Shopping

Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah

Tidak terasa sudah 15 hari berpuasa Ramadhan, berarti sudah setengah jalan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri! Tidak sedikit yang sudah bersiap-siap memadati pusat perbelanjaan untuk membeli perlengkapan menjelang Lebaran. Namun di era digital sekarang, ternyata mudah loh untuk melakukan persiapan Lebaran tanpa keluar rumah!

Bitmoji Image

Sebagai ibu muda dengan 1 anak balita, tentu melakukan persiapan Lebaran tidak semudah waktu masih single. Jaman dulu sih pergi langsung pergi saja hahaha. Kalau sekarang, saya harus memikirkan anak juga.

Nanti si kecil makannya gimana? Dimana?
Bawa apa saja? Stroller apa gendongan?
Nanti kalau rewel gimana?
Kondisi tempat perbelanjaannya baby friendly atau tidak?
Bisa ga ya berdua doang? Atau harus sama Bapaknya?
Parkirnya piyeee? HAHAHA.

Dengan cukup banyak pertimbangan, mempersiapkan Lebaran dari rumah merupakan suatu solusi yang praktis! Tidak perlu repot-repot persiapan keluar rumah dan memikirkan kondisi di pusat perbelanjaan yang semakin lama semakin ramai. Ternyata semuanya bisa juga disiapkan dari rumah. Nyaman, aman dan juga bisa dilakukan sambil main sama anak.

Baca Aktivitas Favorit di Hari Libur Ketika Single vs Married

Waktunya Belanja Online untuk Lebaran

Yap, jaman sekarang semuanya sudah serba online. Melihat kenyataan diatas tadi, berdasarkan pengalaman pribadi, tidak heran kalau mayoritas konsumen yang belanja online adalah wanita.

Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah
Courtesy of Pixabay

Ada penelitian yang dipublish di Asian Journal of Business Research pada tahun 2011 yang membeberkan beberapa faktor seseorang lebih menyukai belanja online, yaitu :

  • konsumen bisa membeli barang kapan saja tanpa pergi ke toko
  • dapat produk yang sama dengan harga yang lebih rendah dengan cara membandingkan harga
  • ingin menghindari tekanan saat berinteraksi tatap muka dengan tenaga, dan
  • dapat menghindari kemacetan lalu lintas di toko.
Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah
Courtesy of Pixabay

Kalau dilihat alasan diatas, memang orang yang berbelanja online lebih mengedepankan kepraktisan dan keefisiensian. Meskipun kalau kita belanja langsung, kita dapat melihat barang yang dapat langsung dibeli dan dibawa kerumah. Namun, hal tersebut kadang memakan banyak waktu. Just like they said, you can get back your money but you can’t get back your time.

Persiapan Belanja Lebaran di Shopee

Menurut antaranews.com, dalam Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) di tahun 2018, platform belanja Shopee berada di urutan pertama yang sering digunakan bertransaksi belanja online oleh masyarakat Indonesia. Bahkan pada saat Lebaran 2018, peningkatan transaksi di Shopee meningkat 500 persen.

Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah

Hal tersebut membuat Shopee melaksanakan program Big Ramadhan Sale. Siapa yang sudah kalap melihat harga yang murah-murah? Saya juga terpincut program free ongkir tanpa pembelian minimum hihihi. Akhirnya bisa beli printilan tanpa memperdulikan ongkos kirim yang kadang membuat barang lebih mahal hahahaha. Dasar ibu tidak mau rugi!

Apa Saja Perlengkapan Lebaran yang Bisa Dibeli Online?

Beberapa hari yang lalu, saya melakukan survey kecil-kecilan apa saja yang sudah teman-teman saya beli secara online. Jawabannya cukup beragam mulai dari perlengkapan bikin kue, skincare hingga baju bayi! Dan ternyata yang menjawab semuanya adalah para wanita hihihi. See, the surveys are correct!

Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah

Ternyata cukup banyak ya perlengkapan Lebaran yang bisa dibeli online. Saya rangkum beberapa barang yang bisa dibeli dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Yap saves you more time and energy to do something else. Seperti membereskan rumah hahaha.

1. Baju Lebaran

Lebaran biasanya tidak lengkap tanpa kehadiran baju baru! Bahkan sampai ada lagunya hehehe. Belanja baju lebaran online menjadi sebuah pilihan ketika saya tidak bisa keluar rumah. Atau saya memang tidak ada waktu lowong. Beli baju kan perlu effort, termasuk usaha mencari, mencoba, dan mencari lagi kalau yang dicoba tidak cocok hehehe.

Kadang ada yang ingin melihat bajunya langsung, which is fine. Kan kita bisa menilai bahan bajunya secara langsung. Tapi kalau sudah memiliki toko langganan dan toko tersebut ada di Shopee, wah jadinya lumayan hemat waktu! Kalaupun tidak, liat deh ragam pilihan baju Lebaran untuk ibu-ibu, bapak-bapak hingga anak-anak. Gemes kan? 😀

Baca Lima Inspirasi Baju Lebaran Elegan

Beli Baju Lebaran Online Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah

Beli Baju Lebaran Online Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah

2. Kue Lebaran

Bingung mau masak kue atau beli? Bingung beli perlengkapannya dimana? Ternyata ada semua loh secara online! Bahkan salah satu teman saya juga beli perlengkapan membuat kue di online marketplace seperti Shopee hihi. Sudah banyak alat, bahan bahkan buku masak yang tersedia. Tinggal dipilih saja sesuai selera dan budget.

Kalaupun beli, salah satu kue Lebaran favorit juga ada di Shopee. Enak kan ga usah ngider keliling kota kalau varian yang diinginkan abis. Order aja online. 🙂 Beberapa brand besar juga membuka toko resmi di Shopee Mall. Jadi ya seperti beli di toko, hanya lebih murah (asal ada kupon free ongkir) hihihi.

Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah

3. Parcel Hari Raya & Amplop THR

Hari Raya tidak lengkap tanpa kehadiran parcel dan amplop THR! Hehehehe. Bagi yang ingin membeli parcel untuk orang tercinta atau untuk dibagikan ke employee, ga usah bingung lagi. Sekarang sudah banyak paket sembako yang bisa dipilih. Range harganya juga sudah banyak, jadi tinggal dipilih sesuai kemampuan.

Seperti pengalaman saya tahun kemarin, saya memberikan sembako dalam goodybag yang juga mudah didapatkan di online shop. Selain muat banyak, di Bogor sudah tidak memakai kantung plastik lagi jika berbelanja di toko, supermarket dan minimarket. Tas goodybag seperti ini juga berguna untuk belanja dan menyelamatkan lingkungan 😀

Baca Banyak Promo Belanja Online, Terus Pilih yang Mana?

Beli Parcel Online Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah

Kalau kalian akan mudik dan rencana membagikan THR ke sepupu dan keponakan, jangan lupa juga untuk membeli amplop THR. Jaman sekaran bentuknya cukup unik ya hehehe. Ada yang bentuk ketupat juga. Bahkan desainnya juga modern.

Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah

4. Perlengkapan Mudik

Beberapa perlengkapan mudik juga bisa dengan mudah kita dapatkan di online marketplace. Butuh tas tambahan? Ada. Butuh tas kecil untuk makeup? Ada. Butuh tas untuk tenteng hewan peliharaan juga ada hehehe. Lengkap deh pokoknya.

Persiapan Lebaran Tanpa Keluar Rumah

Bahkan saya pernah membeli carseat ala ala alias carseat foldable di Shopee. Penasaran kan ya? Hihihi.


Dengan memanfaatkan kemudahan yang datang bersama dengan belanja online, kita pun dapat lebih produktif dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan persiapan Lebaran lainnya. Termasuk, lebih banyak memberikan kita waktu beribadah yang maksimal di bulan suci Ramadhan.

Sooner or later, semua persiapan Lebaran bisa dilakukan tanpa keluar rumah 🙂 Nah, apa kalian juga telah melakukan hal yang sama? Sudah belanja apa saja untuk persiapan Lebaran? Silakan share di kolom komentar dibawah ini ya.

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.