Business & Entrepreneurship, Finance

Mengenal Program Inkubasi Ultra Mikro (UMi) Pusat Investasi Pemerintah

Last Updated on November 15, 2021

Pandemi Covid-19 sangat berdampak kepada perekonomian negara. Bisa dibilang semua sektor mengalami penurunan, termasuk sektor UMKM dan juga Ultra Mikro di Indonesia. But when we hit the bottom, the only way is up. Pusat Investasi Pemerintah juga terus melakukan berbagai program untuk membantu para pelaku usaha ultra mikro agar bisa berkembang, termasuk program Inkubasi ultra mikro (UMi).

Siapakah Pusat Investasi Pemerintah (PIP)?

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) merupakan unit organisasi non eselon di bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan.

Pusat Investasi Pemerintah

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Pusat Investasi Pemerintah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Salah satu program yang dilakukan adalah program Inkubasi Ultra Mikro atau UMi yang dilakukan di dua provinsi yaitu di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Baca   Langkah Mewujudkan Halal Lifestyle di Era Milenial

Mengenal Program Inkubasi Ultra Mikro (UMi)

Program Inkubasi Ultra Mikro (UMi) ini adalah bagian dari kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” yang bertujuan memperkuat Ekosistem UMi dan membantu debitur UMi agar bisa tetap bertahan di masa pandemi Covid-19. Saat ini program Inkubasi UMi dilakukan melalui kerjasama dengan dua lembaga inkubator :

  1. Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjajaran – Jawa Barat, dan
  2. Badan Inovasi dan Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya (BIIW-UB) – Jawa Timur.

Program ini akan dilakukan selama 3-4 bulan dan akan diikuti oleh 55 debitur dari berbagai usaha mikro. Mereka akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan seputar peningkatan pengetahuan usaha, perbaikan kualitas produk, legalitas usaha dan legalitas produk, pemasaran digital, manajemen keuangan, dan lain-lain.

“Pusat Investasi Pemerintah menggelar program Inkubasi UMi untuk membantu para pelaku usaha ultra mikro agar dapat terus berkembang, memiliki daya saing, dan daya tahan di tengah pandemi.” – Ririn Kadariyah, SH, MSi. (Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah)

Mengenal Program Inkubasi Ultra Mikro (UMi) Pusat Investasi Pemerintah

Selama masa pandemi, PIP memberikan bantuan subsidi bunga dan bantuan pemerintah untuk pelaku usaha mikro. “Para pelaku usaha ultra mikro bisa mendapatkan pinjaman UMi dengan syarat yang cukup mudah antara lain dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sudah atau akan melakukan usaha dengan level usaha yang masih di bawah yaitu ultra mikro,” ujar Ririn Kadariyah, SH, MSi selaku Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) Pusat Investasi Pemerintah memberikan fasilitas maksimal Rp20 juta kepada debitur yang selama ini tidak dapat mengakses pembiayaan perbankan dan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Untuk memudahkan dan mempercepat penyaluran, UMi disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dengan pola langsung (one step) atau two step melalui linkage koperasi/lembaga keuangan mikro.

Saat ini lembaga yang menyalurkan pembiayaan UMi antara lain: PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Sumber pendanaan berasal dari APBN, hibah serta kerjasama pendanaan dan investasi.

Baca   Tips Memulai Usaha di Rumah bagi Ibu Rumah Tangga

Program Inkubasi UMi di Jawa Barat

Program Inkubasi UMi di Jawa Barat melibatkan 35 debitur dengan rincian 25 debitur di Majalengka dan 10 debitur di Bandung Barat yang dinilai memiliki potensi untuk berkembang. Setiap lima debitur akan didampingi oleh satu orang mentor dan dimonitor setiap minggu.

Selama masa pendampingan mereka akan mendapatkan pelatihan seputar manajemen keuangan, peningkatan kualitas produk, legalitas usaha dan legalitas produk, pemasaran digital, pengelolaan e-commerce, dan lain-lain.

“Kami berharap setelah mengikuti Inkubasi UMi ini, para debitur bisa lebih tumbuh kuat, mandiri, berkembang, dan memiliki daya saing tinggi,” ujar Dr. Rivani, S.IP., MM., DBA. (Direktur Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjajaran)

Ibu Nonoy Nurhasanah yang memiliki Usaha Sorabi Jaya di Majalengka mengatakan pada saat awal memulai usaha ia sempat menemui kendala dalam hal permodalan. Setelah mendapatkan pinjaman UMi, usahanya mulai berjalan lancar dan beliau bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mengenal Program Inkubasi Ultra Mikro (UMi) Pusat Investasi Pemerintah
Ibu Nonoy Nurhasanah dan suami, Usaha Sorabi Jaya di Majalengka – Jawa Barat saat membuat sorabi untuk dijual

Program Inkubasi UMi di Jawa Timur

Program Inkubasi UMi di Jawa Timur diikuti oleh 20 debitur yang seluruhnya berasal dari kota Malang. Program pelatihan dan pendampingan di Malang difokuskan pada dua aspek yaitu keuangan dan pemasaran.

“Pencatatan keuangan yang rapi akan membantu mereka mengelola pemasukan dan pengeluaran dengan lebih baik. Dengan begitu, mereka bisa meningkatkan volume penjualan karena sudah memiliki perhitungan yang baik terkait pemasukan dan pengeluaran untuk modal,” ujar Dr. Ir. Setyono Yudo Tyasmoro, MS selaku Direktur BIIW-UB.

Baca   JX Indonesia, Partner Logistik Untuk UMKM & Bisnis di Indonesia

Salah satu peserta program ini, Ibu Rahmat Erni Efendi menjalani usaha printing dan sablon. Suatu ketika ia mendapat pesanan sablon yang membutuhkan modal cukup besar dan ia memutuskan untuk meminjam di UMi. Pinjaman itu digunakan untuk usaha dan ia mulai bisa menabung sedikit demi sedikit untuk membeli alat yang dibutuhkan.

Mengenal Program Inkubasi Ultra Mikro (UMi) Pusat Investasi Pemerintah
Ibu Rahmat Erni Efendi dan Suami, Usaha Printing, Sablon dan Souvenir di Malang – Jawa Timur saat melakukan kegiatan printing untuk produksi souvenir

Banyak usaha kecil mikro yang terbantu dengan adanya program Inkubasi Ultra Mikro yang merupakan bagian dari kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” ini. Semoga program-program yang dijalankan Pusat Investasi Pemerintah bisa membantu para debitur UMi untuk bangkit kembali dan mempertahankan kesejahteraan keluarga saat pandemi.

RELATED POST

21 Comments

  1. Ini sangat membantu sekali terlebih di masa pandemi sekarang ini. Modal dapat dimaksimalkan untuk usahanya ya

  2. Senang banget ya, karena ada banyak badan usaha kecil micro yang terbantukan modal usahanya dengan adanya program Inkubasi Ultra Mikro ini.

    Semoga lebih bermanfaat dan menyemangati para pengusaha kecil untuk bangkit kembali 🙂

  3. salut pada Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang peduli ultra mikro

    karena mereka yang pertama tumbang saat pandemi menerjang

    untuk marketing digital, mereka sangat gaptek

    1. Nah ini nih keren banget. Bisa bantu para pebisnis ultra mikro yang memiliki kesulitan modal. Semoga bisa bangkit ya dan usahanya berkembang pesat.

  4. Lewat inkubasi bisnis maka jualan laku maka ekonomi keluarga juga meningkat dan tidak ada ribut soal keuangan keluarga.

  5. Semoga dengan program seperti ini UMKM bisa makin maju dan bisa bersaing dengan produk dari luar negeri juga ya.

  6. Rizka Edmanda says:

    Semoga program pusat inkubasi ini bisa semakin memerdekakan UMKm supaya kembali bangkit di masa pandemi ya

  7. Yang pasti usaha mikro adalah cikal bakal dan nadi dari segala usaha. Lewat usaha kecil, perekonomian terus bergerak dari lingkungan terkecil. Membantu rakyat untuk terus mendapatkan sumber pendapatan dan ikhtiar menggapai langkah selanjutnya, menjadi pengusaha dengan cakupan lini yang lebih luas lagi.

    Jadi jika ada layanan-layanan yang berkonsentrasi kepada usaha mikro, saya sangat berharap bahwa program yang dilaksanakan terus berkelanjutan dengan bimbingan yang professional.

  8. Hendra Suhendra says:

    Iya bener banget. Pandemi telah memporakporandakan perekenomian di Indonesia. Kasian para pelaku usaha menengah ke bawah banyak yang terkena dampaknya. Semoga saja dengan program Inkubasi UMi ini perekonomian pelaku usaha bisa bangkit lagi dan terus berkembang, aaamiiin.

    Berkat program ini juga sudah banyak yang terbantukan ya Mba. Very nice info Mba Faradila…

  9. Pandemi memang mengubah banyak sekali tatanan kehidupan. Tapi Pusat Investasi Pemerintah tetap berupaya agar para usaha mikro tetap eksis dan semakin berkembang. Senang sekali membacanya.

  10. Fenni Bungsu says:

    Para pelaku usaha mendapat dukungan dengan program inkubasi UMi ini sangat membantu ya. Sehingga mudah untuk mengembangkan usahanya secara mandiri

  11. Pelaku UMKM pasti terbantu ya dengan program ini, bisa mengembangkan usaha dengan lebih mudah karena dapat bantuan investasi.

  12. usaha kecil mikro banyak yang terbantu berkat program ini. Semoga perekonomian bisa membaik bisa berkembang walaupun pandemi masih ada. Program bagus yang harus berkelanjutan

  13. Program yang sangat keren, membantu banget buat para pelaku usaha mikro. Apalagi selama pandemi, dengan adanya program ini, para pelaku usaha mikro bisa tetap jalan.

  14. Sebenernya bantuan Pemerintah yg seperti ini kayaknya udah banyak ya mba, alhamdulillaah. cuman sosialisasinya kayaknya perlu bantuan kita semua biar merata dan akhirnya banyak yg terbantu juga

  15. Wow ternyata program ini akan dilakukan selama 3-4 bulan ya kak. Dan diikuti oleh 55 debitur dari berbagai usaha mikro. Menarik nih sebagai program unggulan.

  16. Alhamdulillah,
    Pemerintah mengambil langkah taktis yang cepat dan bermanfaat lebih panjang untuk para pelaku usaha terutama UMKM.

  17. Sudah banyak ya bantuan pemerintah buat pengusaha kecil, apalagi sambil dibina. Semoga program ini tergaung luas biar gak ada yang nganggur lagi, bisa bikin usaha sendiri, bangkit perekonomian

  18. Memang salah satu sektor yg terpukul krn pandemi tu pengusaha UMKM ya mbak, Untung ada banyak bantuan pendanaan kyk UMi ini. Dengan begitu UMKM bisa bertahan atau malah bangkit jd lbh besar lg ya.

  19. alhamdulillah kalau program ini banyak membantu umkm, semoga program ini terus berlanjut yaaa

  20. Lasmicika says:

    Saya termasuk yang setuju dengan pinjaman modal. Jadi meski modal usaha dari pinjaman (hutang) jika dialokasikan dengan tepat dan produktif, akan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.