How To, Technology, Thoughts, Tips

Spam Score Blog Naik Itu…

Menyebalkan, huh! Jadi kemarin ngecheck statistic blog berupa PA DA dan sebagainya setelah liat status update seorang teman. Dan ternyata spam score blog naik dong. Padahal selama ini aman-aman aja di angka 1%. Lalu kenapa sih bisa naik? Dan apa yang saya lakukan?

Apa Itu Spam Score Blog?

Jadi spam score adalah sebuah metric yang dibuat untuk melihat blog kita tuh mirip berapa persen sih sama blog-blog berkualitas buruk dan blog spam yang kemudian hari di banned atau penalized sama Google.

Baca   Menjadi Blogger Full Time atau Part Time?
Spam Score Blog Naik Itu...
Courtesy of Pixabay

Jadi MOZ memiliki catatan 27 fitur yang biasanya ada di blog-blog spammy tersebut. Lebih jelasnya bisa dilihat di penjelasan MOZ ini atau di blognya Mbak Carra yang saya baca-baca setelah spam score saya naik.

Lalu dilihat, berapa persen blog kita memiliki fitur-fitur yang dianggap “spammy” itu. Semakin banyak, spam scorenya semakin tinggi. Kategorinya adalah :

  • Low : 1-30%
  • Medium : 31-60%
  • High : 61-100%

Ngaruh ke Ranking Google Ga?

Setelah baca-baca, ternyata ga terlalu berpengaruh karena Google tidak menggunakan spam score. Namun ingat hal ini bisa berubah, dan Google juga tidak terlalu detail memberi tahu apa saja yang bisa membuat blog post kita masuk rangking satu.

Tapi dari diskusi sama sesama blogger lain, ada kok yang spam scorenya diatas 50% dan malah masuk page one. Tetapi bukan berarti spam score ini bisa diabaikan yaa. Kalau bisa sih, harus kita tekan lagi biar dibawah 5%.

Baca   Faradila's Flashback : Awal Mula Menulis Blog

Kenapa Spam Score Bisa Naik, Dil? Whyyy?

Ini juga pertanyaan saya hahaha. Tidak ada yang bisa menjelaskan atau menganalisa kenapa spam score naik, kecuali kita telusuri satu-satu dari 27 komponen itu. Apa ya yang kira-kira kita belum lakukan atau yang telah kita lakukan, yang menyebabkan spam score naik?

Setelah ditelaah dan dilakukan backlink check oleh saya, ternyata ada beberapa hal yang *mungkin) menyebabkan spam score blog naik. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Broken link pada artikel dan comment
  2. Backlink masuk yang tidak berkualitas – ada yang ngebacklink web saya dari website yang spammy!!
  3. Pernah comment ninggalin link blog di blog yang memiliki SS diatas 70%….
  4. Backlink berkualitas yang masuk sedikit – udah lama ga collab blog huhuhu
Spam Score Blog Naik Itu...
Courtesy of ahrefs

Wah, ternyata hal-hal ini juga berpengaruh ya. Apalagi yang nomer 2, kaget banget pas tau link ke blog tercinta ini dimasukkan ke website yang low quality. Itu loh website yang ada embel embel jualanonline jualanonline dan ngepost foto satu barang aja. Mana ga jelas lagi pemiliknya siapa. Ga bisa diminta take down ewrrr. Termasuk blackhat SEO juga kan itu grrr,

Spam Score Blog Naik Itu...
Salah satu blog spammy yang naro backlink saya disana ewwwr

Dan ternyata saya ga sendirian. Beberapa teman blogger juga ada yang kena kasus serupa. Dan memang lebih baik mencegah daripada mengobati, karena nurunin spam score dan ngebenerin semua itu PR banget huhuhu. Butuh usaha dan tenaga.

Langkah Memperbaiki Spam Score

Spam Score Blog Naik Itu...
Courtesy of Pixabay

Atas saran beberapa situs SEO di internet, saya mulai melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Karena saran teman seorang teman, hal yang pertama saya lakukan adalah membersihkan broken link. Yap, broken link yang ada di blog maupun di comment saya bersihkan. Alhamdulillah pakai wordpress, jadi bisa edit link yang disematkan orang lain di blog.
  2. Kalau bisa contact webmaster yang menaruh backlink blog saya di blognya, saya langsung kontak dan minta tolong take down commentnya. So far sih sudah dan dia bilang sudah takedown. Cuman kemarin masih ada sih hehehe. We’ll see how it goes.
  3. Yang ga ada contact webmasternya, langsung masuk ke list disavow link. Puyeng ternyata cukup banyak website spammy online yang asal nyomot photo dari google photos dan asal taro link. Malah ada beberapa yang ga bisa kebuka tapi masih kedetect hadeh.
  4. Mulai banyak nulis blog post ringan nan organik, alias yang receh hehehe. Jadi siap-siap akan banyak curhatan seperti ini ya. Soalnya terbukti bisa menurunkan juga spam score, tapi ya itu, lama dan ga bisa instan.
  5. Mulai link building lagi. Ada yang mau collab blog bareng? Udah lamaa banget kayanya ga collab blog bareng teman-teman blogger. Kangen!
Baca   Faradila's Flashback : Kenapa Menulis Blog?
Courtesy of Pixabay

Sekian cerita spam score blog naik dan beberapa langkah yang saya lakukan agar bisa turun lagi. Wish me luck yaa, semoga berhasil! Anyway, ada yang bermasalah jugakah dengan spam score ini? Cerita dong di kolom komentar. Thank you for reading!

RELATED POST

1 Comment

  1. Mba Fara nanya dunk. Aku msh buta soal SD ini soalnya. Maksudnya ada yg ngebacklink web mba Fara ke website yg spammy, itu mksdnya, di website yg spammy tadi, org tersebut naro foto tapi dgn mencantumkan link blog mba yaa??

    Selama ini aku memang ga merhatiin hal2 begitu. Cuma sebatas kalo ada temen yg naro link hidup di komen, ya itu aku bersihin dulu :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.