Finance

Perbedaan Zakat, Infaq dan Sodaqoh

Dalam Islam, zakat, infaq maupun sodaqoh merupakan hal yang penting. Umat Islam yang mampu diharapkan dapat melakukan minimal satu dari ketiga hal tersebut. Lantas, apa perbedaan zakat, infaq dan sodaqoh? Kapan kita harus zakat? Apa yang disebut juga dengan infaq? Dan apa bedanya dengan sodaqoh?

Saya ingin merangkum hal tersebut di blog post ini. Tentu berbekal dengan beberapa literatur yang saya dapatkan dari Dompet Dhuafa. Yang jelas, persamaan dari ketiga hal tersebut adalah ibadah. Ibadah yang dilakukan dengan memberikan sesuatu yang kita punya agar bermanfaat dan membantu yang membutuhkan.

Baca Langkah Mewujudkan Halal Lifestyle di Era Milenial

Perbedaan Zakat, Infaq dan Sodaqoh

Zakat

Menurut terminologi syari’ah, zakat artinya kewajiban atas harta atau kewajiban atas sejumlah harta tertentu untuk kelompok tertentu dalam waktu tertentu. Seseorang yang membayar zakat karena keimanan, maka insya Allah akan memperoleh kebaikan yang banyak.

Zakat termasuk amal ibadah yang wajib dijalankan oleh setiap muslim yang dikenai kewajiban membayar zakat. Jadi ada adanya ketentuannya/batasan jumlah harta yang harus zakat. Apabila harta kita kurang dari batasan jumlah tersebut, maka tidak diwajibkan untuk zakat.

Zakat juga diberikan kepada 8 golongan masyarakat. Zakat mempunyai fungsi yang jelas untuk menyucikan atau membersihkan harta dan jiwa pemberinya, sesuai dengan firman Allah di QS At-Taubah ayat 103.

Infaq

Menurut terminologi syari’at, infaq artinya mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan/penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan Islam. Infaq boleh dilakukan oleh siapapun baik yang berpenghasilan tinggi maupun yang berpenghasilan rendah. Pemberian infaq juga bisa diberikan kepada siapapun.

Secara singkat, infaq adalah pengeluaran sukarela (dalam bentuk materi). Kita juga bisa melakukan infaq kapanpun, berbeda dengan zakat yang ada waktu-waktu tertentu.

Baca Review Sasha Pasta Gigi Halal Bersiwak

Sodaqoh

Sodaqoh merupakan pemberian sukarela yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain, baik bisa berupa materi maupun jasa. Sama seperti infaq, sodaqoh bisa dilakukan oleh siapa saja kapan saja. Kuncinya adalah ikhlas memberi 🙂

Perbedaan Zakat, Infaq dan Sodaqoh

Jumlah dan jenisnya juga dibebaskan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Beberapa contoh sodaqoh nonmateril yang kadang tidak terasa seperti sodaqoh adalah senyuman, membantu orang di jalan, membagikan ilmu yang berguna dan masih banyak lagi.


Meskipun berbeda, ketiga hal tersebut merupakan ibadah yang memiliki peran penting dalam kesejahteraan umat, mewujudkan toleransi, peduli sesama dan juga menjalin persaudaraan. Kebayang ga sih kalau semua orang wajib zakat melakukan kewajibannya dengan baik. Plus tambahan infaq dan sodaqoh yang dilakukan sehari-hari. Betapa banyak orang yang dapat kita bantu bersama 🙂

Baca Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat

Jadi ingat, sudahkah kalian membayar zakat fitrah yang khusus ada di bulan Ramadhan ini? Jangan lupa yaaa. Kalau masih bingung soal zakat, silakan cari sumber ilmu yang dapat membuka wawasan kita. Kalau tidak bisa menghitungnya? Tenang, banyak kalkulator zakat yang ada online hehehe.

Semangat berbagi kepada sesama 😀

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.