.

  24. Aku belum pernah nih ke Semarang.. kayaknya mau ngikutin bucketlist nya kakak ah kalau nanti ke Semarang ?

  25. Aku kalau semarang biasanya lewat aja. Hiks. Padahal asik juga buat jalan jalan menikmati keindahan kota Semarang ya

  26. Koq ini instagrammable semua ya, sekarang kalo mau pergi2 juga memikirkan tempatnya okay nggak buat foto2 ala insta hihi

  27. saya belum pernah ke Semarang…maklum ngak ada keluarga dekat di Pulau Jawa. Tapi baca artikel ini, saya jadi tambah pengetahuan dech…..

    Ohy……di Kampung Pelangi tsb, siapa yach yang modalin cat bangunannya ?

  28. Bangga sama Kota Semarang, aku pikir ini bukan di Indonesia loh kalau lihat gambarnya aja. Bangga yah, aku tertarik banget pengen ke kamoung pelangi. Transportasinya juga maju yah. Nice sharing mba.

  29. Banyak tempat oke dan menarik memang di Semarang dan saya udH datang di 4 tempat yang ada di list ini.

  30. Semarang ternyata banyak sekali tpat wisatanya ya. Dulu pernah ke sini tapi udha kama bangett.. nanti pengen main ke sini lagi ah, nyobain tol baru.

  31. dari sekian buckelist saya sudah ke dua tempat yang ada di Semarang dan semoga bisa ke sana lagi dengan formasi lengkap berempat.

  32. Aku dulu pas masih kecil pernah diajak liburan sama papa Ke Semarang, tapi lupa banget objek wisatanya, ingetnya cuma hotelnya doank. Haha wah disana ada Kampung Pelangi juga toh. Seru iih jadi pengeen. Hehe

  33. Waah, saya blm pernah nih mbak ke Semarang. Lokasi wisatanya keren ya. Sangat cocok ajak keluarga kesana ya. Pasti akan menjadi momen berharga banget

  34. Btw, tempat-tempatnya instagramable banget mbaa. Apalagi kalau dihitung-hitung budgetnya juga cukup terjangkau ihh. Jadi pengen cepet-cepet liburan kaaann hihii

  35. aku pernah denger cerita kalo berwisata di kota Semarang itu memang sangat menyenangkan karena tempat wisatanya sangat banyak.. ada wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner.. buat stay lama2 di sana juga sangat enak, nuansa tradisional Jawanya masih terasa kental 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.