Technology, Thoughts

Mulai Ngeblog di Rumah? Wajib Punya Barang Ini!

Era WFH ini memunculkan jiwa produktif meskipun di rumah aja. Saya sendiri, malah jadi rajin nulis di blog hehehe. Soalnya alhamdulillah ada waktu luang untuk nafas dan mengumpulkan ide yang ada. Plus ikutan 30 Day Challenge seperti yang dilakukan Blogger Perempuan Network ini hehe. Lantas, bagi yang baru mulai ngeblog di rumah, barang apa saja yang diperlukan?

1. Koneksi Internet

Tentu harus ada koneksi internet kalau mau ngeblog. Karena kita mem-publish artikel blog kan memerlukan paket data atau koneksi wifi. Kecuali kalau mau nulis semacam journal harian di word/notepad/aplikasi menulis dan menggambar lainnya yaa.

Courtesy of Pixabay

Paling enak sih ada wifi di rumah, karena jaringannya lebih stabil. Tapi kalau tidak ada wifi, bisa juga menggunakan paket data. Sekarang sudah banyak jasa telekomunikasi yang mumpuni untuk mendapatkan paket data yang murah dalam jumlah banyak.

Kalau untuk kelancaran sih relatif ya hehehe. Tapi dari pengalaman, emang paling lancar itu menjelang subuh. Jadi kalau pas Ramadan ini bangunnya dini hari, bisa dicoba deh tips ini di hari biasa. 😀

Baca   Aktivitas Mom Blogger yang #AsikTanpaToxic

2. Laptop/HP

Ngeblog harus punya laptop? Hmm, ga juga sih. Bisa juga dari HP atau tab, karena sekarang sudah banyak gadget yang mampu untuk menjadi media menulis dan meng-upload di blog. Tapi menurut saya pribadi, memang lebih enak ngetik di laptop hehehe.

Selain lebih enak ngetik, kita juga bisa fokus. Kalau di HP, ada notif dari WA atau Instagram, eh malah melipir dulu HAHAHA. Bener ga? Kita juga bisa lebih mudah mengedit foto dan video di laptop, meskipun sekarang di HP juga ga kalah nyaman.

Mulai Ngeblog di Rumah? Wajib Punya Barang Ini!
Courtesy of Pixabay

Harus beli dong? Bisa pinjam, beli second atau beli PC yang murah. Yang penting kan target ngeblog adalah menulis konten. Jangan sampai kita fokus di printilan, tapi malah lupa mengisi blog dengan konten yang baik ya.

3. Notebook

Notebook ini adalah buku untuk corat coret. Jujur, saya termasuk yang lebih senang corat coret dulu kalau dapat idea. Beberapa kali menang blog competition juga ya karena dibuat outlinenya dulu di notes.

Baca   Faradila's Flashback : Kenapa Menulis Blog?
Mulai Ngeblog di Rumah? Wajib Punya Barang Ini!
Courtesy of Pixabay

Saya pribadi juga suka tiba-tiba ada ide. Kalau begini, langsung ambil HP dan tulis di bagian notes atau Google Keep. Setelah itu, nanti sesampainya di rumah, langsung “ditransfer” coretan-coretan yang ada ke buku notebook khusus content creating. Sambil memilah-milah mana yang baik untuk di publish segera.

Baca   Faradila's Flashback : Awal Mula Menulis Blog

4. Kamera

Penting nih buat para blogger yang akan merambah juga ke vlogger dan content creator di media sosial lainnya. Untungnya, sekarang kamera HP udah pada bagus bagus yaaa. Jadi kadang tidak perlu kamera tambahan seperti kamera DSLR atau kamera SLR.

Namun, jika ada rejeki, boleh juga loh invest di kamera yang bagus, beserta lensanya. Hal ini akan mendukung konten untuk blog kita. Siapa sih yang ga seneng membaca blog post yang gambarnya cakep cakep hihi.

Untuk belajar fotografi, bisa cari di internet yaa. Banyak juga kulwap atau webinar yang membahas tentang fotografi. Yuk jangan males belajar banyak hal baru, saya juga masih belajar nih hehe.

Mulai Ngeblog di Rumah? Wajib Punya Barang Ini!
Courtesy of Pixabay

5. Cemilan

SI TEMAN SETIA HAHAHA. Apalagi pas deadline. Entah kenapa, kalau menulis tuh tiba-tiba suka lapar. Jadi pastikan ada biskuit atau minuman di dekat area kerja saat ngeblog. Usahakan jangan yang bikin tangan kotor sama lengket yaaa. Atau nanti keyboard dan mouse jadi kotor wkwkwk.

6. Waktu

Ini yang paling susah di cari, menurut saya. I am a mom of a toddler, jadi baru bisa nulis cepat yaaa kalau anaknya tidur. Kalau nggak, YA JANGAN NGAREP hahaha. Pasti ditanya macem-macem dan mulai pengen ikutan sibuk nulis juga. Di laptop yang sama, ewr.

Baca   5 Blogger Favorit untuk Menemani Fase Parenthood
Mulai Ngeblog di Rumah? Wajib Punya Barang Ini!
Courtesy of Pixabay

Jadi kalau ada waktu, cus manfaatkan. Menulis ini saja, honestly, membutuhkan hanya 20 menit saja loh. Setelah brainstorming dan dibuat outline beberapa hari sebelumnya ya hehehe. Jadi memang ga perlu lama-lama nulis blog, yang penting waktunya efektif.


Sekian beberapa hal yang perlu ada kalau kita ingin mulai ngeblog di rumah. Semoga bisa menjadi lebih produktif dan bisa mengisi blog dengan postingan yang berfaedah dan bermanfaat yaa! Demi pageview yang meningkat hihi *hamba PV detected HAHA*. Thanks for reading!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.