Thoughts

Persiapan Menyambut Lebaran

Yeay Lebaran sebentar lagi! Setelah mendengarkan hasil sidang isbat, diputuskan bahwa 1 Syawal 1440 H jatuh pada tanggal 5 Juni 2019. Lantas apa saja yang dilakukan dalam rangka persiapan menyambut lebaran?

Membersihkan Rumah

Banyak yang segera membersihkan rumah menjelang lebaran. Baik yang akan melakukan open house, yang akan menjadi tempat berkumpul keluarga besar maupun yang akan mudik.

Saya sendiri akan mudik, namun rumah tetap dibersihkan dong hehehe. Saya sih ga mau pulang mudik melihat rumah yang berantakan. Mainan dirapihkan, srmua baju sudah disetrika dan dirapihkan ke dalam lemari serta dapur sudah bersih.

Baca Cara Membersihkan Koleksi Mainan Anak & Bayi

Persiapan untuk Mudik

Tahun ini saya kebagian mudik saat hari H. Jadi saya dan Arga selang seling merayakan Lebaran di rumah orang tua dan keluarga besar saya dengan di kampung halaman dan keluarga besar Arga. Tahun ini kebagian lebaran di sisi keluarga saya, jadi lebih santai karena mudiknya pas hari H.

Tidak lupa untuk packing dan juga memperhatikan keamanan rumah yang ditinggalkan. Menyicil packing juga sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelum berangkat.  Karena punya balita, jadi ada beberapa hal yang tidak boleh lupa seperti kotak P3K lengkap dan juga mainan.

Persiapan Menyambut Lebaran
Courtesy of Pixabay

Keamanan rumah juga penting. Jangan lupa kunci semua jendela dan pintu. Amankan barang dan surat berharga. Oiya, jangan lupa perhatikan gas juga. Jangan sampai ada hal hal yang tidak diinginkan. Yaaa, kita coba minimalisir lah dan jangan lupa berdoa 🙂

Menyiapkan Makanan untuk Lebaran

Bukan Lebaran namanya kalau kita ga lebar-an HAHAHAHA. Ya pokoknya di hari ini banyak sekali makanan enak yang bisa disantap. Mulai dari kue kering, primadona lebaran yaitu opor ayam dengan ketupat dan juga makanan khas daerah masing-masing.

Tidak lupa juga dengan oleh-oleh untuk sanak saudara. Biasanya mayoritas yang kita kasih adalah makanan kan? Hihihi. Apa makanan favorit kalian?

Baca Jajanan Favorit Saat Lebaran

Tradisi Lebaran di Keluarga

Saya sendiri sih belum pernah masak untuk lebaran. Biasanya Mama prsan opor dan ketupat serta lontong. Sambal goreng ati dan sayur kita makan di rumah Uti hihi. Kalau di rumah keluarga besar Arga, ada mentog goreng juga. Yummm! Ya semoga suatu saat nanti ada kesempatan masak sendiri buat lebaran ya 😀

THR untuk Sepupu & Keponakan

Sebagai orang yang telah diputus rantai THRnya (karena sudah nikah HAHAHA). Maka saya berbalik dan memberikan saudara dan keponakan saya serta Arga THR.

Persiapannya tidak terlalu ribet sih. Hanya ke bank untuk menukarkan uang kemudian beli amplopnya. Paling proses yang paling lumayan sih pas ngumpulin duitnya hahahaha. 😂😂😂

Baca Butuh Dana Cepat? Perhatikan 5 Hal ini Terlebih Dahulu

Berhubung sudah ada Rio, sekarang Rio juga sudah dapat THR. Uangnya tetap ke saya sih hahahaha tapi saya tabung untuk Rio nanti. 😁😁 biar ga ditagih pas dia sudah ngerti THR hahaha. Tenang Mas, ga Ibu pakai kok hihi.

Koordinasi Baju Lebaran

Di keluarga saya, kami sangat jarang mengkoordinasikan baju lebaran wkwkwk. Pernah sih sesekali tapi tidak sampai beli kain dan jahit sendiri. Cukup pakai warna yang senada. Kalau masih ada baju yang bagus yasudah tidak beli lagi hihi.

Tradisi Lebaran di Keluarga

Nah sekarang karena sudah punya keluarga sendiri, saya dan Arga berusaha membuat matching warna bajunya jadi pas foto terlihat bagus hihi. Apalagi koordinasi buat hari pertama dan hari kedua dst. Agak ribet tapi seru 😆


Sekian persiapan menyambut Lebaran 2019 ala saya. Kalau kalian sudah melakukan persiapan apa saja untuk lebaran tahun ini? Don’t hesitate to share 😊

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.