Home & Decor, How To, Thoughts

Persiapan Lebaran 2020 #dirumahaja

Setelah kemarin membahas soal mudik atau tidak saat pandemi, sekarang mau ketok palu bahwa fix Lebaran 2020 #dirumahaja. Sedih? Iya lumayan sih. Artinya ga bisa traveling dan jalan-jalan seperti Lebaran tahun lalu. Tapi ya namanya juga masa pandemi, lebih baik kita tidak kemana-mana dulu.

Sepanjang sejarah tinggal di rumah sendiri, inilah pertama kalinya akan lebaran di rumah. Berarti ada beberapa hal yang harus dipersiapkan menjelang hari H. Awalnya clueless dong ya hahaha, agak kaget juga hehehe.

Tapi setelah baca-baca dan cari inspirasi (sambil melihat sikon rumah), inilah beberapa hal yang dilakukan dalam hal persiapan Lebaran 2020 di rumah.

1. Bersih-bersih

Hands down, ini yang pertama kali langsung diniatkan HAHAHA. Kalau yang punya anak balita pasti ngerti. Dimana-mana ada mainan berserakan. Jadinya bersih-bersih ini langsung on top of the list. Syukur-syukur bisa declutter juga. Bonus points!

Biar semangat bersih-bersih, saya menonton salah satu channel Youtube ibu Korea dengan balita dan tanpa ART yang doyan bersih-bersih rumah. HAHAHA. But it works! Coba deh nonton channelnya Hamimommy, pasti langsung pengen bersih-bersih rumah.

Videonya super aesthetic, tapi juga banyak terselip tips tips bagus dan praktis buat membersihkan rumah. LOVE BANGET! Tonton deh salah satu videonya di bawah ini. Oh so inspiring~

Bersih bersih yang saya lakukan bukan hanya bersihin rumah, tapi isinya. Jadi kemarin juga sempat mencuci boneka, sprei, segala macem pokoknya di cuci. Apalagi lagi pandemi begini, memang lebih baik ya cuci-cuci dan bersih-bersih. Demi kenyamanan dan kesehatan bersama tentu.

Baca   Cara Mudah Mencuci Boneka di Mesin Cuci

2. Masak (Atau Pesen Makanan hihi)

Sudah pasti Lebaran itu identik dengan makan-makan. Jadi harus siap sedia makanan berat yang identik dengan Idul Fitri. Alhamdulillah ada yang buka pemesanan makanan untuk Lebaran HAHAHA. I am saved!

Menu Khas Lebaran yang Wajib Ada di Rumah

Iya, jadinya saya akan memesan di katering di Bogor untuk makan berat plus ketupat. Nanti kalau kurang, baru deh rencana masak opor ayam atau rendang sendiri. Pokoknya yang penting perut kenyang dan hati senang.

Baca   Resep Opor Ayam Mudah dengan Bumbu Jadi Indofood

3. Stock Cemilan dan Kue Kering

Selain makan berat, cemilan dan kue kering harus ada. Soalnya Rio juga gampang laper akhir-akhir ini. Mana saya dan Arga kan puasa, jadi nyiapin snack juga lumayan berat (apalagi kalau snacknya enak HAHAHA).

Tradisi Lebaran di Keluarga

Dengan adanya beberapa cemilan dan kue kering yang tersedia, kalau Rio lapar dan butuh snack bisa langsung diambil. Sama mengurangi intensitas ingin jajan macem-macem di luar sih hihihi. Biasanya kan setelah Idul Fitri, list keinginan makan makanann di luar langsung buanyaaaak. Langsung bisa di rem dan berhemat dengan ini.

4. Mempersiapkan THR & Mengatur Jadwal ART

THR dan juga jadwal ART penting untuk dikelola cukup jauh sebelum hari raya. Jangan lupa juga untuk menyisihkan sebagian rejeki kita bagi yang membantu kita sehari-hari di rumah maupun di lingkungan sekitar.

Sebagai contoh, di kompleks saya, semua keluarga iuran untuk memberikan THR dan bingkisan kepada satpam, tukang kebun, tukang pengambil sampah sampai ustadz dan juga marbot di masjid. Momen Ramadan dan juga pandemi ini adalah momen yang tepat untuk berbagi kepada sesama.

Baca   Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi Covid-19

Oiya, jadwal ART juga penting untuk dikomunikasikan karena kita dapat tau kapan ART libur dan masuk lagi. Jadi kerjaan rumah bisa dicicil sendiri (atau dibantu suami hahaha) ala Hamimommy. Biar ga kaget juga haahhaa~

5. Kirim Hampers & THR Lebaran

Karena tahun ini kita tidak bisa kemana-mana, jadi muncul tradisi baru yang dilakukan saya dan teman-teman yaitu kirim-kirim hampers! Alhamdulillah banget kulkas jadi penuh di hari-hari terakhir Ramadan. Di saat kita bingung mau makan dan masak apa, eh alhamdulillah ada kiriman. You know who you are, semoga diberikan rejeki yang berlimpah ya sayang-sayangkuuu ❤❤

Persiapan Lebaran 2020 #dirumahaja
Courtesy of Pixabay

Selain itu, siap-siap kirim THR lebaran online ke saudara-saudara. Malah ada yang udah ancang ancang siapin QR code dompet digital loh HAHAHA. Cerdas! Amplop lebaran juga masih perlu sih, karena tahun ini juga rencananya akan dibagikan untuk anak-anak tetangga~


Sekian persiapan Lebaran 2020 #dirumahaja ala saya. Meskipun tidak sibuk dengan packing dan traveling untuk mudik, namun tetap banyak juga ya persiapan di rumah ini hehehe. Kalau kalian bagaimana? Ada lagi yang perlu dipersiapkan?

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.