Family, Home & Decor, How To, Products, Review

Cara Mudah Mencuci Boneka di Mesin Cuci

Lebaran sebentar lagi! Dan pas banget di masa pandemi Covid-19, jadi selain membersihkan isi rumah, saya juga membersihkan mainan-mainan anak. Baru saja kemarin saya mencuci boneka di mesin cuci. Ternyata cukup gampang loh dan sebaiknya dilakukan secara berkala.

Jadi segampang apa sih mencuci boneka di mesin cuci? Peralatan apa saja yang diperlukan? Jenis boneka apa yang bisa dicuci? Silakan baca terus pengalaman saya mencuci boneka di bawah ini yaa. Semoga tips & tricknya juga bermanfaat.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Mainan

Dulu, saya pernah menghadiri event blogger yang membahas soal kuman yang ada di sekeliling kita, terutama yang ada di rumah. Ternyata hasilnya cukup mengejutkan. Kuman juga banyaak berada di dalam KAMAR ANAK. Nah loh~

Baca   Tips Melindungi Anak dari Kuman ala Mitu Antiseptic Wipes

Jadi ternyata, kuman itu bersarang di mainan anak yang sudah lama tidak di cuci. Hayooo sudah berapa lama kita tidak mencuci mainan anak? Paling yang sering dibersihkan adalah yang dari plastik, kayu atau metal kan.

Cara Mudah Mencuci Boneka di Mesin Cuci
Courtesy of Pixabay

Kalau boneka gimana? Padahal itu kan yang sering dipegang, dipeluk, dicium sama digigit anak. Rela banyak kuman masuk ke tubuh anak gara-gara boneka yang kurang bersih dan kurang terawat? Saya sih tidak huhuhu.

Memang sih bisa melaundry boneka, tapi ternyata memang lebih hemat dan lebih praktis juga kalau dilakukan sendiri hihihi. Awalnya saya pikir akan ribet, ternyata nggak loh! Apalagi kalau punya mesin cuci di rumah.

Sebelum Mencuci Boneka :

Awal cari cari artikel soal mencuci boneka, saya menemukan bahwa umumnya boneka dicuci dengan mesin cuci atau dengan tangan. Di luar negeri malah ada yang dry cleaning di rumah juga haha. Tapi ditulis yang umum digunakan di Indonesia aja kali yaa.

Nah, sebelum melakukan pencucian, lebih baik kita kenali dulu jenis bonekanya. Periksa apakah ada tag atau label dengan intruksi mencuci mainan. LALU IKUTI. Jangan diabaikan yaa. Salah mencuci bisa jadi mainannya rusak. Terus dimarahin anak hmhmhmmm.

Baca   Cara Membersihkan Koleksi Mainan Anak & Bayi

Biasanya ada beberapa jenis bahan yang tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci, seperti wool, rayon plush, bulu alpaca dan juga mainan yang terlalu tua dan bisa rapuh. Boneka yang terlalu besar atau terlalu padat juga sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan saja.

Periksa juga apakah boneka memiliki outlet listrik atau baterai. Kalau ada, berarti ya ga boleh dicuci yaa. Bisa di dry clean atau di vacuum. Saya dulu pernah ngevacuum boneka sih, tapi ga tau hasilnya benar-benar bersih apa nggak hehehe,

Cara Mencuci Boneka di Mesin Cuci

Cara Mudah Mencuci Boneka di Mesin Cuci
Courtesy of Pixabay

Beginilah kurang lebih cara saya mencuci boneka di mesin cuci.

1. Copot segala macam assesories, baju, peniti, dll yang menempel di boneka sebelum masuk ke mesin cuci. Kalau ada lubang atau ada bagian yang sobek, silakan jahit terlebih dahulu. Takutnya malah jadi mbrodol kalau dimasukkan ke mesin cuci. Gunting juga benang-benang yang menjuntai keluar.

2. Masukkan boneka ke net cuci atau jika tidak punya net, bisa menggunakan sarung bantal. Hal ini mengurangi kemungkinan boneka saling menyangkut dan melar. Kemarin saya menggunakan net cuci berbagai ukuran. Dimana 1 net bisa menambung sampai 2 boneka.

3. Masukkan net yang berisi boneka ke dalam mesin cuci. Jika ada assesoris boneka seperti baju, dll, bisa dimasukkan ke net yang berbeda atau langsung saja tanpa net. Kemarin dua boneka Rio memiliki baju sendiri. Jadi saya copot sesuai petunjuk 1 dan langsung masukkan ke mesin cuci.

4, Tuang detergen cair dan juga pelembut pakaian yang mild atau aman untuk bayi dan anak. Jika ada compartment di mesin cuci, masukkan sesuai petunjuk. Jangan pakai yang bubuk karena residunya akan ada di boneka setelah di cuci. Lesson learned.

Cara Mudah Mencuci Boneka di Mesin Cuci
Courtesy of Pixabay

5. Gunakan siklus delicate atau wool atau handwash. Pokoknya siklus yang paling lembut. Spinnya juga jangan yang terlalu cepat. Usahakan hanya pakai air dingin. Saya kemarin menggunakan mesin cuci LG 7kg bukaan atas dan memakai siklus Wool. Cukup cepat dan lumayan kering ketika dikeluarkan dari mesin cuci, ga basah gobyos begitu lah.

6. Setelah selesai, keluarkan boneka dan keringkan dengan handuk terlebih dahulu. Boneka jangan diperas ya, cukup ditekan-tekan pakai handuk.

7. Jemur boneka di tempat yang panas dan terkena sinar matahari. Check berkala dan masukkan ke dalam rumah jika sudah kering. Jangan terlalu lama diluar nanti kena kuman lagi hihi.

Cara Mudah Mencuci Boneka di Mesin Cuci

Extra Tip : Gunakan Downy Mild & Gentle

Saya kemarin menggunakan Downy Mild & Gentle agar boneka lebih wangi dan juga tahan lama wanginya. Hasilnya saya sukaaa. Rio pun seneng cium cium baunya pas keluar dari mesin cuci, padahal belum kering huahahaha.

Review Downy Mild & Gentle

Tenang, tidak ada pewarna dan pengawet kok, jadi aman jika langsung dipeluk peluk dan dicium cium anak. Biasalah Rio excited melihat bonekanya bersih lagi, jadi gemes sendiri hihihi.

Baca   Rio's First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

Ternyata saya tau kenapa Downy ini wanginya harum banget. Jadi di dalamnya terkandung PMC atau teknologi mikro parfum. Nah PMC ini seperti gelembung yang melindungi perfume oil dan menyimpannya di serat kain. Saat gelembung bergesekan, maka akan pecah dan mengeluarkan parfum oil yang wangiiii banget. Say bubbye ke boneka bau apek hahaha.

Saya dan Arga juga suka, karena setelah ditaruh di kamarnya Rio, sekamar jadi bau haruuuum. Hmm, jadi betah deh deket deket sama boneka yang baru dicuci. Oiya, ga bikin gatel atau iritasi juga sih so far, alhamdulillah.

Review Downy Mild & Gentle

Sebenarnya Downy Mild & Gentle ini buat baju sih ahhaha tapi karena mencuci boneka perlu pelembut yang soft dan harum (kalau bisa ya), jadi ini wajib ada kalau saya cuci boneka. Nah di boneka aja jadi harum banget, bayangin dong di baju kaya gimana.

Bau tak sedap hilang, kesegarannya lebih tahan lama plus lembut dan MUDAH DISETRIKA IBU IBU. Pasti membantu banget hihi. Kemasannya cukup ekonomis juga, karena dengan refil size 720 ml, bisa buat 36 kali cuci (asumsi 20 ml untuk 20 helai pakaian).

Review Downy Mild & Gentle

Review Downy Mild & Gentle
Courtesy of Downy

Kalau mau cobain, yuk bisa cari Downy Mild & Gentle ini di supermarket, minimarket atau di marketplace online. Untuk info lebih jelasnya, bisa langsung ke sosmed Downy yaa di :

Instagram : @downyindonesia
Facebook : Downy Indonesia

Ternyata pakai Downy ini, buat mencuci baju oke, buat mencuci boneka di mesin cuci juga oke! Semoga bermanfaat ya tips dan cara mencuci boneka ala saya diatas. Thanks for reading!

Review Downy Mild & Gentle

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.