Thoughts

Menjadi Blogger Full Time atau Part Time?

Saya masuk ke dunia blogging memang sudah sejak saya SMP dan serius menulis lagi sejak pertengahan 2015. Saya kemudian ikut komunitas blogging dan baru ngeh, ternyata bisa menghasilkan juga loh! Saya baru terekspos dengan fakta bahwa sebuah blog bisa di monetize kurang lebih pada akhir 2015. Kemana aja, Dil! Hahahaha.

Baca Faradila’s Flashback : Kenapa Menulis Blog?

Semenjak itu, saya mulai serius menggarap blog. Mulai menulis banyak konten. Mulai merapihkan social media sehingga tidak curhat receh doang hahaha. Mulai memberanikan diri untuk membeli domain sendiri. Mulai belajar tentang SEO, DA, PA dan juga segala macam yang membuat blog kita semakin bersinar *alah bahasanya hahaha*. Dan yang terakhir, mulai membuat kartu nama!

Yes, making a business card, a blogger business card, is a big step for me.

Selama ini kan business card saya tertulisnya Undergraduate Student dan Graduate Student. Nah ini sekarang tulisannya Lifestyle Blogger dan ada link ke blog juga hihihi. Jadi saya berpikir, apakah mending saya menjadi blogger full time atau part time ya?

Menjadi Blogger Full Time atau Part Time
Courtesy of Pixabay

Pekerjaan Full Time

Menurut wikipedia, pekerjaan full time didefinisikan sebagai sebuah pekerjaan dimana seseorang bekerja dalam sejumlah waktu tertentu. Memang berbeda-beda tergantung dengan perusahaan. Rata-rata butuh 32-40 jam per minggu untuk dapat dikategorikan sebagai full time employee. Tapi saya pernah bekerja dimana 15 jam per minggu sudah masuk ke dalam kategori full time.

Pekerjaan Part Time

Berbeda dengan full time, part time adalah pekerjaan yang menghabiskan kurang dari jam yang diperlukan untuk full time job. Lagi-lagi balik ke masing-masing perusahaan tentang berapa jam ideal untuk disebut part time atau full time.

Jadi saya Blogger Full Time atau Part Time?

Melihat dari jumlah jam yang saya habiskan untuk mengelola blog, sebut saja setiap hari minimal 2 jam ada untuk menulis, blogwalking dan juga untuk social media. Jadi dalam seminggu saya menghabiskan 14 jam untuk blog. Iya Minggu juga nggak libur hehehe. Terus kalau ada event, waktu yang ditempuh kurang lebih sekitar 5 jam termasuk PP, sebut saja seminggu sekali (rata-rata – kadang bisa lebih). Jadi dalam seminggu saya menghabiskan kurang lebih 19 jam untuk blogging.

Menjadi Blogger Full Time atau Part Time
Courtesy of Pixabay

Kalau dilihat, ternyata masih part time ya hehehe. Mengingat sekarang saya juga tugas utamanya masih ngemong anak dan menjadi ibu rumah tangga, saya anggap pekerjaan di dunia blog ini sekaligus hiburan atau sarana refreshing 🙂 Mungkin kedepannya, jika saya belum menjadi dosen juga (hahaha lama nih nunggu rejekinya, semoga disegerakan ya) dan kalau Rio sudah sekolah, mungkin saya akan lebih banyak meluangkan waktu hingga bisa menjadi full time blogger. Sampai bisa bikin media dan blog post plan kaya di Pinterest hihi.

Tapi mau part time atau full time, yang penting adalah semangat dan niat untuk berbagi informasi dan pengalaman ke orang lain. Semoga saya terus bisa melakukan hal tersebut melalui blog ini ya! Anyway, ada yang pengen kalian liat saya bahas di blog? Monggo loh tulis di kolom komentar 😉

Menjadi Blogger Full Time atau Part Time
Courtesy of Pixabay

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.