Technology, Thoughts

Faradila’s Flashback : Awal Mula Menulis Blog

Selamat Hari Blogger Nasional! 😀 Di kesempatan ini, saya ingin menulis sedikit awal mula saya menulis di blog. Ternyata setelah saya ingat, saya mulai menulis ketika saya SMP loh sekitar tahun 2004-2005! Berarti kurang lebih 14 tahun saya berkenalan dan familiar dengan dunia tulis menulis online. Tapi pada saat itu sih banyakan curhat daripada artikel yang bermanfaat HAHAHA. Penasaran cerita lengkapnya? Saya tulis di bawah ini yaaa 🙂


Akhir 1990an – 2006

Hmm, kalau diingat-ingat saya awal berkenalan dengan internet di akhir 1990an ketika saya ikut Bapak saya sekolah di Amerika. Ya masih simple banget sih, tapi dari situ saya mengerti soal web dan struktur web karena sekilas diajarkan di sekolah saat SD. Ketika pulang ke Indonesia, Bapak juga memasang internet di rumah. Yap, internet ala dial up jaman dulu. Yang kalau memakai internet, maka tidak bisa menerima atau menelpon keluar hehehe.

Nah dari situ, saya juga belajar dan mengamati bahwa banyak yang mempunyai sebuah blog alias jurnal online pada waktu itu. Jadi ya saya ikutan juga dong hahaha mohon maaf anaknya pengenan. Kalau tidak salah saya memulai blog di Blogger atau Blogspot sekitar tahun 2004-2005. Dari situ, saya mengerti dan belajar mengenai HTML karena saya juga mau dong blognya mempunyai template yang kece sesuai keinginan, terpasang lagu dan ada kerlap kerlip cantik HAHAHA.

Faradila's Flashback Awal Mula Menulis Blog
Blogger circa 2004. Courtesy of http://blogoscoped.com

Oiya pada masa ini juga lagi hitsnya Friendster, tapi saya curhatnya mayoritas di blog. Saya juga mendapatkan teman sesama blogger yang seumuran. Saya juga temenan dengan mereka di Friendster selain saling mengunjungi blog dan menaruh linknya di blogroll.

Pengen liat blog saya yang pertama ini? GA BISA UDAH DIHAPUS HAHAHA. Isinya juga ya gitu, curhat ala ABG labil hahaha. Saya lupa lupa inget saking malu-maluinnya. Saya aktif menulis curhatan labil hingga tahun 2006an ketika sudah mulai beberapa semester sekolah SMA. Setelah itu saya hapus blog dan vakum.


Hello Tumblr!

Saya memulai lagi tahun 2009 dengan menggunakan Tumblr. Seru sih karena bisa repost dan gambar serta tulisannya oke oke hehehe. Saya  berkenalan dengan beberapa orang yang berpikiran visioner dan menuangkan ide dan pemahamannya di Tumblr. Saya jadi tau juga quotes-quotes makjleb yang membuat saya galau. Tapi galaunya di sosmed lain (red: Twitter) wakakakakak.

Faradila's Flashback Awal Mula Menulis Blog
Tumblr circa 2009. Courtesy of http://twirpz.wordpress.com

Saya juga menulis banyak soal kehidupan kampus, persiapan pernikahan (2015-2016), masa kehamilan (2016-2017) hingga pengalaman menjadi Ibu loh.  Disitulah cikal bakal saya terjun secara penuh ke dunia perbloggeran. Sebelumnya kan saya diam-diam saya. Tapi semenjak melakukan persiapan pernikahan, saya sadar juga mempersiapkan semuanya dari cerita orang di blog. Makanya saya juga ingin berbagi pengalaman dan info mempersiapkan pernikahan saya di Bogor di blog saya.

Faradila's Flashback Awal Mula Menulis Blog
Courtesy of http://twirpz.wordpress.com
Faradila's Flashback Awal Mula Menulis Blog
Courtesy of http://twirpz.wordpress.com

Saya juga memberanikan diri “membuka” blog saya ke orang lain alias menaruh link sana sini agar dibaca hahaha. Niat awal saya memang ingin membantu memberikan info bagi yang membutuhkan. Kala itu info soal pernikahan di Bogor tidak sebanyak sekarang. Postingan Pemilihan Vendor & Perias di Bogor & Jakarta (with Pricelist!) sempat hits loh hihi.


Mulai Serius…. Alias Monetize!

Untuk meningkatkan pembaca, saya mulai mencari dan mengikuti berbagai komunitas blogger. Dari situ saya drop link dan mulai belajar monetize blog. Eh ternyata bisa menghasilkan juga loh, alhamdulillah! Pas banget untuk seorang ibu hamil yang banyak waktu luang dulu hahahaha.

Faradila's Flashback Awal Mula Menulis Blog
Tampilan blog di Tumblr jika diakses dengan VPN

Belajar dan melihat blogger lainnya, domain faradiladputri.com saya beli di pertengahan 2017 dan saya semakin giat menulis. Alhamdulillah dapat kesempatan ikut beberapa event dan memenangi beberapa kompetisi. Yang paling berkesan sih memenangkan blog competition dari Anmum dan Prodia 😀

Baca Anmum #CelebrateTheExtraordinary Blog Competition Winners’ Visit to Fonterra Brands Indonesia

Tips Menjalani Papsmear Pertama - (Sebuah Metode Deteksi Dini Kanker Serviks)

Semuanya saya lakukan di Tumblr, jadi agak berbeda dengan yang lain. Kadang diprotes juga, “Mbak susah nih BWnya soalnya komennya pake Disqus”. Tapi karena saya sudah terbiasa dengan Tumblr, ya saya tidak ada pikiran untuk pindah. Semua itu berjalan hingga Maret 2018, karena abis itu Tumblr di blokir HIKSSSSS. I WAS DEVASTATED! Gila sedih banget! Ada kali dua tiga kali nangis di depan suami hahaha *malu juga kalau diingat sekarang*. Beberapa hari jadi orang linglung karen PV turun drastis. Blog saya ga bisa diakses juga, harus paka VPN. Saya masih ada hutang job pula…. Kepikiran juga beberapa artikel page one yang ga bisa diakses publik. KAN NYESEK……..


Akhirnya Migrasi!

Setelah itu terjadi, pikiran saya adalah BACKUP DAN MIGRASI. Saya menghabiskan beberapa malam tidur jam 3 atau bahkan pernah ga tidur karena sibuk mencari cara untuk backup dan migrasi blog ke entah blogpost atau wordpress. Setelah menimbang plus minus dan alhamdulillah ada Kang Lutfi yang siap membantu, saya mantap pindah ke rumah baru di WP pada Maret 2018. Iya langsung pindahan dadakan. Kaya orang diusir dari kontrakan, pusing. Hahaha.

Sampai sekarang masih proses bersih-bersih, memindahkan foto dari server Tumblr ke hosting sendiri dan juga memprivate postingan curhat receh tidak bermakna HAHAHA. It is still an ongoing progress, but I love where I am now! Benar kata orang-orang memakai WP itu jauuuh lebih mudah dan alhamdulillah transisinya mulus.

Faradila's Flashback Awal Mula Menulis Blog

PV juga lebih meningkat drastis karena theme WP yang saya pakai SEO friendly. Sempet drop juga sih pas pindah dari http  ke https tapi alhamdulillah sudah kembali lagi 🙂 Saya juga ada email baru loh bagi kalian yang ingin menghubungi saya yaitu

hello@faradiladputri.com

hihihi looks professional, eh? Karena ya saya ingin tetap terus eksis di blog ini sampai nanti. Saya juga baru aja bikin kartu nama khusus blogging wakakak. Niat banget yaaa.

faradiladputri.com header banner

Banyaaak cerita di blog ini yang saya ingin keluarga dan terutama anak saya baca kelak di kemudian hari. Saya juga sering membaca kembali dan senyum senyum sendiri kok hihi. It is such a nice way to remember. Selain itu, informasi dari berbagai event saya tulis juga karena siapa tau saya butuh juga kan informasi itu di kemudian hari? Hehehe ini berlaku untuk kejadian Galaxy Note 10.1 (2012) Mati Total hehehe.


Sekian curhat pagi hari saya soal sepak terjan di dunia blogging, yang belum ada apa-apa dibandingkan senior lainnya *sungkem ke para suhu*. Harapannya sih saya bisa terus aktif dan menghasilkan artikel yang bermanfaat.

Nah bagaimana cerita blogging-mu? Share yuk sekilas di kolom komentar di bawah. Kalau punya link cerita seperti ini, share juga boleh 🙂 I would love to read it!

You may also like...

1 Comment

  1. hallo mbak dila, kok samaan sih rentetan pake platformnya, eh tapi saya sempat pake medium sblm akhirnya pindah ke WP. enak sih Medium, tapi ga begitu familiar jg di Indo, dan berasa susah nyari temen jg. Semua dr tumblr bisa di import kan mbak, untungnya lg di Gronie jadi tak import semua ke wp. salam kenal dari newbie di wp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.