Family, Products, Review

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder

Musim kemarau yang cukup panjang ini tidak hanya membuat tanaman kekeringan, tapi juga cuaca lebih gerah. Kerasa ga sih? Sampai-sampai Rio pun tidak nyaman, kasihan. Tapi alhamdulillah akhirnya menemukan bedak cair anti drama, yaitu bedak cair Mitu Baby Liquid Powder πŸ˜€ Tentu di blog post ini saya akah membahas dan mengulas lebih dalam soal produk baru ini.

Sebenarnya yang membuat Rio tidak nyaman adalah gerah dan gatal yang dihasilkan dari bekas keringat. Namanya juga musim kemarau dan di daerah tropis. Saya mengobservasi dia beberapa hari ini sering menggaruk bagian depan leher, pas di lipatan. Wah sempet was-was terkena biang keringat!

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder

Menurut hellosehat.com, biang keringat adalah kondisi yang biasa terjadi pada wilayah dengan cuaca panas dan lembab, di mana orang dapat berkeringat banyak. Hmm pas banget nih sama kondisi Rio. Sebagai anak balita 2.5 tahun, mana bisa dia diam. Seharian adaaa aja kegiatannya. Lari-larian, main diluar, sepedaan, bahkan tidur siang pun maunya di sofa yang tidak terkena AC. Haduh anak cowo!

Tapi sebagai Ibu, tentu ga tega ketika Rio datang dan bilang β€œIbu gatal”, huhuhu. Pengennya langsung diobatin ya gatalnya. Sebenarnya ada beberapa solusi sih tapi…

BacaΒ Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Permasalahan Pada Bedak Tabur

Ketika mau dipakaikan bedak bayi tabur, kok agak maju mundur ya. Memang sih bisa meredakan rasa gatal dan membuat kulit tidak kering dan tidak iritasi. Tapi kok ya serbuknya mengganggu banget! Bahkan beberapa kali ketika mau dipakaikan bedak tabur, Rio bersin-bersin.

Ternyata ada alasan besar dibalik kenapa saya manut sama dokter anak (dan juga banyak literatur terpercaya) yang tidak menyarankan untuk menggunakan talcum powder atau bedak tabur. Beberapa resiko besar dibalik penggunaan bedak tabur menurut hellosehat.com adalah :

  1. Menyebabkan masalah pernafasan – ternyata partikel bedak yang halus dapat terhirup dan mengendap di sistem pernafasan
  2. Membuat lebih iritasi – kalau tidak cocok dengan bahan kimia maupun fragrance yang terkandung di dalamnya.
  3. Kanker (?)– terdapat bahan karsinogenik yang mungkin dapat menyebabkan kanker (meskipun perlu banyak penelitian yang lebih mendalam).

Bahaya menghirup baby poeder ternyata sudah ada penelitiannya sejak tahun 1981 oleh Mofenson et all. di Pediatrics, Official Journal of the American Academy of Pediatrics loh. Bahkan sudah ada report case fatal aspiration of talcum powder by a child sejak tahun 1962. Cukup lama yaa.

Sedihnya lagi, menurut sebuah case study, The American Association of Poison Control Center melaporkan bahwa ada 2526 kejadian tentang baby powder pada tahun 2008. Sebanyak 87% kejadian tersebut terjadi di anak dibawah 6 tahun. Butiran pada baby powder tersebut bisa mengendap dan bisa memblokir saluran pernafasan, sehingga muncul kesulitan bernafas. Duh, kasian πŸ™

Untung saya diperkenalkan dengan Mitu Baby Liquid Powder. Ternyataaa anti drama-drama diatas loh hihi. Alhamdulillah bisa menemukan solusi pas untuk meredakan rasa gatal-gatal di kulit Rio.

Keuntungan Memakai Bedak Cair

Ternyata memakai bedak cair yang aman ini banyak keuntungannya loh hihi. Merasa beruntung bahwa di jaman sekarang, banyak sekali produk yang variatif untuk bayi, sehingga bisa menyelesaikan solusi-solusi yang ada.

Nah beberapa keuntungan bedak cair adalah bedak cair fungsinya sama seperti bedak tabur, namun lebih mudah diratakan dan tidak meninggalkan bekas licin maupun kotor. Beberapa bedak cair juga memiliki cooling effect yang membuat bayi nyaman. Oiya, untungnya kita tidak perlu bersin-bersin lagi yaa ketika memakaikannya ke bayi hihi.

BacaΒ Cara Membersihkan Koleksi Mainan Anak & Bayi

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder

Sementara khusus untuk bedak cair Mitu Baby Liquid Powder, beberapa keunggulannya adalah :

  1. Mengandung Acti Natura (Vit B5, Chamomile, Zinc, Talc) – fungsinya untuk menjaga kulit bayi tetap kering & halus dan terlindung dari iritasi kulit.
  2. Memiliki Tekstur Lotion – sehingga penggunaannya praktis dan tidak mudah tercecer
  3. Terbukti Hypoallergenic Tested – pokoknya teruji aman untuk kulit bayi
  4. Soft Fragrance – wanginya lembut yang menyenangkan.

Review Mitu Baby Liquid Powder

Kemasan

Bedak Cair Mitu Baby Liquid Powder datang dengan kemasan box. Dibagian depan terdapat Di bagian belakang terdapat keterangan singkat, keterangan produksi, kode produksi dan tanggal kadaluarsa. Sementara di bagian samping box terdapat keterangan pakai, komposisi, sosial media dan juga cap halal MUI.

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder

Saat dibuka, terdapat botol plastik yang mengandung bedak cair dengan berat netto 100 gram. Kemasannya cukup mudah dipegang. Di bagian belakang juga terdapat keterangan singkat, cara pemakaian, komposisi, keterangan produksi dan juga tanggal kadaluarsa. Jadi kalau boxnya hilang, semuanya masih tertera di bagian belakang botol. Don’t worry πŸ˜‰

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder

Tutupnya bisa dibuka dengan cara dipencet ya. Saya lebih suka tutup begini karena tidak mudah dibuka tutup oleh anak. Alias Rio belum belajar cara membuka tutup seperti ini hahaha.

Komposisi dan Tekstur

Komposisi bedak cair bayi, Mitu Baby Liquid Powder adalah :

Water, Talc, Glycerine, Dimethicon isopropyl palmitate, Zinc Oxide, Cetyl Alcohol, Ceteareth-20, Phenoxyethanol, Perfume, Xanthan Gum, Sodium Benzoate, Citric Acid, D-Pathenol, Chamonile (Anthemisnobilis Extract, Potasium Sorbate, Disodium EDTA

Menurut skincarisma.com, bedak cair ini sudah bebas paraben, sulfate, alkohol dan silicone. Cukup aman lah ya dipakai sejak bayi masih newborn. Adapun teksturnya adalah cair dan berwarna putih. Ada wangi yang cukup harum yang berasal dari perfume yang terdapat pada bedak cair ini.

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder
Sebelum dan sesudah diratakan

Secara umum, bedak cair ini mudah diratakan dan mudah meresap ke dalam kulit. Tidak perlu menunggu lama untuk produknya meresap. Langsung tidak ada bekas putih-putih khas bedak tabur hehehe.

BacaΒ Review Little Bee Refreshing Baby Spa (Plus Cara Pijat Bayi!)

Cara Pemakaian

Saya biasanya memakaikannya setelah Rio mandi dan menggunakan lotion atau setelah dia gerah main seharian. Saya hanya memakainya di lipatan leher, lengan atau dimana yang menurut Rio gatal dan tidak nyaman.

Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu :

  1. Tuang Mitu Baby Liquid Powder secukupnya pada telapak tangan
  2. Gosok kedua tangan dengan lembut untuk meratakan produk
  3. Usap secara merata pada kulit bayi

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder

Testimoni

Jujur ini adalah pengalaman pertama saya dan Rio menggunakan bedak cair. It turns out that we love this product! Kemasannya kecil sehingga travel friendly dan anti drama juga karena tidak menyebabkan partikel putih kemana-mana ketika diaplikasikan, yeay!

Rio juga senang dengan baunya dan juga efek dari bedak cair yang mengurangi rasa gatal. Sekarang dia nagih sih kalau gatal harus pakai bedak hahaha. Pas diratakan juga mudah dan tidak harus menunggu lama untuk produk agar meresap. Berarti anak lebih cepat bisa main dan beraktivitas lagi hihi.

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder

Tidak perlu khawatir lagi partikel kecil akan terhirup oleh anak maupun bayi yang baru lahir. Jadi menggunakan bedak cair ini adalah suatu pilihan yang baik. FYI tidak terbatas untuk anak-anak juga ya. Orang dewasa juga bisa menggunakan ini kok hihihi.


Bedak cair Mitu Baby Liquid Powder bisa didapatkan di toko bayi online maupun offline. Untuk toko di online marketplace, harga yang ditawarkan memiliki range dari Rp. 16.000,- hingga Rp. 25.000,- untuk ukuran 100 gram.

FYI Mitu Baby sudah memiliki official store di banyak marketplace online loh. Check-check ya siapa tau ada diskon hehehe. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi sosial media Mitu Baby di :

Facebook : Mitu Baby
IG : @mitubabyid

Review Bedak Cair : Mitu Baby Liquid Powder

Sekian review bedak cair Mitu Baby Liquid Powder dari saya. Semoga bisa memberikan solusi bagi kalian yang enggan menggunakan bedak tabur, namun masih perlu memakai bedak hehhe. Thank you for reading!

RELATED POST

62 Comments

  1. aku pake ini, wanginya lembut dan tahan lama, jadi pengen cium-cium badannya bayi terus kalo pake bedak cair mitu

  2. udah banyak sebenernya yang merekomendasikan supaya tidak pake bedak tabur lagi, karena efek sampingnya buat baby. Bedak cair ini salah satu solusiiii cerdas biar baby juga tetap wangikkkk dan terjaga kesehatan kulitnya ya mb

  3. Iya kalau pakai bedak tabur khawatirnya ngaruh ke pernafasan anak ya, apalagi kalau anaknya masih bayi.Waduh malah bisa bikin kanker ya, serem…
    Aku juga paling suka pakai bedak yang liquid kalau buat anak2, biasanya aku pakaiin setelah mandi. Wah baru tau MITU sekarang punya produk liquid powder, thanks infonya.

    1. Wah coba deh nanti nyari di supermarket langganan, soalnya di minimarket deket rumah blm nemu. Anak2ku jg msh pakai bedak baby sampai skrng, mau nyobain pakai Mitu ini πŸ˜€

  4. Tooos dong Kak Rio, Nafisa juga pake ini. Jadi ga bosen cium2, karena bau bayi yg khas banget dari mitu liquid powder… udah bye hatchi ya hihi

  5. Drama bedak tabur berakhir nih ya dengan adanya Mitu Liquid Powder. Karena jujur, aku sih dulu waktu ada bedak tabur suka gemes banget pengen teriak melulu dirumah.

  6. Iya karena banyak kekurangannya aku jadi ga pernah pakai bedak tabur ke anakku. Tapi aku ingin coba mitu bedak cair ini, karena solusi untuk tetap memakai bedak dengan cara yang aman.

  7. aku juga pake mitu baby liquid powder dirumah untuk anakku jadi lebih tenang karna aman untuk pernafasan

    1. Bedak cair mitu ini tekaturnya sama kaya lotion gitu ya ?
      Kalo Mitu ini wanginya pasti seger dan awet ya.

  8. Wahh, sekarang mitu sudah ada yg cair ya. Sangat membantu sih, dulu kalau yang bedak tabur malah suka dimainin anak anak. Ditabur taburin aja gitu. Siram2an bedak sama kakaknya. Hihhih. Kalau udh begini, takut kena mata, takut kehirup. Banyak yg dikhawatirkan. Kalau udh cair, sepertinya akan lebih aman ya

  9. Asik nih Mitu keluarin varian bedak cair selama ini brandingnya lebih ke tisue apalagi dulu iklannya ngehtits ..ambil mitu..ambil lagi hehehe..

    jadi pengen beli harganya juga ga lebih dari 30ribu y mb kisaran 16-25rb

  10. Wah seandainya zaman anakku dulu sudah ada mitu bedak cair, pasti lebih tenang, dulu aku jarang pakein anak-anak bedak tabur, apalagi untuk anak perempuan, karena kurang baik katanya. Selain itu, bedak tabur rentan cepat habis, entah kenapa anak-anak suka banget mainin bedak waktu kecil, makanya aku jarang beli bedak tabur waktu mereka kecil.

  11. MashaAllah…
    Lihat senyum Mama dan Rio…aku jadi ikutan bahagia.
    Anak-anak itu tahu yaa…kalau dicintai sepenuh hati. Bersama Mitu Liquid, jadi makin seneng cium-cium bayik…

  12. Anakku sepulang dari RS dulu juga ga dibolehin pakai bedak baby. Apalagi mereka ada asma. Khawatirnya menyebabkan masalah pernafasanΒ  lantaran partikel bedak yang halus dapat terhirup dan mengendap di sistem pernafasan. Hepiii pasti kalau ada bedak cair seperti Mitu Liquid ini.

  13. selain tissue basah, mitu mengeluarkan produk bedak cair ya …. bedak cair lebih aman digunakan biar baby tidak tersedak

  14. Baca-baca tentang bedak cair, jadi kepengen punya deh. Anakku yang 5 tahun masih pake bedak soalnya. Dan iya, serbuk bedaknya sering bikin tersedak dan masuk mata. Nyari Mitu aaaah…

  15. Mitu Liquid Baby Powder, bedak yang aman bagi bayi, ibu pun tenang

  16. Wah iya kaaa kalo bedak tabur gitu, ngeri k kesehatan organ pernapasan yaa. Ak jg komit untuk nanti pakein babbu ku dengan liquid powder ini

  17. lihat senyum RIo kok adem banget ya hahahaa senyumnya satu tipe sama mama Dilla ya πŸ™‚ mama selalu tahu yang terbaik buat anaknya

  18. Aku selalu pakai mitu dari anak pertama sampai yang kedua mba emang bagus ya

  19. Mitu bahan kandungannya ringan banget, aq selalu pake tissue basah mitunya. Kalo bedak tabur lebih baik jangan digunakan soalnya pernah ada yg bilang ke aq bedak tabur itu tingkat bahayanya buat anak tinggi banget,kalo bisa yg liquid powder

  20. Wah sekarang enak yah ada bedak liquid gini jadi ga khawatir kehirup sama anak partikel bedaknya yah.

  21. waaaah asik banget nih sekarang ada bedak cair, jadi nyaman dipake ya soalnya nggak ganggu pernafasan nih

  22. Suka deh skrg ada inovasi bedak cair gini. Jadi bedak gak bertaburan kemana2. Aq penasaran sama wanginya ini πŸ™‚ Buat diri ja dl nyobain πŸ™‚

  23. Asik nih makin aman ya buat pernafasan anak.. jd ga worry lg sm kesehatan anak. Mitu ok inovasi nya

  24. Enak banget nih sekarang sudah ada Mitu Baby cair ya, jadi gak ada lagi tuh drama numpahin bedak tabur yang akhirnya bikin geger serumah. Kelvin pernah soalnya, eyang utinya lagi tidur terus sama dia ditaburin deh. Hahahhaa

  25. team pake bedak tabur sedari lama cungggg ? ASIK SAMA HAHAHAAHAHAHA
    tp penasaran bedak cair gtu giamana sihhh πŸ™

  26. Wah seandainya dulu sudah ada mitu bedak cair, pasti aku suka bgt hahaha . tp kenapa ya loose pwder tuh gampang abis banget huhu sadddddd

  27. Jadi inget kalo waktu dulu saat masa kecil, langganan banget sama yg namanya biang kringet nih kak. Dan skrg udah aman ya dg adanya Liquid Powder dari Mitu ini

  28. Wah ilmu baru lagi nih, selama ini tau nya kalau bilang keringat ya pakai bedak tabur. Tapi ternyata lebih bagus pakai bedak cair kaya gini ya.

  29. Mau beli juga aahh untuk anakkuu siapa tau cocok juga di kulitnya. Lebih bagus juga ketimbang yg cair ya

  30. Gemes banget rio manut diajak foto yaampun ekspresif banget lagiπŸ˜‚ iyanih liquid powder buat anak anak kayaknya lbh bagus. Biae mereka ga cemong juga

  31. Dulu waktu anak-anak masih bayi, sempet pake bedak cair. Terus beralih ke bedak tabur lagi. Dan iya, masalah masuk mata dan tersedak sering kejadian. Kayaknya sekarang kudu balik ke bedak cair lagi deh. Anak-anakku masih pake bedak nih ::D

  32. Mitu Baby Liquid bedak ini jadi lebih aman secara kesehatan ya, teksturnya yang cair dan bikin nyaman digunakan

  33. Jadi pengen beliin bedak cair Mitu baby liquid powder ini juga buat keponakan

  34. Wah Ada bedak cair nya , aku suka si mitu ini apalagi tissue basah nya . Wangi nya juga enak buat bayi Dan anak anak gak terlalu menyengat . aku udah beli ini buat ponakan Ku dia seperti nya lebih suka ini ketimbang yang tabur

  35. Kemarin saudara baru aja melahirkan. Bisa buat kado nih kayaknya. Bedaknya praktis, gak mudah tercecer saat digunakan.

  36. Teksturnya mitu bedak cair ini seperti lotion ya ? Kudu dicoba nih, supaya kulit tetep seger dan ngga muncul biang keringat

  37. Waaa banyak banget yang mengulas tentang bedak cair ini ya ternyata ehe, saya baca di beberapa blog.

    Tapi emang produk baru mitu ini jadi solusi tepat menggantikan bedak tabur yang bisa berbahaya untuk bayi πŸ™

  38. Wah, makin menambah deretan produk perawatan bayi dari Mitu, yaa…. jadinya wanginya juga bisa senada dari sabun sampai sekarang ada liquid powder-nya juga. Gampang dicari pula, ya, di toko terdekat, jadi kalau habis bisa langsung cuss, deh.

  39. Semenjak anak lahir, nggak pernah nyoba pakai bedak bayi sekalipun, tapi sepertinya liquid powder ini menarik. Kapan-kapan coba ah..

  40. Sama ponakan aku juga baru nyoba. Bedak cair dan iti sensasinya adem

  41. Mitu liquid powder ini lagi heitz ya.. dimana-mana kayaknya banyak yang ngerekomendasiin… jadi makin penasaran deh kayak gimana manfaatnya hehe..

  42. bedak yang tabur itu memang kalo terlalu banyak bisa bikin sesek napas ya.. karena efeknya, tapi kalo bedak liquid kelebihannya banyak, taburannya gak bikin sesek dan dingin di badan

  43. Visya Al Biruni says:

    Aku pernah coba kemasan trialnya nih, wanginya enak banget dan emang bedak cair menurutku lebih aman daripada tabur. Kayaknya baru tau mer k Mitu aja utk bedak cair, hehe

  44. Bedak tabur emang kurang aman untuk dipake ke bayi dan anak2, bisa mengganggu sistem pernafasan. Wah jadi no ribet ribet ya pakai mitu bedak cair ini.. Udah gitu aman pula ke bayi dan anak-anak. Bisa dijadikan referensi nih..

  45. Boleh juga nih mba، dr anakku kecil ga aku kasih bedak tabur eh trnyata ada liquid bedak ya jd pngen beli jg nih harga nya jg mursidah

  46. Gara2 baca artikel ini kok pengen banget beliin anakku bedak cair ya. Soalnya bedaknya yang sekarang bedak tabur. Kadang nggak puas aja dengan bedak tabur karena suatu hal…hehehe

  47. Penggunaan bedak tabur memang tidak disarankan. Kalau ada mitu vatian bedak cair, bisa jadi solusi buat emak-emak macam kita ini ya.

  48. Moms, jadi kita sebagai orangtua ngga perlu khawatir lagi partikel kecil terhirup oleh anak maupun bayi yang baru lahir ya.. bakal jadi pilihan banyak orangtua ini untuk menggunakan bedak cair.. oh jadi ngga hanya untuk anak-anak juga ya.. tapi orang dewasa juga bisa pakai ya..

  49. Itu kalo dipakein tapi tetep ada tone up jadi sedikit lebih putih gitu gak sih mom ke kulitnya si dedek? Kalo liat fotonya yang di tangan kok kayaknya ada sedikit tone up tapi pas di leher dedek kayaknya nggak keliatan apa-apa.

  50. Makin banyak yang makai mitu liquid ini ya. Aku pribadi belum ada coba. Tapi jadi penasaran huhu. Soalnya si kecil kalau gak pakai bedak baunya kecut abis hehe

  51. Wah ternyata ada bedak cair untuk anak kecil ya.. aku kira cuma buat orang dewasa.. bener juga bedak tabur bisa masuk ke hidung trus bikin pernafasan bermasalah.. alhamdulillah sekarang ada solusinya

  52. Biang keringat memang masalah kulit yang sering dialami anak-anak di negara tropis ya. Syukurlah kalau sekarang sudah ada Mitu liquid powder ini. Kalau jaman anak-anak saya kecil andalannya cuma Caladine lotion hehehe.

  53. kalo istilah d sunda, pas anak kecil habis mandi trus d kasih bedak sampe cemberok (bedaknya berbekas gitu lho) karena kan masih basah trus d apply deh itu bedak tabur. Dan skrg udah ga perlu kayak gitu lagi, kan udah ada bedak liquid ini

  54. Bedak cair ini jadi solusi banget untuk para ibu yang suka khawatir taburan bedaknya terhirup oleh anaknya. Apalagi kalau meleng dikit, tau-tau anak sudah main bedak tabur. Ini kejadian banget sama anakku, waktu mamahku lagi tidur tau-tau dia naburin bedak ke badan mamahku katanya “eyang uti lagi sakit” hahhahaaa

  55. Wah baru tau nih ada bedak cair buat bayi dan anak2, memang mitu terbaik sih selalu bagus inovasinya, sesuai dg kebutuhan saat ini

  56. kalau bedakan dengan bedak cair dari mitu baby powder ini tentunya aman ya karena bedak nggak akan tumpah ke mana-mana

  57. Bedak tabur saya punya cerita tersendiri juga nih. Pas mau bedakin anak eh malah masuk mata
    Heboh deh.
    Rasanya kalu bedak cair tidak mungkin ya

  58. Sering banget baca tulisan para ibu2 yang mengatakan untuk menghindari bedak tabur. Kalau ditelisik memang dampaknya tak baik. Thanks ada Mitu Baby Liquid yang bisa diandalkan para orangtua

  59. Gak cuma Binar yang pake bedak cair mitu baby, si kakak yang SMP ikutan pake. Aman sih ya ke pernafasan

  60. Asik banget ya pake bedak Mitu itu. Serbuknya gak menyebar ke mana-mana karena bentuknya cair. Jadi Aman deh untuk anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.